cover
Contact Name
Ira Yuniati
Contact Email
-
Phone
+6285380062865
Journal Mail Official
lateralisasi@umb.ac.id
Editorial Address
Kampus I, Jl. Bali Po Box 118 Kota Bengkulu 38119
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Lateralisasi
ISSN : 2354936X     EISSN : 26144522     DOI : https://doi.org/10.36085
Core Subject : Education, Social,
Jurnal terbitan di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pada jurnal ini membahas tentang Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Daerah yang merupakan jurnal berbasis Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, beserta penelitian yang berkaitan dengan implementasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI" : 16 Documents clear
ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN KETERAMPILAN KEBAHASAAN PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KELAS XI Ahmad Nur Cahyo; Deby Luriawati; Wagiran
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal penilaian keterampilan kebahasaan yang dianalisis secara kualitatif serta akan merekonstruksi soal yang tidak memenuhi kriteria soal dan kesesuaian dengan validitas isi serta validitas konstruk. Penelitian ini dilakukan analisis kualitatif terhadap soal pilihan ganda teks nonsastra mata pelajaran Bahasa Indonesia.Analisis tersebut dilakukan mengacu kaidah penulisan soal pilihan ganda yang terdapat dalam Panduan Penilaian Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Panduan Penilaian Kurikulum 2013 dijelaskan bahwa aspek yang diperhatikan di dalam penelaahan secara kualitatif adalah aspek materi, konstruksi, dan bahasa/budaya. Masing-masing aspek memiliki kriteria tertentu sehingga jumlah kriteria dalam melakukan analisis sebanyak 18 kriteria. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.. Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa pada soal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada tiga sekolah pada kelas XI belum memenuhi standar kualitas yang baik, sehingga perlu adanya rekonstruksi.Sehingga, soal tersebut dapat lebih memenuhi standar kualitas pembelajaran yang sesuai. Kata Kunci: butir soal, kualitatif, rekonstruksi
ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN BIAR MISKIN, BELUM TENTU KARYA SRI IZZATI Hafiz Gunawan; Man Hakim; Nadi Hariyansyah
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3447

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur intrinsik (alur, penokohan, latar, tema, dan, amanat) cerpen Biar Miskin, Belum Tentu karya Sri Izzati. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat 1) penelitian ini dapat memperluas ilmu pengetahuan khususnya pada bidang sastra. 2) penelitian ini dapat menjadi acuan khususnya bagi peneliti berikutnya yang ingin meneliti masalah menganalisis cerpen/novel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Metode deskriptif analitik dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Data dalam penelitian ini adalah struktur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Biar Miskin, Belum Tentu karya Sri Izzati. Sumber data dalam penelitian ini adalah Cerpen Biar Miskin, Belum Tentu karya Sri Izzati yang diterbitkan oleh Gramedia, Jakarta 2005, dengan ketebalan 144 halaman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kartu data yang modifikasi menjadi daftar pengumpulan data. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian, yaitu 1. Perpanjangan keikutsertaan , 2. Ketekunan pengamatan, 3. Auditing. Berdasarkan analisis data cerpen Biar Miski, Belum Tentu karya Sri Izzati temanya yaitu “miskin bukanlah hambatan meraih sukses”. Amanatnya janganlah menjadi alasan ketidak berhasilan dalam usaha disebabkan oleh kemiskinan. Latar tempat SD Sekarwagi Jakarta, latar waktu pada siang hari, dan latar suasana pada proses belajar mengajar. Tokoh Utama Mita sekaligus memerankan tokoh protagonis, dan tokoh tambahan Indah, sekaligus memerankan tokoh antagonis. Teknik analisis data 1) membaca cerpen, 2) mengidentifikasikan, 3) mencatat kutipan yang mengandung unsur interinsik, 4) menganalisis, dan 5) menarik simpulan.
PENGGUNAAN APLIKASI CHATTING WHATSAPP SEBAGAI PERILAKU DALAM UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA MELAYU BENGKULU Yanti - Paulina; Wahyu Kemala Putri; Reni Kusmiarti
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3448

Abstract

Abstrak Bahasa adalah alat ucap yang dimiliki manusia yang memiliki makna untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi menyampaikan informasi.Secara umum pemertahanan bahasa adalah sebuah keputusan untuk tetap menggunakan bahasa secara kolektif oleh suatu komunitas yang telah menggunakan bahasa itu sebelumnya.Upaya pemertahanan bahasa adalah suatu usaha yang dilakukan untuk tetap mempertahankan bahasa. Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa perilaku peserta WhatsApp grup Alumni 12 iis4 SMANTI dalam upaya pemertahanan bahasa Melayu Bengkulu yang dominan menggunakan bahasa Melayu Bengkulu sesuai dengan kaidah atau norma yang ada,artinya sikap yang baik dalam penggunaan bahasa secara cermat, benar, santun dalam memakai bahasa sendiri, yaitu sebuah perilaku yang berpegang teguh untuk memelihara, menjaga,melestarikan bahasa daerah secara baik dan mencegah masuknya bahasa lain.
PENGARUH ALIRAN NATIVISME DAN ALIRAN BEHAVIORISME TERHADAP PENGUASAAN BAHASA ANAK USIA DINI 3;0—5;0 (Studi Paud Bustanul Athfal Kec. Singgaran Pati Kota Bengkulu TA. 2021/2022) Syanurdin - Syanurdin; Man Hakim
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3450

Abstract

Abstrak Dalam teori perkembangan bahasa anak, ada  tiga aliran yang masing-masing teori itu memiliki pendirian yang sangat kuat dan berpengaruh dalam sejarah linguistik sampai sekarang. Pandangan yang  pertama aliran Nativisme (Chomsky, 1959) yang berpendapat bahwa penguasaan kata bahasa anak bersifat alamiah (tidak adanya pengajaran). Aliran ini berpendapat bahwa selama proses pemerolehan bahasa, anak-anak dikit demi sedikit membuka kemampuan lingualnya secara genetis. Pandangan ini tidak menganggap lingkungan punya pengaruh dalam pemerolehan bahasa, melainkan menganggap bahwa bahasa itu terlalu kompleks dan rumit. Bahasa dapat dipelajari dalam waktu singkat melalui metode “peniruan” (imitation).       Kedua, yaitu aliran Behaviorisme (B.F Skinner, 1957) yang berpendapat bahwa penguasaan kosakata bahasa anak bersifat suapan (adanya pengajaran). Aliran berpendapat bahwa proses pemerolehan bahasa pertama dikendalikan  dari luar diri anak, yakni rangsangan melalui yang diberikan lingkungan. Bahasa itu bukanlah suatu ciri alamiah yang terpisah dari kematangan kognitif.   Aliran ini menegaskan bahwa struktur yang kompleks dari bahasa bukanlah sesuatu yang diberikan oleh alam dan bukan pula sesuatu yang dipelajari dari lingkungan.  Ketiga, aliran Kognitivisme (J. Piaget, 1954) bahwa truktur bahasa itu timbul   sebagai akibat dari interaksi  yang terus-menerus  antaratingkat kognitif  anak dengan lingkungan  kebahasaannya. Struktur itu timbul secara tak terelakan dari serangkaian interaksi. Oleh karena itu, timbulnya tak terelakan, maka struktur itu perlu disediakan secara alamiah.  Hubungan antara perkembangan kognitif  dan  perkembangan bahasa mengenai tahap paling awal dari perkembangan intelektual anak. Kata kunci: Aliran Nativisme, Behaviorisme, dan penguasaan bahasa anak
GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM KUMPULAN PUISI AIR MATA KOPI KARYA GOL A GONG Mahdijaya - Mahdijaya; mesy Kartika Sari
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3479

Abstract

Abstrak Kata Kunci: air mata kopi, gaya bahasa perbandingan, pendekatan stilistika Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, rinci dan mendalam tentang jenis gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan hermeneutika dengan pendekatan stilistika. Data dalam penelitian ini berupa cuplikan bagian-bagian puisi yang berupa kata, frase, dan kalimat yang mengandung unsur gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi pustaka gaya bahasa adalah (1) membaca kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong dengan berfokus pada aspek bahasa, meliputi kata, frase, dan kalimat yang merupakan gaya bahasa yang digunakan pengarang, (2) membaca kembali kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong, kemudian menandai bagian puisi yang mengandung unsur gaya bahasa perbandingan dengan cara menggaris bawahi dan membuat catatan pinggir, (3) mengumpulkan bagian-bagian puisi yang telah ditandai ke dalam suatu catatan berbentuk daftar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menafsirkan data guna menemukan makna yang terkandung dalam gaya bahasa, mengidentifkasi data berdasarkan jenis gaya bahasa perbandingan, mengelompokan data gaya bahasa yang sama berdasarkan jenis gaya bahasa perbandingan, mendeskripsikan hasil penelitian, membahas hasil penelitian, menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan interprestasi data dan pembahasan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong berjumlah 5 macam gaya bahasa. macam gaya bahasa perbandingan, meliputi macam gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi, alegori, dan pleonasme
PENGGUNAAN KLAUSA DALAM NOVEL “SEPERTI BINTANG” KARYA REGINA FABY reni kusmiarti; Alisha Putri Setiani; Adinda Nurmalita Sari; Metri Siska Ananda Putri; Indah Ayu Fransiska
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3480

Abstract

ABSTRAK Kata, frase, klausa dan kalimat sebagai kajian sintaksis sangat berperan dalam mengungkapkan ide/gagasan dalam sebuah karya sastra. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan klausa dalam novel Seperti Bintang Karya Regina Faby. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kutipan dalam novel Seperti Bintang Karya Regina Feby yang mengandung klausa adjektiva, klausa numeralia, dan klausa preposisional. Sumber data adalah novel Seperti Bintang Karya Regina Feby.Teknik pengumpulan datanya dokumentasi dengan langkah-langkah meliputi membaca novel secara berulang, menandai klausa, dan memasukkan ke dalam tabel. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis, menginterpretasi dan menyimpulkan. Hasil penelitian ditemukan 356 data yang terdiri dari klausa adjektiva berjumlah 150 data, klausa preposisional berjumlah 140 data, dan klausa numeralia berjumlah 66 data. Kata kunci : Penggunaan klausa adjektiva, preposisional, numeralia, novel
PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Yuneva Yuneva; Esva Wulan Suri
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3491

Abstract

Abstrak Kebijakan modifikasi sistem pembelajaran yang aman, efesien dan efektif diperlukan untuk mengedepankan mutu pendidikan demi mencegah Learning loss paska pandemic. Hal ini dilakukan agar mencegah serangan psikologis, degradasi intelektual dan karakter perserta didik. Beberapa permasalahan yang muncul seperti kemampuan penguasaan teknologi tenaga pendidik dan peserta didik, literasi dan digital skills, kesenjangan ekonomi peserta didik, Efektiftas pembelajaran daring, hambatan komunikasi media digital, Culture Shock, dan Kebijakan pemerintah yang terus dinamis dan berubah. Tujuan umum dalam penelitian ini menemukan modifikasi sistem pembelajaran terbaik melalui analisa mendalam kualitatif agar menjadi sebuah dasar kebijakan dalam menyusun strategi dan inovasi secara akademis baik teknis dan non teknis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dapat disimpulkan dalam mencegah learning loss perlu sebuah formulasi hasil dari evaluasi berupa Modifikasi Sistem Pembelajaran, Pemetaan berdasarkan zona wilayah, Pelatihan Bimtek Melek Literasi Digital kepada Pendidik dan Peserta Didik, Support insitutusi, Penerapan Metode pembelajaran idel, aturan yang tegas, jelas dan ketat serta Modifikasi dan improvisasi gaya pembelajaran
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI MASYARAKATDENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VI B SD NEGERI 8 KOTA BENGKULU SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Zunaida Zunaida
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3492

Abstract

Abstrak Pemetaan Pikiran adalah cara mencatat yang kreatif, dan secara harfiah, pemetaan pikiran. Mind Mapping menuntut anak untuk kreatif dan efektif dalam proses mind mapping melalui warna dan gambar yang dituangkan dalam mind map. Mind Mapping merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mengupayakan siswa untuk menggali ide-ide kreatif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Keanekaragaman Sosial, Budaya, dan Ekonomi untuk kelas VI B SD Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tahap Pra siklus I, dan Siklus II. Pada tahap pra siklus sebanyak 27 siswa, diperoleh data bahwa terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 75, dan rata-rata nilai kelas baru mencapai 65,18. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya ada 6 siswa. Selanjutnya pada Siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 orang dan nilai di bawah KKM sebanyak 16 orang dengan nilai rata-rata 72,59. Pada Siklus II 27 siswa diperoleh data bahwa siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM ada 6 siswa (22,222), sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 21 siswa (77,777%) nilai rata-ratanya adalah 80.
NILAI BUDAYA DALAM KEARIFAN LOKAL BUKU CERITA RAKYAT LEGENDA DANAU DENDAM TAK SUDAH DAN DANAU TES KARYA OYIEK KANIA ATMAJA DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Loliek Kania Atmaja; Oyiek Atmaja
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3493

Abstract

ABSTRAK Banyak cerita rakyat yang terdapat di Provinsi Bengkulu, ada beberapa yang akan peneliti kaji, yaitu sebagai berikut : 1. Danau Dendam Tak Sudah, 2. Buaya Buntung, 3. Biring Kecik, 4. Ular Kepala Tujuh, dan 5. Pahit Lidah. Ke lima cerita rakyat inilah yang akan peneliti analisis berdasarkan nilai budaya yang terdapat di dalam cerita rakyat tersebut. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah nilai budaya dalam kearifan lokal buku cerita rakyat Legenda Danau Dendam Tak Sudah Dan Danau Tes karya Oyiek Kania Atmaja dan implementasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam buku cerita rakyat Legenda Danau Dendam Tak Sudah Dan Danau Tes karya Oyiek Kania Atmaja. (2) Untuk mendeskripsikan implikasi nilai budaya dalam kearifan lokal buku cerita rakyat Legenda Danau Dendam Tak Sudah Dan Danau Tes karya Oyiek Kania Atmaja terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Berdasarkan analisis nilai-nilai budaya yang terkandung dalam buku cerita rakyat Legenda Danau Dendam Tak Sudah Dan Danau Tes karya Oyiek Kania Atmaja dapat disimpulkan nilai budaya yang terkandung dalam buku cerita rakyat Legenda Danau Dendam Tak Sudah Dan Danau Tes karya Oyiek Kania Atmaja yaitu : 1. Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, antara lain Kehendak/ rencana Tuhan, dan sebagainya. 2. Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam. 3. Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat, seperti Pemimpin yang bertanggung jawan, Rasa tolong menolong sesama manusia, dan sebagainya. 4. Nilai budaya dalam hubungan manusia lain, seperti Persahabatan, Berjanji, Merasa kecewa dan sebagainya. 5. Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri, seperti: Sifat pemalas akan merugikan diri sendiri, Sifat keras kepala hanya akan merugikan diri sendri. Sehubungan dengan penelitian penuis mengharapkan dapat menambah wawasan pembaca atau masyarakat untuk lebih mengetahui dan memahami nilai budaya dan kearifan lokal yang disampaikan oleh buku cerita rakyat Legenda Danau Dendam Tak Sudah Dan Danau Tes karya Oyiek Kania Atmaja. Dan semoga Sebagai bahan referensi bagi peneliti lainnya yang masalahnya relevan dengan penelitian ini. Kata Kunci : Nilai Budaya, Cerita Rakyat, Implikasi
REPRESENTASI ORGANISASI OTONOM NASYIATUL AISYIYAH DALAM PUISI “NASYIAH HARAPANKU” KARYA YUSLIDAR elyusra - elyusra; Annisa Annisa
Lateralisasi Vol. 10 No. 01 (2022): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v10i01.3494

Abstract

Abstrak Organisasi Otonom (Ortom) dalam Muhammadiyah adalah organisasi atau badan yang dibentuk oleh persyarikatan Muhammadiyah dengan bimbingan dan pengawasan, diberi hak dan kewajiban untuk mengatur rumah tangga sendiri, membina warga persyarikatan Muhammadiyah tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu untuk mencapai maksud dan tujuan persyarikatan Muhammadiyah. Salah satu Ortom Muhammadiyah adalah Nasyiatul Aisyyiyah yang merupakan organisasi remaja putri dalam Muhammadiyah. Nasyiatul Aisyiyah diperoleh representasinya dalam puisi yang berjudul “Nasyiatul Harapanku”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang tepat dan mendalam tentang organisasi otonomi Nasyiatul Aisyiyah dalam Antologi Sastra Suara Hati Seorang Ibu Karya Hj. Yuslidar, S.Pd. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Data yang dikumpulkan dari puisi yang berjudul “Nasyiah Harapanku”. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam puisi Nasyiah Harapanku karya Hj. Yuslidar, S.Pd. ditemukan representasi organisasi otonomi Nasyiatul Aisyiyah yang mencakup: waktu berdiri atau hari jadi Nasyiatul Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah sebagai kader dalam Muhammadiyah, simbol Nasyiatul Aisyiyah, dan prinsip-prinsip Nasyiatul Aisyiyah. Kata kunci: Nasyiatul Aisyiyah, Aisyiyah, Muhammadiyah, puisi, sosiologi sastra

Page 1 of 2 | Total Record : 16