cover
Contact Name
Yoga Tri Adhi
Contact Email
yogatriadhi@ulm.ac.id
Phone
+6289654539797
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Komplek Unlam, Jl. Brigjen H. Hasan Basri No.87, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
ISSN : -     EISSN : 26562022     DOI : -
Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA" : 16 Documents clear
KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII-B SMP NEGERI 24 BANJARMASIN Charniago, Aas; Cahaya, Noor; Faradina
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.32

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian, yaitu kalimat dalam karangan eksposisi. Instrumen penelitian menggunakan tabel analisis ciri kalimat efektif dengan bantuan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan (1) kesepadanan struktur; (2) keparalelan bentuk; (3) ketegasan makna, yaitu peletakan frasa dan partikel; (4) kehematan kata, yaitu pengulangan subjek dihilangkan, menghindari kesinoniman, dan tidak menjamakkan frasa berbentuk jamak; (5) kecermatan dan kesantunan, yaitu pemilihan kata yang tepat dan tidak tepat; (6) kepaduan makna, yaitu keutuhan bentuk kata; dan (7) kelogisan makna, yaitu tidak ambigu.
KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII-B SMP NEGERI 24 BANJARMASIN Charniago, Aas; Cahaya, Noor; Faradina
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.32

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian, yaitu kalimat dalam karangan eksposisi. Instrumen penelitian menggunakan tabel analisis ciri kalimat efektif dengan bantuan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan (1) kesepadanan struktur; (2) keparalelan bentuk; (3) ketegasan makna, yaitu peletakan frasa dan partikel; (4) kehematan kata, yaitu pengulangan subjek dihilangkan, menghindari kesinoniman, dan tidak menjamakkan frasa berbentuk jamak; (5) kecermatan dan kesantunan, yaitu pemilihan kata yang tepat dan tidak tepat; (6) kepaduan makna, yaitu keutuhan bentuk kata; dan (7) kelogisan makna, yaitu tidak ambigu.
KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KOMIK WEBTOON SISWA KELAS IX-D MTSN 2 KOTA BANJARMASIN Laili, Ainun Purnama; Sabhan; Hermawan, Sainul
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan Komik Webtoon siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek kesastraan. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dipakai dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa baik dalam membuat cerpen berdasarkan tema dan amanat yang terdapat dalam Komik Webtoon yang dibaca. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan dari aspek kebahasaan berupa penggunaan ejaan dan aspek kesastraan berupa tokoh dan penokohan, latar, alur, dan sudut pandang. Dari 32 siswa, 21 siswa (65,63%) dikategorikan baik, 10 siswa (31,25%) dikategorikan cukup baik, dan 1 siswa (3,12%) dikategorikan kurang baik. Berdasarkan data tersebut, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin dikategorikan baik (terampil), dengan persentase 65,63%.
KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KOMIK WEBTOON SISWA KELAS IX-D MTSN 2 KOTA BANJARMASIN Laili, Ainun Purnama; Sabhan; Hermawan, Sainul
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan Komik Webtoon siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek kesastraan. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dipakai dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa baik dalam membuat cerpen berdasarkan tema dan amanat yang terdapat dalam Komik Webtoon yang dibaca. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan dari aspek kebahasaan berupa penggunaan ejaan dan aspek kesastraan berupa tokoh dan penokohan, latar, alur, dan sudut pandang. Dari 32 siswa, 21 siswa (65,63%) dikategorikan baik, 10 siswa (31,25%) dikategorikan cukup baik, dan 1 siswa (3,12%) dikategorikan kurang baik. Berdasarkan data tersebut, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin dikategorikan baik (terampil), dengan persentase 65,63%.
TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA SMAN 7 BANJARMASIN Yanti, Eli; Cahaya, Noor; Faradina
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.34

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif secara langsung dan tidak langsung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin. Metode deskriptif dan jenis kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin menunjukkan bahwa bentuk pertanyaan dan fungsi bertanya sering dituturkan. Bentuk tindak tutur direktif secara langsung yang terdapat ialah bentuk permintaan, perintah, pertanyaan, larangan, nasihat, dan pemberian izin. Bentuk tindak tutur direktif secara tidak langsung berupa bentuk permintaan, nasihat, dan larangan. Fungsi tindak tutur direktif secara langsung, yaitu fungsi memohon, meminta, mengajak, bertanya, menghendaki, menuntut, mengarahkan, mengatur, melarang, membatasi, membolehkan, menganugerahi, dan menasihati. Fungsi tindak tutur direktif secara tidak langsung meliputi fungsi memohon, meminta, mengajak, menghendaki, membatasi, dan menasihati.
TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA SMAN 7 BANJARMASIN Yanti, Eli; Cahaya, Noor; Faradina
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.34

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif secara langsung dan tidak langsung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin. Metode deskriptif dan jenis kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin menunjukkan bahwa bentuk pertanyaan dan fungsi bertanya sering dituturkan. Bentuk tindak tutur direktif secara langsung yang terdapat ialah bentuk permintaan, perintah, pertanyaan, larangan, nasihat, dan pemberian izin. Bentuk tindak tutur direktif secara tidak langsung berupa bentuk permintaan, nasihat, dan larangan. Fungsi tindak tutur direktif secara langsung, yaitu fungsi memohon, meminta, mengajak, bertanya, menghendaki, menuntut, mengarahkan, mengatur, melarang, membatasi, membolehkan, menganugerahi, dan menasihati. Fungsi tindak tutur direktif secara tidak langsung meliputi fungsi memohon, meminta, mengajak, menghendaki, membatasi, dan menasihati.
PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANJARMASIN Ferenna; Agus Kusasi, Zakiah; Faradina
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas pembelajaran teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banjarmasin. Ditinjau dari pembelajaran yang dilaksanakan pendidik dan peserta didik di kelas yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini silabus dan RPP serta perencanaan, pelaksanaan, dan penialaian dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini kegiatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik melakukan pembelajaran teks eksposisi meliputi, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Dari nilai 6 kelompok tersebut masih ada yang belum mencapai KKM yaitu 70 seperti kelompok 3 hanya mendapat nilai 60 karena masih belum memahami tentang kaidah kebahasaan teks eksposisi.
PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANJARMASIN Ferenna; Agus Kusasi, Zakiah; Faradina
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas pembelajaran teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banjarmasin. Ditinjau dari pembelajaran yang dilaksanakan pendidik dan peserta didik di kelas yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini silabus dan RPP serta perencanaan, pelaksanaan, dan penialaian dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini kegiatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik melakukan pembelajaran teks eksposisi meliputi, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Dari nilai 6 kelompok tersebut masih ada yang belum mencapai KKM yaitu 70 seperti kelompok 3 hanya mendapat nilai 60 karena masih belum memahami tentang kaidah kebahasaan teks eksposisi.
PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019 Hilmah; Hermawan, Sainul; L.A.S, Maria
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.36

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan pelaksanaan implementasi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran teks drama di kelas VIII A SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII A. Secara keseluruhan, proses kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Guru sudah menerapkan kegiatan mengamati/ memperhatikan dengan teliti, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan/menggabungkan data, menghubungkan, dan mengkomunikasikan/menyampaikan pada pembelajaran drama dengan baik. Peserta didik melakukan pengamatan dengan suasana kondusif. Peserta didik dipisahkan menjadi beberapa kelompok untuk mencoba berdiskusi agar menemukan informasi dan menuliskan hasil temuannya. Guru mengarahkan peserta didik untuk aktif. Namun pada teknik mengkomunikasikan belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan ada sedikit kendala.
PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019 Hilmah; Hermawan, Sainul; L.A.S, Maria
LOCANA Vol 3 No 1 (2020): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtam.v3i1.36

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan pelaksanaan implementasi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran teks drama di kelas VIII A SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII A. Secara keseluruhan, proses kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Guru sudah menerapkan kegiatan mengamati/ memperhatikan dengan teliti, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan/menggabungkan data, menghubungkan, dan mengkomunikasikan/menyampaikan pada pembelajaran drama dengan baik. Peserta didik melakukan pengamatan dengan suasana kondusif. Peserta didik dipisahkan menjadi beberapa kelompok untuk mencoba berdiskusi agar menemukan informasi dan menuliskan hasil temuannya. Guru mengarahkan peserta didik untuk aktif. Namun pada teknik mengkomunikasikan belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan ada sedikit kendala.

Page 1 of 2 | Total Record : 16