cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016)" : 10 Documents clear
PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG DIAJAR DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DAN METODE EKSPOSITORI PADA SUB POKOK PEMBAHASAN SPLDP DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 RANTAU UTARA Muhammad Yunus
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1290

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui apakah hasil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang diajar dengan metode pemecahan lebih baik dari yang diajar dengan metode ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Populasi penelitian dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara yang terdiri dari 280 orang siswa dan terdiri atas delapan kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara  random sample yaitu dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas secara acak dari delapan kelas yang ada, yang terambil adalah VIIIA sebanyak 36 orang siswa dan VIIIB sebanyak 36 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelompok sampel penelitian. Hasil analisis data penelitian diperoleh diperoleh thitung =1,7678< Ftabel . Pada dk = 70 dan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6689. Sehingga  thitung > ttabel (1,7678< 1,6689). Maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yaitu: kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang diajar dengan Metode pemecahan Masalah lebih baik kemampuan siswa yang diajar dengan Metode Ekspositori.
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA Islamiani Safitri
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1286

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemandirian dan aktivitas belajar matematika siswa yang disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih mengajar secara konvensional dan guru belum memberikan kesempatan yang banyak bagi siswa untuk menciptakan dan memecahkan masalah dalam bidang matematika yang dapat memicu kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII MTs Al-Jami`yatul Washliyah Aek Nabara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di sekolah Al-Jami`yatul Washliyah Aek Nabara dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 16 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari scenario pembelajaran, lembar observasi kemandirian belajar, angket kemandirian belajar siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan setiap akhir siklus. Hasil analisis data pada siklus II diperoleh hasil : (1) Kemandirian belajar siswa telah memenuhi persentase yang ditetapkan yaitu > 70%, (2) Nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 85% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah berhasil, (3) Hasil observasi kemandirian belajar berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 81,09%. Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII MTS ASH-SHOBRYAH TITI ALOBAN BILAH HULU Indah Fitria
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1291

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model konvensional pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs Ash-Shobriyah Titi Aloban Kecamatan Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ash-Shobriyah Titi Aloban Kecamatan Bila Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTs Ash-Sobriyah Titi Aloban Kecamatan Bila Hulu yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang ditentukan dengan cara sampel populasi dari total yaitu kelas VIII-b. yang berjumlah 40 siswa dangan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran Numbered Head Together dengan pembelajaran konvensional terlihat dari thitung
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIPE INTREGATED READING AND COMPOCOTION) DI KELAS VIII MTS SWASTA AL- JAMI Eva Julyanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1287

Abstract

Permasalahan yang terjadi di MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa yang dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) di kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan masing- masing siklus terdiri atas perencanaan sebanyak dua siklus, pelaksanaan tindakan, observasai dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tes hasil belajar yang digunakan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara, dapat meningkatkan dan memajukan hasil belajar siswa > 60%. Atau dapat dilihat hasil belajar siswa pada sikus I 59% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 72 %. Guru diharapkan melakukan kegiatan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau pelajaran lainnya. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKATAN Salim Akhtar
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matemnatika pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan dan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matemnatika pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Pangkatan yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah tentang keaktifan dan kemampuan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dalam pokok bahasan dimensi tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Aktifitas dan hasil belajar siswa berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan prosentase sebesar 41,41% pada pertemuan I, 51,01% pada pertemuan II, dan meningkat menjadi 60,61% pada pertemuan III. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 58,33% pada pertemuan I, 58,33% pada pertemuan II dan meningkat menjadi 66,67% pada pertemuan III. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) sudah terlaksana dengan cukup baik. Hasil yang diperoleh siswa saat tes evaluasi II cukup baik. Ternyata masih ada 9 siswa yang mendapat nilai kurang dari rata
PENGARUH PENINGKATAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 MARBAU Lili Rohanita
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Marbau. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Visual dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika serta untuk mengetahui Pengaruh peningkatan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan 2 Kelas yang terdiri dari Kelompok eksperimen adalah kelas VII1 sebanyak 30 orang, sedang kelompok kontrolnya adalah kelas VII2 sebanyak 30 orang. Dari hasil penghitungan diperoleh thitung (th) sebesar 2,565. Setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 58 sebesar 1,69 ternyata thitung lebih besar dari ttabel ( 2,565 > 1,69b ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan Media Visual pada mata pelajaran matematika dikatakan hasil belajar menjadi meningkat karena terbukti dari tes dan observasi. Maka dapat disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatan hasil belajar matematika. Meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan rerata nilai, tetapi rerata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rerata nilai kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PENEMUAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TORGAMBA Nurlina Ariani Hrp
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1293

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri pada Kelas X SMA. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Torgamba tahun pelajaran 2015/ 2016. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu peserta didik kelas X A sebagai kelompok eksperimen yang dikenai model pembelajaran kooperatif dengan metode penemuan berbantuan LKS dan siswa kelas X C sebagai kelompok kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional dengan metode ekspositori. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata kelompok eksperimen = 65,35 sedangkan rata-rata kelompok kontrol = 58,58. Karena thitung = 2,433 dan nilai ttabel = 1,668 berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Jadi rata-rata prestasi belajar pembelajaran pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATIMATIKA SIAWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE VAK ( VISUAL AUDITORY KINESTETIK ) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ATI ( APTITUDE TREADMENT INTERAKTION) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DI KELAS VIII SMPN 1 RANTAU SELATAN Sakinah Ubudiyah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1289

Abstract

Penelitian tentang Perbandingan Hasil Belajar Matimatika Siawa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Tipe Vak ( Visual Auditory Kinestetik ) Dengan Pembelajaran Kooperatif  Tipe Ati ( Aptitude Treadment Interaktion) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Di Kelas Viii ( Delapan ) Smpn 1 Rantau Selatan T.A.2013/2014 Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Matimatika Siawa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Tipe Vak ( Visual Auditory Kinestetik ) Dengan Pembelajaran Kooperatif  Tipe Ati ( Aptitude Treadment Interaktion) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Di Kelas Viii ( Delapan ) Smpn 1 Rantau Selatan T.A.2013/2014. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan analisis data menggunakan uji t. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII ( delapan ) SMPN 1 rantau selatan yang terdiri dari 8 kelas.pengambilan kelas VIII ( delapan ). Teknik pengumpulan data dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPP, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual tipe VAK  tidak lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe ATI.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SISWA MTs N KELAS VII Laili Habibah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1294

Abstract

ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTs IBRAHIMY RANTAUPRAPAT Amin Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v2i1.1285

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs Ibrahimy Labuhanbatu sebanyak 30 siswa. Dan objek penelitiannya adalah Melalui penerapan metode investigasi kelompok dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Kubus dan Balok kelas VIII MTs Nur Ibrahimy. Berdasarkan hasil tes awal Nilai hasil belajar siswa secara klasikal sebelum diterapkan metode investigasi kelompok adalah sebesar 16,67% dengan criteria sangat rendah. Nilai hasil belajar matematika siswa secara klasikal setelah diterapkan penerapan metode investigasi kelompok pada siklus I sebesar 63,33% dengan criteria sedang berarti nilai yang diperoleh siswa belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu sebesar > 85%. Nilai hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan penerapan metode investigasi kelompok pada siklus II sebesar 86,67%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10