cover
Contact Name
Sabinus Beni
Contact Email
beni@shantibhuana.ac.id
Phone
+6285252389812
Journal Mail Official
beni@shantibhuana.ac.id
Editorial Address
Kampus STIM Shanti Bhuana, Jalan Bukit Karmel No.1 Bengkayang-Kalimantan Barat
Location
Kab. bengkayang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Business, Economics and Entrepreneurship
ISSN : 26846829     EISSN : 26569469     DOI : https://doi.org/10.16021/b.e.e..v1i1
Journal Business, Economics, and Entrepreneurship (BEE) (registration number/ISSN:2656-9469) peer-reviewed journal published twice a year in March and September by Entrepreneurship program of Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Shanti Bhuana. This journal publishes the conceptual and empirical article in entrepreneurship, business studies, and Small and Medium Enterprises (SMEs) development. BEE opens for researchers and academics who are interested in writing articles in the fields of entrepreneurship and business studies to be published
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship" : 7 Documents clear
DAMPAK PETI TERHADAP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Novera Gladis
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.170

Abstract

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang pada saat ini menjadi tantangan bagi setiap daerah untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat yang masih mengalami ketertinggalan. Hal ini tentu menjadi tugas yang harus dilaksanakan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup pada masa kini demi kesejahteraan masyarakat, tidak hanya itu pembangunan berkelanjutan juga harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan dan kelestarian lingkungannya supaya tetap terjaga sehingga dapat di nikmati oleh generasi-generasi yang akan datang dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada salah satunya adalah pertambangan (emas). Pertambangan yang dilakukan dengan Izin dari pemerintah tentunya tidak akan merusak lingkungan karena kegiatan pertambangan dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidahnya, tetapi pertambangan emas tanpa izin (illegal meaning) yang dilakukan secara besar-besaran dan tidak memenuhi standar operasional oleh masyarakat tentunya memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat dan juga lingkungannya yaitu dapat merusak lingkungan dan pencemarkan lingkungan, dengan demikian hal tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pembangunan berkelanjutan. Emas merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia. Kegiatan penambangan emas diharapkan dapat mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi yang dapat menjadi patokan untuk pembangunan berkelanjutan. Namun, Penambangan emas tanpa izin yang dilakukan secara besar-besaran dan tidak sesuai dengan standar operasional memberikan dampak buruk bagi masyarakat dan lingkungannya sehingga hal tersebut juga memberikan pengaruh yang besar terhadap pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan menjadi tantangan dan tugas setiap daerah yang harus dilaksanakan untuk memenuhi kesejahteraan masyarakatnya serta untuk generasi pada masa mendatang
UNDERGROUND ECONOMY DALAM SEBUAH PERSPEKTIF Kristianto, Aloysius Hari; Dedy; Fentura, Bona
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.171

Abstract

This article aims to describe the activities of underground economic actors. This article is a literature review of several empirical studies in Indonesia and the world in examining or resolving the impact of the existence of these economic activities. There are several terms used in each country from the underground economy, such as black economy, shadow economy and unofficial economy. Every country, both developed and developing countries, have experienced underground economic activity that continues to increase so that biased measurement often occurs, which is caused by indicators of underground economy that cannot be measured clearly and this economic activity can harm state revenues. The driving force of the underground economy is an increase in the tax burden (directly or indirectly), combined with labor market regulations and the quality of public goods and services, as well as properly measured economic conditions. The need for systematic oversight to reduce the number of corruption by providing convenience to the community through the E-Government program as a direction for the creation of Good Governance..
STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK LINE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN Lenti, Marsela; Beni, Sabinus; Sadewo, Yosua Damas; Usman
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.190

Abstract

Perkembangan perekonomian di Indonesia yang cukup pesat saat ini menuntut setiap pelaku usaha untuk mampu bersaing terhadap kompetitor, ditambah lagi dengan banyaknya variasi barang yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi diferensiasi produk LINE dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Berdasarkan hasil kuesinoner ditemukan bahwa rempeyek LINE menggunakan strategi diferensiasi dalam menarik minat konsumen. Strategi diferensiasi yang digunakan yaitu: keistimewaan (rasa), kualitas kesesuaian (harga), daya tahan (kualitas), dan rancangan/desain (kemasan). Sehingga dari strategi diferensiasi yang digunakan oleh rempeyek LINE dapat manarik minat konsumen dalam membeli produk. Selain itu minat beli dapat diindetifikasi melalui minat transaksional yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli produk dan minat referensial yaitu kecenderungan seseorang mereferensikan produk kepada orang lain. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi diferensiasi yang digunakan oleh rempeyek LINE dapat menarik minat beli konsumen karena adanya keistimewaan (rasa), kualitas kesesuaian (harga), daya tahan (kualitas), dan rancangan/desain (kemasan).
STRATEGI PEMASARAN SAYUR ORGANIK FRYSIA MELALUI ANALISIS 4P DAN STP Sapas, Patrisia; Vuspitasari, Benedhikta Kikky; Sadewo, Yosua Damas; Br Siahaan, Shanti Veronica
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran 4P (Product, Price, Place (Packaging), Promotion) produk sayur organik FRYSIA berdasarkan analisis SWOT, dan untuk mengetahui STP (segmenting, targeting, positioning) produk sayur organik FRYSIA. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dengan jumlah narasumber sebelas orang. Teknik analisis didalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran usaha sayur organik FRYSIA berada pada posisi growth yang berarti bahwa strategi yang sudah digunakan berkembang namun perlu memperhatikan indikator harga karena indikator harga yang membuat volume penjualan menurun. Segmenting sayur organik FRYSIA berdasarkan pendapatan dan gaya hidup dan targeting dari sayur organik FRYSIA adalah masyarakat menegah ke atas yaitu Pegawai Sipil. Karena peluang usaha masih banyak dan masih minim pesaing yang yang membuka usaha di bidang pertanian sayur organik. Positioning usaha sayur organik FRYSIA dengan memperhatikan kualitas produk dan menjadikan kualitas sebagai keunggulan bagi usaha syaur organik FRYSIA yang akan di tonjolkan kepada konsumen
ANALISIS PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN SISTEM DROPSHIPPING TERHADAP KEPERCAYAAN, MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Paransa, Stanley; Sadewo, Yosua Damas
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.192

Abstract

Dengan berkembang pesatnya e-commerce di Indonesia berdampak pada potensi peningkatan ekonomi di Indonesia, salah satunya e-commerce yang menggunakan sistem dropshipping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan e-commerce dengan sistem dropshipping terhadap kepercayaan, minat dan keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang pernah melakukan transaksi pembelian khususnya di TENY ONLINEshop yang menggunakan sistem dropshipping. Tehnik analisa data menggunakan analisa regresi linear sederhana. Dari hasil analisa data yang didapat, telah menjawab hipotesis bahwa adanya pengaruh penerapan e-commerce yang berbasis dropshipping terhadap kepercayaan konsumen sebesaar 14,1%, minat konsumen sebesar 18%, dan untuk keputusan pembelian sebesar 24,8%.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P(PRODUCT, PACKING, PRICE, DAN PROMOTION) TER HADAP KEPUASAN KONSUMEN FRYSIA Pangkarego, Ferdynandus Ralph; Usman
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.195

Abstract

Pemasaran dalam penjualan produk menjadi hal yang sangat menarik untuk mempertahankan sebuah kualitas barang yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara strategi pemasaran 4P (Product, Packaging, Price, and Promotion) terhadap kepuasan konsumen. Adapun teknik pengumpulan sumber data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara diperoleh dari 7 informan yang menjadi konsumen atau pelanggan produk sayur organik FRYSIA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh dari sumber data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran usaha sayur organik FRYSIA memiliki keterkaitan terhadap kepuasan konsumen.
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA KEMITRAAN Gi-Va FASHION DI PERUMAHAN KELAPA SAWIT WIRATA Fernanda, Anggela; Br Siahaan, Shanti Veronica
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 2 No 2 (2020): Business, Economics and Entrepreneurship
Publisher : PRPM (Pusat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat) Institut Shanti Bhuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.16021/b.e.e..v2i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi bauran pemasaran usaha kemitraan Gi-Va Fashion, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli pakaian stok lama dan mengetahui cara meningkatkan penjualan pakaian di perumahan kelapa sawit Wirata. Penelitian ini dilakukan di perumahan Kelapa Sawit Wirata Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pakaian stok lama usaha kemitraan Gi-Va Fashion di PKS Wirata adalah usaha pemasaran Gi-Va Fashion, faktor pribadi dan faktor psikologis. Adapun hasil dari keputusan pembelian konsumen yaitu harga murah, pembayaran cicilan, diskon, pakaian untuk anggota keluarga, bahan pakaian nyaman dipakai, pelayanan yang baik dan solidaritas. Strategi pemasaran 4P yang baru akan dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan adalah beragam jenis pakaian, beragam ukuran pakaian, sistem pembayaran cicilan, harga murah, potongan harga, lokasi terjangkau, design tempat, periklanan media sosial dan banner, personal selling, tenaga penjualan agen tambahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7