cover
Contact Name
Amiruddin
Contact Email
amirhsb84@gmail.com
Phone
(061) 6613783
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. KL Yos Sudarso No.224, Glugur Kota, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20115
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 25491954     EISSN : 27156737     DOI : -
This journal contains scientific articles about Islamic religious science written by college lecturers of Dharmawangsa University Medan Faculty of Islamic Religion. Hopefully this journal provides information for the community and useful for the development of insight, science improvement for all of us and our devotion to Allah SWT.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman" : 17 Documents clear
PERAN GURU AGAMA DALAM KEAKTIFAN SISWA DI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN Rijal Sabri; M. Iqbal Hasibuan; Muhammad Hafis
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan Teknik penyajian datanya, penelitian menggunakan pola deskriptif. Kehadiran guru dalam peroses belajar mengajar atau pengajaran masih tetap memegang peranan yang sangat penting. Dengan demikian dalam sistem pengajaran mana pun, guru akan menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan, hanya peran yang dimainkannya akan berbeda sesuai dengan tuntutan sistem tersebut. Dalam pengajaran atau proses belajar mengajar guru memegang peran sebagai sutradara sekaligus actor, artinya pada guru lah tugas dan tanggung jawab merencanakan dan melaksanakan pengajaran di sekolah.
PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA DHARMAWANGSA Rahmat hidayat; Suhendri Suhendri; Ernawati Sagala
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran wali kelas sebagai pembimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Dharmawangsa Medan dilakukan dengan cara: (1) mendampingi siswa dalam setiap permasalahan yang dihadapinya; (2) wali kelas dituntut agar lebih peduli dengan anak didiknya; (3) dalam proses pembelajaran wali kelas harus lebih kreatif dalam menyampaikan pelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yan disampaikan; (4) dalam tugasnya sebagai orang tua siswa di sekolah wali kelas harus lebih ekstra dalam memperhatikan dan mengawasi hal-hal yang dapat menghambat proses pembelajaran siswa yang dapat berakibat pada prestasi belajarnya. Berdasarkan Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi wali kelas di SMA Dharmawangsa Medan dan para siswanya. Diharapkan kepada semua pihak di SMA Dharmawamgsa Medan untuk dapat memperhatikan prestasi belajar siswanya.
PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN Zamakhsyari Zamakhsyari; Suhendri Suhendri; Dede Efrianti Lubis
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan secara kolaboratif, artinya dengan mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum. Salah satunya prinsip relevansi, dimana adanya kesesuaian antara komponen tujuan, isi/pengalaman belajar, dan evaluasi kurikulum, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (3) pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan dengan sangat baik salah satu caranya adalah dengan menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran pendidikan dan sasaran anggota-anggota pihak sekolah tersebut; (4) pengawasan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa terlaksana dengan sangat baik, dibuktikan dengan adanya suatu usaha sistematik dalam menetapkan standar pelaksanaan.
UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA BERAKHLAK AL-KARIMAH DI SMPIT AL-MUNADI MEDAN Soiman Soiman; Rijal Sabri; Rizqiyatun Nasuha
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) upaya Guru dalam Mengembangkan kepribadian akhlak di SMPIT Al-Munadi mencakup (a) Religius, (b) Jujur, (c) Toleransi, (d) Disiplin, (e) Kerja Keras, (f) Kreatif, (g) Mandiri, (h) Demokratis, (i) Semangat Kebangsaan, (j) Cinta Tanah Air, (k) Menghargai Prestasi, (l) Bersahabat Komunikatif, (m) Cinta Damai, (n) Gemar Membaca, (o) Peduli Lingkungan, (p) Peduli Sosial, (q) Tanggung Jawab. beberapa tahapan metode yakni: (a) pengajaran, (b) keteladanan, (c) pembiasaan, (d) pemotivasian, dan (e) penegakan aturan.(2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kepribadian siswa ber-akhlak al-Karimah di SMPIT Al-Munadi terdapat dua faktor. Faktor internal faktor dan faktor external, Kedua faktor ini dapat mempengaruhi diri manusia biasanya pengaruh berasal dari lingkungan sekitar, (3) Kepribadian siswa ber-akhlak al-karimah di SMPIT Al-Munadi, siswa mampu menerapkan sikap rasa Ikhlas dan mencari haq serta melepaskan diri dari hawa nafsu saat berbeda pendapat dalam kehidupan sehari-hari, bersikap tawadhu kepada orang lain dan tidak takkabbur, mengucap salam terhadap sesama muslim dan berbicara sopan dan lemah lembut dalam kehidupan sehari-hari.
UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA BERAKHLAK AL-KARIMAH DI SMPIT AL-MUNADI MEDAN Soiman, Soiman; Sabri, Rijal; Nasuha, Rizqiyatun
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) upaya Guru dalam Mengembangkan kepribadian akhlak di SMPIT Al-Munadi mencakup (a) Religius, (b) Jujur, (c) Toleransi, (d) Disiplin, (e) Kerja Keras, (f) Kreatif, (g) Mandiri, (h) Demokratis, (i) Semangat Kebangsaan, (j) Cinta Tanah Air, (k) Menghargai Prestasi, (l) Bersahabat Komunikatif, (m) Cinta Damai, (n) Gemar Membaca, (o) Peduli Lingkungan, (p) Peduli Sosial, (q) Tanggung Jawab. beberapa tahapan metode yakni: (a) pengajaran, (b) keteladanan, (c) pembiasaan, (d) pemotivasian, dan (e) penegakan aturan.(2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kepribadian siswa ber-akhlak al-Karimah di SMPIT Al-Munadi terdapat dua faktor. Faktor internal faktor dan faktor external, Kedua faktor ini dapat mempengaruhi diri manusia biasanya pengaruh berasal dari lingkungan sekitar, (3) Kepribadian siswa ber-akhlak al-karimah di SMPIT Al-Munadi, siswa mampu menerapkan sikap rasa Ikhlas dan mencari haq serta melepaskan diri dari hawa nafsu saat berbeda pendapat dalam kehidupan sehari-hari, bersikap tawadhu kepada orang lain dan tidak takkabbur, mengucap salam terhadap sesama muslim dan berbicara sopan dan lemah lembut dalam kehidupan sehari-hari.
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN TERHADAP AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) AL-MUNADI MEDAN Zamakhsyari Zamakhsyari; Muhammad Aqsho; Parlaungan Parlaungan
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi peserta didik di SMPIT Al-Munadi terbagi menjadi dua yaitu: Faktor Internal, yaitu faktor yang datangnya dari diri mereka sendiri; dan faktor eksternal, yaitu faktor yang datangnya dari luar diri mereka. Kecintaan terhadap Al-Qur’an yang bersifat eksternal dibagi menjadi tiga yaitu: (1) Dorongan orangtua; (2) Adanya pembelajaran tilawah; (3) Pendidik/guru. 20 Peran guru PAI dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi peserta didik di SMPIT Al-Munadi, yakni: (1) Sebagai Motivator; (2) Sebagai Penggerak; (3) Sebagai Fasilitator dan (4) Evaluator. 3) Kendala dan hambatan guru PAI dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi peserta didik di SMPIT Al-Munadi mencakup lima aspek, yakni: (1) Sifat malas yang ada pada diri peserta didik; (2) Lingkungan masyarakat; (3) Waktu yang terbatas; (4) Kurang berfariasinya metode; (5) Gadget dan musik.
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN TERHADAP AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) AL-MUNADI MEDAN Aqsho, Muhammad; Parlaungan, Parlaungan; Zamakhsyari, Zamakhsyari
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi peserta didik di SMPIT Al-Munadi terbagi menjadi dua yaitu: Faktor Internal, yaitu faktor yang datangnya dari diri mereka sendiri; dan faktor eksternal, yaitu faktor yang datangnya dari luar diri mereka. Kecintaan terhadap Al-Qur’an yang bersifat eksternal dibagi menjadi tiga yaitu: (1) Dorongan orangtua; (2) Adanya pembelajaran tilawah; (3) Pendidik/guru. 20 Peran guru PAI dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi peserta didik di SMPIT Al-Munadi, yakni: (1) Sebagai Motivator; (2) Sebagai Penggerak; (3) Sebagai Fasilitator dan (4) Evaluator. 3) Kendala dan hambatan guru PAI dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi peserta didik di SMPIT Al-Munadi mencakup lima aspek, yakni: (1) Sifat malas yang ada pada diri peserta didik; (2) Lingkungan masyarakat; (3) Waktu yang terbatas; (4) Kurang berfariasinya metode; (5) Gadget dan musik.
PERAN GURU DALAM PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL AFLAH KECAMATAN MEDAN MEDAN LABUHAN Zamakhsyari Zamakhsyari; Rahmat Hidayat; Azhari Sianipar
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: Kepribadian anak usia dini di RA Nurul Aflah Kecamatan Medan Labuhan mencakup: (1) Kepribadian Ekstrovet (2) Kepribadian Introvet. Adapun jenis jenis dari kepribadian ekstrovet ialah (a) extroverted sensors; jenis ekstrovet yang mendapat pengaruh dari banyak informasi yang didapat di sekelilingnya (b) extroverted intuitors; suka diajak berargumen dengan topik topik yang serius (c) extroverted feelers; suka bersosialisasi (d) extroverted thinker; pemikir yang logis. Sedangkan jenis jenis kepribadian introvet ialah (a) introvet sosial; tidak suka keramaian (b) introvet pemikir; suka berfikir (c) introvet cemas; suka grogi dan gelisah (d) introvet tertahan; lambat dalam beraksi. Namun dalam hal ini, guru guru RA Nurul Aflah Kecamatan Medan labuhan sepakat bahwasanya kecenderungan kepribadian yang dimiliki oleh anak usia dini di RA Nurul Aflah ialah memiliki kepribadian ekstrovet. Meskipun masih terdapat beberapa anak usia dini dengan kepribadian introvet, namun akan tetapi jumlah anak yang memiliki kepribadian ekstrovet cenderung lebih banyak dari pada anak dengan kepribadian Introvet.
PERAN GURU DALAM PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL AFLAH KECAMATAN MEDAN MEDAN LABUHAN Zamakhsyari, Zamakhsyari; Hidayat, Rahmat; Sianipar, Azhari
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: Kepribadian anak usia dini di RA Nurul Aflah Kecamatan Medan Labuhan mencakup: (1) Kepribadian Ekstrovet (2) Kepribadian Introvet. Adapun jenis jenis dari kepribadian ekstrovet ialah (a) extroverted sensors; jenis ekstrovet yang mendapat pengaruh dari banyak informasi yang didapat di sekelilingnya (b) extroverted intuitors; suka diajak berargumen dengan topik topik yang serius (c) extroverted feelers; suka bersosialisasi (d) extroverted thinker; pemikir yang logis. Sedangkan jenis jenis kepribadian introvet ialah (a) introvet sosial; tidak suka keramaian (b) introvet pemikir; suka berfikir (c) introvet cemas; suka grogi dan gelisah (d) introvet tertahan; lambat dalam beraksi. Namun dalam hal ini, guru guru RA Nurul Aflah Kecamatan Medan labuhan sepakat bahwasanya kecenderungan kepribadian yang dimiliki oleh anak usia dini di RA Nurul Aflah ialah memiliki kepribadian ekstrovet. Meskipun masih terdapat beberapa anak usia dini dengan kepribadian introvet, namun akan tetapi jumlah anak yang memiliki kepribadian ekstrovet cenderung lebih banyak dari pada anak dengan kepribadian Introvet.
POLA BIMBINGAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB YPAC MEDAN Zamakhsyari Zamakhsyari; Suhendri Suhendri; Muhammad Syahrul
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Temuan dalam peneliti ini ada tiga, yaitu: (1) perencanaan bimbingan guru untuk menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus dibuat berdasarkan karakteristik, kondisi nyata yang dimiliki peserta didik dan didokumentasikan berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian dan silabus; (2) pelaksanaan bimbingan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus yaitu dengan melakukan tiga kegiatan yaitu, kegiatan awal, inti dan penutup. Pelaksanaan kegiatan bimbingan dilakukan dengan beragam strategi, metode, media, dan alat pembelajaran; (3) evaluasi bimbingan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus dilakukan secara bertahap dan berjenjang, dari evaluasi harian, bulanan sampai dengan evaluasi semester. Bentuk evaluasi guru dapat dilakukan dengan teknik lisan maupun tertulis. Penilaian tersebut mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Page 1 of 2 | Total Record : 17