cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia" : 24 Documents clear
Pengaruh Earning Per Share Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Intervening Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017 Hartanti, Wenti; Hermuningsih, Sri; Mumpuni, Diah Lestari
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.294 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Pengembalian Saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening di perusahaan Properti & Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Sifat penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan adalah dalam bentuk angka dalam analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah  semua perusahaan properti & real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel diperoleh oleh sejumlah 8 perusahaan properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) EPS memiliki pengaruh positif signifikan terhadap DPR, hal ini ditunjukkan oleh nilai 5,084 dan probabilitas 0,000. (2) DER tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap DPR, ini ditunjukkan dengan nilai -1,101 dan probabilitas 0,278. (3) DPR berpengaruh positif signifikan terhadap Pengembalian Saham, hal ini ditunjukkan dengan nilai 3,174 dan probabilitas 0,003. (4) EPS memiliki efek positif yang signifikan terhadap Pengembalian Saham, ini ditunjukkan oleh nilai 4,043 dan probabilitas 0,000. (5) Efek negatif DER tidak signifikan, ini ditunjukkan oleh nilai 0,946 dan probabilitas 0,350. (6) DPR memoderasi variabel EPS terhadap pengembalian saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total lebih besar dari nilai efek langsung (0,855> 0,551). (7) DPR tidak memoderasi variabel DER terhadap return saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total yang lebih kecil dari nilai efek langsung (0,062 <0,129).
Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Kopi ABC Di Desa Pancoran Bondowoso) Nilawati, Wardha
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.87 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2373

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan brand image terhadap minat beli ulang konsumenKopi ABC di Desa Pancoran-Bondowoso.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei.Dengan jumlah sampel 95 responden.Hasil Penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Word of Mouthberpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen dan brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen. Secara simultan brand imagedan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen Sedangkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini adalah 58,9%..
Perlakuan Produk Rusak Terhadap Harga Pokok Produksi Arinda, Rifka
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.73 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2370

Abstract

Perubahan lingkungan dunia usaha yang sangat cepat dan adanya dorongan era globalisasi perusahaan besar maupun kecil selalu berusaha meningkatkan mutu produk. Pentingnya mutu produk dalam persaingan, maka perusahaan harus memusatkan program peningkatan mutu terutama pada proses produksi yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan produk yang sempurna, kemungkinan juga akan menghasilkan produk rusak.  Produk rusak dapat terjadi karena banyak faktor salah satu faktor yang menyebabkan produk rusak adalah kelalaian dan ketidak hati hatiannya manusia dalam proses produksi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan UD. MULYA ABADI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi terhadap produk rusak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian bagian biaya produksi tahun 2018. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan dan meneliti catatan-catatan atau dokumen-dokumen yang diperlukan dan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan dalam peneltian. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu perusahaan tidak membedakan antara produk rusak normal dan tidak normal demikian pula pada perlakuan akuntansinya produk normal dan tidak normal sama-sama menambah harga pokok produksi selesai. Oleh karena itu, dari perhitungan akan diperoleh hasil yang berbeda antara produk rusak tidak normal apabila dibebankan kepada produk selesai dan dibebankan sebagai kerugian.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso Atmanegara, Stivani Yanti; Cahyono, Dwi; Qomariah, Nurul; Sanosra, Abadi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.601 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan  Hotel Ijen View Bondowoso. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan hotel Ijen View Bondowoso. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data yang diperoleh dapat akurat sesuai dengan perhitungan statistik. Analisis data diolah dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan koefisien pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen  sebesar 0,42 dengan nilai p < 0,01. Koefisien pengaruh variabel citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen  adalah 0,08 dengan nilai p 0,20. Koefisien pengaruh variabel lokasi terhadap kepuasan konsumen adalah 0,26 dengan nilai p< 0,01.
Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember Hakim, Muhammad Luqman; Cahyono, Dwi; Herlambang, Toni
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.929 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 8.732 pasien dengan jumlah sampel sebanyak 93 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (18,461) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dan nilai sig 0,000 < alpha 0,05. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (4,046) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dengan nilai sig 0,000 < alpha 0,05. (3) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (3,747) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dengan nilai sig 0,000 < alpha 0,05.
Pengaruh Harapan Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hidayatullah Elmas, Muhammad Syarif; Priantono, Seger; Hermawan, Dedi Joko; J, Junaidi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.666 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2371

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari harapan dan persepsi kualitas pelayanan ke pelanggan kepuasan pemberi layanan dalam kampus. Penduduk dari hasil penelitian tersebut adalah pelanggan yang pernah memanfaatkan jasa penyedia layanan dalam kampus. Teknik pengambilan sampel yang telah dilakukan dengan menggunakan sampel disengaja dengan sampel responden adalah 45 .Teknik analisis data telah dilakukan dengan menggunakan beberapa linier regresi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat harapan dan persepsi kualitas pelayanan telah positif dan pengaruh yang signifikan untuk kepuasan pelanggan .Hasil menunjukkan bahwa ketika harapan dan persepsi kualitas pelayanan pemberi layanan dalam kampus siapa saja yang memanfaatkan jasa menjadi lebih baik , itu akan menambah kepuasan pelanggan.
Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Masrin, Indra; Yanto, Rindi Putra
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.88 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2376

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, promosi menggunakan media elektronik dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hesteroskedastisitas, analisis tingkat capaian responden, uji linier regresi berganda dan pengujian hipotesisi. Hasil penelitian pada mahasiswa kampus 1 UMSB Padang menunjukkan harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo. Sedangkan promosi melalui media elektronik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo. Namun harga, promosi melalui media elektronik dan citra produk Secara bersama-sama berpengaruh signifikan atau bernilai positif terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo.
Meningkatakan Kesejahteraan Ekonomi Rakyat Melalui Pariwisata Di Wilayah Kabupaten Banyuwangi ?Aini, Winda Hurotul
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.466 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya pariwisata di Banyuwangi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dukungan pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan salah satunya dilakukan dengan mengembangkan pariwisata. Pariwisata diyakini akan mampu untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan dengan mendiskripsikan kejadian yang terjadi pada saat penelitian dilakukan. Kejadian yang didiskripsikan meliputi perkembangan atau dampak adanya wisata yang dilihat dari data ekonomi daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan wisata berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Perkembangan wisata ini juga membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlangsungan tempat wisata. Untuk itu diperlukan adanya timbal balik antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah selaku pengatur kebijakan dan masyarakat sebagai pelaku harus saling mendukung untuk mewujudkan keberlanjutan tempat wisata yang dibuka. Dengan adanya sinergi, keterkaitan dan kesinambungan antara pemerintah dan masyarakat terkait pengelolaan tempat wisata, diharapkan akan diikuti dengan peningkatan ekonomi masyarakat disekitar tempat wisata.
Tinjauan Market Efficiency in the Islamic Capital Market Najiyah, Faridatun; Bastomi, M. Fahri
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.546 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2372

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk efesiensi pasar modal secara islami, dalam penelitian ini juga dijelaskan bentuk-bentuk pasar efisiensi.  Di Indonesia, indeks saham syariah tercatat pada Jakarta Islamic Index (JII). Saham syariah sendiri adalah saham-saham perusahaan yang sesuai dengan prinsip syariah. Daftar saham syariah secara keseluruhan terdapat dalam Daftar Efek Syariah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini membahas bentuk efesiensi pasar pada indeks saham syariah yang tercatat di Jakarta Islamic Indeks.
Model Potensi Pasar Untuk Pangan Islami Hermawan, Haris
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.377 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2377

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi lebih banyak sebagai sebagian bahan kajian dan melalui blended metode kualitatif dan kuantitatif analisis terhadap customer segmen, value proposition, dan channels terhadap keputusan pembelian pada industri roti di Kabupaten Jember. Pemanfaatan platform teknologi digital pada industry roti manis sebagai media komunikasi pemasaran yang diharapkan hasil penelitian ini memberikan informasi kualitas keputusan pembelian secara modern melalui wanita, netizen.dan multi channels yang dipengaruhi secara signifikan oleh customer segmen, value proposition, danchannels. Terdapat 60 responden dan informan sebagai sumber data yang menjadi pelanggan dari industri roti di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Page 1 of 3 | Total Record : 24