cover
Contact Name
Winarto
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
methonomix@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia Jl. Hang Tuah No. 8 Medan, Sumatera Utara 20152
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX
ISSN : 26225204     EISSN : 26225190     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia. Jurnal METHONOMIX terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal METHONOMIX menampung jurnal ilmiah baik penelitian empiris dan studi/kajian pustaka pada bidang ekonomi dan bisnis, yang meliputi manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, dan kewirausahaan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)" : 6 Documents clear
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI TAKSI BERBASIS APLIKASI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PENGGUNA (STUDI PADA GOJEK, DAN GRAB DI KOTA MEDAN) Robinhot Gultom; Siti Normi
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gojek, dan Grab merupakan taksi berbasis aplikasi online yang saling berkompetisi di Kota Medan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui penilaian pengguna atas pelayanan yang telah diberikan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pengguna atas pelayanan yang diberikan dan mengetahui faktor pelayanan yang dianggap penting oleh pengguna, tetapi belum baik dalam pelaksanaanya. Dengan menggunakan rumus Slovin, penelitian ini dilakukan dengan metode survey yang melibatkan 100 responden   pelanggan Gojek, dan Grab. Dari informasi yang diperoleh melalui survey, data diolah oleh penulis dengan Analisis Kuadran (Importance Performance Analysis – IPA). Hasil Importance Performance Analysis menunjukan bahwa indikator kualitas pelayanan Reliability menempati kuadran A yang berarti pengguna merasa dimensi ini penting, akan tetapi pelaksanaannya masih kurang baik maka perlu adanya perhatian khusus untuk meningkatkan kinerja, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.  Untuk dimensi Tangibles   dan Dimensi Assurance   berada pada Kuadran B, berarti pengguna merasa dimensi-dimensi ini penting dan kinerja perusahaan sudah baik sehingga pelaksanaanya perlu dipertahankan.  Sedangkan Dimensi Responsiveness dan  Dimensi  Empathy  berada  pada  kuadran  C,  ini  berarti  pengguna merasa dimensi-dimensi ini kurang penting dan kinerja perusahaan dirasakan belum cukup baik dalam pelaksanaanya. Maka, kesesuaian harapan  pelanggan  dan kinerja  perusahaan  atas kualitas  pelayanan  dan meningkatkan loyalitasnya dilakukan melalui pelatihan dan motivasi kepada pengemudi dengan  sebelumnya  telah  diseleksi  pada saat perekrutan  karyawan.
PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL CAMPLONG SAMPANG Abdul Jamali; Syaiful Syaiful
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of compensation, and work environment as independent variables both simultaneously and partially on employee performance and the dominant variable between the two variables. This type of research is quantitative descriptive using multiple linear regression analysis. The data collection used a questionnaire with a sample of 47 employees of the Camplong Hotel in Sampang district. The results of this study are seen from the t test with a probability of 0.05 having a sig. X1 is 0.000 and the value is sig. X2 is 0.003 where the value is less than Alpha 5%. It means that both independent variabels partially and simultaneously affect employee performance. Finally, compenstion is the most dominant variable affecting employee performance.
PENERAPAN ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN LAYANAN POS EXPRESS PADA UNIT PT. POS INDONESIA PEMATANG SIANTAR Nurbeti Nurbeti; Bintang S.P. Butar-butar
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan analisis SWOT (strengths; weaknesses; opportunities; threats) pada strategi pemasaran layanan Pos Express pada unit PT. Pos Indonesia Pematang Siantar. Peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan cara melakukan observasi dan wawancara pada perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil penelitian menemukan sejumlah kekuatan, dan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam penentuan strategi pemasaran jasa layanan pengiriman barang. Selain itu, perusahaan juga harus waspada dan berupaya untuk mengurangi dampak ancaman dari lingkungan eksternal, serta kelemahan-kelemahan perusahaan yang dapat menurunkan kinerja manajerial.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SANTIKA PREMIERE DYANDRA Asima Rosiana Purba; Novi Yuliani Hutagalung; Erlena Putri; Hendra Nazmi
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study was conducted to determine the effect of leadership, motivation and discipline on employee performance at PT. Santika Premiere Dyandra Hotel and Medan Convention. The population is 202 employees. The number of samples in this study were 134 employees and the validity and reliability testing were 30 employees. The sampling technique used is simple random sampling. The results showed that simultaneously leadership, motivation and discipline had a positive and significant effect on employee performance at PT. Santika Premiere Dyandra Hotel and Medan Convention. Partially, leadership, motivation and discipline had a positive and significant impact on employee performance at PT. Santika Premiere Dyandra Hotel and Medan Convention.
PENGARUH DISIPLIN KERJA, PELATIHAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SURIATAMA MITRA PERWITA MEDAN Gilbet Saferius; Hendra Nazmi; Elisya Simalango; Veronica Veronica
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of work discipline, training and communication on employee performance at PT. Suriatama Mitra Perwita Medan. Researchers took the population in this study as many as 147 employees. The number of samples in this study were 107 respondents. The sampling technique used is simple random sampling. The results showed that work discipline partially had a positive and significant effect on employee performance at PT. Suriatama Mitra Perwita Medan. Partially, the training had a positive and significant effect on employee performance at PT. Suriatama Mitra Perwita Medan. Partial communication has a positive and significant effect on employee performance at PT. Suriatama Mitra Perwita Medan. Work discipline, training and communication simultaneously have a positive and significant effect on employee performance at PT. Suriatama Mitra Perwita Medan.
PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017 Tan Kim Hek; Elvie Maria; Sherry Christin
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the effect of cash turnover, account receivable turnover, and inventory turnover on Return on Equity in Manufacturing Companies for the 2015-2017 period both partially and simultaneously. The data in this study are secondary data obtained from the Indonesia Stock Exhange website. While the research data sources are: Financial Reports of Manufacturing Companies in the consumer goods sector. The number of sample used was 22 companies taken from a population of 45 companies with the year observations of 5 years so the number of observations in this study was 66 observations. The analytical method techinique used is multiple linear regression. The results showed that cash turnover and inventory turnover have a significant positive effect on Return on Equity while account receivable turnover has a significant negative effect on Return on Equity. Simultaneously cash turnover, account receivable turnover and inventory turnover have a significant effect on Return on Equity in Manufacturing Companies.

Page 1 of 1 | Total Record : 6