cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis" : 8 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (PADA PERUSAHAAN TRAVEL UMROH DAN HAJIKOTA TANGERANG) WINDY GUSTIA WARDANI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3754

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi, disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.Penelitian tesis ini mengambil populasi semua karyawan pada travel umroh dan haji di kota tangerang yang berjumlah 100 orang. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis kuantitatif yang bertujuan menguraikan sifat dan karakteristik data-data atau variabel yang akan diujikan. Selain itu, metode penelitian ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh secara mendalam dengan harapan dapat diketahuinya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam hal ini variabel yang akan diuji adalah variabel bebas pertama (X1) Kepemimpinan, variabel bebas kedua(X2) Motivasi, Varibel bebas ketiga (X3) Disiplin Kerja, dan Variabel terikat (Y) Kinerja Karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh R Square pada regresi berganda sebesar 50%. Secara langsung kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Besarnya pengaruh parsial dan langsung kepemimpinan terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 0.184 dibulatkan menjadi 18,4%. Sedangkan secara langsung motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesaar 0,237 atau dibulatkan menjadi 23,7%. Dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 0,391 atau dibulatkan menjadi 39.1%. Berdasarkan analisis regresi berganda menyatakan bahwa nilai Fhitung sebesar 3.784 dengan signifikan 0,000.Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja dan Kinerja.
UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DELIKAN (DENGAR, LIHAT, KERJAKAN) PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERISTAS PAMULANG ERSAM MAHENDRAWAN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1 dengan metode pembelajaran delikan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah dosen kalkulus 1 program studi teknik mesin Universitas Pamulang, sedangkan subjek penerima tindakannya adalah mahasiswa semester 1 program studi teknik mesin Universitas Pamulang yang berjumlah 43 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data tindakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses perkuliahan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dosen meningkat dari 23,26% menjadi 58,14%, 2) kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari 20,93% menjadi 39,53%, 3) kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan soal sesuai dengan konsep yang telah dipelajari meningkat dari 46,51% menjadi 76,74%. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran delikan dapat mengatasi miskonsepsi mahasiswa dalam mata kuliah kalkulus 1.Kata Kunci: miskonsepsi mahasiswa, mata kuliah kalkulus 1, metode                     pembelajaran delikan.
ANALISIS PERKEMBANGAN FORUM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI JAWA TIMUR GUNARTIN GUNARTIN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3755

Abstract

CSR harus dijalankan melalui suatu program dengan memperhatikan kebutuhan dan keberlanjutan dalam jangka panjang. Semangat CSR diharapkan mampu membantu menciptakan keseimbangan  antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Pada dasarnya tanggung jawab sosial  perusahaan ini diharapkan dapat kembali menjadi budaya bagi bangsa Indonesia khususnya, dan masyarakat dunia dalam kebersamaan mengatasi masalah ekonomi, sosial dan lingkungan. Populasi yang digunakan sebagai sampel adalah 16 Bappeda kota/kabupaten di Jawa Timur. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh 13 Bappeda Kabupaten dan 3 Bappeda Kota. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil wawancara  dan observasi. Hasil kajian lapang  menunjukkan bahwa rata-rata kota/kabupaten belum mempunyai peraturan baku tentang CSR dalam penerapannyanya dan lembaga Forum CSR. Dengan demikain, penting untuk dikaji ulang, perlunya lembaga forum yang menangani CSR agar perusahaan tertarik dan tergerak untuk bergabung dalam forum CSR. Dengan harapan terjalin sinergisitas program CSR antara perusahaan dan pemerintah benar-benar terwujud, tepat guna dan tepat sasaran serta berkelanjutan. Forum CSR merupakan lembaga alternatif yang ditawarkan oleh Badan Perencaan Pembangunan Daerah kepada perusahaan pelaku program CSR agar program yang dijalankan tidak tumpang tindih dengan perusahaan lain dan sesuai dengan rencana pembangunan, sehingga dapat dioptimalkan manfaatnya.Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CS), forum CSR
ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT YASULOR INDONESIA RAHMI HERMAWATI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3751

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana menganalisis pengaruh kompetensi, disiplin, dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif, penelitian eksplanatori, dengan pengujian hipotesis teknik survei, kuesioner menggunakan skala likert 4. Populasi adalah 240 karyawan dari departemen produksi dengan mempekerjakan 150 orang sebagai sampel. Hasil uji hipotesis dan analitik adalah sebagai berikut: (1) Variabel kompetensi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), berdasarkan koefisien regresi 47,6% dan nilai thitung 0,000 (< 0,05). Artinya kompetensi kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (Y), (2) Variabel motivasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), berdasarkan koefisien regresi sebesar 55,7 % dan nilai t hitung 0,000 (<0,05). Artinya motivasi kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (Y), (3) Variabel kompetensi (X1) dan motivasi (X2), dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) , berdasarkan koefisien regresi 56,1% dan nilai F hitung (93,981) (<2,672). Artinya kompetensi (X1) dan motivasi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (Y) Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar PT. Yasulor Indonesia harus menganalisis kembali target perusahaan yang terlalu tinggi, menyediakan karyawannya dengan kegiatan yang menghibur, spiritual, dan menyegarkan di alam, melakukan pelatihan tim pembangun sinergis, dan menyediakan forum diskusi terbuka dan menyediakan kotak saran di untuk mencari tahu keluhan dan hambatan yang dihadapi oleh karyawan selama mereka bekerja.Kata Kunci: Kompetensi, disiplin, motivasi dan penampilan.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN OBAT NIFEDIPINE GITS PT. BAYER INDONESIA (Pada Sistem Pelayanan BPJS) PANTJA BAMBANG SUDARWANTO
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3756

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan cara yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar tetap dapat bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Bayer Indonesia dalam meningkatkan volume penjualan untuk menganalisa strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan oleh PT.Bayer Indonesia yang sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. Penelitian ini dilakukan di PT.Bayer Indonesia dengan menggunakan metode penelitian desktriptif dengan melakukan observasi.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dan kepustakaan. Untuk menganalisis data dari lapangan, digunakan metode desktriptif dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity,Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bayer Indonesia mampu meningkatkan pertumbuhan volume penjualan melalui analisa EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary) dan IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary). Strategi Pemasaran yang cocok dilakukan oleh PT. Bayer Indonesia adalah Strategi Agresif atau peluasan untuk memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal perusahaan dengan melakukan pengembangan pasar, pengembangan produk, dan inovasi.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Sistem Pelayanan
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK HYDRO COCO PT KALBE FARMA SINTA SULISTIANI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3752

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kriteria, kondisi produk, promosi, minat beli dan loyalitas masyarakat terhadap produk hydro coco, mengetahui pengaruh produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian produk hydro coco, mengetahui pengaruh produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian produk hydro coco dan mengetahui pengaruh Keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan Produk Hydro Coco. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden. Sebagai variabel independen pada penelitian ini adalah yang diberi lambang kualitas produk (X1) promosi (X2). Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan pembelian yang diberi lambang (Y) dan variable moderating adalah loyalitas pelanggan (Z). Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan Variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial dan simultan.Variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas secara parsial dan simultan.Variabel keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas.Variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas.Kata Kunci: Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Loyalitas.
EVALUASI SAHAM PADA PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FREE CASH FLOW TO EQUITY DAN PRICE EARNING RATIO IRIANA KUSUMA DEWI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3757

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ekspektasi dari nilai wajar saham serta kesimpulan mengenai pengaruh kedua variabel bebas terhadap valuasi saham di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2014.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: analisis regresi data panel, analisis model, uji-t, uji-f, koefisien determinasi. Pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling yang terdiri atas Adaro Energy Tbk, Harum Energy Tbk, Indo Tambangraya Megah Tbk,Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk, dan Petrosea Tbk. Hasil penelitian berdasarkan FCFE diperoleh bahwa ADRO, PTBA, dan PTRO berada di posisi undervalued yakni posisi dimana nilai wajar saham tersebut lebih tinggi (mahal) dari pada nilai saham yang berlaku saat ini. Dimana investor sebaiknya membeli saham-saham perusahaan tersebut karena ada kemungkinan ditahun berikutnya saham tersebut akan naik. Serta sisanya yakni HRUM dan ITMG berada di posisi overvalued yakni posisi dimana nilai wajar saham tersebut lebih rendah (murah) dari nilai saham yang berlaku saat ini. Sedangkan penelitian berdasarkan PER diperoleh kelima perusahaan tambang batu bara tersebut berada di posisi undervalued.Kata Kunci: Valuasi, Investasi, nilai wajar (intrinsic value), FCFE, PER,                      undervalued, overvalued.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PT GMF AEROASIA LUCIA MADUNINGTIAS
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2017): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v2i1.3753

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisispengaruh kepemimpinan transformasional, komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) PTGMF AeroAsia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik sampling yang digunakan proporsional estartistified random sampling dengan sampel sebanyak 134 responden. Pengolahan data menggunakan skala Linkert dan SPSS 22, sedang analisis menggunakan uji validitas reliabilitas dan regresi berganda. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah Kepemimpinan Transformasional (X1), Komitmen Organisasi (X2) Motivasi Kerja (X3)  sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah OCB. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Hasil penelitian menunjukkan besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 32,4%. Secara langsung kepemimpinan transformasional, komitmen organisasi dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Besaran pengaruh parsial dan langsung kepemimpinan transformasional terhadap OCB adalah sebesar 0,028 atau dibulatkan menjadi 2,8%. Artinya, tinggi rendahnya OCB hanya mampu dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional sebesar 2,8%, sedangkan secara langsung kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Besaran pengaruh komitmen organisasi terhadap OCB adalah sebesar 0,065 atau dibulatkan menjadi 6,5%. Artinya, tinggi rendahnya OCB mampu dipengaruhi oleh komitmen organisasi 6,5%. Besaran pengaruh motivasi kerja terhadap OCB adalah 0,272, atau dibulatkan menjadi 27,2%. Artinya, tinggi rendahnya OCB mampu dipengaruhi oleh motivasi kerja sebesar 27,2%. Berdasarkan hasil analisis regresi pengujian H4 yang disajikan pada table 4.24 menyatakan bahwa nilai F-test sebesar 22,236 dengan signifikansi 0.000.Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi,                      Motivasi Kerja, OCB.

Page 1 of 1 | Total Record : 8