cover
Contact Name
Abd. Charis Fauzan
Contact Email
fauzancharis@gmail.com
Phone
+6287750503014
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Masjid Nomor 22 Kota Blitar, Jawa Timur
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics
ISSN : -     EISSN : 27152731     DOI : https://doi.org/10.28926/ilkomnika
ILKOMNIKA: Journal of Computer and Applied Informatics is is a peer reviewed open-access journal. The journal invites scientists and engineers throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics of computer science and applied informatics which covers five (5) majors areas of research that includes 1) Informatics Engineering and Its Application 2) Computer Science 3) Software Engineering 4) Computer Engineering 5) Information System. This journal is published 3 issues a year, in April, August, and December.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019" : 5 Documents clear
Direct Memory Access untuk Menghitung Waktu Prosesor Intel Celeron N2840 dan AMD A8-7410 dalam Menangani Transfer Data Abd. Charis Fauzan; Utrodus Said Al Baqi; Asna Andi Auladi; A. Zainul Muttaqin Sph
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.136 KB) | DOI: 10.28926/ilkomnika.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan oleh prosesor Intel Celeron N2840 dan AMD A8-7410 dalam menangani transfer data dengan metode Direct Memory Access (DMA), sehingga dapat mengetahui prosesor yang lebih cepat dan efisien untuk digunakan dalam proses transfer data jika menggunakan DMA. Hasil perhitungan tersebut dapat menjadi indikator seberapa cepat atau lambat prosesor tersebut dalam menangani proses transfer data. Penelitian ini menggunakan 2 jenis prosesor, yang pertama yaitu Intel Celeron N2840 dengan kecepatan sebesar 2.16 GHz dan memiliki clockspeed sebesar 2583 MHz, sedangkan yang kedua yaitu AMD A8-7410 dengan kecepatan sebesar 2.20 GHz dan memiliki clockspeed sebesar 2395 MHz. Metode yang digunakan adalah direct memory access untuk menghitung waktu prosesor pada saat proses transfer data, beberapa data yang digunakan dalam perhitungan yaitu kecepatan transfer, clockspeed, cyclus dan block. Hasil perhitungan untuk prosesor Intel Celeron N2840 sebesar 20,90592334% waktu prosesor yang dibutuhkan pada saat transfer data dengan DMA, sedangkan untuk prosesor AMD A8-7410 sebesar 22,96450939 % waktu prosesor yang dibutuhkan pada saat transfer data dengan DMA. Dari hasil perhitungan waktu kedua prosesor tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa prosesor Intel Celeron N2840 memiliki persentase lebih sedikit, sehingga dalam menangani transfer data, prosessor Intel Celeron N2840 lebih cepat dari pada prosessor AMD A8-7410 karena waktu yang digunakan dalam proses tersebut lebih sedikit.
Mekanisme Fetch dan Execute pada Sistem Kinerja Control Processing Unit M Maulana Ikhsan; Citra Mirna Wati; Muhammad Yusuf Ashari; Abd. Charis Fauzan
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.405 KB) | DOI: 10.28926/ilkomnika.v1i1.6

Abstract

Tujuan pembuatan Jurnal ini adalah untuk mengetahui fungsi komponen-komponen CPU dan untuk mengetahui mekanisme CPU serta kinerja komputer saat melakukan proses instruksi. Dengan menggunakan metode fetch dan execute. Fungsi komputer di bentuk oleh eksekusi progam, progam yang di eksekusi berisi intruksi yang disimpan di memori, CPU melakukan tugas dengan cara mengeksekusi progam, sederhananya dengan mengolah intruksi yang terdiri dari 2 yaitu, intruksi fetch CPU, lalu CPU mengksekusi intruksi. Proses fetch dan eksekusi itulah cara untuk mengeksekusi progam, Untuk intruksi tunggal di perlukan pengolahan yang disebut siklus intruksi, dari riset yang dilakukan dan dari sumber-sumber yang telah di dapatkan memperoleh cara atau metode untuk melakukan eksekusi memory dan untuk melakukannya menggunakan tabel eksekusi program untuk mengatahuinya. Hasil dari metode yang di dapatkan itu sendiri adalah dari eksekusi progam yang terdapat pada komputer saat ini. CPU adalah komponen yang penting sebagai pengolah data berdasarkan intruksi di sistem komputer. Kesimpulannya fungsi CPU menjalankan progam yang disimpan dari dalam memori utama caranya adalah intruksi diambil, di uji dan dieksekusi satu persatu sesuai alurnya, sederhananya saja dari proses eksekusi progam dengan mengambil intruksi pengolah data yang terdiri dari dua langkah, yaitu operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute).
Implementasi Penjadwalan Round Robin pada Task Scheduler untuk Pembaruan Aplikasi Otomatis Iqbal Fikri Al hadi; Choirunnufatul Chusna; Safrinadi Ilham; Abd. Charis Fauzan
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.88 KB) | DOI: 10.28926/ilkomnika.v1i1.7

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah ketidakteraturan beberapa aplikasi yang ada di komputer dalam melakukan pembaruan, sehingga mengakibatkan tidak meratanya beberapa aplikasi dalam melakukan pembaruan (update). Subjek penelitian ini adalah aplikasi yang termuat di komputer yang dientrikan dalam sebuah aplikasi penjadwalan bawaan windows yaitu, Task Scheduler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Round Robin. Metode ini sering digunakan dalam proses CPU, cara kerja Round Robin ini sendiri adalah membuat pergiliran antrian proses, proses akan mendapatkan alokasi Quantum Time. Apabila Quantum Time telah habis maka secara otomatis akan berganti ke proses lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan efisiensi waktu dalam melakukan pembaruan secara otomatis.
Rancang Bangun Website yang Berorientasi Video Sebagai Sarana Media Informasi Di SMK YP 17-2 Malang Iis Sholikhat; Hudan Eka Rosyadi; Devita Maulina Putri
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1180.183 KB) | DOI: 10.28926/ilkomnika.v1i1.12

Abstract

Website memiliki peranan penting sebagai media yang tidak memiliki batas ruang dan waktu, khususnya di bidang pendidikan. Sehingga masyarakat dengan mudah mengetahui informasi mengenai sekolah yang akan dituju. Setelah penulis melakukan survey, pengumpulan data dan wawancara, penulis memilih Sekolah Menengah Kejuruan YP 17-2 Malang. Karena sekolah ini belum memiliki website dan memiliki potensi yang baik kedepannya, maka dari itu penulis merancang sebuah website untuk menerapkan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan identifikasi isu/topik, pengumpulan data, pengolahan data, perancangan desain website dan dilanjutkan dengan pembangunan website yang berorientasi video. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah website Sekolah Menengah Kejuruan YP 17-2 Malang yang berorientasi video sehingga dapat mempermudah masyarakat umum memperoleh informasi yang menarik dari sekolah ini. Website ini juga diharapkan dapat menjadi media publikasi yang memperkenalkan dan mempromosikan sekolah pada masyarakat umum agar dapat mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan sekolah, serta menambah potensi bagi media informasi sekolah.
Penerapan Sistem Informasi Presensi Mahasiswa Menggunakan Fingerprint Berbasis Web Vita Octa Wihana; Fikri Amrullah
ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.215 KB) | DOI: 10.28926/ilkomnika.v1i1.13

Abstract

Presensi yang diterapkan di Fakultas Teknologi Informasi masih menggunakan lembar kertas yang ditanda tangani oleh setiap mahasiswa hal ini sangat tidak efisien dan membuat mahasiswa tidak disiplin. Dengan diterapkannya sistem presensi menggunakan fingerprint berbasis web memudahkan mahasiswa melakukan absen dan mencegah adanya manipulasi yang dilakukan mahasiswa dan admin dapat melakukan kontroling diluar area fakultas, hasil laporan absensi bisa berupa hasil real termasuk jam berapa mahasiswa terlambat absen atau tidak melakukan absen. Program ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan SQL yang dapat menjadi alat bantu rekapitulasi kehadiran mahasiswa. Sistem ini dapat dikembangkan lagi untuk keperluan selanjutnya dapat ditambahkan data berupa jadwal kuliah dan data absen dosen maupun staff karyawan yang ada di Fakultas Teknologi Informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5