cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA PEMBENTUKAN PELANGGAN TETAP EDI SUKARJONO
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3741

Abstract

Tujuan penelitisan adalah untuk mengkaji dan menganalisis besaran dari variabel penelitian berikut : (1)Kondisi :mutupelayanan, tariff, kepuasan dan kesetiaan pelanggan(2) Seberapa besar pengaruh : mutu pelayanan dan tariff terhadap kepuasan pelanggan secara parsial. (3) Seberapa besar pengaruh : mutu pelayanan dan tariff terhadap kepuasan pelanggan secara simultan (4). Seberapa besar penngaruh kepuasan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dijabarkan dalam analisa deskriptif dan verifikatif dan dilakukan diarea dimana Rumah Sakit Primera BintaroTangerang Selatan berlokasi dengan menggunakan jasa penyebar kuesioner oleh Nurmin Arianto, dengan sampel sebanyak 100.  Teknik sampling yang digunakan aksidental sampling dengan ketentuan pelanggan telah berlangganan setidaknya 3 kali berkunjung. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian kuantitatif ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden : (1) kondisi mutu pelayanan, tariff, dalam keadaan baik sampai dengan sangat baik. (2) Kondisi kepuasan pelanggan dalam keadaan baik. (3) Kondisi Kestiaan pelanggan dalam keadaan baik. (4) Terdapat pengaruh yang positip dan signifikan dari mutu pelayanan 18,5 %, tariff pelayanan 17,5 & terhadap kepuasan pelanggan secara parsial. (5) Terdapat pengaruh yang positip dan signifikan dari mutu pelayanan dan tarif pelayanan sebesar 48,3 %. terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. (6) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan dari kepuasan pelanggan sebesar  39,3 % terhadap kesetiaan pelanggan.Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Tariff Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan                       Kesetiaan Pelanggan.
MODEL REGENERASI DAN KADERISASI KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM SAIFUL FALAH; DIDIN HAFIDHUDDIN; ENDIN MUJAHIDIN; E. BAHRUDDIN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3742

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model regenerasi dalam Islam sebagai solusi untuk masalah di atas. Muhammad dipandang sebagai panutan pemimpin Muslim yang telah memberi kita contoh bagaimana menumbuhkan pemimpin di sebuah komunitas. Modelnya diwariskan kepada para sahabat dan pengikut sebelumnya. Oleh karena itu, modelnya dalam regenerasi pemimpin dapat berfungsi sebagai model bagi para pemimpin Muslim baru-baru ini untuk mereproduksi pemimpin berkualitas tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Proses penelitian dimulai dengan pencarian judul-judul buku terkait, menentukan sumber-sumber utama tentang sejarah Islam, termasuk kehidupan nabi, para chalip dan para pemimpin muslim. Kemudian analisis dilakukan dan kesimpulan diambil. Penelitian ini juga disebut penelitian kualitatif, oleh karena itu metode kualitatif diterapkan untuk menggunakan teknik penulisan deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, model regenerasi yang dilayani oleh nabi dan chalip penting bagi para pemimpin Muslim baru-baru ini untuk mereproduksi para pemimpin Muslim yang berkualitas tinggi. Model tersebut meliputi; regenerasi dalam Islam berdasarkan Syura, akhlak sebagai nilai dasar regenerasi, program regenerasi termasuk penghargaan, arahan, penugasan dan pemodelan atau memberi contoh yang baik adalah program utama.Kata Kunci : Islam, Kaderisasi, Kepemimpinan, Regenerasi
PENGGUNAAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN PRIBADI SISWA DALAM MENGAMBIL BAGIAN PADA SEBUAH PROGRAM KEJURUAN KONSENTRASI PADA TANAMAN BELIMBING DI DEPOK SAIFUL ANWAR
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3738

Abstract

Carousel feedback adalah metode pengajaran yang berfokus pada pengembangan hubungan pribadi (keterampilan sosial & komunikasi) serta keterampilan akademis (keterampilan analitis, kemampuan membangun kembali & mempresentasikan). Metode ini digunakan untuk memecahkan masalah “the shringking violets & bulles” di kelas-kelas wirausaha. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pada tindakan kelas. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuisioner, catatan lapangan dan foto, subjek adalah 20 lulusan Program Pendidikan S1 Ekonomi FKIP Universitas Pamulang (terutama yang terlibat dalam program desa  di Kecamatan Rangkapan Jaya, dan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat). Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Metode Carousel feedback dapat digunakan untuk menanamkan kewirausahaan; 2) respon siswa bervariasi; 3) keterampilan sosial dan komunikasi meningkat. Masalah: 1) mengoordinasikan jadwal waktu antara desa dan universitas; 2) kurangnya kepercayaan diri pada siswa terutama pada mereka yang dari Jawa.Kata Kunci: Carousel feedback, kemampuan sosial, kemampuan                          komunikasi, kemampuan analsis, desa kejuruan.
HUBUNGAN INTEGRITAS DAN LOYALITAS KARYAWAN DENGAN VISI MISI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Bank Central Asia, Tbk) ASRIANA KIBTIYAH; MARDIAH MARDIAH
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3743

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan  Integritas dan Loyalitas Karyawan dengan Visi Misi Perusahaan. Desain penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dari variabel bebas terhadap variabel terikat secara mendalam. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi. Adapun tehnik sampling dalam penelitian ini adalah sample jenuh dengan sampel sebanyak76 responden. Hasil uji hipotesis berdasarkan pengujian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara integritas karyawan dengan visi misi perusahaan sebesar0,130. Variabel loyalitas juga terdapat hubungan sebesar 0,188. Sedangkan Hasil nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,192. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel visi misi perusahaan memiliki hubungan dengan vaiabel integritas dan loalitas karyawan sebesar 19,2%  dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.Kata Kunci :    Hubungan Integritas, Loyalitas Karyawan, Visi Misi                         Perusahaan
HUKUM PIDANA ADAT SEBAGAI SUMBER PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA NASIONAL FERY KURNIAWAN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3739

Abstract

Dalam hukum adat tersebut ada hukum yang mengatur masalah harta benda dan kekeluargaan dan terdapat juga hukum dellik adat yang dapat juga disebut sebgai Hukum pidana adat, atau hukum pelanggaran adat.Hukum delik adat adalah aturan-aturan hukum adat yang mengatur peristiwa atau perbuatan kesalahan yang berakibat terganggunya keseimbangan masyarakat, sehingga perlu diselesaikan agar keseimbangan masayarakat tidak terganggu. Keberadaan hukum pidana adat pada masyarakat merupakan pencerminan kehidupan masyarakat tersebut dan pada masing-masing daerah memiliki hukum pidana adat yang berbeda-beda sesuai dengan adat istiadat yang ada di daerah tersebut dengan ciri khas tidak tertulis dan terkodifikasi Beberapa daerah mempunyai system hukum adat yang sudah di legal formalkanKata Kunci:  Pidana Adat, Hukum Pidana Nasional
TRANSFORMASI EKONOMI ISLAM DALAM SISTEM HUKUM PERBANKAN NASIONAL DAN PROBLEMATIKA KEWENANGAN ABSOLUT PERADILAN AGAMA TAUFIK KURROHMAN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3744

Abstract

Kajian ini bertujuan membahas transformasi Ekonomi Islam dalam sistem hukum nasional, dan problematika konflik mengenai kewenangan Peradilan Agama dalam menangani perkara sengketa ekonomi syariah, karena kewenangan absolut peradilan agama dibatasi dengan adanya membuka ruang jika para pihak bersepakat jika terjadi sengketa maka dapat diajukan pada Pengadilan Negeri, sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum secara normatif. Kajian ini menggunakan pedekatan yuridis normatif dan emperis. Hasil penelitian menunjukan pertama, transformasi ekonomi Islam dalam sistem hukum nasional berhasil dilakukan dengan baik; kedua, terjadi ketidakpastian hukum dalam memberikan kewenangan absolut kepada Peradilan Agama di dalam menangani sengketa ekonomi syariah.Kata Kunci:  ekonomi islam, hukum nasional, kewenangan absolut,                     peradilan agama.
PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP KORBAN PECANDU NARKOBA DI INDONESIA AMRIZAL SIAGIAN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3740

Abstract

Kebijakan kriminal pemerintah atas terbitnya undang-undang terkait narkoba No. 35 tahun 2009 khususnya bagi pecandu narkoba perlu diimplementasikan sesuai amanat konstitusi. Bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk menjaga tanah tumpah darah dan warganya dari bentuk ancaman apapun. Termasuk ancaman bahaya narkoba, yang secara sadar dan sengaja disebarkan kekalangan masyarakat, utamanya generasi muda sebagai penerus bangsa. Saat ini, pemakai narkoba diduga mencapai 5,1 juta, bahkan lebih. Karena jumlah pemakai narkoba itu ibarat gunung es (ice berg) dan mengalami angka gelap (dark number). Sangat diharapkan dari kebijakan kriminal atas terbitnya undang-udang tadi mampu mengatasi atau setidaknya mengurangi jumlah pemakai narkoba, yang salah satunya menciptakan terobosan baru dengan men-dekriminalisasi pemakai narkoba tanpa harus mendapatkan sanksi pinjara. Sebagaimana disebutkan bahwa jaminan perlindungan hukum yang diberikan bagi pecandu narkotika diatur melalui UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan memberikan rehabilitasi baik medis maupun rehabilitasi sosial sebagaimana tercantum pada Pasal 54 pada undang-undang narkotika itu. Yaitu bahwa ”pecandu narkotika dan pecandu penyalahguna narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial”.  Kata Kunci: kebijakan krimanal, narkoba, korban, dekriminalisasi
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. YUSTIKA LANGGENG SARI BAKERY PAMULANG SUNARYO SUNARYO
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 1, No 2 (2016): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v1i2.3745

Abstract

Perusahaan yang handal biasanya memiliki keuntungan, mampu bertahan dan dapat memenangkan persaingan bisnis dalam berorganisasi. Organisasi harus dapat merespon perubahan lingkungan agar dapat mencegah ancaman yang terjadi dari lingkungan eksternalnya, sehingga budaya organisasi tersebut dapat memadai dari segi kuantitas dan kualitas yang ada. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan 3 variabel yang mengunakan pola pengujian dengan di mulai dari uji kualitas data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, setelah itu uji normalitas. Penelitian selanjutnya adalah dengan menguji hipotesis dan regresi yang di pakai untuk menguji variable dan quisioner dalam penelitian ini. Dari hasil pengujian hipotesa dan analisa ebagai berikut : Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya organisasi terhadap Kinerja karyawan CV Yustika Langgeng Sari Bakery, Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Gaya kepemimpinan terhadap Kinerja karyawan CV Yustika Langgeng Sari Bakery, Terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi dan Gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap Kinerja karyawan CV Yustika Langgeng Sari Bakery.Kata Kunci: Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kinerja

Page 1 of 1 | Total Record : 8