cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA" : 7 Documents clear
ANALISIS KUALITATIF PERMASALAHAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI HIDAYATI, SYAFAATUL
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.554 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3638

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis skripsi dan (2) penyebab dari semua permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis skripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam rangka memperoleh data yang akurat, maka peneliti sangat teliti dengan tujuan menggali informasi dari informan dan key informan. Teknik analisis data yang digunakan dengan yaitu data reduction, data display dan data conclusion Drawing/Verification. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh data bahwa permasalahan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi adalah faktor internal dan ekstenal dari mahasiswa. Ada banyak sekali permasalahan internal dan eksternal yang dihadapi oleh mahasiswa selama menyelesaikan skripsi. Akan tetapi peneliti disini menyimpulkan, bahwa sebagian besar masalah internal yang terjadi adalah 1)  kesulitan dalam penentukan topik atau permasalahan penelitian; 2) kesulitan dalam mengumpulkan dan menganalisis data penelitian; 3) pengalaman dalam menulis karya tulis ilmiah; 4) aktivitas mahasiswa di luar akademik; dan 5) lemahnya manajemen waktu. Sedangkan masalah eksternal yang banyak dialami mahasiswa ketika menyelesaikan skripsi adalah ketersediaan motivasi dari teman sebaya dan relasi antara dosen pembimbing dengan mahasiswa.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER 6C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG (Studi analisis keterampilan menjelaskan) SOFFIATUN, SOFFI; RUSMAINI, RUSMAINI
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.87 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3634

Abstract

ABSTRAK                                                                                Mengajar adalah salah satu tugas guru dalam melakukan proses pembelajaran dan mengajar juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menyerap materi oleh peserta didik. Ada 8 keterampilan mengajar yang harus dikuasi oleh calon guru sebagai bekal untuk dapat mengajar dengan baik. Salah satunya adalah keterampilan menjelaskan, dalam keteampilan menjelaskan ini calon guru dan guru dituntut untuk mampu menjadi penterjemah Bahasa buku yang baik sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Kemempuan para mahasiswa dalam menjelaskan masih dinilai kurang memuaskan untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan 1) untuk menggali lebih dalam kendala-kendala mahasiswa ketika memparaktekkan keterampilan menjelaskan, dan memberikan solusi untuk meminimalisir kelemahan tersebut. 2) Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode penelitian kualitatif. 3) Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 4) pada penelitian ini ditemukan bahwa dalam keterampilan menjelaskan mahasiswa belum bisa memahami materi yang akan disampaikan, tidak bisa mengembangkan materi, malas untuk membaca dan malas mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru yang berkaitan dengan materi.5) dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pada semester 6 ini belum dapat dikatakan terampil dalam melaksanakan keterampilan mengajar pada keterampilan menjelaskan
ANALISIS BUKTI EMPIRIS TENTANG DAMPAK EKUITAS SOSIAL EKONOMI OPERASIONAL BUS RAPID TRANSIT (BRT) DI NEGARA BERKEMBANG ANWAR, SYAMSUL
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.564 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3635

Abstract

ABSTRAK             Penelitian ini menawarkan analisis bukti empiris tentang dampak ekuitas sosial ekonomi operasional Bus Rapid Transit (BRT) di Negara berkembang. Fokusnya adalah pada ekuitas vertikal, yaitu apakah sistem BRT mencapai manfaat progresif untuk segmen populasi yang lebih miskin. Temuan dari Afrika, Asia dan Latin Amerika semua menyarankan bahwa BRT memang menawarkan manfaat signifikan bagi kelompok berpenghasilan rendah, dalam hal waktu perjalanan dan penghematan biaya, peningkatan akses, dan manfaat keselamatan dan kesehatan. Namun manfaatnya sering condong ke pengguna berpenghasilan menengah dan karenanya kurang progresif daripada mereka. Dua alasan ini adalah cakupan spasial yang tidak mencukupi, dan kebijakan tarif yang tidak sesuai. Sementara banyak fitur BRT berpotensi memungkinkannya untuk memberikan hasil yang berpihak pada orang miskin, hasil tersebut hanya terwujud jika BRT pelaksana memberikan perhatian khusus dan berkelanjutan untuk ekuitas. Tulisan ini mengidentifikasi masalah-masalah utama yang perlu ditujukan untuk mengarahkan implementasi BRT menuju hasil yang lebih berkelanjutan secara sosial, penting di antara yaitu untuk meningkatkan integrasi dengan layanan transportasi transit, paratransit, dan tidak bermotor lainnya, dan dengan sektor perumahan.
STUDI LITERATUR: PERAN GURU PADA ERA PENDIDIKAN 4.0 LUBIS, METHA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.878 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3636

Abstract

ABSTRAKEra revolusi industri 4.0 mengakibatkan perubahan diberbagai bidang termasuk Pendidikan. Penelitian ini mengkaji bagaimana peran guru dalam mengajar di era Pendidikan 4.0. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian studi literatur ini menggunakan berbagai sumber tertulis seperti jurnal dan dokumen- dokumen yang relevan terhadap penelitian ini. Studi ini memfokuskan pada peran guru sebagai seorang pendidik dalam pendidikan dan pembelajaran. Peran penting guru adalah dalam memajukan pendidikan, ini karena guru berinteraksi langsung dengan siswa dalam pembelajaran. Guru sebagai pendidik didalam pembelajaran pada era Pendidikan 4.0 ini harus memiliki soft skill yang kuat, antara lain: critical thingking, creative, communicative dan collaborative (Cann, 2016). Hasil studi menunjukkan bahwa peran guru tidak dapat tergantikan sepenuhnya oleh teknologi. Peran guru yang tidak dapat digantikan tersebut antara lain: teladan dalam tindakan, sikap ataupun karakter dan inspiratif serta passsion. Interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran dapat membangun dan mengembangkan karakter siswa.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL LITERACY (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG) GUNARTIN, GUNARTIN; AFRILIANI, FIQOH; ANWAR, SAIFUL
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.644 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3632

Abstract

ABSTRAKKesejahteraan seseorang tidak terletak pada berapa besar pendapatan yang dihasilkan setiap bulannya mealinkan bagaimana mengelola pendapatan tersebut seefektif dan seefisien mungkin sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi. Maka dari itu sangat penting seseorang memiliki kemampuan mengelola keuangan pribadinya untuk aman secara ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi literasi keuangan di kalangan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian agar dapat menggali informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan pendekatan deskriptif metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan bersumber dari primer yang berasal dari informan, studi literature dan studi dokumen. Dari data yang terkumpul dilakukan analisa data secara mendalan dengan cara membaca secara berulang, mereduksi, dan menarik kesimpulan serta mendeskripsikan hasil analisa data sesuai dengan dilakukannya penelitian ini. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan seseorang mengelola keuangan pribadi (literasi keuangan) dikalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang yaitu: 1) tingkat pendidikan;, 2) tingkat pendapatan; 3) jenis kelamin; 4) usia dan 5) status bekerja. Pada penelitian ini yang dapat dideskripsikan terdapat lima faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi untuk mengelola keuangan pribadinya.
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM BISNIS PENDIDIKAN ANWAR, SAIFUL
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.434 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3637

Abstract

ABSTRAK Penerapan Total Quality Management (TQM) menjadi sebuah kebutuhan mendasar bagi lembaga pendidikan sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menjabarkan tentang penerapan TQM di institusi pendidikan, seluruh kajian tentang TQM berdasarkan studi literatur terhadap 3 jurnal terpilih yang masing-masing mewakili penerapan TQM di pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Berdasarkan hasil kajian diperoleh fakta bahwa terdapat hal- hal inti yang harus dijadikan titik penting dalam mengimplementasikan TQM di institusi pendidikan yaitu: 1) kepemimpinan yang efektif; 2) fokus pada kepuasan pelanggan; 3) peningkatan kualitas berkelanjutan; 4) komunikasi yang efektif dan 5) team work. Implementasi TQM disetiap jenjang pendidikan memiliki titik tekan yang berbeda-beda dalam setiap komponen TQM. penerapan TQM perlu ditopang dengan strategi-strategi implementasi yang baik serta teamwork yang solid diseluruh elemen sekolah.
KESULITAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DALAM MENYELESAIKAN READING SECTION PADA TOEFL SESRIYANI, LODYA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol 5, No 2 (2019): JURNAL EDUKA
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.829 KB) | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.3633

Abstract

ABSTRAK                                                                                Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada reading section pada TOEFL. Penelitian ini menggunakan design penelitian deskriptif kualitatif dalam upaya untuk mencari tahu kesulitan apa saja yang dihadapi mahasiswa didalam TOEFL khususnya pada reading section. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang mengikuti tes TOEFL pada tanggal 25 Oktober 2019, total subjek adalah 30 mahasiswa. Didalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan soal tes TOEFL yang mengadopsi soal TOEFL dari buku Deborah Philips. Peneliti melakukan analisa secara langsung dari jawaban benar dan jawaban salah mahasiswa pada soal tes tersebut, setelah itu peneliti mengkorfirmasi kesulitan mahasiswa dengan cara melakukan wawancara terhadap mahasiswa yang memiliki jawaban salah dan benar pada soal- soal tertentu untuk mengetahui penyebab kesulitan yang mereka hadapi. Hasil analisis menemukan bahwa mahasiswa menemukan beberapa kesulitan didalam menyelesaikan soal TOEFL pada reading section. Kesulitan tersebut antara lain; (1) Mahasiswa tidak mempunyai cukup kosa kata dalam Bahasa Inggris, (2) mahasiswa merasa mengantuk saat membaca wacana yang panjang, (3) mahasiswa kesulitan mencari ide pokok dalam teks bacaan, (4) mahasiswa kesulitan menemukan informasi yang disampaikan pada teks bacaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7