cover
Contact Name
Hendratno
Contact Email
hendratno@unesa.ac.id
Phone
+6282234206376
Journal Mail Official
S2pendidikandasar@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung CPD Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
ISSN : -     EISSN : 24608475     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jrpd
Core Subject : Education,
The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017" : 10 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN KONSENTRASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V Apriza Apriza
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p463-473

Abstract

ABSTRACTThis Research aim to find out the significancy effect of cooperative learning type TGT with concentration game media to activity an learning result.The subjects of the research is grade five student of SDN 17 Gedong Tatan and SDN 15 Way Lima. The research is using quasy experiment methode. Desingned with non equivalent control group. The exsperiment class using cooperative learning model type TGT with concentration game media. While the control group using conventional learning models. The data in this research achieved by giving the pretest and postest in experiment and control class.The result of the research shows that mean value of activity at the postest of experiment class is 76,06 and at the control class 64,42.  This result shows different 11,65 . The mean value of learning result test on the posttest at the experiment class shows at 85,91 while the control class shows 71,19. This result shows different 14,72. The result of the research test using independent sample t test using the SPSS 21 for windows programe shows there are significant activity and learning result in experiment class to the control class. Based on that the hypotesis is proven that cooperative learning model type TGT with concentration game media have an effect to activity and learning result of garde Five student on social science. Keywords: Cooperative Learning, Team Games Tournmaent, Concentration Game, Activity, Learning result. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan media permainan konsentrasi terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 17 Gedong Tataan dan SDN 15 Way Lima. Penelitian  ini merupakan  penelitian  eksperimen  semu  (quasy  eksperiment)  dengan  rancangan  penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan media permainan konsentrasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data  penelitian  diperoleh  melalui  pretest  dan  postttest  pada  kelas  eksperimen  maupun  kelas  kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui rata-rata nilai posttest aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,06 dan nilai kelas kontrol sebesar 64,42. Sehingga, selisih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 11,65. Adapun hasil penelitian tes hasil belajar menunjukkan bahwa diketahui rata-rata nilai posttest tes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,91 dan perolehan nilai kelas kontrol sebesar 71,19. Sehingga, selisih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 14,72. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji independent t test berbantuan program SPSS 21 for windows menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis terbukti bahwa pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan media permainan konsentrasi berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Kata Kunci: Pembelajaran Model Kooperatif, Team Games Tournmaent, Permainan Konsentrasi, Aktivitas, Hasil Belajar.
PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT SEBAGAI FUNGSI PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD Nugroho Nugroho
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p474-480

Abstract

ABSTRACTThe objective of this research is to analyze the development results of a valid, reliable, and practical assessment tools in Authentic Assessment as a Function of Formative Assessment In social studies lesson of fourth grade elementary school student. This research is a development research. The development model used in this study is 4D, namely: Define, Design, Develop and Disseminate which refers Thiagarajan development model (1974). The subjects of this research is students of class IV SDN 2 Wonoyoso and SDN Pandanlor Kebumen regency, Central Java. The Product of Authentic Assessment are Scenario Learning, Learning tasks, Instrument of Rating Attitudes, Knowledge, and Skills. The results of this study indicate that the product is the development of Authentic Assessment as a function of formative assessment has (1) validity, (2) reliability, and (3) good practicality when used in social studies lesson in fourth grade elementary school student Semester II, with the theme my environment. Keywords: Authentic Assessment, Formative Assessment, Social Study. ABSTRAKTujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pengembangan Authentic Assessment Sebagai Fungsi Penilaian Formatif Pada Pembelajaran IPS di kelas IV SD yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D, yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate yang merujuk pada model pengembangan Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Wonoyoso dan SDN Pandanlor Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Produk Authentic Assessment yang dihasilkan meliputi Skenario Pembelajaran, Tugas-tugas Pembelajaran, Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk berupa pengembangan Authentic Assessment sebagai fungsi penilaian formatif memiliki (1) validitas, (2) reliabiliitas, dan (3) kepraktisan yang baik apabila digunakan pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Semester II, dengan tema Lingkunganku. Kata Kunci: Hasil belajar, IPS, komik, media pembelajaran, pengembangan.
PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN GO BACK THROUGH THE DOOR (GOBAK SODOR) DAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MI NURUL JANNAH SAWARAN LOR Eka Harianti
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p481-490

Abstract

ABSTRACTThis research is aimed to improve students understanding in integer arithmetic operations by using œGo Back Through The Door game (gobak sodor) and problem posing in teaching learning process. The participation of this research was 4thgrade students in MI Nurul Jannah Sawaran Lor. This research was conducted in two cycles, cycle 1 and cycle 2. Each cycle consisted of two meetings which the students activity are around œGo Back Through The Door game is students active participation which the cycle 1 showed the amount of 2,95 and was regarded as good category while the cycle 2 showed very good category in the amount of 3,65; the best score of students skill in problem posing especially presenting the problem based on the example given was 2,55 in cyle 1 which indicated good category and 3,75 in cycle 2 which indicate very good category; the biggest score of students comprehending in explaining the solution of the problem given by another students are 2,55 in cycle 1 and 3,5 in cycle 2 that sequentially indicated good and very good category; the test results of students' diagnostic test of cycle 1 is 52,8125 while testing the ability of the cycle 1 is 67,8375 and the cycle 2 is 88,4375; 15% of the students admitted that they did not completely comprehend and 10% of them did not comprehend at all, while in cycle 2 almost 80% of the students comprehended the lesson completely. The difficulties found in teaching learning process by using œGo Back Through The Door game and problem posing are the availability of the teacher, the width of school yard and the fluency of students language. Based on the data analysis, it can be conclued that teaching integer arithmetic operation through œGo Back Through The Door game and problem posing is effectively increase 4thgrade students understanding especially in MI Nurul Jannah Sawaran Lor, but it needs some adaption based on the school condition. Keywords: Learning, Go Back Through the Door Game, Problem Posing, Understanding. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan pembelajaran menggunakan permainan go back through the door (gobak sodor) dan problem posing pada siswa kelas IV MI Nurul Jannah Sawaran Lor. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dimana kegiatan siswa seputar permainan go back through the door (gobak sodor) dan problem posing. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: frekwensi kegiatan siswa pada permainan go back through the door yang menonjol adalah keaktifan pemain, pada siklus I sebesar 2,95 kategori baik dan siklus II sebesar 3,65 kategori sangat baik; skor keterampilan siswa dalam problem posing yang paling menonjol pada menyajikan masalah dari contoh yang diberikan guru, skor siklus I sebesar 2,55 kategori baik dan siklus II sebesar 3,75 kategori sangat baik; skor pemahaman siswa yang paling menonjol pada menjelaskan penyelesaian masalah yang diberikan oleh teman sebaya pada siklus I sebesar 2,55 kategori baik dan siklus II 3,5 kategori sangat baik; pada tes hasil belajar siswa tes diagnosa siklus I sebesar 52,8125 sementara tes kemampuan siklus I sebesar 67,8375 dan siklus II sebesar 88,4375; tanggapan siswa pada siklus I ada 15% siswa kurang paham dan 10% siswa tidak paham, pada siklus II tidak ada siswa yang kurang paham 80% siswa sangat paham. Kendala yang ditemukan pada saat pembelajaran menggunakan permainan go back through the door (gobak sodor) dan problem posing pada ketersediaan guru, halaman sekolah yang luas, dan kefasihan berbahasa siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung bilangan bulat melalui permainan go back through the door (gobak sodor) dan problem posing efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Nurul Jannah Sawaran Lor, namun masih memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan Go Back Through the Door (Gobak Sodor), Problem Posing,    Pemahaman, Tanggapan siswa.
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PERANAN INDONESIA PADA ERA GLOBAL SISWA KELAS VI SDN 2 TEGALPINGEN PURBALINGGA Anggit Purwanto
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p491-498

Abstract

ABSTRACTThis research aims to improve social skills and learning outcomes of social studies by using cooperative learning STAD models in six grade students of SDN 2 Tegalpingen Purblingga. This research is Classroom Action Research that uses the model of Kemmis and Taggart. The Techniques of Collecting data used observation and test. The result of the research indicated an improvement of social skills and student learning outcomes. It can be proved from the observation and analysis of data in each cycles. Improved social skills of students can be seen from the percentage increase social skills in the first cycle is 60% become 80% in the second cycle. Improved student learning outcomes can be seen from the increasing learning outcomes completeness in the first cycle is 60% become 85% in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the application of cooperative learning STAD in social studies material role of Indonesia in the global era could improve the social skills and learning outcomes six grade students SDN 2 Tegalpingen Purbalingga.. Keywords: STAD cooperative model, social skills, learning outcomes. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tegalpingen Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatkan ketermpilan sosial dan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil observasi dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan keterampilan sosial siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase keterampilan sosial pada siklus I sebesar 60% menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 60% menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning STAD dalam pembelajaran IPS pokok bahasan peranan Indonesia pada era global dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Tegalpingen Purbalingga. Kata Kunci: model kooperatif STAD, keterampilan sosial, hasil belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA POHON PINTAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Nurun Nisa'ul Lil Muttaqin
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p499-507

Abstract

ABSTRACTThis experiments are based on an elementary schools student who has difficult in writing a poem, low in a poem, has difficult to creat and an imagination, less to understand between write a poem and description it. Because that, it needs some ways to develop in writing an poem by the student. Someone of them with arrange the learning media that can be make interest for the student to understanding the lesson and to applying a writing poem. This experiment pupose is for making a description development of smart tree (pohon pintar) media by multimeddia bassis in a learning CIRC for growing the writing poem skill for the fifth grade elementary school student. The quality of smart tree media product and how it use in the class. This developing experiment are based on the foru-D developing model that consists of first steps (1) define; (2) design; (3) develop; and (4) disseminate. But, this experiment until in develop step only without to do the disseminate step because this experiment product just use for the trying special school. The grouping of datta is doing by kelitatif-kuantitatif of descriptif. Based on experiment result is getting the good prosentase of the content, the mean learning,  and the technic regularly is 95%; 94%; and 95,4%. All of those aspects are including in quality aspect (very good/well). The getting observation for the teacher and student activity continually are  96,6% dan 95,8%. Respons of the teacher and student for smart tree media is 96,8% and 94,2%. The total of students study result is 84,4 which avaluable with the success criteria is 75. Based on the result of an experiment shows that smart tree media by multimeddia bassis in a CIRC learning way that has developing is good to use in writing a poem learning. Key Words: development of Smart Tree by Multimeddia Bassis, The CIRC Learning Moddel, Writing a Poem. ABSTRAKPenelitian ini berdasar kenyataan bahwa siswa Sekolah Dasar yang kesulitan dalam menulis puisi, rendahnya minat berpuisi, mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan berimajinasi, kurang memahami perbedaan menulis deskripsi dan puisi. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Salah satunya dengan merancang media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk memahami materi dan mengaplikasikannya dalam menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media pohon pintar berbasis multimedia dalam model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kualitas media pohon pintar yang dikembangkan ditinjau berdasarkan produk dan penggunaannya di kelas. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan four-D yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan (4) penyebaran. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan tanpa melakukan penyebaran karena produk penelitian ini hanya dikhususkan sekolah uji coba. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil presentase kelayakan isi, pembelajaran, dan teknik secara berturut-turut sebesar 95%; 94%; dan 95,4%. Semua kategori tersebut termasuk kategori berkualitas (sangat baik/layak). Perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 96,6% dan 95,8%. Respon guru dan siswa terhadap media pohon pintar adalah 96,8% dan 94,2%. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,4 yang sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon pintar berbasis multimedia dalam model pembelajaran CIRC yang dikembangkan baik digunakan pada pembelajaran menulis puisi. Kata-Kata Kunci: Pengembangan Media Pohon Pintar Berbasis Multimedia, Model Pembelajaran CIRC, Menulis Puisi.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Evi Kurniasih
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p508-516

Abstract

ABSTRACTThis research aims to produce learning instrument based models eligible 7E Learning Cycle is used to increase the activity and critical thinking skills of the fourth grade students of elementary school. Learning instrument are developed, namely: RPP, LKS, BAS, LPAS, and TKBK. Design of a test using one group pretest-posttest design are exercised is limited to 10 fourth grade students of SDN 1 Karangsalam then tested on a test implementation of the 21 fourth grade students of SDN Piasa Wetan academic year 2015/2016. The results showed: (1) the validity of the learning instrument that includes RPP, LKS, BAS, LPAS, and TKBK valid category; (2) learning instrument that have been developed practically used as indicated by 100% and the category of practically is excellent category by 3.63, the result of a positive student response and legibility BAS and LKS within easy categories; and (3) the effectiveness of the learning instrument shown by an increase in activity and critical thinking skills of students. Activities of students before the learning category of moderately active after learning increases become active and very active categories. Increased critical thinking skills of students with the average value of n-gain is 0.72 in the high category. Based on the results and discussion of this research concluded that social studies learning instrument based 7E Learning Cycle model has met the eligibility criteria, namely learning instrument validity, practicality, and effectiveness can increase the activity and critical thinking skills of the fourth grade students of elementary school.  Keywords: Learning instrument, learning cycle 7e model, activity, critical thinking skills. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model Learning Cycle 7E yang layak digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: RPP, LKS, BAS, LPAS, dan TKBK. Desain uji coba menggunakan one group pretest-posttest design yang diujicobakan secara terbatas pada 10 siswa kelas IV SDN 1 Karangsalam kemudian diujicobakan pada uji implementasi kepada 21 siswa kelas IV SDN Piasa Wetan tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kevalidan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, BAS, LPAS, dan TKBK berkategori valid; (2) perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan praktis digunakan yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan RPP sebesar 100% dan kategori keterlaksanaan RPP sangat baik sebesar 3,63, hasil respon siswa positif serta keterbacaan BAS dan LKS dalam kategori mudah; dan (3) keefektifan perangkat pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Aktivitas siswa sebelum pembelajaran kategori cukup aktif dan setelah pembelajaran meningkat menjadi kategori aktif dan sangat aktif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPS berbasis model Learning Cycle 7E telah memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar.  Kata-kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model learning cycle 7e, aktivitas, keterampilan berpikir kritis.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAP PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Ary Mustrifarini
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p517-526

Abstract

ABSTRACTThis research is aimed to describe the feasibility, practicity, and effectiveness of the development of learning cooperative equipment type think pair share by using mind mapp technique of civic lesson for the Fourth Grade Students Elementary School. In this research, the learning equipment that is developed : Lesson Plan, Student Worksheet, and Test.  This research uses theory of the development of 4-D models of Thiagarajan (1974) consisting of four stages: (a) define, (b) design, (c) develop and (d) disseminate. But the disseminate is not did because of the limitation of finance, energy, time, and experience and the result of research is only done at SD Muhammadiyah Madiun city as the place of the research. The research is only until develop step to 0,99 in the category of goodof learning isn 99,7%, this means that teachers can implement the learning in conformity with the pla. Moeover, it is also practical based on research that shows 97,1% the student actively in learning, give positive response and unterested in participating in learning as much as 100%, and the result of Achievment Test is93,8% due KKM. Baed on the analysis above, it can be concluded that the type cooperative learning Think Pair Share at Civic Lesson on the fourth grade of Elementary School is feasible, practical, and effective to use, but it still require an adjustment to the situation and condition of each school. Keywords: Kit Media, Science Learning, Scientific, dan Mastery of Concept. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan teknik mind map pada mata pelajaran PKn di kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Tahap-tahap penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4-D (four-d model) dari Thiagarajan, Semmei dan Semmel (1975). Model 4-D terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Dikarenakan keterbatasan biaya, tenaga, waktu dan kesempatan maka pendesiminasian tidak dilakukan. Hasil penelitian hanya diterapkan di tempat penelitian, yaitu di SD Muhammadiyah Kota Madiun. Maka dalam rancangan penelitian ini, pengembangan perangkat pembelajaran hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develop).  Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: keseluruhan validasi diperoleh rata-rata skor 3,55 dengan realibilitas 0,99 dalam kategori baik, pembelajaran ini juga praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 99,7% ini artinya guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuia dengan rencana. Selain itu, perangkat pembelajaran ini juga praktis berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan 97,1% siswa aktif dalam pembelajaran, respon positif siswa dan berminat mengikuti pembelajaran seperti sebesar 100%, dan hasil THB 93,8% tuntas mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisa diatas, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share layak, praktis, dan efektif untuk digunakan, namun masih memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah masing-masing. Kata Kunci: Pengembangan perangkat, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif      tipe think pair share, teknik mind map.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS SD DI PROGAM STUDI S1 PGSD Prima Rias Wana
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p527-533

Abstract

ABSTRACTThis research had purpose to know of proper from development result of teaching material using scientific approach orientation in learning society (IPS) of Elementary School. The component validity consists of materials, presentation, languages, design, the implementation of learning, students learning outcome, and students respons.The type of this study is a research development. The development model used 4-D model (Four-D Model). The procedure is starting by defining development, design, and development. The subjects of this study are the students of S1 PGSD STKIP Modern Ngawi. 10 students (at the firts experiments ) and 32 students ( at second Experiments). Collecting data using observation, test, and questionnaires. The result of the study development result of teaching material using scientific approach orientation in learning society (IPS) of Elementary School are scoring  from (1) the validity of the feasibility of component material, linguistic, and the presentation, also the validation from the experts lectur so, the module of lesson are on decent category. (2)the teaching materials from SAP implemented excellent so it can support to increased learning activities. (3) The students give positive response and the average of cognitive achievement increases. The cognitive invidual students and classical result increase its mean that its accordance with the guidelines STKIP ratings Modern Ngawi. Based on the research of result we concluded that development of teaching material using scientific approach orientation in society learning (IPS) of Elementary School were proper, practical, and effective to improve the students learning outcome in College. Keywords: Teaching Material, Scientific Approach, Society Learning (IPS). ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Pendekatan Saintifik dari validitas komponen materi, penyajian, kebahasaan, kegrafikan keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar serta respon mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Model). Prosedur pengembangan dilakukan sampai tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD STKIP Modern Ngawi sebanyak 10 mahasiswa (ujicoba 1) dan 32 mahasiswa (ujicoba 2). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa data kualitas Bahan  Ajar Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS yang dikembangkan dinilai dari (1) validitas kelayakan komponen materi, kebahasaan, penyajian serta kegrafikan dari hasil validasi yang dilakukan dosen ahli dengan kategori sangat layak. (2)  bahan ajar dari keterlaksanaan SAP yang dilaksanakan dosen sangat baik yang mendukung peningkatan kegiatan pembelajaran. (3) respon mahasiswa ditanggapi dengan positif dan rata-rata hasil belajar kognitif meningkat. Ketuntasan hasil belajar mahasiswa secara individu maupun klasikal dapat tuntas sesuai dengan pedoman penilaian STKIP Modern Ngawi.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS SD layak untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa di perguruan tinggi. Kata Kunci : Buku Ajar, Pembelajaran Saintifik , Pembelajaran IPS SD.
ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN MUATAN PELAJARAN IPS PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Dyoty Auliya Vilda Ghasya
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p547-561

Abstract

ABSTRACTThe purposes of this research is (1) to find out the eligibility level description contents of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" and thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school, (2) to find out the eligibility level supporting content learning of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" and thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school, (3) to find out the eligibility level presentation of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" and thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school. This research is quantitative descriptive. The source of the data in this research is the thematic book 3 "Figure and Discovery" and the thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student elementary school. The instrument used in this research is a check list. Data collection using the techniques of questionnaire. Data analysis techniques using technical analysis documents. The results of this research show that the eligibility level description contents of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" VI grades student of elementary school get percentage 93,78%. The percentage in the very good category. And thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school get percentage 84,78%. The percentage in the good category. The eligibility level supporting content learning of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" VI grades student of elementary school get percentage 95,63%. The percentage in the very good category. And thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school get percentage 97,61%. The percentage in the very good category. The eligibility level presentation of Social lessons on the thematic book 3 "Figure and Discovery" VI grades student of elementary school get percentage 98,41%. The percentage in the very good category. And thematic book 6 "Towards A Healthy Society" VI grades student of elementary school get percentage 98,75%. The percentage in the very good category.  Keywords: Content Eligibility, Presentation Eligibility, Social Lesson, Thematic Book. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kelayakan uraian isi muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar, (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan isi pendukung pembelajaran muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar, (3) untuk mengetahui  tingkat kelayakan penyajian muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tema 3 œTokoh dan Penemuan dan buku tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni instrument berupa daftar cocok atau check list. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan uraian isi muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapatkan persentase sebesar 93,78%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Sedangkan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 84,78%. Persentase tersebut pada kategori baik. Tingkat kelayakan isi pendukung pembelajaran muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 95,63%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Sedangkan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 97,61%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan penyajian muatan pelajaran IPS pada buku tematik semester I tema 3 œTokoh dan Penemuan pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 98,41%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Sedangkan buku tematik semester II tema 6 œMenuju Masyarakat Sehat pegangan siswa kelas VI sekolah dasar mendapat persentase sebesar 98,75%. Persentase tersebut pada kategori sangat baik. Kata Kunci: Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Ilmu Pengetahun Sosial, Buku Tematik.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR Rizka Kusuma Rahmawati
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v3n3.p534-546

Abstract

ABSTRACTThis research is based on the fact there are many teachers who have difficulty in developing curriculum-based learning in 2013 that creative thinking skills of the students are still not enough. The development of learning tools in this study describes and analyzes the application of CTL with a device developed can enhance creative thinking skills of fifth grade students of primary school. The development of research include: Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheet (LKS), Sheet Improvement Thinking Skills tested the V-B grade 28 student and class V-A 28 students at SDN Dr. Sutomo VIII Surabaya. Development of the device development model four D Thiagarajan 1974 consisting of phase (1) definition, (2) design, (3) development and distribution of modified into 3-D followed by the implementation of classroom learning by using a pretest-posttest control group design The results showed that (1) the learning model CTL can improve the ability of creative thinking of students, because it uses a learning model CTL will give students the opportunity to menggembangkan experience in daily activities those with learning Acquisition of learning outcomes have proved also that an increase in the ability to think creatively graders experiments using CTL higher learning model with excellent category than students in grade control make conventional learning models. Learning activities of students who receive treatment models Contextual Teaching Learning Imaging better than the learning activities of students who followed the conventional learning. This is evidenced by the test results that the overall activity of students using different learning models significant CTL activity of students who take the learning with conventional learning model. Keywords: Learning Model CTL, Creative Thinking.  ABSTRAKPenelitian ini didasari dari oleh kenyataan masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 sehingga keterampilan berfikir kreatif yang dimiliki siswa masih kurang. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis penerapan CTL dengan perangkat yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Peningkatan Keterampilan Berfikir yang diujicobakan pada kelas V-B 28 siswa dan kelas V-A 28 siswa di SDN Dr. Sutomo VIII Surabaya. Pengembangan perangkat menggunakan model pengembangan four D Thiagarajan 1974 yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan penyebaran yang dimodifikasi menjadi 3-D dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, karena menggunakan model pembelajaran CTL akan memberi kesempatan siswa untuk menggembangkan pengalaman pada kegiatan sehari-hari mereka dengan pembelajaran Perolehan hasil belajar telah membuktikan pula bahwa peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi dengan kategori sangat baik daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Aktivitas belajar siswa yang mendapatkan perlakuan model Contextual Teaching Learning lebih baik dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian bahwa secara keseluruhan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL berbeda signifikan dengan aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran CTL, Berfikir Kreatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 3 (2023): Vol. 9 No. 3 September 2023 Vol. 9 No. 2 (2023): Vol. 9 No. 2 Mei 2023 Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023 Vol. 8 No. 3 (2022): Vol. 8 No. 3 September 2022 Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022 Vol. 8 No. 1 (2022): Vol. 8 No. 1 Januari 2022 Vol. 7 No. 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 7 No. 3 (2021): Vol. 7 No. 3 September 2021 Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 6 No. 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol 6, No 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol. 6 No. 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol 6, No 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol. 6 No. 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 6, No 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 5, No 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol. 5 No. 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol 5, No 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 5 No. 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 4 No. 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol. 4 No. 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol 3, No 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 3 No. 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 2 No. 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol. 2 No. 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol. 2 No. 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 More Issue