cover
Contact Name
Maria
Contact Email
-
Phone
+628161961710
Journal Mail Official
jmbkmm@untar.ac.id
Editorial Address
Program Studi MM Untar, Kampus 1, Gedung Utama, Lantai 14 Jl. Let. Jen. S. Parman No. 1 Grogol, Jakarta 11440
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 25980289     DOI : http://dx.doi.org/10.24912/jmbk
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (E-ISSN: 2598-0289) is a peer-reviewed journal, which provides a forum for publishing scientific articles in management and business field, including genuine research result, novel scientific review, and critics or comments about management nowadays. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan published by Magister Manajemen Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan accepts articles or manuscript in the management and business field from various source, academics and researchers, both national and international.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan" : 21 Documents clear
Analisis Pengukuran Kinerja PT Agung Podomoro Land Tbk dengan Metode Balanced Scorecard (BSC) Indra Gunawan
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12788

Abstract

Balanced scorecard is a strategic management performance metric used to identify and improve various internal business functions and their resulting external outcomes. Balanced Scorecard based on four perspectives, which is employee learning and growth, business process, customer and financial perspective. However, this research will limit the elaboration based on employee learning and growth perspective only as the basic to successful achievement of the company. These aspects are assisted by employee satisfaction variable, coaching or training conducted or received by the employee, productivity and percentage of employee turnover within one company.Formulation of hypothesis for the research is that employee learning and growing perspective affect human resource performance in PT Agung Podomoro Land Tbk. Number of samples used were 35 people with 33 questions. Data sample were obtained using online google form questionnaire method using likert indicator and data validity or reliability was performed using SPSS v.25 method. Research variable shows that employee working satisfaction variable (X1) is the most dominant variable. This hypothesis is tested and proven by using test T in linear regression analysis technique. The result shows Tcount 2,616 > Ttable 2,042 with level of trust α 0,05. Balanced scorecard adalah metrik kinerja manajemen strategis yang digunakan untuk mengidentifikasi dan meningkatkan berbagai fungsi bisnis internal serta hasil eksternal yang di hasilkannya. Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang mendasari yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, perspektif bisnis proses, perspektif pelanggan dan perspektif finansial. Penelitian ini di fokuskan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, sebagai akar dari proses menuju kesuksesan bagi perusahaan. Dibantu dengan varibel kepuasan karyawan dalam bekerja, pelatihan ataupun training yang dilakukan oleh karyawan, serta turnover karyawan dalam perusahaan dan produktivitas karyawan.Hipotesis penelitian ini di rumuskan bahwa perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia pada PT Agung Podomoro Land Tbk. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 orang dengan 33 pertanyaan. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online Google Form dengan satuan skala Likert. Uji validitas dan uji reliabilitas di lakukan dengan menggunakan SPSS versi 25. Variabel penelitian menunjukkan kepuasan karyawan dalam bekerja (X1) merupakan variabel yang paling dominan terhadap kinerja sumber daya manusia. Hipotesa ini dites dan dibuktikan melalui uji T dalam teknik analisa regresi liner. Hasilnya menunjukan bahwa Thitung sebesar 2,616 > Ttabel 2,042 dengan tingkat kepercayaan α 0,05.
Pengaruh Religious Commitment dan Islamic Physical dan Non Physical Attributes terhadap Customer Loyalty dengan Mediasi Customer Satisfaction pada Masyarakat Beragama Islam yang Berkunjung ke Luar Negeri Angeline Suwandi; Hetty Karunia Tunjungsari
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12794

Abstract

This research was conducted with the aim to examine the effects between the variables of religious commitment and Islamic attributes to customer satisfaction as a mediating variable with customer loyalty. The sample of this study is the Muslim community who have visited abroad and are domiciled in JABODETABEK. Data was collected through a survey using a questionnaire. The respondents obtained were 201 respondents with a purposive sampling technique. The data processing method uses PLS-SEM which is assisted by smartPLS 3.0 software. The results showed that religious commitment had no significant effect on Islamic physical attributes and significant variables on Islamic non-physical attributes and customer satisfaction. The two indicators contained in Islamic physical attributes each have a significant and insignificant role on customer satisfaction, while the Islamic non-physical attribute variable has a significant effect on customer satisfaction. Customer satisfaction may act as a good mediator between religious commitment and Islamic physical attributes on customer loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religious commitment dan islamic attributes terhadap customer satisfaction sebagai variabel yang memediasi dengan customer loyalty. Objek penelitian ini adalah masyarakat beragama Islam yang pernah berkunjung keluar negeri dan berdomisili di JABODETABEK. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner kepada sebanyak 201 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM yang dibantu oleh software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religious commitment memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel islamic physical attributes dan berpengaruh signifikan terhadap islamic non physical attributes serta customer satisfaction. Dua indikator yang terdapat dalam islamic physical attributes masing-masing berperan signifikan dan tidak signifikan terhadap customer satisfaction, sedangkan variabel islamic non physical attributes berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Customer satisfaction dapat berperan sebagai mediator yang baik antara religious commitment dan islamic physical attributes terhadap customer loyalty.
Strategi Penjualan Produk Pelumas PT PPA dengan Menggunakan Analisis SWOT Yosep Sulindra; Eddy Herjanto
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12800

Abstract

The purpose of this research is to identify internal factors (strength and weakness) and external (opportunity and threat), formulate alternative sales strategy of PT Perusahaan Pelumas Amerika (PPA)’s lubricants product, and understand differentiation factors of PT PPA compared with competitors. The output of internal audit are strengths and weaknesses and the output of external audit are opportunities and threats. Alternative strategy obtained from matching internal and external factor by using SWOT matrix. By using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) to get and implement the best sales strategy for company. Data sources for this research are primary data via interview with senior management officers and secondary data from company website, journal, textbook, and newspaper. Based on analysis method, the priority sales strategy that need to be implemented by company is market penetration with introducing and promote the concept of Total Cost of Ownership (TCO) to potential industrial customer with publication such as seminar, workshop, trade fair, and product knowledge so that PT PPA convince potential customer by providing quality product and added value services to support reaching customer’s objectives of reducing overall costs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (kesempatan dan ancaman), merumuskan formulasi strategi penjualan produk pelumas PT Perusahaan Pelumas Amerika (PPA), dan memahami faktor pembeda (diferensiasi) PT PPA dengan pesaing merek lain. Hasil dari audit lingkungan internal berupa kekuatan dan kelemahan perusahaan dan hasil dari audit lingkungan eksternal berupa peluang dan ancaman perusahaan. Strategi alternatif diperoleh dengan mencocokkan antara faktor internal dan faktor eksternal menggunakan matriks SWOT. Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) digunakan untuk memperoleh strategi penjualan yang terbaik pada perusahaan. Sumber data terdiri dari data primer melalui wawancara dengan narasumber dari pihak internal perusahaan dan data sekunder diperoleh berdasarkan situs perusahaan, jurnal, buku, dan surat kabar yang berhubungan dengan penelitian. Dari hasil metode analisis, strategi penjualan yang perlu untuk diimplementasikan perusahaan adalah penetrasi pasar dengan memperkenalkan dan mempromosikan konsep Total Cost of Ownership (TCO) kepada calon pelanggan industri melalui publikasi seperti seminar, workshop, pameran dagang, dan presentasi produk sehingga PT PPA meyakinkan calon pelanggan dengan produk yang berkualitas dan sistem pelayanan yang berfokus pada sisi penghematan bagi pelanggan.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Firm Value Cynthia Ruana; Indra Widjaja
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12805

Abstract

The purpose of this research is to examine what factors can trigger an increase in Firm Value. Therefore, this research cause Firm Value as a dependent variable and Leverage, Growth, Institutional Ownership, and Working Capital Turnover used as independent variables. Property and real estate companies listed in BEI period 2014-2018 used as a subject. The sample was determined by purposive sampling method of 38 companies. This research used Eviews program version 9.0. The results of the study indicate that Leverage and Institutional Ownership have a positive and significant impact on Firm Value, while Growth and Working Capital Turnover have a positive but insignificant impact on Firm Value. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji factor-faktor apa saja yang mampu menjadi pemicu peningkatan nilai perusahaan. Maka dari itu, penelitian menjadikan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan variabel independen yang digunakan yakni Leverage, Growth, Institutional Ownership dan Working Capital Turnover. Subjek yang digunakan yakni perusahaan property and real estate yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 38 perusahaan. Penelitian ini menggunakan aplikasi pengolah data Eviews 9.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Leverage dan Institutional Ownership berdampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan Growth dan Working Capital Turnover berdampak positif namun kurang signifikan terhadap nilai perusahaan. 
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Sekretariat Magister Manajemen
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12819

Abstract

JMBK Vol 5 No 4 - Juli 2021
Pengaruh Proporsi Kepemilikan Saham Asing dan Proporsi Direktur dan Komisaris Asing terhadap Penghindaran Pajak di Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Gregorius Fx Erick Tofani Riberu
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12790

Abstract

The research aims to determine the impact of foreign investor’s interests on tax avoidance in Consumer Goods- Manufacturing Companies, in particular the food and beverage sector, listed in Indonesia Stock Exchange during the periods from 2011 to 2016. The interests of foreign investors are measured by two variable which are the percentage of ownership by foreign investors and the percentage of foreign directors and commisoners on the board directors. The methodology used in this research is sampling method, tested by multiple linear regression. Tax avoidance is measured by two approaches, i.e. Effective Tax Rate and Book Tax Different. This research concludes that the percentage of ownership by foreign investors and the percentage of foreign directors and commisoners on board directors show no significant effect to the corporate tax avoidance. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengaruh proporsi kepemilikan saham asing dan proporsi direktur dan komisaris asing terhadap penghindaran pajak di perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama peiode tahun 2011 sampai dengan 2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, diuji dengan metode regresi linier berganda. Pengujian dilakukan dengan dua pendekatan yaitu Effective Tax Rate dan Book Tax Different. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan ETR, proporsi kepemilikan saham asing tidak berpengaruh positif atas penghindaran pajak, namun proporsi direktur dan komisaris asing berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak meskipun tidak signifikan. Sedangkan dengan pendekatan BTD proporsi kepemilikan saham asing bepengaruh positif terhadap penghindaran pajak meskipun tidak signifikan, dan proporsi direktur dan komisaris asing tidak berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. 
Pengaruh Kepercayaan kepada Manajemen dan Job Insecurity terhadap Intensi Keluar Kerja Areli Oldo Faoso; Rostiana Rostiana
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12795

Abstract

Employees are a company’s asset which also represents a competitive advantage of a company. Employee turnover intention will be effect in higher cost and loss of competitive advantage, and also the loss time for training again for new employee. This research aims to find out the influence of trust management and job insecurity to turnover intention. Questioner are distributed to 80 employees from staff to manager, that already work minimum 1 years and turnover data is collected the period 2019-2020. The result show only that trust management has proven influence turn over intention, mean while the influence of job insecurity to turn over intention is not significant.It can be said that trust management needs to be calculated in making company policies. Karyawan merupakan aset perusahaan yang juga merupakan keunggulan kompetitif suatu perusahaan. Intensi keluar kerja karyawan akan berdampak pada biaya yang lebih tinggi dan hilangnya keunggulan kompetitif, serta hilangnya waktu pelatihan bagi karyawan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan kepada manajemen dan job insecurity terhadap intensi keluar kerja. Kuesioner dibagikan kepada 80 karyawan mulai dari staff hingga manager yang telah bekerja minimal 1 tahun dan dilakukan pengumpulan data intensi keluar kerja periode 2019-2020. Hasil penelitian hanya menunjukkan bahwa kepercayaan kepada manajemen terbukti mempengaruhi intensitas keluar kerja, sedangkan pengaruh job insecurity terhadap intensi keluar kerja tidak signifikan.Dapat dikatakan bahwa manajemen kepercayaan perlu diperhitungkan dalam pengambilan kebijakan perusahaan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pasien: Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Ivy Vania Ariany; Anas Lutfi
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12801

Abstract

The purpose of this paper is to explore the relationship of service quality and perceived value on patients’ satisfaction and loyalty which are vital for successful dental clinic management. A survey was conducted on 100 patients at a dental clinic in Brebes, Indonesia in September 9th – 16th, 2020. The data was collected using non-probability sampling and analized using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) software. The results of SPSS showed that service quality and perceived value had a positive and significant impact on patients’ satisfaction and loyalty, satisfaction had a positive and significant impact on patients’ loyalty, and further, patients’ satisfaction significantly mediates the relationship of service quality and perceived value on patients’ loyalty. Findings of the current study can contribute to give a broader perception of behavioural mechanisms management in both clinic and hospital world. Healthcare workers should pay more attention on creating positive patients’ perceived value to increase their loyalty.  Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini menggunakan survei yang dibagikan pada 100 pasien pada sebuah klinik gigi di Brebes dari tanggal 9 September hingga 16 September 2020. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dan dianalisa menggunakan software SPSS. Hasil SPSS menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan perceived value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien, kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien, serta kepuasan pasien memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap loyalitas pasien. Hasil penelitian ini dapat memberikan persepsi yang lebih luas mengenai manajemen klinik dan rumah sakit. Para tenaga kesehatan harus lebih berusaha menciptakan persepsi positif kepada pasien agar pasien tetap loyal. 
Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality dan Consumer Attitude terhadap Purchase Intention Produk Skin Care Telaah pada Konsumen Pria di Indonesia Kenny Kenny; Rezi Erdiansyah
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12806

Abstract

This research is proposed to find out whether there is relationship between brand awareness, perceived quality, and consumer attitude, with purchase intention in Nivea Men Crème Product with 4 hypotheses that will be tested using the Structural Equation Model. The sample in this study consisted of 162 respondents who were men in Indonesia who had used, seen, and knew the Nivea brand. The result of the analysis that using AMOS ver.25 proven that brand awareness, perceived quality and consumer attitude simultaneously have an influence on Nivea Men Crème purchase intentions in Indonesian’s men market.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat minat beli pria Indonesia terhadap produk Nivea Men Crème yang dipengaruhi oleh brand awareness, perceived quality dan consumer attitude. Model teoritis dalam penelitian ini disajikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 162 responden laki-laki di Indonesia yang pernah melihat, mengenal merek Nivea. Hasil analisis metode penelitian AMOS ver.25 (Paket Statistik Ilmu Sosial) membuktikan bahwa brand awareness, perceived quality dan consumer attitude secara simultan berpengaruh terhadap niat beli Nivea Men Crème di pasar pria Indonesia.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention Pengguna Mobile Banking BCA: Studi pada Gen Y Heryanto Heryanto; Miharni Tjokrosaputro
Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmbk.v5i4.12791

Abstract

Recently, the using of mobile banking facilities are increasingly in demand because it considered effective for customers. This research used BCA mobile banking users as respondents. The aim of this research is to determine factors that affects Behavioral Intention of BCA mobile banking users. Sampling from 138 respondents among generation Y by probability sampling method. The researcher collected data by distributing questionnaires to respondents and the data were analyzed by using software SPSS Statistics version 24. The results showed that Effort Expectancy, Performance Expectancy, Social Influence, Facilitating, Security, and Self Efficacy affected positively toward Behavioral Intention for BCA mobile banking users among generation Y. The study could contribute to BCA or other banks to analyze and improve their mobile banking services to increase mobile banking usage among generation Y. Akhir-akhir ini, fasilitas mobile banking semakin diminati karena penggunaannya dianggap efektif bagi pelanggan. Penelitian ini menggunakan nasabah BCA yang pengguna mobile banking sebagai responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor yang berpengaruh pada intensi perilaku pengguna mobile banking BCA. Pengambilan sampel dilakukan pada 138 responden di kalangan generasi Y dengan metode probability sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan data dianalisis menggunakan software SPSS Statistics version 24. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Effort Expectancy, Performance Expectancy, Social Influence, Facilitating, Security, dan Self Efficacy berpengaruh positif terhadap intensi perilaku pengguna mobile banking BCA di kalangan Gen Y. Hasil studi ini dapat membantu BCA ataupun industri perbankan untuk menganalisis dan meningkatkan layanan mobile banking untuk meningkatkan penggunaan mobile banking BCA dari generasi Y.

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 5 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 7 No 4 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 6 No 6 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 6 No 5 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 6 No 4 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 6, No 3 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 6 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 5 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 4 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 3 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 4, No 5 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 4, No 4 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 4, No 3 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 3, No 6 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Vol 3, No 4 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 3, No 3 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2, No 6 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2, No 5 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2, No 4 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2, No 3 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan More Issue