cover
Contact Name
Liah
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
nizamulilmi.jurnal@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
NIZAMUL'ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26545489     EISSN : 27151042     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, madrasah, pesantren; Planning and developing Human Resources (HR) for schools, madrasah, pesantren; Education funding; Curriculum; Facilities and Infrastructure; Public relations; Students in schools, madrasah, pesantren.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan" : 5 Documents clear
Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Sistem Pesantren Ulil Azmi
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.46

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan manajemen peserta didik di SMP Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara dan (2) studi dokumentasi. Proses analisis data meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan penarikan kesipulan. Untuk menjamin keabsahan data yaitu (1) kredibilitas, (2) dependabilitas, dan (3) transferabilitas, dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kebijakan penerimaan peserta didik baru ditentukan oleh peraturan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan sistemnya sudah berjalan dengan baik, terbuka dan transparan. Kedua, Pelaksanaan pembinaan peserta didik dengan memberikan buku kredit point pelanggaran dan prestasi peserta didik, dan setiap peserta didik baru diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, Evaluasi kelulusan dan alumni dengan memberikan hasil akhir penilaian kepada peserta didik dan pihak sekolah mengharapkan para alumni untuk selalu menjalin hubungan silaturrahmi dengan sekolah.
Manajemen Strategik Pengembangan Budaya Akademik Madrasah Ari Prayoga; Irawan
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.47

Abstract

Budaya akademik yang belum diterapkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah diantaranya kedisiplinan peserta didik dan pendidik, pendidik yang merangkap jabatan di eksternal madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi manajerial madrasah dalam mengembangkan budaya akademik sesuai dengan visi dan misi lembaga. Metode penelitian yang menggunakan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengungkap fenomena yang terjadi di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang, Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan studi wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah tentang kurikulum dan pendidik, studi dokumentasi yang berkaitan dengan budaya akademik madrasah dan observasi lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, visi dan misi dirumuskan sesuai dengan landasan nasional dan pedoman pendidikan; kedua, rencana strategis dibagi menjadi tiga yaitu pendek, sedang dan panjang; ketiga, pengembangan diri mencakup tiga jenis, yaitu konseling, ekstrakurikuler dan habituation; keempat, landasan penyusunan budaya organisasi yaitu sosial budaya, yuridis dan Islami; kelima, pengaturan operasional berdasarkan Islam, nasionalisme dan budaya.Budaya akademik
Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Helda Rina; Rendy Rinaldy Saputra; Romi Darmanto
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.48

Abstract

Kinerja guru yang baik merupakan salah satu faktor penting yang mampu menunjang mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar 1 way empulau ulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresional untuk melihat sejauh mana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Jenis data yang digunakan adalah data yang diambil dari kuesioner yang kemudian menjawab responden diberi nilai. Hipotesis yang dibangun dalam penelitian ini: 1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan 3) Motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memiliki efek positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Analisis dilakukan penyebaran kuesioner kepada 10 respondenang terdiri dari guru di sekolah tersebut, dan diperoleh hasil: 1) Motivasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap guru kinerja, dan 3) Motivasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian berimplikasi bahwa motivasi dan gaya kepemimpinan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru.
Peran KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dalam Pembelajaran sebagai bagian dari Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa bagi Peserta Didik Andhika Wirabhakti
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.49

Abstract

Peran KTSP di dalam dunia pendidikan, dapat meningkatkan mutu pembelajaran melalui kualitas kurikulum, karena KTSP merupakan kurikulum yang dapat menumbuhkan budaya yang berkarakter dan budi pekerti pada peserta didik sehingga menjadi manusia otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran KTSP dalam pembelajaran sebagai bagian dari pendidikan karakter dan budaya bangsa bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang obyek penelitiannya didapatkan melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, Koran, majalah, dan dokumen). Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: (1) Peran KTSP sangat penting untuk kemajuan dalam pembelajaran, (2) Peranan KTSP bisa memberikan kesempurnaan dari kurikulum pada masa orde lama, (3) Dengan KTSP maka perkembangan dunia pendidikan semakin berkarakter, adanya pendidikan karakter dan mampu memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi), (4) Adanya peranan KTSP menjadi student centered dalam pembentukan karakter.
Desain Mutu Pesantren berbasis Total Quality Management (TQM) Liah Siti Syarifah
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.50

Abstract

Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren yang sampai saat ini exsist dan telah menghasilkan ulama yang berkiprah di masyarakat, hal tersebut tidak lepas dari pengelolaan pendidikan yang baik dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkapkan desain mutu Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. data (penelitian) dikumpulkan dengan teknik triangulasi yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama penelitian, dibantu dengan instumen tambahan berupa panduan observasi dan wawancara. Kemudian data penelitian yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Penelitian menemukan bahwa Pesantren Syamsul ‘Ulum telah memiliki desain mutu pesantren berbentuk sycle dengan unsur-unsurnya yang terdiri dari penetapan standar mutu, pemataan mutu, perencanaan peningkatan mutu, implementasi peningkatan mutu dan evaluasi. Hanya saja implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren Syamsul ‘Ulum masih perlu dioptimalkan dan desain (mutu) masih terbatas pada mutu internal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5