cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Gle Gapui-Sigli, Kabupaten Pidie
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora Sigli
ISSN : 26153688     EISSN : 27160270     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan dua nomor dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020" : 16 Documents clear
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN RUMAH BANTUAN TSUNAMI GAMPOENG PASI RAWA BERBASIS WEB Cut Mutia; Nur Fadillah
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.311

Abstract

Ketersediaan informasi yang sangat terbatas mengenai informasi perumahan tsunami menyebabkan masyarakat cenderung tidak memiliki informasi yang akurat dan relavan sehingga tidak mengetahui lokasi daerah mana yang memiliki perumahan tsunami. Tujuan penelitian menghasilkan sistem informasi geografis berbasis webgis mengenai informasi perumahan tsunami di gampoeng pasi rawa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data lokasi dan perumahan dan basisdatanya dibangun menggunakan MySQL, adapun software yang digunakan untuk mengolah peta yaitu Quantum Gis (QGIS). Terkait lokasi rumah bantuan tsunami, latitude dan longtitude diperoleh diperoleh dengan menggunakan GPS sehingga lokasinya akurat. Hasil penelitian memberikan informasi penerima rumah bantuan tsunami di Gampoeng Pasi Rawa serta lokasi perumahan tsunami
PERANAN BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PEMBIAYAAN PADA PT BPRS RAHMANIA DANA SEJAHTERA BIREUEN DI KABUPATEN BIREUEN Nurjannah Nurjannah
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pemasaran yang meliputi Periklanan (Advertising) Periklanan adalah semua bentuk penyajian nonpersonal, promosi ide-ide, promosi barang atau jasa yang dilakukan oleh sponsor yang dibayar, Promosi Penjualan (Sales Promotion) Promosi penjualan adalah variasi insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatup roduk atau jasa, Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity), Hubungan Masyarakat adalah suatu usaha (variasi) dari rancangan  program guna memperbaiki, mempertahankan, atau melindungi perusahaan atau citra produk, Penjualan Persoanal (Personal Selling), Penjualan pribadi atau tatap muka adalah penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan. Pemasaran Langsung (Direct Marketing) komunikasi secara langsung yang digunakan dari mail, telepon, fax, e-mail, atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen secara jelas.Sampel pada penelitian ini adalah data yang di peroleh pihak manajemen dan nasabah yang menggunakan produk pembiayaan di PT BPRS Rahmania Dana Sejahtera, dalam bentuk wawancara dan analisa data yang dimiliki oleh perusahaan.Kata kunci: Bauran Promosi, Peningkatan Volume Pembiayaan
PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH Teuku Irwani
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada SMA Negeri 6 Banda Aceh. Adapun jenis penelitian yang digunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 41 siswa, dan yang menjadi sampel seluruh populasi yaitu yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian uji-t pada taraf signifikan 0,05.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan belajar yang signifikan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linear sederhana Y= 46,721 + 0,344 Kedisiplinan Belajar. Dari hasil statistik menunjukkan bahwa secara parsial kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar yang mana dapat diperoleh hasil uji t yaitu thitung = 7,104 > ttabel 2,023.Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar Siswa
PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR LEMBAGA PEMBIAYAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018 Nazariah Nazariah; Maisur Maisur
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.300

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan jasa sub sektor lembaga pembiayaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2015-2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Pada pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Sampel penelitian sebanyak 10 perusahaan. Hasil penelitian bahwa debt ratio (DR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA), sedangkan debt to asset ratio berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).
KETERWAKILAN PEREMPUAN DALAM PARTAI POLITIK PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH Benni Erick; Masyitah Masyitah
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.312

Abstract

Peran perempuan Indonesia saat ini dapat digambarkan sebagai manusia yang hidup dalam situasi dramatis. Disatu sisi perempuan Indonesia dituntut untuk berperan dalam semua sektor, disisi lain muncul tuntutan agar perempuan Indonesia tidak melupakan kodrat sebagai perempuan. Situasi dilematis yang dihadapi oleh para perempuan, dialami oleh perempuan Indonesia yang berkarir. Perempuan karir merasa terpanggil untuk mendarmabaktikan bakat dan keahlian bagi perkembangan bangsa dan negara. Disamping itu, perempuan sering di hantui oleh opini yang ada dalam masyarakat bahwa perempuan harus mengabdi pada keluarga.  Dalam pandangan siyasah syar’iyyah tentang keterwakilan perempuan dalam partai politik dilihat dari kedudukan perempuan fiqh siyasah merupakan agenda tersendiri dan penting untuk dilihat. Persoalannya tidak sekedar mempertanyakan kembali boleh dan tidaknya perempuan menjadi imam (pemimpin), tetapi bagaimana konsepsi fiqh dalam memandang peran politik perempuan secara umum. Secara garis besar, dalam membicarakan keberadaan hak-hak kaum perempuan dalam berpolitik terdapat pendapat liberal-progresif yang membolehkan perempuan berpolitik dan secara konstektual dapat disimpulkan bahwa kaum perempuan juga berhak menjadi pemimpin sebagaimana kaum laki-laki.  Kebijakan pemerintah tentang kuota perempuan dalam legislatif dilihat dari keterlibatan peran perempuan dalam ranah politik dan pemerintahan merupakan suatu anugerah bagi keberlanjutan suatu negara. Maka dapat dipastikan bahwasannya perempuan memiliki andil yang sanagt luar biasa dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara.
PENGARUH SISTEM REKRUTMEN DAN PERILAKU ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA PALANG MERAH INDONESIA (PMI) SIGLI KABUPATEN PIDIE Syamsul Akmal; Siska Hariyanti
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Rekrutmen dan Perilaku Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi pada Palang Merah Indonesia (PMI) Sigli Kabupaten Pidie. Variabel independen yaitu Sistem Rekrutmen (X1), Perilaku Organisasi (X2) dan Kinerja Organisasi (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Sigli Kabupaten Pidie. Sampel diambil sebanyak 32 orang sampel dengan menggunakan rumus slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari keempat variabel yang diteliti, ternyata variabel Sistem Rekrutmen (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 0.470 % terhadap Kinerja Organisasi pada Palang Merah Indonesia (PMI) Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Sistem Rekrutmen (X1), Perilaku Organisasi (X2) terhadap Kinerja Organisasi pada Palang Merah Indonesia (PMI) Sigli Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 0,929 % Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel Sistem Rekrutmen (X1), Perilaku Organisasi (X2) sebesar 0,864 %, ini berarti keempat variabel berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Organisasi pada Palang Merah Indonesia (PMI) Sigli Kabupaten Pidie, dan sebesar 13,6 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: Sistem Rekrutmen, Perilaku Organisasi dan Kinerja Organisasi
PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARPHONE ANDROID REALME PADA RIZKY PONSEL DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA Cut Maitriani; Aksarul Nizar
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan  dan citra merek (Brand Image) terhadap keputusan pembelian Smartphone Android Realme pada Toko Rizky Ponsel di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Sampel dalam penelitian ini 100 orang responden, data dikumpulkan dengan pengajuan kuesioner, analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda.Hasil penelitian diperolah  persamaan regresi sebagai berikut: Y  =   2.776   +  0.686X1 + 0.729X2. Koefisien korelasi  (R) sebesar 75,8% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor iklan (X1), dan faktor citra merek (brand image)  (X2),  dengan  keputusan pembelian  (Y). Semakin  tingginya  nilai yang diperoleh maka semakin erat pula hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, artinya semakin erat pula hubungan antara iklan dan citra merek (brand image) memiliki hubungan yang erat dengan keputusan pembelian  sebesar 75,8%. Untuk nilai koefisien diterminasi adalah  sebesar  62,5% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara variabel iklan dan citra merek (brand image) dengan keputusan pembelian.  Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin baiknya dilaksanakan dan ditingkatkan iklan  dan baiknya dilakukan citra merek (brand image) maka semakin berpengaruhnya terhadap keputusan pembelian.  Pengaruh iklan dan citra merek (brand image)   sebesar 62,5% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keputusan pembelian,  sedangkan selebihnya 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini. Uji T diperoleh nilai T-hitung T-tabel. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel iklan dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian, dengan demikian menerima  hipotesis Ha dan menolak Ho, karena diperoleh T-hitung lebih besar dari T-tabel. Uji F diperoleh F-hitung sebesar 40.608 dan  F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 2.31 (tabel F). Berdasarkan hasil uji F tersebut maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari   F-tabel.  Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho. Artinya ada pengaruh iklan dan citra merek (brand image)  berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Iklan, Citra Merek (Brand Image) dan Keputusan Pembelian
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LOMPAT TINGGI BERBENTUK PERMAINAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS DI SMA NEREGERI 16 KOTA BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Indah Lestari; Jafaruddin Jafaruddin
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.302

Abstract

Kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran akan menurunkan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar oleh karena itu diperlukan suatu tindakan yang mampu melibatkan partisipasi siswa dan sekaligus dapat digunakan untuk mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran yang direncanakan. dengan demikian guru harus aktif dalam menciptakan suasana agar siswa lebih aktif menanggapi proses pembelajaran melalu model pembelajaran yang di buat oleh guru pendidikan jasmani tersebut baik dengan model modifikasi pembelajran.rumusan masalah dalam penelitian ini adalahMembuat dan mengembangkan modelpembelajaranatletik nomor lompat tinggi yang berbentuk permainan yang di modifikasi untuk siswa sekolah menegah atas di SMA Negeri 16 Kota Banda Aceh tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hal tersebut, maka pengembangan modelpembelajaranatletik nomor lompat tinggi yang berbentuk permainan untuk siswa sekolah menegah atas di SMA Negeri 16 Kota Banda Aceh disajikan dalam bentuk model pengembangan demonstrasi, visualisasi dan simulasi sosial pada siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modelpembelajaranatletik nomor lompat tinggi yang berbentuk permainan untuk siswa sekolah menegah atas di SMA Negeri 16 Kota Banda Aceh tahun pelajaran 2019/2020.Model Pembelajaran lompat kotak termasuk dalam model  pertama dalam pengembangan model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi dalam bentuk permaianan dengan korelasi antar variabel bersih dengan model ketiga terletak pada rentanng 0.371.Model Pembelajaran lompat tali termasuk dalam model  ke dua dalam pengembangan model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi dalam bentuk permaianan dengan korelasi antar variabel bersih dengan model ketiga terletak pada rentanng 0.405Model Pembelajaran lompat gawang termasuk dalam model  ke tiga dalam pengembangan model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi dalam bentuk permaianan dengan korelasi antar variabel bersih dengan model ketiga terletak pada rentanng 0.205. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Lompat Tinggi, Permainan
TOLAK UKUR PERBANDINGAN NEGARA INDONESIA 4.0 (FOUR POINT ZERO) DENGAN NEGARA 5.0 (FIVE POINT ZERO) Ida Rahma
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.313

Abstract

Dampak revolusi industri 4.0 dan society 5.0 membuka peluang baru bagi Indonesia. Revolusi industri 4.0 justru memberikan peluang bagi Indonesia untuk berinovasi. Revolusi yang berfokus pada pengembangan ekonomi digital dipandang bermanfaat bagi Indonesia. Perkembangan ekonomi digital adalah pasar dan talenta, dan Indonesia memiliki keduanya. Indonesia berkomitmen mengembangkan industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan industri 4.0, hal ini ditandai dengan diluncurkannya Making Indonesia 4.0 sebagai peta jalan dan strategi Indonesia memasuki era digital yang sedang berlangsung. Penyusunan road map ini telah melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari instansi pemerintah, pelaku usaha, asosiasi industri, penyedia teknologi, serta lembaga penelitian dan pendidikan. Melalui komitmen dan partisipasi aktif dari semua pihak tersebut, dapat dipastikan implementasi Industri 4.0 di Indonesia akan berhasil dan tepat sasaran. Fokus yang datang dari society 5.0 menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk mempercepat transformasi masyarakatnya. Bagi Indonesia ini bukan soal berdiri di atas dua kaki, Revolusi Industri 4.0 dan society 5.0., sebaliknya kedua momentum ini harus digabungkan menjadi cetak biru nasional.
ANALISIS FUNGSI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN GAMPONG (DPMG) DALAM PENINGKATAN KINERJA APARATUR PEMERINTAHAN GAMPONG Zukri Zukri; Mustakim Sagita
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v3i2.295

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong dalam upaya peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Gampong/ Desa. (2). Untuk mengetahui  dan  menganalisis  faktor  penghambat  yang  di  hadapi  dalam  peningkatan  kinerja Aparatur Pemerintah Gampong.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data penyusun menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah pegawai dilingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Pidie. Dalam upaya peningkatan kinerja aparatur pemerintah Gampong DPMG membuat dan melaksanakan beberapa program diantaranya pemberian informasi yakni dengan Pelatihan Gratis dan sebagainya yang berkaitan dengan informasi Pemerintah Gampong, diadakanya pelatihan – pelatihan diantaranya pelatihan Keuchik (Kepala Desa), administrasi Gampong, perangkat Gampong, tata naskah, pembuatan perdes dan lain – lain, setelah berakhirnya pelatihan dilakukan pengawasan dan evaluasi guna melihat sejauh mana perkembangan dan kekurangan, sebagai mediator DPMG juga sebagai wadah pelaksanaan upaya peningkatan kinerja Aparatur Pemerintah Gampong tersebut, serta melengkapi fasilitas pendukung dalam upaya peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Gampong selain dalam melakukan atau mengadakan pelatihan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal harus dibantu dengan fasilitas – fasilitas pendukung yakni diantaranya perlengkapan sarana kerja, tunjangan – tunjangan dan sebagainya yang bertujuan memotivasi pemerintah Gampong dalam bekerja.Kata Kunci: Analisis Fungsi, Peningkatan, Kinerja, Aparatur

Page 1 of 2 | Total Record : 16