cover
Contact Name
Lina Rifda Naufalin
Contact Email
linarifda@gmail.com
Phone
+6285640368795
Journal Mail Official
soedirmaneconomicseducation@gmail.com
Editorial Address
Laboratorium Terpadu Lantai 4 (Laboratorium Manajemen Data) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus UNSOED, Grendeng Purwokerto 53122
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Soedirman Economics Education Journal
ISSN : 26862409     EISSN : 26866277     DOI : https://doi.org/10.32424/seej.v3i1
Core Subject : Education,
Soedirman Economics Education Journal offers publication articles about learning methods, education technology, learning evaluation, learning design, innovation in learning, and learning media emphasizing local wisdom. Submitted articles can be in the form of research results or literature studies. We invite articles in all functional area of economic education, which mainly about (but not exclusive to) : economic education accounting education educational administration offices cooperative education
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022)" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN PENDEKATAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Kukuh Dhany P; Imam Bukhori
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.5631

Abstract

Pelaksanaan kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang berkembangnya sarana dan media pembelajaran peserta didik. Pembelajaran secara langsung pada lembaga pendidikan masih menggunakan media pembelajaran konvensional dengan sumber belajar yang tidak pasti sehingga berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini (1) menghasilkan media pembelajaran barupa E-modul dengan basis REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) bagi peserta didik kelas XI mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian; (2) Mengetahui kelayakan E-modul yang dipakai pada pengajaran peserta didik kelas XI dalam mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian; (3) Mengetahui apakah penerapan sumber belajar E-modul dengan bantuan teknologi dapat meningkatkan hasil belajar serta mempermudah pengajaran bagi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian. Dengan dikembangkannya media pembelajaran E-modul berbantuan pendekatan REACT, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa maka berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Model penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam kegiatan penelitian ini, penggunaan objeknya yaitu kelas XI program keahlian OTKP yang merupakan kelas uji coba produk. Pada kegiatan meneliti berikut terdapat 8 proses yakni 1) Potensi permasalahan; 2) Mengumpulkan data; 3) Mendesain produk; 4) Validasi desain; 5) Uji coba produk; 6) Uji coba produk; 7) Revisi prooduk; 8) Produk akhir. penelitian menghasilkan sebuah media E-modul berbantuan pendekatan REACT mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian yang siap diterapkan pada siswa kelas XI OTKP 3 di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Hasil validasi materi, validasi media, serta validasi pengguna erhadap media pembelajaran E-modul benbantuan pendekatan REACT untuk meningkatkan hasil belajar mendapatkan nilai dengan kriteria ‘’sangat layak’’.
MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN 4C SISWA Fatma Choirunnisa Widyaningrum; Caroline Agni Sulistyowati; Muhammad Feriady
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.4937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning berbantuan google spreadsheet dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 1 dan 2 SMK Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan analisis dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai signifikansi adalah 0,093<0,10 dan (2) berdasarkan analisis deskriptif Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan google spreadsheet hasil belajar mengalami peningkatan dari 76,4 naik menjadi 85,3, pada keterampilan 4C juga mengalami perkembangan dari pertemuan pertama dan pertemuan selanjutnya. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet efektif meningkatkan hasil belajar untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa dan model PjBL lebih efektif dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran di masa pandemi. Saran yang diberikan adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet dapat diterapkan guru sebagai salah satu variasi model pembelajaran kewirausahaan sebagai solusi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di masa pandemi.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN) Zulfi Rahmawati; Titi Nurfitri; Ekaningtyas Widiastuti
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.5548

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengendalian diri, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi mulai dari angkatan 2017 sampai 2019 yang berstatus aktif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 107 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh negatif signifikan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif; (2) Terdapat pengaruh negatif signifikan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif; (3) Terdapat pengaruh positif signifikan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Implikasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan literasi keuangan melalui pembelajaran yang lebih inovatif dan pengendalian diri untuk meminimalisir perilaku konsumtif.
FAKTOR PERTIMBANGAN PASAR KERJA, KEMAMPUAN FINANSIAL, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT (CPA) Bella Andias Permatasari; Dona Primasari; Umi Pratiwi
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.5524

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertimbangan pasar kerja, kemampuan finansial, dan lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman untuk mengikuti ujian CPA. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Sampel diambil menggunakan metode stratified sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 138 responden. Data diperoleh melalui survei menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA; (2) Kemampuan finansial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA. (3) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE MOVIE MAKER DAN SOFTWARE PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI Wulan Hasnada Imani; Sumarsono Sumarsono; Suci Indriati
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.3150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kedua media yaitu software Movie Maker dan media software Prezi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dengan materi ekonomi dan mengetahui perbedaan hasil belajar dari kedua media tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Baturraden yang berjumlah 304 dan untuk sampel berjumlah 98 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Baturraden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis terhadap data post-test pada kelas eksperimen I dengan menggunakan software Movie Maker menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya media software movie maker berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Sementara pada Kelas eksperimen II menggunakan software Prezi menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya media software prezi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Rata – rata hasil belajar post-test kelas eksperimen I dengan menggunakan media software Movie Maker sebesar 82,08 dan kelas eksperimen II yang menggunakan media software Prezi memiliki rata rata hasil belajar sebesar 78,71. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media software Movie Maker lebih baik dari media software Prezi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji t-test independent sample, menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel atau 2,157 >1,994. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media software Movie Maker dengan media software Prezi.
PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Meisa Sartika Aninditya1; Sigit Wibowo Dwi Nugroho; Bambang Sunarko
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.5642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Intellectual Capital terhadap kinerja keuangan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komponen dari modal intelektual diantaranya Human Capital Efficiency (HCE), Structural Capital Efficiency (SCE), Capital Employed Efficiency (CEE). Variabel dependennya yaitu kinerja keuangan yang diproksikan menggunakan Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) serta variabel kontrol menggunakan leverage dan ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 22 perusahaan. Untuk analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji deksriptif, uji regresi data panel, uji determinasi, uji f, uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel HCE dan CEE berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel SCE berpengaruh negatif dan tidak signfikan terhadap ROA pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman periode 2018-2020. HCE dan CEE berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE. Sedangkan SCE berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROE pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman periode 2018-2020. Implikasi dan kesimpulan di atas yaitu memberikan sudut pandang baru bagi perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman untuk dapat mengelola pemanfaatan aset tidak berwujud berupa intellectual capital, kinerja keuangan (ROA & ROE), serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk investor dalam menginvestasikan dananya pada perusahaan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE MOVIE MAKER DAN SOFTWARE PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI Wulan Hasnada Imani; Sumarsono Sumarsono; Suci Indriati
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.3150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kedua media yaitu software Movie Maker dan media software Prezi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dengan materi ekonomi dan mengetahui perbedaan hasil belajar dari kedua media tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Baturraden yang berjumlah 304 dan untuk sampel berjumlah 98 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Baturraden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis terhadap data post-test pada kelas eksperimen I dengan menggunakan software Movie Maker menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya media software movie maker berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Sementara pada Kelas eksperimen II menggunakan software Prezi menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya media software prezi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Rata – rata hasil belajar post-test kelas eksperimen I dengan menggunakan media software Movie Maker sebesar 82,08 dan kelas eksperimen II yang menggunakan media software Prezi memiliki rata rata hasil belajar sebesar 78,71. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media software Movie Maker lebih baik dari media software Prezi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji t-test independent sample, menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel atau 2,157 >1,994. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media software Movie Maker dengan media software Prezi.
MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN 4C SISWA Fatma Choirunnisa Widyaningrum; Caroline Agni Sulistyowati; Muhammad Feriady
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.4937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning berbantuan google spreadsheet dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 1 dan 2 SMK Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan analisis dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai signifikansi adalah 0,093<0,10 dan (2) berdasarkan analisis deskriptif Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan google spreadsheet hasil belajar mengalami peningkatan dari 76,4 naik menjadi 85,3, pada keterampilan 4C juga mengalami perkembangan dari pertemuan pertama dan pertemuan selanjutnya. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet efektif meningkatkan hasil belajar untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa dan model PjBL lebih efektif dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran di masa pandemi. Saran yang diberikan adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet dapat diterapkan guru sebagai salah satu variasi model pembelajaran kewirausahaan sebagai solusi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di masa pandemi.
FAKTOR PERTIMBANGAN PASAR KERJA, KEMAMPUAN FINANSIAL, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT (CPA) Bella Andias Permatasari; Dona Primasari; Umi Pratiwi
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.5524

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertimbangan pasar kerja, kemampuan finansial, dan lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman untuk mengikuti ujian CPA. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Sampel diambil menggunakan metode stratified sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 138 responden. Data diperoleh melalui survei menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA; (2) Kemampuan finansial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA. (3) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN) Zulfi Rahmawati; Titi Nurfitri; Ekaningtyas Widiastuti
Soedirman Economics Education Journal Vol 4 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/seej.v4i1.5548

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengendalian diri, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi mulai dari angkatan 2017 sampai 2019 yang berstatus aktif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 107 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh negatif signifikan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif; (2) Terdapat pengaruh negatif signifikan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif; (3) Terdapat pengaruh positif signifikan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Implikasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan literasi keuangan melalui pembelajaran yang lebih inovatif dan pengendalian diri untuk meminimalisir perilaku konsumtif.

Page 1 of 2 | Total Record : 12