cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 20899483     EISSN : 26558386     DOI : 10.37755
jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang pancasila dan kewarganegaraan. artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. artikel ilmiah dalametiap penerbitan meryupakan tanggung jawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN" : 5 Documents clear
HUBUNGAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN ESA PRAKARSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Intan Permata Sari Harahap; Arsip Perangin Angin; Nurul Hasanah
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.241 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan nilai pancasila terhadap pembentukan  karakter siswa kelas VIII di SMP  yayasan pendidikan Esa Prakarsa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP Esa Prakarsa  tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 79 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan pembentukan karakter siswa SMP Esa Prakarsa. Nilai pearson correlation atau nilai r hitung sebesar 0,642, artinya ada hubungan yang positif dan sangat kuat antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan pembentukan karakter siswa.
HUBUNGAN SIKAP DALAM UPACARA BENDERA DENGAN RASA NASIONALISME DALAM PELAJARAN PPKn PADASISWA KELAS X SMK PELITA HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 M. Suhada; Arsip Perangin Angin
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.003 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan upacara  bendera dengan rasa nasionalisme  pada mata pelajaran PPKn   tauhn pelajaran 2018/2019. Penelitian ini   dilakukan di SMK  Pelita Bulu Cina. Adapun populasi  dalam penelitian ini  adalah kelas X  yang berjumlah 60 siswa.  Penelitian  ini menggunakan  jenis penelitian   kuantitatif.  Instrumen penelitian  yang digunakan adalah  angket. Dengan adanya  upacara bendera  diharapkan  cinta tanah  air  pada peserta didik dapat terbentuk  dan menjadikan bangsa yang berakhlak  mulia, bermoral, beretika,  berbudaya, beradab berdasarkan  Pancasila  sehingga menjadikan bangsa yang berkarakter.  Dapat disimpulkan  bahwaHasil penelitian sebanyak 60 siswa yang mempunyai tingkat hubungan yang cukup baik atau sedang. Hal ini menunjukkan bahwa untuk memperoleh hubungan upacara bendera lebih dari cukup diperlukan rasa Nasionalisme yang tinggi. Dari hasil thitung  sebesar 2,45 > ttabel = 1,71).  Yang berarti ada hubungan yang signifikan antara upacara bendera dengan rasa Nasionalisme siswa pada pelajaran PKn. Ini berarti bahwa hubungan upacara dengan nasionalisme yang baik selain adanya rasa nasionalisme yang cukup, baik dan sangat baik, juga didukung oleh adanya disiplin sekolah yang ketat dan konsisten, dan perilaku yang baik.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERAL QUESTION PADA SISWA KELAS X SMA MELATI BINJAI M. Fatra Fadriansyah; Surya Wibawa
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.579 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.194

Abstract

Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Swasta Melati Binjai berjumlah  36 siswa. Terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sedangkan obyek penelitian ini adalah hasil belajar PKn menggunakan model active learning tipe role reversal question.Jenis penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kolaboratif, dalam artian peneliti terlibat dalam kegiatan yang digunakan sebagai sumber data penelitian.Berdasarkan hasil penelitian  keseluruhan siswa baru ada 16 siswa atau 44% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70. sedangkan 20 siswa atau 56% dari jumlah siswa memperoleh nilai <70. nilai rata-rata siswa pada pra tindakan yaitu 66,53. data tersebut menunjukkan bahwa 75% dari jumlah siswa yang belum memperoleh nilai ≥70, hal tersebut masih jauh dari target yang diharapkan.Dari hasil evaluasi yang dilakukan, nilai rata-rata yang diperoleh dalam hasil evaluasi pada siklus I yaitu 75,27. Siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 25 siswa atau 69% dari jumlah siswa, sedangkan 11 siswa atau 31% dari jumlah siswa memperoleh nilai <70. Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan, karena ≥75% dari jumlah siswa belum memperoleh nilai ≥70. Untuk itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar siswa setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II mengalami kenaikan secara signifikan dari pra tindakan, siklus I dan sikus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 8,75% dari kondisi awal 66,53 menjadi  75,27 pada siklus I, dan meningkat lagi 10,97% menjadi 86,2.
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENERAPAN ETIKA DAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM LINGKUNGAN FORMAL DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Retno Anggraini; Surya Wibawa
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.535 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.195

Abstract

Peran Guru PKn dalam penerapan etika dan moral bukan hanya mengajar tetapi juga mendidik peserta didik agar menjadi manusia yang lebih baik, baik dalam beretika dan bermoral, sehingga dapat mendisiplinkan peserta didik agar peserta didik menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma-norma hidup dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Etika adalah cabang ilmu yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan yang baik buruk. Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik dan buruk perbuatan dan kelakuan (akhlak). Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi data tenaga pengajar di SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian ini dilakukan disekolah tersebut melalui wawancara dengan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Stabat dan 2 (dua) guru mata pelajaran PKn serta wawancara dengan 4 (empat) orang siswa. Dari semua observasi dan wawancara yang dilakukan maka dapat dihasilkan bahwa peranan guru PKn dalam penerapan etika dan moral di SMK Negeri 1 Stabat mempunyai peran yang cukup penting
HUBUNGAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP SWASTA ABDI DHARMA KEC. HINAI T.P. 2018/2019 Gita Astini; Agustinawati Agustinawati
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.078 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap hasil belajar siswa pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Swasta Abdi Dharma Kec. Hinai tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa dan populasi ditetapkan 30 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, yakni teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket tugas pekerjaan rumah (pr) sebanyak 10 item dan hasil belajar PKn siswa sebanyak 10 item. Untuk mengetahui kedua variabel maka dilakukan perhitungan menggunakan rumus korelasi “r” Product Moment sederhana. Untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap variabel Y dihitung berdasarkan uji t. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji t di peroleh harga thitung>ttabel yaitu 8,292>1,70113 serta rhitung>rtabel yaitu 0,843>0,374 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap hasil belajar siswa PKn di kelas VIII SMP Swasta Abdi Dharma Kec. Hinai Tahun Pembelajaran 2018/2019. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5