cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN MOTIVASI PADA MATERI BANGUN DATAR SD NEGERI PERCONTOHAN BANDA ACEH Dazrullisa Dazrullisa
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.977 KB)

Abstract

Abstrak : Pembelajaran kooperatif  Jigsaw adalah pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana  pengaruhpenerapan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kreatifitas dan motivasi belajar matematika pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VISDN percontohan Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dalam meningkatkan kreatifitas dan motivasi belajar matematika pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VISDNpercontohan Banda Aceh.Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif.Hasil dari penelitian diuji dengan menggunakan rumus presentase.Berdasarkan rubrik penskoran diperoleh rata-rata kelompok siswabertanya atau mengemukakan pikiran adalah sebesar 60%. Mencermikan sikap ketertarikan untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas suatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar rata-rata 85,2%. Persentase pada indikator melakukan tindakan untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari suatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar 75,4%. Rata-rata 95%  siswa memahami konsep LINGKARAN. Siswa lebih kreatif dalam menyelesaikan LKS karena masalah yang disusun tidak hanya bisa diselesaikan dengan lingkaran tetapi juga dengan logika. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat membantu siswa dalam memahami dan menigkatkan kreatifitas siswa pada materi persamaan linear satu variable, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat menambah motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya pada materi persamaan linear satu variable. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, motivasi, kreatifitas, dan lingkaran
PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI JASA DAN PERANAN TOKOH PEJUANG DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 20 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT IRMA NOVIDA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.436 KB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Talking Stick pada pembelajaran IPS materi jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dikelas V SD Negeri 20 Meulaboh dan untuk mengetahui apakah penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pra tindakan hanya 8 orang siswa atau 36,4% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 58,2. Pada siklus I ada 13 siswa atau 59,1% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 67,9. Pada siklus II, 19 siswa atau 86,4% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa adalah 79,1. Hasil Observasi kegiatan guru pada siklus I adalah 72,5% termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II mencapai 83,75% dalam kategori sangat baik. Hasil pengamatan siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam kategori baik, mengalami perubahan pada siklus II, yaitu dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adala hasil belajar IPS pada materi jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dapat ditingkat melalui penerapan model Talking Stick pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Kata Kunci :Talking Stick, Hasil Belajar, IPS.
PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V NEGERI 104607 SEI ROTAN Fadliyani Fadliyani
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.603 KB)

Abstract

ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kontekstual dengan siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan berjumlah 60 siswa.  Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Heads Together pada  materi pokok persegi panjang dan persegi; 2) kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Heads Together materi pokok persegi panjang dan persegi; 3) kemampuan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Heads Together pada materi pokok persegi panjang dan persegi; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika lebih sesuai diajarkan dengan Model pembelajaran Kontekstual daripada pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan. Kata kunci:  Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Model                      Pembelajaran Kontekstual, Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS 5 SD NEGERI INPRES115495 SISUMUT KOTA PINANG Cut Eva Nasryah; Arief Aulia Rahman
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.299 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi penerapan metode pembelajaran koopertif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mengatahui aktifitas belajar siswa ketika diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode kooperatif tipe STAD pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar  70% secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 62,5% yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 70,93. Dari hasil analisis data pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 71,87%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 34,37%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Bangun Datar segiempat, Hasil belajar
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI 200407 HUTAPADANG Henra Saputra Tanjung; Siti Aminah Nababan
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.41 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Penggunaan Metode pembelajaran bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Adapun populasi berjumlah 42 orang, sedangkan teknik pengumpulan data yang ditetapkan penulis adalah dengan menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan dua cara, pertama analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran/pengaruh secara umum dari kedua variabel. Tahap kedua dengan analisis inferensial untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus Product Moment oleh Pearson yaitu:Dengan demikian, hasil analisis data diperoleh thitung = 2,33 sedangkan ttabel = 1,68 dengan taraf  nyata 5%. Ternyata thitung lebih besar daripada ttabel yakni (3,33 ˃ 1,68). Hal ini berarti hipotesis alternatif diterima kebenarannya.Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Metode pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Kata-kata kunci: pembelajaran bermain, pecahan, SD

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue