cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (December 2019)" : 5 Documents clear
Hubungan Interaksi Sosial Bentuk Akomodasi Guru-Siswa dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMAN 3 Padang Efriman Efriman; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (December 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i2.14

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketertarikan peneliti melihat hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Padang yang rendah akibat namun interaksi sosial yang terjadi antara guru dengan siswa berjalan dengan baik dan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial (akomodasi) dengan hasil belajar Sosiologi siswa SMA Negeri 3 Padang. Penelitian dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh Gegne dan Berliner. Di dalam penelitian ini digunakan suatu pendekatan kuantitaif Ex-Post Facto, teknik pemilihan proportional random sampling dan jumlah responden yang diambil 58 orang. Data sekunder dalam penelitian berupa hasil belajar dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif data, pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebarkan angket. Hasil dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa terdapat yang signifikan dalam korelasi antara variabel interaksi sosial (akomodasi) dengan hasil belajar Sosiologi siswa SMA Negeri 3 Padang dibuktikan dengan koefisien korelasi (rxy) 0, 459 > rtabel 0, 256.
Implementasi Pendidikan Literasi Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan Vera Yulinda; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (December 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i2.15

Abstract

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana implementasi pendidikan literasi intrakurikuler pada mata pelajaran sosiologi SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir selatan. Hasil penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Rogers dan Kanuk. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian dan studi kepustakaan. Setelah data terkumpul dikaji dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama, bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah diterapkan di SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti secara prosedur sudah berjalan tapi secara subtansi belum berjalan dengan baik, seharusnya pihak sekolah harus menyediakan seperti perpustakaan mini di kelas dan melengkapi gerakan literasi yang ada,namun dalam pelaksanaanya ada beberapa hal yang dirasa belum optimal seperti sarana dan prasarana sekolah yang belum mencukupi dan kendala guru dalam pembuatan RPP k13. Kedua, integrasi literasi dengan mata pelajaran belum berjalan dengan baik seperti didalam RPP guru memebuat kegiatan literasi tapi di dalam proses pembelajaran tidak diterapkan. Pihak sekolah SMA N 1 Linggo Sari Baganti berupaya menumbuhkan kegiatan literasi dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah agar budaya literasi berjalan secara maksimal
Pilihan Rasional Orang Tua Memilih Menyekolahkan Anaknya ke Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia Padang Dhea Yunanda; Reno Fernandes; Ike Sylvia; Eka Vidya Putra
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (December 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena saat ini banyak orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah keagamaan terkhusus agama islam. Oleh karena itu, perlunya mengungkapkan pilihan rasional orang tua dalam memilih sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu melihat alasan orang tua dalam memilih sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan korelasi. Hasil penelitian ini yaitu dari sembilan indikator pilihan rasional memilih sekolah bagi orang tua. Kedelapan indikator menjadi pilihan rasional orang tua dimana R-hitung lebih besar dari R-tabel. Biaya pendidikan bukan menjadi pilihan rasional orang tua memilih sekolah.
Pendidikan Karakter Melalui Program Mentoring Studi Kasus: SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Kota Padang Mega Mustika; Wirdanengsih Wirdanengsih
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (December 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i2.18

Abstract

Berangkat akan pentingnya pendidikan karakter di sekolah, banyak sekolah yang berorientasi pada kognitif. SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang sekolah berbasis agama yang merupakan sekolah berorientasi pada pembinaan karakter peserta didik. Pembinaan karakter dilakukan melalui program mentoring yang menjadi program wajib yang diikuti oleh peserta didik. Tujuan penelitian memberikan gambaran pendidikan karakter melalui program mentoring di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial dari Albert Bandura. Penelitian ini menngunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang. Data dikumpulkan dengan wawancara, obbservasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunaka metode interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program mentoring sebagai salah satu sarana pembinaan karakter di SMP Perguruan Islam Ar Risalah yang memiliki bentuk-bentuk kegiatan berupa tilawah Al Qur’an, pembacan doa, kultum, rihlah, qodhoya, memasak bersama. 2) karakter yang dibina melalui mentoring adalah karakter religius, peduli sosial, kerjasama, bersaudara.
Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman Dendy Marta Putra; Nurlizawati Nurlizawati
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (December 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i2.19

Abstract

Artikel ini menggambarkan tentang penerapan Lesson Study dalam meningkatkan ketrampilan 4C (Critical Thinking, Collaborative, Commnicative, dan Creative) pada pembelajaran sosiologi. Tuntutan kurikulum berbasis 4.0 menuntut siswa harus mampu bekerja sama, berkomunkasi, berfikir kritis dan kreatif, tuntutan ini dapat dicapai jika guru membuat pembelajaran yang dapat meningkatkan ketrampilan 4C. Dalam meningkakan kemampuan 4C dapat dilakukan dengan menerapkan kegiatan lesson study, selain itu peningkatan ketrampilan 4C juga harus diikuti dengan penanaman karakter yang dapat menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan Lesson study merupakan bentuk pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan ketrampilan 4C (critical thinking, creative, collaborative, dan commnicative). Penerpaan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ASB-BSK) dalam membentuk karakter religius pada siswa dapat dimasukan kedalam materi pembelajaran Sosiologi menggunakan pembelajaran indirect teching, penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai Al-Quran dan budaya Minangkabau merupakan alternatif untuk menumbuhkembangkan karakter religius dan bermasyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5