cover
Contact Name
Liah
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
nizamulilmi.jurnal@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
NIZAMUL'ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26545489     EISSN : 27151042     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, madrasah, pesantren; Planning and developing Human Resources (HR) for schools, madrasah, pesantren; Education funding; Curriculum; Facilities and Infrastructure; Public relations; Students in schools, madrasah, pesantren.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Liah Siti Syarifah
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.6

Abstract

Peran Kepala Sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah memegang peranan penting dan krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah Madarasah Ibtidaiyah Negeri 10 Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Responden penelitian berjumlah 19 orang yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Guru, Staf dan Komite Sekolah. Instrumen pengambilan data menggunakan pedoman wawancara dan angket yang diolah dan dianailisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter sangat baik, dengan kecenderungan kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keberhasilan pendidikan karakter sangat dipengaruihi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Peneliti merekomendasikan kepada kepala sekolah untuk bisa mengoptimalkan pengelolaan sumber daya sekolahnya.
Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Peserta Didik Andhika Wirabhakti
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.7

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan peserta didik dalam menguasai pelajaran, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari berbagai variabel yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Kota Bogor dan sampel penelitian ditentukan secara random. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan angket pada peserta didik, kemudian data dianalisis dengan metode statistik diskriptif, uji validitas, uji realibilitas, dan analisa regresi ganda. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMA Sekota Bogor yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 19,371 dan kontribusi sebesar 30,8 % terhadap variabel prestasi belajar. Peneliti merekomendasikan untuk sekolah supaya memperhatikan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga kecerdasan intelektualnya sehingga menciptakan prestasi belajar.
Pengembangan Lembaga: Upaya Membangun Sekolah Berasrama Berkualitas untuk Mencetak Human Capital dan Social Capital Yulan Tiarni Legistia
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.8

Abstract

Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam membangun bangsa, terutama dalam aspek peningkatan dan pembentukan kualitas SDM. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji manajemen pendidikan dalam perspektif perlunya melakukan perubahan. Metodologi dalam tulisan ini adalah kualitatif. Desain penelitian dengan analisis literatur. Analisisdata didasarkan pada analisis dari berbagai sumber menggunakan metode konten dananalisis deskriptif. Temuan kajian ini; 1) Manajemen perubahan dengan mengembangkan sekolah yang efektif pada sekolah asrama menjadi alternatif untuk proses pembiasaan moral dalam upaya untuk membangun individu integratif antara human capital dan social capital; 2) Mengoptimalkan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi semua elemen sekolah, masyarakat dan pemerintah; 3) Membangun sistem pendukung dalam merintis manajemen pengetahuan serta menggunakan alat yang tepat untuk mengintegrasikan proses manajemen strategis dalam menilai posisi kelembagaan dan harapannya di masa depan.
Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual bagi Guru Gilang Syahril Akbar
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.9

Abstract

Pemerintah dengan dukungan berbagai pihak terkait harus mendorong perlindungan HKI bagi guru sebagai upaya untuk mewujudkan guru yang professional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi. Tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya perlindungan Hak Kekayaan Intelktual bagi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian, dilakukan pengecekan antar pustaka. Dari kajian literatur ditemukan bahwa implementasi perlindungan HKI pada guru dilakukan dengan asas unitaristik atau impersonal, asas aktif, asas manfaat, asas nirlaba, asas demokrasi, asas langsung, dan asas aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HKI Mempunyai peran yang sangat penting sebagai motivator pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberi reputasi internasional bahwa Sumber daya Manusia Indonesia dalam hal ini guru dapat bersaing di pasar Global.
Kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis KKNI dalam Keterserapan Lulusan pada Dunia Kerja Ulil Azmi
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.10

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menjadi acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan dan menganalisis kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berbasis KKNI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Pengambilan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan teknik induktif, sehingga dari proses penelitian yang dilakukan didapatkan makna tentang gambaran pengembangan kurikulum Program Studi MPI berbasis KKNI. Dari penelitian ditemukan bahwa Program Studi MPI memiliki orientasi visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik yang ditentukan, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi pasar kerja yang menggunakan output itu, baik di kalangan internal maupun eksternal. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lulusan Prodi Studi MPI diproyeksikan menjadi sarjana profesional di bidang Manajemen Pendidikan Islam dengan memiliki kemampuan untuk mengamati, menelaah, menganalisis dan memecahkan permasalahan-permasalahan dalam pendidikan Islam.
Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Sistem Pesantren Ulil Azmi
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.46

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan manajemen peserta didik di SMP Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara dan (2) studi dokumentasi. Proses analisis data meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan penarikan kesipulan. Untuk menjamin keabsahan data yaitu (1) kredibilitas, (2) dependabilitas, dan (3) transferabilitas, dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kebijakan penerimaan peserta didik baru ditentukan oleh peraturan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan sistemnya sudah berjalan dengan baik, terbuka dan transparan. Kedua, Pelaksanaan pembinaan peserta didik dengan memberikan buku kredit point pelanggaran dan prestasi peserta didik, dan setiap peserta didik baru diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, Evaluasi kelulusan dan alumni dengan memberikan hasil akhir penilaian kepada peserta didik dan pihak sekolah mengharapkan para alumni untuk selalu menjalin hubungan silaturrahmi dengan sekolah.
Manajemen Strategik Pengembangan Budaya Akademik Madrasah Ari Prayoga; Irawan
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.47

Abstract

Budaya akademik yang belum diterapkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah diantaranya kedisiplinan peserta didik dan pendidik, pendidik yang merangkap jabatan di eksternal madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi manajerial madrasah dalam mengembangkan budaya akademik sesuai dengan visi dan misi lembaga. Metode penelitian yang menggunakan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengungkap fenomena yang terjadi di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang, Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan studi wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah tentang kurikulum dan pendidik, studi dokumentasi yang berkaitan dengan budaya akademik madrasah dan observasi lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, visi dan misi dirumuskan sesuai dengan landasan nasional dan pedoman pendidikan; kedua, rencana strategis dibagi menjadi tiga yaitu pendek, sedang dan panjang; ketiga, pengembangan diri mencakup tiga jenis, yaitu konseling, ekstrakurikuler dan habituation; keempat, landasan penyusunan budaya organisasi yaitu sosial budaya, yuridis dan Islami; kelima, pengaturan operasional berdasarkan Islam, nasionalisme dan budaya.Budaya akademik
Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Helda Rina; Rendy Rinaldy Saputra; Romi Darmanto
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.48

Abstract

Kinerja guru yang baik merupakan salah satu faktor penting yang mampu menunjang mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar 1 way empulau ulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresional untuk melihat sejauh mana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Jenis data yang digunakan adalah data yang diambil dari kuesioner yang kemudian menjawab responden diberi nilai. Hipotesis yang dibangun dalam penelitian ini: 1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan 3) Motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memiliki efek positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Analisis dilakukan penyebaran kuesioner kepada 10 respondenang terdiri dari guru di sekolah tersebut, dan diperoleh hasil: 1) Motivasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap guru kinerja, dan 3) Motivasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian berimplikasi bahwa motivasi dan gaya kepemimpinan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru.
Peran KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dalam Pembelajaran sebagai bagian dari Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa bagi Peserta Didik Andhika Wirabhakti
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.49

Abstract

Peran KTSP di dalam dunia pendidikan, dapat meningkatkan mutu pembelajaran melalui kualitas kurikulum, karena KTSP merupakan kurikulum yang dapat menumbuhkan budaya yang berkarakter dan budi pekerti pada peserta didik sehingga menjadi manusia otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran KTSP dalam pembelajaran sebagai bagian dari pendidikan karakter dan budaya bangsa bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang obyek penelitiannya didapatkan melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, Koran, majalah, dan dokumen). Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: (1) Peran KTSP sangat penting untuk kemajuan dalam pembelajaran, (2) Peranan KTSP bisa memberikan kesempurnaan dari kurikulum pada masa orde lama, (3) Dengan KTSP maka perkembangan dunia pendidikan semakin berkarakter, adanya pendidikan karakter dan mampu memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi), (4) Adanya peranan KTSP menjadi student centered dalam pembentukan karakter.
Desain Mutu Pesantren berbasis Total Quality Management (TQM) Liah Siti Syarifah
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2020): Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v5i1.50

Abstract

Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren yang sampai saat ini exsist dan telah menghasilkan ulama yang berkiprah di masyarakat, hal tersebut tidak lepas dari pengelolaan pendidikan yang baik dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkapkan desain mutu Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. data (penelitian) dikumpulkan dengan teknik triangulasi yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama penelitian, dibantu dengan instumen tambahan berupa panduan observasi dan wawancara. Kemudian data penelitian yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Penelitian menemukan bahwa Pesantren Syamsul ‘Ulum telah memiliki desain mutu pesantren berbentuk sycle dengan unsur-unsurnya yang terdiri dari penetapan standar mutu, pemataan mutu, perencanaan peningkatan mutu, implementasi peningkatan mutu dan evaluasi. Hanya saja implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren Syamsul ‘Ulum masih perlu dioptimalkan dan desain (mutu) masih terbatas pada mutu internal.

Page 1 of 3 | Total Record : 25