cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 20899483     EISSN : 26558386     DOI : 10.37755
jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang pancasila dan kewarganegaraan. artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. artikel ilmiah dalametiap penerbitan meryupakan tanggung jawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( OKTOBER) 2020" : 5 Documents clear
STUDI IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN OLEH GURU PPKN BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO. 23 TAHUN 2016 DI SMP SWASTA S. PARMAN MEDAN Arsip Perangin Angin
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( OKTOBER) 2020
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i2.302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi standar penilaian oleh guru PPKn berdasarkan Permedikbud No. 23 Tahun 2016 di SMP Swasta Letjen S. Parman Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PPKn SMP Swasta S. Parman Medan, Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan komunikasi langsung, yakni dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara mendalam, dan juga menggunakan teknik tidak langsung, yakni dengan menggunakan angket dan studi dokumentasi.            Hasil penelitian di peroleh bahwa guru PPKn belum melaksanakan standar penilaian sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2016 secara penuh. Dari tiga komponen dalam penilaian yakni : komponen perencanaan penilaian hanya mencapai 75 % dengan kategori baik ; komponen pelaksanaan penilaian dengan rata-rata persentasi 75 % dengan kategori baik ; dan komponen pelaporan penilaian dengan rata-rata 62,5 % dengan kategori cukup. Rata-rata dari setiap komponen penilaian yang di lakukan guru PPKn adalah 70, 83 % dengan kategori baik. Dari penelitian ini juga di temukan beberapa kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam melaksanakan standar penilaian berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 ini.
IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA DI KELAS VI SDN 050618 KAMPUNG BAMBAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Lia Purwanti; Muhlis Fahdiar Sembiring; Agustinwati Agustinwati
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( OKTOBER) 2020
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i2.312

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa anggota gerakan pramuka di Kelas VI SDN 050618 Kampung Bamban Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini meliputi Pembina pramuka serta siswa siswi yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Kelas VI SDN 050618 Kampung Bamban. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisa deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa anggota gerakan pramuka di Kelas VI SDN 050618 Kampung Bamban Tahun Pelajaran 2020/2021 telah berjalan sebagaimana yang telah diharapkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tercapainya indikator kedisiplina yaitu disiplin waktu dan disiplin perbuatan. Melalui proses menumbuh kembangkan karakter disiplin siswa yang dapat tumbuh dengan adanya latihan rutin, melalui upacara pembukaan dan penutupan pramuka, dan dengan Penerapan atau pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka (Trisatya dan Dasa Darma pramuka) yang dilakukan dengan niat bersungguh- sungguh serta konsisten dalam melakukannya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII MTs. TPI SEI BAMBAN KECAMATAN BATANG SERANGAN Lutfi Alfalati; Surya Wibawa
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( OKTOBER) 2020
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i2.313

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PKn dengan menerapkan Metode Pembelajaran Brainstorming di kelas VII MTs. TPI  Sei  Bamban Kecamatan Batang Serangan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. TPI  Sei  Bamban Kecamatan Batang Serangan yang berjumlah 40 orang. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, dan lembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor,skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Adapun temuan penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 33 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa padasiklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa meningkat menjadi 30,5. Kemudian untuk hasil data tes siklus I mendapat nilai rata-rata 6,46 dengan ketuntasan belajar klasikal 50% danuntuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 8,06 dengan ketuntasan belajar klasika l84,61%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dansiswa dalam proses pembelajaran PKn khususnya di kelas VII MTs. TPI  Sei  Bamban Kecamatan Batang Serangan. Berdaasarkan hasil penerapan dengan model pembelaajaran Brainstorming dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian selanjutnya dari sudut permasalahan yang berbeda.Selain itu dapat diimplementasikan sebagai bahan kajian pendekatan pembelajaran bagi guru untuk diterapkan di Kelas VII MTs. TPI  Sei  Bamban Kecamatan Batang Serangan sebagai alternative model pembelajaran.
PENGARUH BELAJAR KELOMPOK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Sri Ulina Br. Ginting1; Muhlis Fahdiar Sembiring; Agustinawati Agustinawati
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( OKTOBER) 2020
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i2.314

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh belajar kelompok Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadap minat belajar siswa kelas X di SMKS- PP PUTRA JAYA STABAT Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif survey. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh 25,6% siswa menunjukan kategori persepsi positif dan 74,4% menunjukan kategori persepsi sangat positif. Dengan rata-rata 87 dengan kategori persepsi sangat positif. Minat belajar siswa setelah pelaksanaan belajar kelompok menunjukan persepsi sangat positif yang artinya dengan belajar kelompok minat belajar siswa semakin tinggi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukan hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya yaitu tingginya minat belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa setelah diterapkan belajar kelompok pada siswa kelas X SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT tahun pelajaran 2020/2021.
PERAN GURU PKN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SABILAL AKHYAR KWALA BEGUMIT Nella Etika Lubis; Muslim Sembiring
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( OKTOBER) 2020
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i2.315

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran guru PKn dalam membentuk karakter siswa kelas XI Madrasah Aliyah Sabilal Akhyar dengan menggunakan model Role Playing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-A dengan jumlah siswa 32 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes (pretets dan posttest). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh thitung sebesar 4,5 sedangkan ttabel sebesar 2,05. Nilai ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel  (4,5 > 2,05) sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh peran guru PKn membentuk karakter siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Sabilal Akhyar dengan menggunakan model pembelajaran role playing.

Page 1 of 1 | Total Record : 5