cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
uppm@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 23016671     EISSN : 25806416     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Januari dan Juli).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 9 Documents clear
ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2016 STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH Syarfuni Syarfuni; Verawati Verawati
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.46 KB)

Abstract

Salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut adalah gaya belajar peserta didik. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Informasi terkait karakteristik gaya belajar mahasiswa yang akan diajari, sangat penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Mahasiswa juga akan lebih mudah memotivasi dirinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris angkatan 2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner yang akan diisi oleh subjek penelitian. Angket gaya belajar ini diisi oleh sebanyak 42 subjek penelitian. Hasil analisis gaya belajar didominasi oleh gaya belajar gabungan auditori dan kinestetik 25% Visual 12%, 20% auditori, 24% kinestetik, 7% gabungan visual dan auditori, 12% gabungan visual dan kinestetik. Dengan demikian, dominasi kecenderungan gaya belajar mahasiswa adalah gaya belajar auditori dan kinestetik.
INTERVENSI PSIKOLOGIS TERHADAP PESERTA DIDIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH Imam Hanafi
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.428 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat beragam persoalan yang dihadapi oleh peserta didik yang mana persoalan tersebut tidak hanya dilihat dari aspek individu melainkan dari berbagai sisi yang memiliki hubungan erat terkait dengan belajarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar individu peserta didik bukan merupakan satu-satunya aspek yang menyebabkan dia memiliki motivasi belajar rendah. Akan tetapi terdapat beberapa faktor lain yang juga mempengaruhinya. Maka dilakukan Intervensi psikologis dengan pendekatan Person Theraphy Centered. Diharapkan dengan pendekatan ini akan mampu mengembalikan motivasi belajar yang tinggi dalam diri peserta didik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI AKHLAK BERPAKAIAN, BERHIAS, BERTAMU DAN MENERIMA TAMU SISWA KELAS XI IPA 9 DI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Laili Rahmaini Hasibuan
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.125 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak berpakaian, berhias, bertamu dan menerima tamu siswa kelas XI IPA 9 Man 2 Model Medan tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana   peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered  Head  Together (NHT)  pada mata pelajaran  Akidah  Akhlak  materi Akhlak berpakaian, berhias, bertamu dan menerima tamu siswa kelas XI IPA 9 Man 2 Model Medan tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam  mengumpulkan  data  antara  lain  tes,  observasi,  dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,83 (56,67%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 89,17 (93,33%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,34. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI IPA 9 Man 2 Model Medan.
PENGEMBANGAN KYORUGI SCORING DISPLAY SYSTEM DENGAN ARDUINO UNO DAN BORLAND DELPHI 7 Dila Umnia Soraya; Basalim Jabar
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.16 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan Kyorugi Scoring Display System dengan menggunakan Borland Delphi 7 dan Arduino UNO sebagai remote control. Pengembangan Kyorugi Scoring Display System  merupakan salah satu solusi permasalahan bagi perusahaan penyedia papan skor (scoreboard) pertandingan taekwondo untuk meningkatkan efektifitas pengisian skor pertandingan berbasis antarmuka komputer. Karena papan skor pertandingan secara fisik masih memiliki banyak kelemahan, yaitu membutuhkan waktu lama dalam pengaturan skor karena menggunakan manual push button yang berdampak pada molornya jadwal pertandingan, tampilan papan skor pertandingan Taekwondo juga kurang lengkap, remote control papan skor terlalu besar sehingga menyulitkan juri untuk menilai, dan dimensi papan skor yang terlalu besar sehingga menyulitkan pengaturan penataan instrumentasi pertandingan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu mengembangkan scoreboard berbasis antarmuka dengan fitur dan tampilan menarik yang dapat memudahkan juri memonitor skor, khususnya pada pertandingan taekwondo. Kyorugi Scoring Display System berupa antarmuka komputer (software) yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Borland Delphi 7, dan Ardunino UNO sebagai remote control. Pengujian produk dilakukan dengan mengujicobakan produk ke beberapa ahli dan mencakup setiap layer produk. Hasil pengujian produk menunjukkan bahwa Kyorugi Scoring Display System berjalan dengan baik dibuktikan dengan kesesuaian antara masukan dari remote control dengan tampilan pada aplikasinya. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Kyorugi Scoring Display System dapat menjadi solusi dari permasalahan dalam pengisian skor pertandingan taekwondo menggunakan papan skor fisik yang memiliki banyak kekurangan.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MELALUI METODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS X IPA 8 MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Nurasmah Harahap
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1175.096 KB)

Abstract

: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak kepada orang tua dan guru di kelas X IPA 8 Man 2 Model Medan ? (Apakah penerapan metode jigsaw learning dapat meningkatkan keaktifan siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak kepada orang tua dan guru di kelas X IPA 8 Man 2 Model Medan?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam  mengumpulkan  data  antara  lain  tes dan observasi kegiatan siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II dan III yaitu nilai hasil belajar pada tes akhir dan keaktifan siswa siklus I adalah 80 % siswa mendapat nilai ≥ 75 dan nilai rata-rata keaktifan siswa 1,9, sedangkan pada tes akhir dan keaktifan siswa siklus II adalah 82,5 % siswa mendapat nilai ≥ 75 dan nilai rata-rata keaktifan siswa 2,3 serta siklus III adalah 95 % siswa mendapat nilai ≥ 75 dan nilai rata-rata keaktifan siswa adalah 3,4. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan menggunakan metode Jigsaw Learning.
ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL “KEMBANG TURI” KARYA BUDI SARDJONO Maguna Eliastuti
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.814 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap nilai-nilai moral dalam novel “Kembang Turi” dan penulis berharap agar pembaca dapat memahami isi dari novel tersebu. Metode yang digunakan dalam menganalisis novel ini adalah dengan menggunakan metode kepustakaan yang memuat dua unsur nilai novel, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Selain itu, penulis juga menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan moral. Setelah penulis menganalisis novel “Kembang Turi” ditinjau dari aspek moral, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat aspek positif dan negatif pada tokoh utama, Dirman, Marni dan Manaf. Untuk aspek negatif disarankan untuk tidak diteladani akan tetapi untuk pengetahuan kita dalam kehidupan bermasyarakat.
STUDI KASUS PERMASALAHAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN KONSEP GENETIKA DI SMA NEGERI 2 SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR Rufa Hera
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.908 KB)

Abstract

Genetika merupakan salah satu materi dalam pembelajaran biologi yang selama ini diyakini banyak siswa sebagai materi yang sulit untuk dipahami. Ruang lingkup materi yang luas, banyaknya penggunaan istilah, serta konsep yang abstrak menjadikan siswa sulit mengingat konsep-konsep penting pada materi Genetika. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kualitas belajar siswa. Faktor- faktor itulah yang menentukan kesuksesan pembelajaran di suatu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat permasalahan permasalahan dalam proses pembelajaran konsep genetika di sma negeri 2 seulimum kabupaten Aceh Besar. Penelitian studi kasus ini dilakukan di SMA Negeri 2 Seulimum bertempat di Jl. Krueng Raya-Ateuk Lamteuba, Seulimum, Kabupaten Aceh Besar. Subjek Penelitian yaitu guru bidang studi Biologi dan Siswa SMA Negeri 2 Seulimum kelas XII IPA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif dengan teknik pembagian angket, wawancara, dan observasi. Studi kasus dilakukan melalui studi lapangan dengan proses kunjungan ke sekolah pada Bulan November 2013. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan ditampilkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bebrapa faktor pemasalahan dalam pembelajaran genetika yaitu berkaitan dengan model yang diterapkan, Sarana pembelajaran yang digunakan, meliputi : media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar, dan pemanfaatan laboratorium (Laboratorium IPA dan Komputer). Kesimpulan penelitian ini adalah Proses pembelajaran pada konsep genetika di SMA Negeri 2 Seulimum belum berjalan dengan optimal. Siswa belum memahami dengan baik konsep genetika berdasarkan sistem pembelajaran yang telah dilakukan.
NASH-NASH IDEOLOGIS DALAM NOVEL WAJAH SEBUAH VAGINA KARYA NANING PRANOTO: PERKENALAN MARXISME SASTRA Juanda Juanda
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.855 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ideologi-ideologi yang terdapat dalam novel Wajah Sebuah Vagina karya NP. Studi ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah para tokoh novel, sedangkan objek penelitian adalah ideologi-ideologi dan hubungan ideologi-ideologi dengan kelas sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, mencatat, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sementara teknik uji keabsahan data menggunakan teknik tringgulasi sumber dan member checking. Hasil penelitian adalah: (1) ideologi dibagia tiga jenis: (a) kapitalisme, (b) sosialisme, dan (c) agama. (2) hubungan antara kelas sosial dan ideologi, meliputi: (a) kelas sosial dalam ekonomi, (b) kelas sosial dalam sosio-kultural, (c) kelas sosial dalam bahasa, (d) kelas sosial dalam pendidikan, (e) kelas sosial dalam agama, dan (f) kelas sosial dalam politik.
ANALISIS MINAT BELAJAR PENJAS TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTERA SMA NEGERI 1 LAMURU KABUPATEN BONE Andi Ogo Darminto
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 8, No 1 (2017): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.117 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: “Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi  minat belajar penjas terhadap kemampuan bermain sepakbola pada siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone”. Permasalahan penelitian adalah “Faktor-faktor apa yang mempengaruhi  minat belajar penjas terhadap kemampuan bermain sepakbola pada siswa SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone?” Populasi penelitian ini adalah semua siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu mengambil sampel secara acak melalui teknik undian, yang berjumlah 40 siswa putra SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini minat belajar penjas dan kemampuan bermain sepakbola. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, tes pengukuran dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar penjas siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone, berdasarkan indikator tertarik sebesar 62,5% responden yang memiliki minat belajar penjas dalam kategori tinggi, indikator perhatian sebesar 70% dalam kategori tinggi, dan indicator kebutuhan sebesar 62,5% dalam kategori tinggi. Yang melatarbelakangi siswa berminat dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani adalah keinginan untuk bisa berprestasi dan dimilikinya kebugaran jasmani serta menjadi yang terbaik dalam pelajaran pendidikan jasmani.

Page 1 of 1 | Total Record : 9