cover
Contact Name
Andi Patta Yusuf
Contact Email
pattayusuf@unmus.ac.id
Phone
+6281248131455
Journal Mail Official
mjpafisip@unmus.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musamus, Jl. Kamizaun Mopah Lama Merauke 99600
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Public Administration
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26226499     EISSN : 2622917X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Focus and Scope Musamus Journal of public administration (MJPA e-ISSN 2622-917X, p-ISSN 2622-6499) is a peer-reviewed journal published by the Department of administration, Faculty of political science, University of Musamus, Merauke, Papua, Indonesia. MJPA is published twice a year (October and April) is available in print or electronic versions. Therefore, we welcome the sending of articel in the United Kingdom or Indonesia language. the focus of the study: Public Policy; Public Management; Financial State; Development Administration; Local Autonomy; Executive- Legislative Relations; Public Administration Ethics; Public Administation; Public Service; Manegement Human Resources in Public Sector; Good Governance dan Local Governance; Leadership Public Sector.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Public Administration" : 5 Documents clear
Peran Pemerintah Dalam Pembinaan Partai Politik Paul Adryani Moento; Berly Sampai Angin; Welem Levi Betaubun
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Department of State Administration - Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpa.v1i1.2995

Abstract

Pembinaan terhadap partai politik merupakan perwujudan dari demokrasi pancasila yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan sosial politik yang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam melakukan pembinaan terhadap partai politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, kemudian teknik pengumpulan yang dipakai adalah proses wawancara langsung dilapangan. Dari hasil dalam penelitian menunjukan bahwa pembinaan terhadap partai politik yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Merauke berbentuk program bantuan keuangan atau Dana Hibah yang setiap tahun rutin diberikan kepada masing-masing partai politik, sesuai dengan jumlah perolehan suara yang sah. Kemudian, mekanisme pemberian bantuan keuangan tersebut di ambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Merauke, yang selanjutnya disalurkan melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Setelah itu, diverifikasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Merauke. Program bantuan keuangan ini diharapkan dapat dioperasionalkan untuk pendidikan politik serta untuk memenuhi kebutuhan partai politik.
Pengaruh Budaya, Perilaku Dan Status sosial Etnis Tionghoa Terhadap Kerukunan Masyarakat Fitriani Fitriani; Alexander Phuk Tjilen; Vinsenco R Serano
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Department of State Administration - Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpa.v1i1.3008

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya, perilaku dan status sosial etnis tionghoa terhadap kerukunan masyarakat di Kabupaten Merauke, dengan penelitian kuantitatif atau penelitian survey yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian metode cluster sampling. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa H1 ditolak dan disimpulkan bahwa budaya berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kerukunan masyarakat di Kabupaten Merauke. hasil uji F F-hitung> F-tabel sehingga H0 di tolak dan Ha diterima, variable budaya, perilaku dan status sosial secara simultan berpengaruh terhadap kerukunan masyarakat.
Peran Komunikasi Dalam Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Berly Sampai Angin; Fitriani Fitriani; Nur Jalal
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Department of State Administration - Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpa.v1i1.3009

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi dalam kepemimpinan situasional kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri Urumb Kabupeten Merauke. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan komunikasi yang dijalankan oleh pimpinan sudah berjalan dengan baik dikarenakan prosesnya dengan membangun komunikasi selalu terbuka, paralel antara bapak ibu guru, sehingga guru tidak segan untuk menyampaikan pendapat, ide maupun gagasan kepada pimpinan.Kepemimpinan situasional yang diterapkan oleh kepala sekolah selaku pimpinan sudah baik. Dalam hal profesionalisme guru proses belajar mengajar selalu tepat waktu, namun ada beberapa guru yang belum menyiapkan perangkat untuk mengajar sebelum masuk kelas. Namun pimpinan selalu menghimbau, selalu tegur dan menghimbau untuk guru tersebut segera membuatnya dan menyadari bahwa perangkat mengajar merupakan senjata buat guru. Dan hasilnya muridpun berprestasi dengan bukti pernah mengikuti kegiatan lomba-lomba ditingkat Kabupaten dan mendapat juara satu lomba penelitian karya ilmiah. Untuk itu pimpinan selalu menghimbau untuk selalu bekerja sama membangun dan meningkatkan mutu pengajaran di SMPN Urumb Merauke.
Pemberian Penghargaan (Reward) Sebagai Suatu Inovasi Baru Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Meyland SF Wambrauw
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Department of State Administration - Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpa.v1i1.3039

Abstract

Pemberian reward atau penghargaan kepada seseorang dari masyarakat yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah adalah bagian dari inovasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan karena menjadi motivasi bagi seseorang dalam terus berkarya, dan juga dapat mempengaruhi lingkungannya untuk terus berprestasi. Banyak penghargaan yang telah di dapat oleh pemerintah maupun pimpinan atau kepala daerah seperti Gubernur, Bupati dan Walikota tetapi sebaliknya memberikan kepada masyarakat atau warga non birokrat yang ikut terlibat aktif dalam bidang Pendidikan, kesehatan, budaya, sosial, ekonomi, agama dan lain-lain masih sangat minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah pemerintah baik tingkatan provinsi maupun kabupaten/kota yang ada di Papua pernah memberikan reward (penghargaan) kepada masyarakat sebagai bagian dari manajemen SDM dan apakah hal tersebut juga dapat meningkatkan prestasi dari yang menerima reward tersebut. Tulisan ini melihat bahwa memberikan penghargaan atau reward merupakan hal yang belum banyak dilakukan oleh pemerintah atau kepala daerah, seperti yang telah dilakukan Kabupaten Nabire dan Merauke. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan studi literatur yang lokasinya dibatasi hanya pada Provinsi Papua. Penelitian ini masih banyak kekurangan karena dari 28 Kabupaten hanya diambil 10 Kabupaten yang pernah mendapatkan penghargaan dari kementerian atas prestasi yang diperoleh, sehingga masih membutuhkan penelitian lebih jauh untuk daerah-daerah lainnya. Dari hasil survey, didapati bahwa banyak daerah yang mendapatkan penghargaan tingkatan nasional atas prestasi daerahnya. Hasil temuan dari penelitian ini adalah pemberian penghargaan (reward) merupakan bagian dari Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan berpengaruh langsung terhadap prestasi kerja. Reward menjadi penting dan diperlukan untuk memotivasi seseorang, tetapi juga menimbulkan rasa kepercayaan/trust dari masyarakat terhadap pemerintah dan juga sebagai pendekatan yang lebih mudah untuk memahami bagaimana seharusnya masyarakat dan pemerintah saling bekerjasama dalam pembangunan di Papua.
Organizational Communication Patterns In Disaster Management Fitriani Fitriani
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Department of State Administration - Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpa.v1i1.3040

Abstract

The research objective is to find out the right communication patterns used in disaster management by organizations. This research uses descriptive qualitative research methods with literate data collection techniques. The results of this study indicate that organizations can use star communication patterns and chain communication patterns, Star communication patterns are used to communicate in general, where superiors directly communicate with subordinates and subordinates directly communicate to superiors without intermediaries from others. For the chain pattern in the organization is used to provide information that is announcement from one division to all employees that must be submitted through the division. Communication from superiors to subordinates in the form of work or task instructions. Communication from subordinates to superiors is communication in the form of work reports, information about disasters and advice.

Page 1 of 1 | Total Record : 5