cover
Contact Name
M. Abdul Ghofur
Contact Email
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Phone
+6285649547331
Journal Mail Official
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Pswt. 11, atau Telp./Faks. (0341) 712192.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 26543818     EISSN : 26229765     DOI : 10.17977
Core Subject : Education,
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and issues of children.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS 3 TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN PARUPUK TABING KOTA PADANG Aulia Rahma Yufadri
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v4i1p28-36

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja kendala yang dialami guru dalam memberikan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di gugus 3 taman kanak-kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 guru yang mengajar di gugus 3 taman kanak-kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Cara pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang disebar melalui google forms. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata keseluruhan kendala guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di gugus 3 taman kanak-kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang sebesar 67,07 (pada interval 64,4 - 69 atau 33%) pada ketegori kadang-kadang. Dalam arti lain, dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19  guru kadang-kadang mengalami kendala.
Pelaksanaan Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Elia Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Kota Padang Elsi Safitri
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v4i1p37-50

Abstract

This study aims to see how the implementation is to describe the planning, implementation and evaluation of activities carried out by teachers in developing linguistic intelligence for children aged 5-6 years at Elia Kindergarten DEK Padang City. This type of research is descriptive research using a qualitative approach. The subjects of the research were the children of Mickey 2 Kindergarten Elijah DEK Padang City. The informant of this research is the teacher of Mickey 2 Kindergarten Elia DEK Padang City. Data collection techniques used in the form of observation, interviews and documentation. Data analysis techniques are data collection, data reduction, and drawing conclusions. While the validity of the data used is a triangulation technique.The results of this study indicate that the implementation of Stimulation of Linguistic Intelligence for Children aged 5-6 Years at Elia Kindergarten DEK Padang City has been maximized. It can be concluded that the planning, implementation, and evaluation carried out by the teacher can stimulate children's linguistic intelligence as seen by reading aloud and tahfidz activities that can explore children's self and make it easier for teachers to stimulate speaking or language skills in children for children's linguistic intelligence.Keywords: Stimulation; Linguistic Intelligence; Early childhood
Partisipasi Orang Tua dalam Transformasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19 Fathona Glykeros Alba; Ahmad Samawi; Nur Anisa
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v4i1p51-63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran partisipasi orang tua dalam transformasi PHBS anak selama menghadapi perubahan situasi pada masa pandemi COVID-19. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berusia 5-6 tahun serta menyekolahkannya pada lembaga TK yang ada di Kecamatan Bululawang. Sampel penelitian berjumlah seratus orang diperoleh melalui teknik cluster random sampling berdasarkan gugus sekolah. Angket fisik digunakan sebagai instrumen pengumpul data utama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) partisipasi fisik orang tua dalam transformasi PHBS anak sangat baik sedangkan untuk partisipasi non fisiknya baik; 2) tingkat partisipasi orang tua dalam transformasi PHBS anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi COVID-19 hasilnya tinggi.  
Efektivitas Media Film Animasi Nussa dan Rara untuk Mengenalkan Ketauhidan pada Anak Usia 5-6 Tahun Dini Kurnia Sari; Saidah Masfi'ah
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v4i1p1-10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media film animasi Nussa dan Rara untuk mengenalkan ketauhidan pada anak usia 5-6 tahun. Ruang lingkup penelitian ini meliputi media film animasi dan tauhid rububiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menggunakan uji t, diketahui bahwa nilai rata pretest sebesar 76,7, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,8. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan nilai rata-rata kemampuan ketauhidan setelah diberi perlakuan berupa media film animasi Nussa dan Rara. Maka dapat disimpulkan bahwa Media film animasi Nussa dan Rara efektif untuk mengenalkan ketauhidan pada anak usia 5-6 tahun.
Strategi Guru dalam Menggali Motivasi Belajar dan Perkembangan Aktual Anak Usia Dini Elvira Nur rahmawati; Tumardi Tumardi
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v4i1p11-27

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan guru dalam upaya menggali motivasi belajar dan perkembangan aktual serta respon anak pada saat diberikan tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah guru taman kanak-kanak yang berada di Kota Malang. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 40 guru dari 8 lembaga Taman Kanak-Kanak di Kota Malang dengan mempertimbangan kualitas pembelajaran di masing-masing lembaga. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan tindakan guru dalam menggali motivasi belajar dilakukan dengan tindakan penyampaian materi yang menarik yang memperoleh persentase tertinggi yaitu 100%. Tindakan ini memperoleh respon anak cenderung tergerak mengikuti kegiatan belajar sebanyak 63% dan respon anak terarah perhatiannya sebanyak 38%. Perkembangan aktual yang dilakukan guru cenderung melakukan pengajuan pertanyaan yang memperoleh persentase tertinggi yaitu 93%. Tindakan ini memperoleh respon anak cenderung menunjukkan pengetahuan dengan menyebutkan sebanyak 55%, dan respon anak menunjukkan pemahaman dengan menjelaskan sebanyak 38%. The purpose of this research is to describe the teacher's actions in an effort to explore learning motivation, actual development and children's responses when given these actions. This research uses a quantitative descriptive approach. The population used is kindergarten teachers in Malang City. The sample in the study was taken using purposive sampling technique as many as 40 teachers from 8 Kindergarten institutions in Malang City by considering the quality of learning in each institution. The results of the study indicate that the tendency of the teacher's actions in exploring learning motivation is carried out by delivering interesting material which gets the highest percentage, as much as 100%. This action obtained the response of children who tend to be moved to participate in learning activities as much as 63% and the response of children to their attention is as much as 38%. Then regarding the exploration of actual developments carried out by the teacher, it tends to ask questions that get the highest percentage, as much as 93%. This action obtains children's responses tend to show knowledge by mentioning as much as 55%, and children's responses show understanding by explaining as much as 38%. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5