cover
Contact Name
Afis Pratama
Contact Email
afistama@gmail.com
Phone
+6285669613344
Journal Mail Official
afistama@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Published by Universitas IVET
ISSN : 26219484     EISSN : 26208415     DOI : https://doi.org/10.31331/joined.v1i1
The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics field.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education" : 16 Documents clear
Prediksi Pola Pengunjung untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Menggunakan Teknik Heuristik Pada Optimasi Bobot Backpropagation Neural Network Ika Ayu Amelia Puspitasari
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.753 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.607

Abstract

ABSTRAK Jumlah pengunjung kantor imigrasi yang membuat passport atau melakukan perpanjangan passport setiap bulannya sangat fluktuatif, hal ini bisa menimbulkan masalah bagi kantor Imigasi untuk menjaga kualitas layanan kepada masyrakat, sehingga memerlukan metode prediksi untuk meramalkan kapan akan terjadi lonjakan pengunjung sehingga kualitas layanan tetap terjaga. Untuk itu kantor imigrasi harus memiliki beberapa informasi untuk membuat prediksi. Informasi yang sempurna akan mempermudah dalam prediksi dan prediksi yang baik adalah prediksi secara akurat. Untuk melakukan prediksi secara akurat maka diperlukan metode yang tepat pula. Neural Network atau biasa disebut juga jaringan syaraf tiruan adalah suatu metode komputasi yang meniru system jaringan saraf biologi. Jaringan saraf tiruan ini dibentuk untuk memecahkan suatu masalah tertentu seperti pengenalan pola atau klasifikasi karena proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Backpropagation Heuristik untuk meningkatkan kecepatan proses pelatihan neuron-neuron dalam melakukan prediksi. ABSTRACT The number of visitors to the immigration office making passport or monthly passport renewal is very volatile, this can cause problems for the Immigration Office to maintain the quality of service to the community, thus requiring prediction methods to predict when there will be a surge of visitors so that the quality of service is maintained. For that the immigration office should have some information to make predictions. Perfect information will make it easier to predict and good predictions are accurate predictions. To accurately predict the exact method. Neural Network or also called artificial neural network is a computational method that mimics the system of neural network biology. Artificial neural networks are formed to solve a particular problem such as pattern recognition or classification because of the learning process. This study uses Heuristic Backpropagation to increase the speed of the training process of neurons in making predictions.
Neural Network Berbasis Algoritma Genetika untuk Prediksi Kesempatan Kerja Siti Aminah Dinayati G.
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.397 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.611

Abstract

ABSTRAK Kesempatan kerja merupakan aspek kehidupan yang paling dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor ekonomi apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan kesempatan kerja dengan cara pengelolaan yang tepat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat mengganggu pertumbuhan kesempatan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akurasi dari prediksi kesempatan kerja dengan menggunakan Neural Network dan pembobotan menggunakan Algoritma Genetika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi yang didapatkan untuk prediksi kesempatan kerja menggunakan Algoritma Neural Network adalah sebesar 87,45 % dengan AUC 0,89 termasuk dalam good classification, sedangkan apabila menggunakan Algoritma Neural Network berbasis Algoritma Genetika untuk pembobotan atribut maka nilai akurasi yang didapatkan adalah sebesar 88,30 % dan AUC 0,92 termasuk dalam excelent classification. ABSTRACT Employment is an aspect of life is most needed in meeting human needs. Therefore, please note the economic factors that influence the growth of employment by means of proper management to anticipate the possibility of bad that can interfere with the growth of employment. The purpose of this study was to determine the accuracy of the prediction of employment by using Neural Network and weighting using Genetic Algorithms. The results showed that the prediction accuracy is obtained for employment using Neural Network algorithm is equal to 87.45% with 0.89 AUC included in good classification.
Pengembangan Blog Sebagai Bahan Ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Program Studi Tata Boga Uut Susiyanti
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.215 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK program studi Tata Boga, menguji kelayakan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental, menguji efektifitas penggunaan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental, menganalisis kepraktisan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan dan validasi; (3) uji coba produk; (4) menetapkan produk final. Pengujian yang dilakukan berupa validasi oleh expert judgment atau ahli media dan materi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket kemudian data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis diskriptif dan uji t. Hasil uji coba siswa pada pretest mendapatkan nilai t hitung 0,911 dan t tabel 1,670 sedangkan hasil posttest menghasilkan nilai t hitung 3,314 dan t tabel 2,0 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah Ho ditolak jika t hitung > t tabel : bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental dengan demikian blog efektif. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu blog yang dikembangkan berisi materi Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental yang dilengkapi dengan video dan gambar serta berisi template seperti home, profil Tata Boga, evaluasi, dan menu lain-lain. Berdasarkan uji kelayakan, blog dinyatakan layak sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk siswa SMK Tata Boga dan teruji efektif. Sedangkan hasil dari analisa kepraktisan mendapatkan respon yang baik dari siswa dan sangat baik dari guru.
Pengaruh Pengajaran Pemrogaman Animasi melalui Aplikasi Scratch pada Kemampuan Pemecahan Masalah Afis Pratama
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.478 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.613

Abstract

Pemrograman Animasi komputer dianggap sebagai kompetensi penting bagi pengembangan keterampilan pemecahan masalah selain penalaran logis. Oleh karena itu, integrasinya di semua tingkat pendidikan, dan juga usia dini, dianggap penting dan studi penelitian dilakukan untuk mengeksplorasi fenomena tersebut secara lebih rinci. Mengingat fakta ini, penelitian ini merupakan upaya eksplorasi untuk menyelidiki pengaruh pemrograman Scratch pada keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Informatika. Penelitian ini dilakukan dengan desain metode gabungan kuantitatif dan kualitatif pada 21 orang mahasiswa. Menurut hasil kuantitatif, pemrograman di platform Scratch tidak menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam keterampilan memecahkan masalah mahasiswa sekolah dasar. Hanya ada peningkatan yang tidak signifikan dalam mean faktor "kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah mereka". Ketika pemikiran mahasiswa dipertimbangkan, dapat dikatakan dengan jelas bahwa semua mahasiswa menyukai pemrograman dan ingin memperbaiki program mereka. Akhirnya, sebagian besar mahasiswa menemukan platform Scratch mudah digunakan.
Implementasi E-Learning pada Program Studi Pendidikan Informatika Ikip Veteran Jawa Tengah R Irlanto Sudomo
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.858 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) pelaksanaan evaluasi, dan (d) faktor penghambat dan pendukung dalam rangka mengimplementasikan e-learning di IKIP Veteran Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sekretaris program studi pendidikan informatika dosen, pengelola bagian TI dan mahasiswa yang sudah memanfaatkan e-learning di Program Studi Pendidikan Informatika IKIP Veteran Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data (penyederhanaan), display data (disajikan) dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Trianggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain, digunakan untuk cross check data. Hasil penelitian 1) Perencanaan dalam implementasi e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah meliputi penyiapan fasilitas infrastruktur pendukung, pembuatan rencana pembelajaran semester, memasukkan dosen sebagai pengajar dalam eliv e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah, kemudian membuat aktifitas pembelajaran dengan e-learning; 2) Pelaksanaan pembelajaran membuat label pertemuan dalam e-learning selanjutnya dosen menampilkan silabus perkuliahan agar materi perkuliahan dalam satu semester sudah diketahui mahasiswa; 3) Evaluasi implementasi IKIP Veteran Jawa Tengah menggunakan dua cara yakni manual dengan memberi soal dan tugas pada mahasiswa secara langsung , untuk yang kedua dosen memberikan evaluasi dengan meberi quis atau soal melalui e-learning; Faktor penghambat implementasi eliv e-learning di IKIP Veteran Jawa Tengah adalah kemauan dari dosen untuk memanfaatkan e-learning sedangkan faktor pendukung fasilitas lab komputer tersedia sangat baik.
Pembelajaran Kompresi Text dengan Menggunakan Metode Shanon-Fano Herry Sulendro Mangiri
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.657 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.621

Abstract

Kompresi merupakan proses pengubahan sekumpulan data menjadi suatu bentuk kode untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Saat ini terdapat berbagai tipe algoritma kompresi. Kompresi merupakan proses pengubahan sekumpulan data menjadi suatu bentuk kode untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Saat ini terdapat berbagai tipe algoritma kompresi, antara lain: Huffman, LIFO, LZHUF, LZ77 dan variannya (LZ78, LZW, GZIP), Dynamic Markov Compression (DMC), Block-Sorting Lossless, Run-Length, Shannon-Fano, Arithmetic, PPM (Prediction by Partial Matching), Burrows-Wheeler Block Sorting, dan Half Byte. Ada beberapa faktor yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih suatu metode kompresi yang tepat, yaitu kecepatan kompresi, sumber daya yang dibutuhkan (memori, kecepatan PC), ukuran file hasil kompresi, besarnya redundansi, dan kompleksitas algoritma. Metode Shanon-fano yang di pergunakan dalam penulisan ini mengkompresi input stream dengan menggunakan sampel data teks yang berupa tulisan nama. Data teks awal dengan jumlah 176 bits, dengan menggunakan metode ini terdapat beberapa langkah yang di lakukan sehingga pada saat di lakukan kompresi akan menjadi berkurang jumlahnya menjadi 107 bits. Manfaat kompresi ini sama dengan jenis kompresi yang lain yaitu memudahkan dalam menyimpan file dan menghemat memory yang terdapat dalam komputer, sehingga memudahkan komputer dalam bekerja dan tidak membebani dalam pemrosesan data.
Perbandingan Metode Filtering Untuk Peningkatan Kualitas Citra Iris Mata Berbasis Image Processing Handini Arga Damar Rani
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.098 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.622

Abstract

Pada Iris mata manusia memiliki pola yang sangat unik dan berbeda setiap manusia, sehingga sangat mungkin untuk menggunakannya sebagai dasar pengenalan biometric yang dikenal dengan ilmu iridology. Iridology adalah metode pembacaan peta pada mata untuk mendeteksi beberapa jenis penyakit dengan menggunakan pola pengamatan iris mata. Dalam penelitian ini penulis mencoba meneliti pada data set citra iris mata yang didapatkan dari data set public dan private masih tampak adanya noise sehingga memerlukan pengolahan untuk mengurangi kekaburan atau glare dengan menerapkan metode berbasis filtering dengan membandingkan hasilnya antara beberapa metode filtering di antararanya laplassian, median filter, gaussian, dan laplassian of gaussian untuk mengatasi permasalahan pada citra iris mata terutama dalam mengurangi glare atau kilatan cahaya pada saat proses akuisisi citra. Untuk pengukurannya kami menggunakan nilai error rate sebagai hasilnya.
Sistem Kontrol Cerdas Pelacak Sumber Cahaya menggunakan Kontrol Proportional Integral Derivative (PID) Tahan Prahara
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.254 KB) | DOI: 10.31331/joined.v1i1.623

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan pembuatan sistem kontrol cerdas pelacak sumber cahaya menggunakan kontrol PID. Sistem ini sangat berguna untuk menentukan titik paling optimal sumber cahaya matahari. Tingkat kecepatan pelacakan cahaya yang tinggi dan akurat dapat dimanfaatkan pada bidang pembangkitan listrik tenaga matahari di mana panel surya akan menyerap energi surya jika posisi panel tegak lurus terharap arah datangnya sinar matahari. Sistem komputasi secara penuh dijalankan pada komputer menggunakan program aplikasi Matlab. Mikrokontroler ATMega328 digunakan sebagai hardware antarmuka komputer dengan pemprograman Matlab. Data sensor digunakan sebagai acuan untuk proses kontrol PID, dan fuzzy digunakan sebagai penyelaras hasilnya. Data sensor selanjutnya dikirim ke komputer untuk diproses oleh Matlab. Mikrokontroler menyediakan data-data pengukuran sensor yang diminta Matlab dan mengontrol gerak motor servo sesuai dengan perintah dari komputer. Sistem berhasil direalisasikan dan dapat bekerja secara komputasi berada pada komputer melalui program aplikasi Matlab. Hasil komputasi Matlab yang berupa data pengamatan ditampilkan pada layar komputer melalui GUI, sedangkan hasil komputasi yang berupa perintah menggerakkan motor servo dikirim ke mikrokontroler melalui serial komunikasi. Hasil dari penelitian ini sistem kontrol pelacakan sumber cahaya mampu memberikan kecepatan pelacakan yang sangat cepat dengan tingkat akurasi yang baik.
PENGARUH PENGAJARAN PEMROGAMAN ANIMASI MELALUI APLIKASI SCRATCH PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Pratama, Afis
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v1i1.613

Abstract

Pemrograman Animasi komputer dianggap sebagai kompetensi penting bagi pengembangan keterampilan pemecahan masalah selain penalaran logis. Oleh karena itu, integrasinya di semua tingkat pendidikan, dan juga usia dini, dianggap penting dan studi penelitian dilakukan untuk mengeksplorasi fenomena tersebut secara lebih rinci. Mengingat fakta ini, penelitian ini merupakan upaya eksplorasi untuk menyelidiki pengaruh pemrograman Scratch pada keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Informatika. Penelitian ini dilakukan dengan desain metode gabungan kuantitatif dan kualitatif pada 21 orang mahasiswa. Menurut hasil kuantitatif, pemrograman di platform Scratch tidak menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam keterampilan memecahkan masalah mahasiswa sekolah dasar. Hanya ada peningkatan yang tidak signifikan dalam mean faktor "kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah mereka". Ketika pemikiran mahasiswa dipertimbangkan, dapat dikatakan dengan jelas bahwa semua mahasiswa menyukai pemrograman dan ingin memperbaiki program mereka. Akhirnya, sebagian besar mahasiswa menemukan platform Scratch mudah digunakan.
IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA IKIP VETERAN JAWA TENGAH Sudomo, R Irlanto
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 1 No 1 (2018): JOINED Journal of Informatics Education
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v1i1.617

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) pelaksanaan evaluasi, dan (d) faktor penghambat dan pendukung dalam rangka mengimplementasikan e-learning di IKIP Veteran Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sekretaris program studi pendidikan informatika dosen, pengelola bagian TI dan mahasiswa yang sudah memanfaatkan e-learning di Program Studi Pendidikan Informatika IKIP Veteran Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data (penyederhanaan), display data (disajikan) dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Trianggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain, digunakan untuk cross check data. Hasil penelitian 1) Perencanaan dalam implementasi e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah meliputi penyiapan fasilitas infrastruktur pendukung, pembuatan rencana pembelajaran semester, memasukkan dosen sebagai pengajar dalam eliv e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah, kemudian membuat aktifitas pembelajaran dengan e-learning; 2) Pelaksanaan pembelajaran membuat label pertemuan dalam e-learning selanjutnya dosen menampilkan silabus perkuliahan agar materi perkuliahan dalam satu semester sudah diketahui mahasiswa; 3) Evaluasi implementasi IKIP Veteran Jawa Tengah menggunakan dua cara yakni manual dengan memberi soal dan tugas pada mahasiswa secara langsung , untuk yang kedua dosen memberikan evaluasi dengan meberi quis atau soal melalui e-learning; Faktor penghambat implementasi eliv e-learning di IKIP Veteran Jawa Tengah adalah kemauan dari dosen untuk memanfaatkan e-learning sedangkan faktor pendukung fasilitas lab komputer tersedia sangat baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 16