cover
Contact Name
Gatot Kusjono
Contact Email
gatotkusj@yahoo.co.id
Phone
+6281386165113
Journal Mail Official
feasible@unpam.ac.id
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1 Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26559811     EISSN : 26561964     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JIF menerima artikel yang akan direview oleh editor internal atau eksternal. Selanjutnya, artikel akan ditinjau oleh reviewer kami dengan keahlian di bidang Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi" : 9 Documents clear
Peran Pasar Tradisional Dan Pasar Kontemporer Sebagai Karakteristik Bangsa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Lingkungan Kota Tangerang Selatan Sugeng Widodo; Ferdina Watiningsih
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.95-107.3715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan masyarakat setempat terhadap keberadaan pasar tradisional yang seharusnya dapt dihandalkan sebagai tempat mencari penghasilan dan dapat meningkatkan tingkat ekonomi dan tingkat kesejatrhteraan masyarakat sekitar pasarMetode penelitian mengunakan metode penelitian kualitatif, dengan populasi adalah masyarakat sekitar pasar tradisional, dengan responden sebanyak 8 orang, pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung dan observasi.Hasil Penelitian menggambarkan masyarakat sekitar pasar kurang mendapat keuntungan dari kebradan pasar tradisioanal sehingga masyarakat mencari pekerjaan atau melakukan usaha di pasar tradisional tersebut. Adanya hubungnagn yang tidak baik antara masyarakat, pemerintah daerah dan pengelola pasar tradisiuonal sehingga sering terjadi konflik. Kata Kunci: Pasar tradisional; Masyarakat; Kesejahteraan
Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Pada PT. Pelat Timah Nusantara, Tbk Ugeng Budi Haryoko; M. Ulul Albab; Angga Pratama
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.71-82.4149

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menilai kinerja keuangan perusahaan pada PT Pelat Timah Nusantra, Tbk. dengan menggunakan analisis rasio keuangan selama periode 2011-2017. Rasio yang digunakan yaitu rasio likuiditas dan rasio profitabilitas.Metode penelitian yang digunakan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis rasio yaitu menggambarkan suatu hubungan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain. Analisis rasio yang digunakan  yaitu analisis rasio likuiditas dan profitabilitas dimana rasio likuiditas bertujuan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, sedangkan rasio profitabilitas bertujuan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Pengukuran terhadap kinerja keuangan dengan menggunakan rasio likuiditas dan profitabilitas.Bila ditinjau dari sudut likuiditasnya, diukur menggunakan current ratio  dan quick ratio mengalami fluktuasi yang tidak terlalu signifikan, dengan kata lain perusahaan perlu menjual persediaan untuk menutupi seluruh kewajiban lancarnya, dimana persediaan memerlukan waktu lebih lama untuk dikonversikan menjadi kas, terutama yang dijual secara kredit. Bila ditinjau dari sudut profitabilitasnya, diukur menggunakan net profit margin dan return on assets mengalami fluktuasi yang cukup signifikan, Dengan kata lain perusahaan belum mampu dalam menghasilkan laba melalui semua kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya, yaitu yang berasal dari kegiatan penjualan.penggunaan aset, maupun penggunaan modal. Kinerja keuangan PT. Pelat Timah Nusantara berdasarkan likuiditas dan rasio profitabilitas dari poin di atas dapat disimpulkan dalam kondisi kurang baik terutama di tahun 2014 perusahaan mengalami masa yang sulit dimana nilai masing-masing rasio profitabilitas menorehkan nilai negatif, yang  salah satunya disebabkan pemberlakuan kebijakan penghapusan bea masuk untuk tinplate impor dalam beberapa tahun selang, sehingga mengakibatkan banjirnya impor tinplate dengan ragam jenis produk dan harga  bersaing yang tersedia. Dengan kondisi tersebut, kinerja PT. Pelat Timah Nusantara, Tbk dari sisi harga dibandingkan produsen importir terus mengalami penurunan. Kata Kunci: Rasio Likuiditas; Rasio Profitabilitas; Kinerja Keuangan
Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Price To Earning Ratio (PER) dan Inventory Turnover Ratio Terhadap Harga Saham Pada PT Lippo Cikarang Tbk Periode 2009-2018 Reza Octovian; Sahrunisa Sahrunisa
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.38-52.4230

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), Inventory Turnover Ratio dan Harga Saham pada PT Lippo Cikarang Tbk periode 2009-2018. Metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi laporan keuangan PT Lippo Cikarang Tbk, dan diambil sample sebanyak 10 tahun dari periode 2009-2018. Hasil dari analisis regresi linier berganda ditemukan persamaan Y = -1132.541+ -2836.168X1 + 858.495X2+ 6066.093X3 uji t (parsial) Debt To Equity Ratio (DER) diperoleh thitung (-3.956) > ttabel (2.44691) serta nilai signifikansi (0.007 < 0.05) artinya ) Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. secara parsial. Uji t (parsial) Price Earning Ratio (PER) diperoleh thitung (3.480) > ttabel (2.44691) serta nilai signifikansi (0.013 > 0.05) artinya Price Earning Ratio (PER)  berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara parsial. Uji t (parsial) Inventory Turnover Ratio diperoleh thitung (1.990) < ttabel (2.44691) serta nilai signifikansi (0.094 > 0.05) artinya Inventory Turnover Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara parsial. Untuk hasil uji F (simultan) Debt To Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER)  dan Inventory Turnover Ratio diperoleh hasil Fhitung (13.181) > Ftabel (4.76) serta nilai signifikansi (0.005 < 0.05) artinya Debt To Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER) dan Inventory Turnover Ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara simultan. Hasil koefisian determinasi (R2) sebesar 0.802 atau sebesar 80.2% pengaruh harga saham dapat dijelaskan oleh variable Debt To Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER) dan Inventory Turnover Ratio sebesar 80.2% sedangkan 19.8% dipengaruhi oleh variable lain. Kata Kunci: Debt To Equity Ratio (DER); Price Earning Ratio (PER); Inventory Turnover Ratio; Harga Saham
Analisis Penetapan Tarif Kamar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Wisma Universitas Terbuka (Studi Kasus Pada Wisma Universitas Terbuka) Sulaiman Sulaiman; Suhria Atmana
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.53-70.3926

Abstract

Wisma Universitas Terbuka adalah unit bisnis penginapan yang dikelola oleh Universitas Negeri yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPKBLU). Wiswa Universitas Terbuka melayanani penginapan para pegawai di berbagai daerah yang bertugas di kantor pusat, disamping itu juga Wiswa Universitas Terbuka menerima tamu dari masyarakat umum baik yang bersifat individu maupun korporasi. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berapa tingkat penghunian kamar, sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan dan apakah dalam penetapan tarif kamar serta kualitas pelayanan yang sudah diterapkan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Wisma Universitas Terbuka. Variabel dalam penelitian ini adalah penetapan tarif kamar (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kepuasan pelanggan (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik teknik regresi linear berganda menggunakan aplikasi MS Excel. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat penghunian kamar masih sangat rendah berkisar 5-6% maka disarankan agar dapat terus dikembangkan. Penilaian responden terhadap aspek tarif kamar, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan rata-rata baik. Diperoleh persamaan regresi linear berganda Y  = 1.360 - 0.018 X1  +  0.705 X2. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan penetapam tarif kamar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa penetapan tarif kamar dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.343, hal ini berarti 34,3% kepuasan pelanggan pada Wiswa Universitas Terbuka  dipengaruhi oleh tarif sewa kamar dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam studi ini.Kata kunci: Strategi pemasaran; tarif; kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan; Wisma UT
Analisa Pemahaman Penjualan Melalui E-Commerce Pada Koperasi Patih Sejahtera Mandiri Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan Yayan Sudaryana; Jeni Andriani
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.108-114.4436

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Koperasi Patih Sejahtera Mandiri Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan yang memiliki anggota IKM/UKM yang aktif sejumlah 55 dengan berbagai kegiatan usaha baik sebagai produsen barang dan jasa maupun sebagai pedagang barang dan jasa mengenai penjualan melalui e-commerce. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner, observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa IKM/UKM anggota Koperasi Patih Sejahtera Mandiri Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan  sangat memahami mengenai penjualan melalui e-commerce, ditunjukkan dengan pemahaman terhadap UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen mencapai 91,44 %, pemahaman terhadap UU No. 7 tahun 2014 tentang perdagangan mencapai 88,22 %, dan pemahaman terhadap UU No. 19 Tahun 2016 tentang ITE 87,75 %. Kata Kunci : Pemahaman; Penjualan; E-Commerce
Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Nurmin Arianto; Agus Setiawan
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.27-37.4121

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan baik secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan nasabah. Obyek penelitian ini adalah BPR H. A. Bogor, yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah Nasabah yang di BPR H. A. Boogor berjumlah 81 Nasabah.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikati dengan menggunakan analisa regresi berganda, uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh baik secara parsialataupun simultann terhadap kepuasan nasabah dengan kontribusi sebesar  62,5% sedangkan sisanya sebesar 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Promosi; Kualitas pelayanan; kepuasan nasabah
Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Return Saham Pada PT. Unilever Indonesia (Persero), Tbk Periode 2011-2018 Gatot Kusjono; Fegi Patricia Carolin
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.1-10.4201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Return Saham Perusahaan pada PT. Unilever Indonesia (persero),Tbk yang terdaftar di BEI periode 2011-2018.  Penelitian ini bersifat kausalitas dengan pendekatan kuantitatif yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel independen terhadap variabel dependen. Analisis data yang digunakan adalah rasio keuangan dengan CR, DER, dan ROA sebagai bahan perhitungannya, uji deskriptif, uji asumsi klasik, hipotesis dan regresi linier berganda. Hasl uji t (parsial) diperoleh Current Ratio pengaruhnya tidak signifikan terhadap Return Saham (ROA), sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return Saham.  Hasil uji F (simultan), Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap Return Saham Perusahaan dengan konstribusi sebesar 92,0%. Hal ini juga diperkuat dengan hasil nilai Fhitung (28,799) > Ftabel (5,79) dan nilai signifikansi sebesar 0,002 Kata Kunci : Likuiditas; Solvabilitas; Current Ratio; Return On Asset; Return Saham
Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari Mutmainnah Mutmainnah
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.83-94.3710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Harga dan Promosi tehadap Keputusan Pembelian pada PT Sarana Multigriya Lestari. Metode penelitian ini adalah berjenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 523 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden dan menggunakan teknik random sampling. Sedangkan metode analisa data menggunakan rumus-rumus statistik yaitu dengan teknik pengujian instrumen uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi product moment, uji koefisien determinasi, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan analisa data, Terdapat pengaruh positif signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian PT Sarana Multigriya Lestari dengan nilai t hitung > t tabel (1,848 > 1,664) dan sig < 0,05 (0,68 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Terdapat pengaruh positif signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian PT Sarana Multigriya Lestari dengan nilai t hitung > t tabel (8,782 > 1,664) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Pengujian secara simultan menunjukkan Harga dan Promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y  dengan konstanta sebesar 5,388 menyatakan bahwa tanpa ada variabel Harga (X1) dan Promosi (X2) maka Keputusan Pembelian (Y) tetap terbentuk sebesar 5,388 atau jika Harga (X1) dan Promosi (X2) nilainya = 0 maka Keputusan Pembelian tetap memiliki nilai 5,388. Hasil koefisien Determinasi R2 = 0,655, artinya variabel  Harga (X1) Promosi (X2) memiliki kontribusi sebesar 65,5% terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan sisanya 34,5% dipengaruhi variabel lain. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukjan nilai f hitung > f tabel yaitu 76,886 > 3,11 dan sig < 0,05 atau 0,000 <0,05 Ha ditolak Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Sarana Multigriya Lestari. Kata Kunci : Harga; Promosi ; Keputusan Pembelian
Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Retun On Equity (ROE) Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode Tahun 2009-2017 Supatmin Supatmin
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/fb.v2i1.2020.11-26.4200

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perputaran kas terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2009-2017, untuk mengetahui pengaruh perputaran piutang terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2009-2017, untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2009-2017.  Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari Indonesia Capital Directory Market. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana, regresi linier berganda dan uji hipotesis level of significance 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio profitabilitas yang diukur dengan perputan kas dan perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Equity (ROE). Sedangkan secara parsial, variabel perputan kas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dan variabel perputan piutang berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Equity. Koefisien determinasi yang ditunjukkan dari nilai R-Square sebesar 72% hal ini berarti 72% pengaruh perputan kas dan perputaran piutang terhadap return on equity dan sisanya 28% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Kata Kunci: Perputaran Kas; Perputaran Piutang;Return on Equity

Page 1 of 1 | Total Record : 9