cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015)" : 5 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMES PUZZLE DENGAN MEDIA CHARTA MATERI POKOK PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Agus Anjar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.477 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai aspek kehidupan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P. 2015/2016 terdiri dari 6 Kelas dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini dibagi atas 2 Kelas yang diambil secara acak dan masing-masing Kelas berjumlah 34 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda sebanyak 25 soal. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media games puzzle dengan rata-rata X1 = 73,06 dan SD = 9.05 dan rata-rata untuk kelas yang diajarkan dengan menggunakan media charta adalah X2 = 60.82 dan SD = 7.85. adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,01, dimana thit < ttab (3,49 >2,36) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan. Hasil belajar yang menggunakan media games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai Aspek Kehidupan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P. 2015/2016
Pengaruh Penegakan Kedisiplinan Terhadap Kesadaran Mematuhi Peraturan Di Sekolah SD Negeri 116874 Bakaran Batu Tahun 2015 Marlina Siregar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.394 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1088

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan mendiskripsikan pelaksanaan pen- didikan karakter disiplin di sekolah dasar dan diharapkan dapat ditemukan kebijakan yang mendukung keberhasilan pendidikan karakter. Penelitian ini pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah SD Negeri 116874 Bakaran Batu, dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pen- didikan karakter disiplin di di Sekolah SD Negeri 116874 Bakaran Batu, dilakukan melalui sembilan kebijakan, yaitu(1) membuat program pendidikan karakter; (2) menetapkan aturan sekolah dan aturan kelas; (3) melakukan sholat Dhuha dan Sholat Dhuhur berjamaah; (4) membuat pos afektif di setiap kelas; (5) memantau perilaku kedisiplinan siswa di rumah melalui buku catatan kegiatan harian; (6) memberikan pesan-pesan afektif di berbagai sudut sekolah; (7) melibatkan orang tua; (8) melibatkan komite seko- lah; dan (9) menciptakan iklim kelas yang kondusif
Suatu Tinjauan Kurangnya Minat Belajar Siswa Pada Jam Pelajaran Terakhir Pada Bidang Studi Pkn Di SMP Negeri 2 Kotapinang Khairul Fahmi Lubis
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.559 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1089

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) faktor penyebab kurangnya minat belajar siswa pada jam pelajaran terakhir pada bidang studi Pkn di SMP Negeri 2 Kotapinang Tahun Pelajaran 2011/ 2012. (2) mencari penyelesaian atau solusi agar minat belajar siswa pada jam pelajaran terakhir pada bidang studi Pkn semakin meningkat (3) untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan penulis dalam mengatasi suatu persoalan yang terjadi di lapangan atau dilingkungan sekolah SMP Negeri 2 khususnya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3-5 SIGAMBAL TAHUN PELAJARAN 2015 Junita Kiyoto
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.797 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1090

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Sejauh mana perbedaan pengaruh penggunaan media cetak terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 3-5 Sigambal. (2). Sejauh mana perbedaan pengaruh media cetak terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 3-5 Sigambal (3). Sejauh mana interaksi pengaruh antara penggunaan media cetak terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 3-5 Sigambal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan rancangan factorial 2
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkat Hasil Belajar PKn Siswa dikelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Petrus Petrus
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.541 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1455

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan, dimana terdapat siswa-siswi yang minat belajar rendah khususnya kelasVII2, dimana siswa-siswi menghasilkan hasil belajarnya rendah, siswa sering tidak mengerjakan PR, bolos pada jam pelajaran sekolah, sering menggangu teman. Penelitian ini memperoleh hasil  yaitu : 1) mengetahui sudah sejauh mana SPBM itu meningkat hasil belajarnya; 2) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn ; 3) mengetahui interaksi antara perhatian SPMB minat belajar siswa dalam proses belajar disekolah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Populasi berjumlah 311 orang dan sampel berjumlah 39 orang. Sampling dilakukan dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini adalah korelasi. Analisis data yang dilakukan dengan mengunakan korelasi Tahapan Siklus I, II, Tahapan Persiapan, Pelaksanaan, Obsevasi, Refleksi deskritif kualitatif dimana memberikan berupa evaluasi soal tes tertulis pada setiap akhir siklus dan menyimpulkan hasil temuan melalui observasi, Angket. Dimana dalam penelitian nilai perhatian SPBM menigkat 65%, minat belajaar siswa 97% , dan hasil belajar pendidikan kewarga negaraan 96% dari semua jumlah siswa sampel yang diambil sebanyak 39 orang siswa dikelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu, setelah menggunakan metode penerapan strategi berbasis masalah. Kata Kunci : Penerapan Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah           (SPMB).

Page 1 of 1 | Total Record : 5