cover
Contact Name
Basiron
Contact Email
-
Phone
+6285800057724
Journal Mail Official
jadimas765@gmail.com
Editorial Address
Kantor Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : -     EISSN : 26139103     DOI : https://dx.doi.org/10.29100/j-adimas
J-Adimas; Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan karya ilmiah seputar Pengabdian Kepada Masyarakat. J-Adimas mendukung analisis kegiatan yang berkaitan dengan hilirisasi dari hasil penelitian menjadi segala sesuatu yang berdayaguna secara langsung kepada masyarakat sesuai kaidah pengabdian kepada masyarakat. J-Adimas ini membatasi pengabdian masyarakat yang berada dalam ruang lingkup bidang: Pembangunan manusia dibidang pendidikan dan Sosio-Humaniora, Pengentasan kemiskinan, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014)" : 10 Documents clear
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANDUNG TULUNGAGUNG Yuliani, Yuliani
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.314

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI) dikembangkan pertama kali padaawal tahun 1970-an. Belakangan ini PTP diyakini sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif (highlyeffective teachingmodel) karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, danakademik siswa di dalam kelas atau di lingkungan sekolah. Pembelajaran tematik terpadu pada awalnyadikembangkan untuk anak-anak berbakat dan bertalenta (gifted and talented), anak-anak yang cerdas, pro-gram perluasan belajar, dan peserta didik yang belajar cepat. Berdasarkan hasil obsevasi yang dilakukanbahwa penerapan pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan di SD Di Kecamatan Bandung belum dil-aksanakan secara maksimal. Hal tersebut terlihat ketika pembelajaran sedang berlangsung, sekolah ini memangmenerapkan pembelajaran tematik akan tetapi pengemasan dengan pendekatan tematik terpadu sama sekali be-lum terlihat. Pembelajaran tematik terpadu memiliki perbedaan kualitatif (qualitatively different) dengan modelpembelajaran lain. PTP sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higherlevels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills),sebuah proses inovatif bagi pengembangnan dimensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Setelah dil-aksanakan kegiatan pelatihan, peserta diberikan angket untuk diisi, isi angket memuat tentang manfaat pelaksa-naan program pelatihan penyusunan RPP Tematik Terpadu dan dari hasil angket tersebut menunjukkan bahwapeserta kegiatan yang menyetujui tentang rencana program lanjutan pelatihan penyusunan RPP TematikTerpaduKata Kunci: RPP, Tematik Terpadu, Guru, Sekolah Dasar.
PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERPEDOMAN PADA AKUNTANSI PERHOTELAN BAGI ANGGOTA PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTAURANT INDONESIA (PHRI) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG Sunanik, Sunanik
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.315

Abstract

Pemberdayaan pengelolaan usaha bisnis pendukung bidang pariwisata ini sangat diperlukan, salah satunya dibidang pelaporan keuangan usaha, yang dilakukan sesuai dengan standar akuntansi untuk pengusaha kecil danmenengah. Laporan keuangan yang baik dapat memberikan informasi keuangan yang berguna untuk mengambilkeputusan bisnis strategis. Dengan adanya pengabdian masyarakat tentang penyusunan laporan keuangan ini,dapat meningkatkan kemampuan pengelola akomodasi di bidang pariwisata, khususnya anggota PHRI agardapat membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang ada. Laporan keuangan yang dihasilkan dapatmemberikan informasi kondisi keuangan bisnis yang sedang dijalankan untuk tiap periode pelaporan. Khalayaksasaran strategis yang dilibatkan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah anggota PHRI di Ka-bupaten Tulungagung yang berjumlah 25 orang. Pemilihan sasaran tersebut adalah karena anggota PHRI ke-banyakan mengelola usaha yang tergolong pada usaha kecil dan menengah dan masih belum mempunyai ke-mampuan menyusun laporan keuangan sesuai standar yang ada. Bentuk dari program pengabdian padamasyarakat ini adalah pelatihan penyusunan laporan keuangan sesuai standar yang ada untuk usaha kecil danmenengah, dalam hal ini berpedoman pada akuntansi perhotelan. Pada awalnya peserta pelatihan diberikanpemahaman tentang manfaat pembuatan laporan keuangan, selanjutnya pemahaman isi laporan keuangan danstandar pelaporan keuangan yang diperlukan. Peserta selanjutnya diberikan penjelasan tentang cara penyusu-nan laporan keuangan, dan terakhir peserta dilatih membuat laporan keuangan hotel dan restaurant, sehinggamenghasilkan laporan keuangan masing-masing. Berdasarkan hasil dan pembahasan kegiatan pengabdiankepada masyarakat yang telah diuraikan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pemahamanpeserta tentang pembuatan laporan keuangan hotel semakin baik setelah mengikuti pelatihan penyusunanlaporan keuangan, terutama bagi karyawan bagian accounting pada hotel yang menjadi anggota PHRI Kabu-paten Tulungagung; dan 2) Kemampuan peserta pelatihan membuat laporan keuangan hotel pada simulasidengan bahan yang disiapkan panitia telah cukup baik.Kata Kunci: Penyusunan Laporan Keuangan, Akuntansi Perhotelan, PHRI.
PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI DAN VOLUME PENJUALAN PRODUK HANDY CRAFT UKM MELALUI PEMBINAAN LEGALISASI PRODUK DAN MANAJEMEN KUALITAS PRODUK Hasib, Mohammad
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.311

Abstract

Faktor dominan yang menjadi permasalahan pada mitra yaitu sentra Usaha Kecil Menengah yang memproduksimakanan ringan tradisional yaitu dalam melakukan usahanya produk tersebut belum legal, belum diberi la-bel/merk produk dagang, sehingga makanan Handy Craft tersebut sulit dikenal konsumen/kalangan masyarakatluas. Selain itu, kendala lainnya dari kegiatan memproduksi makanan tersebut adalah belum adanya manajemendalam pengelolaannya, sehingga produk tersebut belum mempunyai kualitas yang baik, hanya dijual/dipasarkansecara terbatas pada kalangan tertentu saja misalnya di tetangga sekitar, teman kantor dan On line melaluiFacebook, BBM dengan harga relatif menangah. Kegiatan ini dalam rangka upaya memberikan alternative so-lusi permasalahan yang dihadapi mitra yakni produk handy craft dengan menghasilkan produk yang bermerekdan legal, upaya penjualan yang optimal, dan manajemen kualitas produk yang baik, sehingga dapat meningkat-kan volume penjualan sehingga berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan mitra. Luaran yang diharapkandapat terwujud dari kegiatan ini adalah : (1) Produk handy craft yang dihasilkan mitra menjadi bermerek danlegal atau memiliki dasar hukum yang bisa dipertanggungjawabkan, (2) Terciptanya produk handy craft darimitra yang berkualitas dan dapat bersaing dengan kompetitor (3) Meningkatknya volume penjualan produkhandy craft dari mitraKata Kunci: Produk Handy Craft Legalisasi Produk, Manajemen Kualitas, Peningkatan Penjualan.
Workshop Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Pada MGMP Bahasa Inggris Tingkat SMA Kabupaten Tulungagung Gumilang, Willy Anugrah; Hanafi, Moh; Sukma, Antonious Ari
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.1393

Abstract

ABSTRAKKegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru SMA dalam menyusun proposal dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui pelatihan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan di STKIP PGRI Tulungagung dengan sasaran kegiatan guru-guru SMA Negeri. Materi pelatihan penelitian tindakan kelas meliputi: Jenis-jenis Penelitian Pendidikan, Pengertian dan Karakteristik PTK, Penyusunan Proposal PTK, Pelaksanaan PTK, dan Penyusunan laporan PTK. Untuk menumbuh kembangkan budaya meneliti di sekolah dan meningkatkan partisipasi kegiatan PTK yang dilakukan di dalam kelas tanpa harus meninggalkan kegiatan PBM di kelas. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan guru SMA yang mengikuti pelatihan ini dalam memahami penelitian tindakan kelas. Pelatihan mempunyai efektivitas dan efisiensi yang tinggi karena guru memang membutuhkan materi pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Kata Kunci: Workshop, PTK, MGMP Bahasa Inggris
PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMPN 1 DURENAN Purwananti, Yepi Sedya
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.312

Abstract

Salah satu langkah penting diantara tujuh langkah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) adalah mengidentifikasi materi ajar atau bahan ajar. Identifikasi bahan ajar yang dimaksud adalahpenentuan materi pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan maupun indi-kator yang ingin dicapai. Selain itu materi juga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti misalnyamenarik (baik dari segi tampilan maupun konten), memeberi peluang pada siswa untuk berfikir logis, aktif, kritisdan kreatif serta mengembangkan rasa keingintahuan siswa untukbelajar lebih lanjut. Tujuan dari pengabdianini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pada guru-guru SMP 1 DurenanTrenggalek dalam hal ini guru Bahasa Inggris, terutama dalam hal kemampuan mengembangkan bahan ajar.Berdasarkan hasil umpan balik didapatkan informasi bahwa kegiatan ini sangat relefvan dengan kebutuhanGuru SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. Mereka merasa mendapat wawasan dan skill yang aplikatif danbermanfaat. Selain itu mereka juga merasa senang dengan teknik dan metode pelatihan yang diterapkan selamapelatihan.Kemampuan yang dilatihkan dan dimiliki peserta diantaranya adalah: 1) Pengetahuan skill tentangcara pengajaran dan memperoleh bahan ajar bahasa Inggris melalui lagu, cerita, permainan dan craftingsekaligus pengetahuan tentang cara mencari sumber belajar yang menarik dan interaktifKata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Guru, Bahasa Inggris, SMP.
PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMPN 1 DURENAN Yepi Sedya Purwananti
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.312

Abstract

Salah satu langkah penting diantara tujuh langkah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) adalah mengidentifikasi materi ajar atau bahan ajar. Identifikasi bahan ajar yang dimaksud adalahpenentuan materi pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan maupun indi-kator yang ingin dicapai. Selain itu materi juga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti misalnyamenarik (baik dari segi tampilan maupun konten), memeberi peluang pada siswa untuk berfikir logis, aktif, kritisdan kreatif serta mengembangkan rasa keingintahuan siswa untukbelajar lebih lanjut. Tujuan dari pengabdianini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pada guru-guru SMP 1 DurenanTrenggalek dalam hal ini guru Bahasa Inggris, terutama dalam hal kemampuan mengembangkan bahan ajar.Berdasarkan hasil umpan balik didapatkan informasi bahwa kegiatan ini sangat relefvan dengan kebutuhanGuru SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. Mereka merasa mendapat wawasan dan skill yang aplikatif danbermanfaat. Selain itu mereka juga merasa senang dengan teknik dan metode pelatihan yang diterapkan selamapelatihan.Kemampuan yang dilatihkan dan dimiliki peserta diantaranya adalah: 1) Pengetahuan skill tentangcara pengajaran dan memperoleh bahan ajar bahasa Inggris melalui lagu, cerita, permainan dan craftingsekaligus pengetahuan tentang cara mencari sumber belajar yang menarik dan interaktifKata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Guru, Bahasa Inggris, SMP.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANDUNG TULUNGAGUNG Yuliani Yuliani
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.314

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI) dikembangkan pertama kali padaawal tahun 1970-an. Belakangan ini PTP diyakini sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif (highlyeffective teachingmodel) karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, danakademik siswa di dalam kelas atau di lingkungan sekolah. Pembelajaran tematik terpadu pada awalnyadikembangkan untuk anak-anak berbakat dan bertalenta (gifted and talented), anak-anak yang cerdas, pro-gram perluasan belajar, dan peserta didik yang belajar cepat. Berdasarkan hasil obsevasi yang dilakukanbahwa penerapan pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan di SD Di Kecamatan Bandung belum dil-aksanakan secara maksimal. Hal tersebut terlihat ketika pembelajaran sedang berlangsung, sekolah ini memangmenerapkan pembelajaran tematik akan tetapi pengemasan dengan pendekatan tematik terpadu sama sekali be-lum terlihat. Pembelajaran tematik terpadu memiliki perbedaan kualitatif (qualitatively different) dengan modelpembelajaran lain. PTP sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higherlevels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills),sebuah proses inovatif bagi pengembangnan dimensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Setelah dil-aksanakan kegiatan pelatihan, peserta diberikan angket untuk diisi, isi angket memuat tentang manfaat pelaksa-naan program pelatihan penyusunan RPP Tematik Terpadu dan dari hasil angket tersebut menunjukkan bahwapeserta kegiatan yang menyetujui tentang rencana program lanjutan pelatihan penyusunan RPP TematikTerpaduKata Kunci: RPP, Tematik Terpadu, Guru, Sekolah Dasar.
PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERPEDOMAN PADA AKUNTANSI PERHOTELAN BAGI ANGGOTA PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTAURANT INDONESIA (PHRI) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG Sunanik Sunanik
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.315

Abstract

Pemberdayaan pengelolaan usaha bisnis pendukung bidang pariwisata ini sangat diperlukan, salah satunya dibidang pelaporan keuangan usaha, yang dilakukan sesuai dengan standar akuntansi untuk pengusaha kecil danmenengah. Laporan keuangan yang baik dapat memberikan informasi keuangan yang berguna untuk mengambilkeputusan bisnis strategis. Dengan adanya pengabdian masyarakat tentang penyusunan laporan keuangan ini,dapat meningkatkan kemampuan pengelola akomodasi di bidang pariwisata, khususnya anggota PHRI agardapat membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang ada. Laporan keuangan yang dihasilkan dapatmemberikan informasi kondisi keuangan bisnis yang sedang dijalankan untuk tiap periode pelaporan. Khalayaksasaran strategis yang dilibatkan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah anggota PHRI di Ka-bupaten Tulungagung yang berjumlah 25 orang. Pemilihan sasaran tersebut adalah karena anggota PHRI ke-banyakan mengelola usaha yang tergolong pada usaha kecil dan menengah dan masih belum mempunyai ke-mampuan menyusun laporan keuangan sesuai standar yang ada. Bentuk dari program pengabdian padamasyarakat ini adalah pelatihan penyusunan laporan keuangan sesuai standar yang ada untuk usaha kecil danmenengah, dalam hal ini berpedoman pada akuntansi perhotelan. Pada awalnya peserta pelatihan diberikanpemahaman tentang manfaat pembuatan laporan keuangan, selanjutnya pemahaman isi laporan keuangan danstandar pelaporan keuangan yang diperlukan. Peserta selanjutnya diberikan penjelasan tentang cara penyusu-nan laporan keuangan, dan terakhir peserta dilatih membuat laporan keuangan hotel dan restaurant, sehinggamenghasilkan laporan keuangan masing-masing. Berdasarkan hasil dan pembahasan kegiatan pengabdiankepada masyarakat yang telah diuraikan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pemahamanpeserta tentang pembuatan laporan keuangan hotel semakin baik setelah mengikuti pelatihan penyusunanlaporan keuangan, terutama bagi karyawan bagian accounting pada hotel yang menjadi anggota PHRI Kabu-paten Tulungagung; dan 2) Kemampuan peserta pelatihan membuat laporan keuangan hotel pada simulasidengan bahan yang disiapkan panitia telah cukup baik.Kata Kunci: Penyusunan Laporan Keuangan, Akuntansi Perhotelan, PHRI.
PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI DAN VOLUME PENJUALAN PRODUK HANDY CRAFT UKM MELALUI PEMBINAAN LEGALISASI PRODUK DAN MANAJEMEN KUALITAS PRODUK Mohammad Hasib
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.311

Abstract

Faktor dominan yang menjadi permasalahan pada mitra yaitu sentra Usaha Kecil Menengah yang memproduksimakanan ringan tradisional yaitu dalam melakukan usahanya produk tersebut belum legal, belum diberi la-bel/merk produk dagang, sehingga makanan Handy Craft tersebut sulit dikenal konsumen/kalangan masyarakatluas. Selain itu, kendala lainnya dari kegiatan memproduksi makanan tersebut adalah belum adanya manajemendalam pengelolaannya, sehingga produk tersebut belum mempunyai kualitas yang baik, hanya dijual/dipasarkansecara terbatas pada kalangan tertentu saja misalnya di tetangga sekitar, teman kantor dan On line melaluiFacebook, BBM dengan harga relatif menangah. Kegiatan ini dalam rangka upaya memberikan alternative so-lusi permasalahan yang dihadapi mitra yakni produk handy craft dengan menghasilkan produk yang bermerekdan legal, upaya penjualan yang optimal, dan manajemen kualitas produk yang baik, sehingga dapat meningkat-kan volume penjualan sehingga berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan mitra. Luaran yang diharapkandapat terwujud dari kegiatan ini adalah : (1) Produk handy craft yang dihasilkan mitra menjadi bermerek danlegal atau memiliki dasar hukum yang bisa dipertanggungjawabkan, (2) Terciptanya produk handy craft darimitra yang berkualitas dan dapat bersaing dengan kompetitor (3) Meningkatknya volume penjualan produkhandy craft dari mitraKata Kunci: Produk Handy Craft Legalisasi Produk, Manajemen Kualitas, Peningkatan Penjualan.
Workshop Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Pada MGMP Bahasa Inggris Tingkat SMA Kabupaten Tulungagung Willy Anugrah Gumilang; Moh Hanafi; Antonious Ari Sukma
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v2i2.1393

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10