cover
Contact Name
Antonius Rizki Krisnadi
Contact Email
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Phone
+62 811-8880-593
Journal Mail Official
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Editorial Address
Jl. Lodan Raya No. 02, Ancol. Jakarta Utara 14430
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Hospitality dan Pariwisata
ISSN : 24425222     EISSN : 26558165     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Hospitality dan Pariwisata diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan November. Jurnal ini ditujukan sebagai media bagi akademisi dan praktisi untuk menyumbangkan karya ilmiah dan pengalaman praktisnya yang dapat berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang industri hospitality dan pariwisata.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata" : 6 Documents clear
Pengaruh Sales PromotionTumbler Day terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran Regina Dewi Hanifah; Fungky Hartono
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.294 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1338

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah penurunan pada penjualan di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran baik pada total penjualan maupun pada saat adanya sales promotion Tumbler Day pada setiap tanggal 22, yang dimana menurut Strang (Kazmi dan Batra, 2008:482) sales promotion merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sales promotion Tumbler Day terhadap keputusan pembelian konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran.Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumen dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang dimana didapatkan sample untuk penelitian ini sebanyak 166 responden. Dari hasil penelitian didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,510 dengan pengaruh antara kedua variabel tersebut sebesar 26,1% dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,261. Formulasi persamaan regresi sederhana yang di dapatkan adalah Ŷ = 21,386 + 0,647X yang artinya adalah bahwa setiap terjadinya penambahan durasi sales promotion Tumbler Day maka akan terjadinya peningkatan pada keputusan pembelian. Berdasarkan pada uji-t pada penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut thitung> ttabel (7,601 > 1,97453), berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan untuk penelitian ini bahwa terdapat pengaruh antara sales promotion Tumbler Day terhadap keputusan pembelian konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah dengan meningkatkan durasi pada sales promotion Tumbler Day akan dapat meningkatkan keputusan pembelian di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Saran untuk manajemen adalah dapat memberikan tambahan durasi pada sales promotion Tumbler Day sehingga penjualan dapat lebih meningkat dan juga dapat membentuk promosi tersendiri khusus untuk Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran.  Kata kunci: Sales promotion, keputusan pembelian, Coffee Shop
Pengaruh Fasilitas Wisatawan Terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Kunjungan Wisatawan Kota Solo) Sarim sarim; Tri Wiyana
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.787 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1339

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor utama yang dimiliki Kota Solo. Banyak objek wisata yang ada di Kota Solo memiliki keunikan, seperti wisata sejarah, budaya, dan kuliner. Fasilitas wisatawan merupakan kelengkapan daerah tujuan wisata yang diperlukan untuk melayani kebutuhan wisatawan dalam menikmati perjalanan wisatanya. Pengembangan pariwisata suatu daerah tidak terlepas dari ketersediaan sarana dan prasarana di obyek wisata tersebut dan ketersediaan sarana transportasi untuk mencapai obyek wisata tersebut. Penelitian ini mempersentasikan bagaimana pengaruh ketersediaan fasilitas wisatawan terhadap keinginan untuk berkunjung ke Kota Solo. Kondisi ini diperlukan agar kepuasan wisatawan dapat terjaga dan meningkatkan pendapatan daerah setempat. Berdasarkan hasil penilaian sebanyak 113 responden menyatakan bahwa fasilitas wisatawan di Kota Solo belum mampu menjadikan motivasi bagi wisatawan untuk berkunjung.  Kata kunci :fasilitas wisatawan, motivasi wisatawan
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RESTAURANT SAILENDRA HOTEL JW MARRIOTT JAKARTA Anisatul Auliya; Clara Clara
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.457 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan seberapa besar hubungan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menjelaskan 2 variabel yaitu Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan. Budaya Organisasi mempunyai 6 dimensi dan kinerja karyawan mempunyai 6 dimensi. Penelitian ini dilakukan di Hotel JW Marriott Jakarta. Penelitian ini memakai metode Kuantitatif, dengan menggunakan SPSS 19. Cara menentukan sample menggunakan non-probablity sampling. Sample berjumlah 35 orang di Restaurant Sailendra Hotel JW Marriott Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Budaya Organisasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai korelasi sebesar 0,594 atau 59,4%. 2. Nilai analisis regresi r square sebesar 0,352 atau 35,2% dari pengaruh variabel kinerja karyawan dan 64,8% dari pengaruh variabel lainnya. Jadi, pengaruh budaya organisasi adalah kuat terhadap kinerja karyawan.Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan
Uji Banding Emulsi Pembuatan Es Krim: Kuning Telur Dengan Gelatin Fristi Bellia Annishia; Setiawan Dhanarindra
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.629 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1336

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pastry kitchen di Departement Food And Beverage Service. Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah adalah hotel bintang tiga dengan suasana Indonesia di daerah Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang uji banding pengemulsi pada pembuatan es krim, pengemulsi kuning telur(ayam) dibanding gelatin. Metode penelitian menggunakan Kualitatif Komprehensif, dengan jumlah sampel 9 responden yang dimana 2 dari responden tersebut adalah pakar dalam hal es krim, tehnik yang dipakai dalam mendapatkan hasil perbandingan adalah eksperimen dan pencobaan hasil(Test food). Proses pengambilan data sampel menggunakan jenis metode Indepth Interview (wawancara) kepada 2 orang pakar dan 7 orang bawahannya. Dari hasil wawancara didapatkan lima hal yang dijadikan acuan untuk mengetahui hasil uji banding yaitu Rasa, Tampilan, Tekstur, Warna, dan Aroma, dari kelima hal tersebut didapatkan hasil yang mengatakan setiap pengemulsi mempunyai kekurangan dan kelebihannya masingmasing. Hasil wawancara mengatakan bahwa es krim yang menggunakan kuning telur lebih unggul dalam hal rasa, warna dan aroma dibandingkan es krim yang menggunakan gelatin sebagai pengemulsi, terbukti pemakaian gelatin sebagai pengemulsi hanya cukup bagus pada tampilan dan tekstur es krim, tetapi mempunyai masa daya tahan yang lebih panjang dibandingkan es krim yang menggunakan kuning telur sebagai pengemulsi, berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa penggunaan pengemulsi kuning telur dan penggunaan pengemulsi gelatin sama baiknya di karenakan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi alangkah lebih baik jika penggunaan dua pengemulsi itu digabungkan agar kedua pengemulsi itu dapat saling menutupi kelemahannya masing-masing.  Kata kunci: Pengemulsi es krim, Kuning telur, Gelatin
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE TRAVEL AGENT TRAVELOKA DI JAKARTA Tonny Hendratono; Ayu Destyani Santosa
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.81 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada online travel agent Traveloka di Jakarta. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dan dipandang cocok untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,534 X1 + 0,118 X2 Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel persepsi harga (0,534), dan diikuti oleh variabel kualitas layanan (0,118). Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi dalam penelitian ini berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terdapat muktikolinearitas, dan tidak terdapat autokorelasi positif maupun negatif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen (persepsi harga dan kualitas layanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen ( keputusan pembelian) pada online travel agent Traveloka di Jakarta. Artinya, menurut konsumen dua variabel independen dianggap penting ketika akan membeli produk dari online travel agent Traveloka di Jakarta. Angka R square yang diperoleh sebesar 0,689, menunjukkan bahwa sebesar 68,9% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel persepsi harga dan kualitas layanan, sedangkan sisanya sebesar 31,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian
PENGGANTIAN BERAS JEPANG DENGAN PANDAN WANGI BERAS DI JADIKAN DI SUSHI MAKI Bondan Pambudi
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.616 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan tekstur semut dan juga tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk Sushi Maki dengan substitusi padi Pandan Wangi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membandingkan objek yang akan dipelajari dan dianalisis melalui Uji Organoleptik dan T-Test kemudian dijelaskan melalui tabel dan grafik. Uji coba dibagi menjadi tiga perlakuan dan satu kontrol, penelitian ini dilakukan tiga kali pengulangan. Melalui uji organoleptik, penelitian ini menyimpulkan bahwa produk Sushi Maki on K yang menggunakan beras Jepang 100%, dalam hal rasa dan tekstur yang disukai oleh panelis dengan nilai rata-rata 4,20 dan 4,07 sebagai favorit. Melalui uji-T, penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian yang lebih baik daripada perlakuan A yang menggunakan beras Pandan Wangi 100%, dengan nilai signifikansi 0,268 berarti tidak ada perbedaan yang signifikan. Kontrol lebih baik daripada perlakuan B yang menggunakan 50% beras Jepang dan 50% beras Pandan Wangi, dengan nilai signifikansi 0,022 berarti ada perbedaan yang signifikan. Lebih baik dari pada perlakuan kontrol C yang menggunakan beras Pandan Wangi 75% dan 25% beras Jepang dengan nilai signifikansi 0,001 berarti ada perbedaan yang signifikan.Kata kunci: Sushi Maki, nasi Jepang, nasi pandan wangi, rasa, tekstur

Page 1 of 1 | Total Record : 6