cover
Contact Name
Antonius Rizki Krisnadi
Contact Email
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Phone
+62 811-8880-593
Journal Mail Official
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Editorial Address
Jl. Lodan Raya No. 02, Ancol. Jakarta Utara 14430
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Hospitality dan Pariwisata
ISSN : 24425222     EISSN : 26558165     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Hospitality dan Pariwisata diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan November. Jurnal ini ditujukan sebagai media bagi akademisi dan praktisi untuk menyumbangkan karya ilmiah dan pengalaman praktisnya yang dapat berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang industri hospitality dan pariwisata.
Articles 101 Documents
Pengaruh Sales PromotionTumbler Day terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran Regina Dewi Hanifah; Fungky Hartono
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Hospitailty Dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.294 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i2.1338

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah penurunan pada penjualan di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran baik pada total penjualan maupun pada saat adanya sales promotion Tumbler Day pada setiap tanggal 22, yang dimana menurut Strang (Kazmi dan Batra, 2008:482) sales promotion merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sales promotion Tumbler Day terhadap keputusan pembelian konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran.Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumen dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang dimana didapatkan sample untuk penelitian ini sebanyak 166 responden. Dari hasil penelitian didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,510 dengan pengaruh antara kedua variabel tersebut sebesar 26,1% dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,261. Formulasi persamaan regresi sederhana yang di dapatkan adalah Ŷ = 21,386 + 0,647X yang artinya adalah bahwa setiap terjadinya penambahan durasi sales promotion Tumbler Day maka akan terjadinya peningkatan pada keputusan pembelian. Berdasarkan pada uji-t pada penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut thitung> ttabel (7,601 > 1,97453), berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan untuk penelitian ini bahwa terdapat pengaruh antara sales promotion Tumbler Day terhadap keputusan pembelian konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah dengan meningkatkan durasi pada sales promotion Tumbler Day akan dapat meningkatkan keputusan pembelian di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Saran untuk manajemen adalah dapat memberikan tambahan durasi pada sales promotion Tumbler Day sehingga penjualan dapat lebih meningkat dan juga dapat membentuk promosi tersendiri khusus untuk Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran.  Kata kunci: Sales promotion, keputusan pembelian, Coffee Shop
PENINGKATAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN DI PROVINSI RIAU Lanang Diayudha
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 2, No 01 (2016): Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.271 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v2i01.39

Abstract

Riau is a province on the Island of Sumatera that is adjacent to Singapore and Malaysia. Currently more tourist come to Riau for various purposes. This arrival of tourist becomes a trigger of the hotel growth. By the increasing of the hotel growth, local government needs to organize the tourism sector. It aims to add the time of stay so that the people of Riau get the positive impact from this situation. Because of that reason, we need to know the factors that influence the confidence of investor, mainly in hotel sector.Keywords: hotel growth, tourism sector, confidence of investor
POLA PENGEMBANGAN WISATA ALAM DI KABUPATEN BOGOR Farrah Muni
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 01 (2017): Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.429 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i01.912

Abstract

One area in Bogor regency has one of the most visitable place for tourist. It has tourismpotential and surely need to be well managed so that all the existed potentials can develop to be betterand more sustainable. The attraction that has highest offers potential among the six samples is KRBotani , while the lowest is KWA Gede Mountain. The shared problem of those attractions is the lack ofaccessibility to the attractions areas. The selected development strategies are improving the investmentclimate, performing maintenance of existing facilities, improving cleanness of areas, adding facilities,doing more massive promotion, repairing main road to the attractions, and improving coordinationbetween local government and attractions managers.Keywords: development, tourism, supply
PENGARUH BAURAN PEMASARAN PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK BERKUNJUNG Henilia Yulita
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 2, No 2 (2016): Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.61 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v2i2.903

Abstract

Based on BPS data regarding "Data tourist arrivals to the archipelago in JakartaTourism Year 2014 - 2015" found that Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) with a verysignificant, is the object of the most visited tourist tourists as many as30,966,381pengunjung. This study examines the "unlock the secrets MARKETINGSTRATEGY" ANCOL OUTSTANDING "(Study of Effects of Tourism Marketing Mixagainst Decision of Visitation)". The research method used by the author in thisresearch is quantitative method. This study uses data processing techniques SPSS20.The data analysis technique is looking for a causal effect between the dependentvariable and independent variables. Data analysis was conducted on 104 respondentswho are citizens of the city and outside Jakarta. This research is used by the levelexplanation, and associative research. Associative research is a method / researchform to connect a variable with other variables. RESULTS: ANOVA (F test) was seenthat simultaneous marketing mix variables have a significant effect on the variablebeen shown Decision of the Sig. 0,000 <Alpha 5% (reject Ho and accept Ha).Variable Decision has been a significant influence by having a contribution of 62.9percent in explaining the change in the variable's decision to visit, while theremaining 37.1 percent is explained by other variables outside the model.Keywords: Tourism Marketing Mix, Visitation Decision
Analysis Of Event Quality Effect On Satisfaction And Behavioural Intentions Of The Ramayana Ballet Attendees (Case Study Of Puspo Budoyo Culture House) Roozana Maria Ritonga
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.397 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v5i1.1521

Abstract

ABSTRACTEvent is becoming more increasingly important both socially and economically. Such growth has raised many questions concerning the quality of event and impact on satisfaction and behavioral intentions of attendees, however, few studies have examined the actual event quality of a cultural performance. With so many competitions in the event business, an event planner must increase the level of event quality. In additon to create satisfaction and revisit of attendees in the event, a highly quality of performance, employees and environment is recommended.This study examined the underlying structure of event quality and  impact between satisfaction and behavioural intentions. Three event quality dimensions (quality of event employees, quality of event environment, and event product quality) were analyzed with descriptive statistical method and regression analysis. This study is based on the cultural event of ‘Ramayana Ballet’ performance at Culture House of  Puspo Budoyo. The study therefore emphasizes event quality has a significant relationship between satisfaction and behavioural intentions, Furthermore, quality event employees, quality event environment and quality event product have significant impact on behavioral intentions. Keywords:  event quality, satisfaction, behavioral intentions
The Effect Of Job Enlargement On The Work Satisfaction Of Front Office Employees Department At Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta Riska Veronika; Anggun Sari Sasmita
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.699 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v4i2.1394

Abstract

ABSTRACT  An organization is a group of people who interact and work together to realize common goals. The most important element in an organization is a group of people or human resources. One of the causes of employee dissatisfaction in work is doing the same basic task repeatedly. Therefore, job expansion or as known as job enlargement is developed to increase the number of tasks undertaken by workers. This study aims to determine the effect of job enlargement on job satisfaction of front office department employees at Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta. Independent variable studied is job enlargement (X) with dependent variable is job satisfaction (Y). This study uses saturated sampling in which the population is sampled. Data analysis techniques used are descriptive statistics, correlation analysis and coefficient of determination. Based on the result of research, the correlation value for job enlargement variable is 0.53. The coefficient of determination is 0.25 or 25%. The remaining 75% had an effect on other factors outside of this study.Keywords:  job enlargement, job satisfaction, front office
PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN POP HOTEL DI KELAPA GADING PADA MEDIA CETAK MAJALAH VENUE NO. 95 TAHUN 2015 Michael Christian
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 2, No 01 (2016): Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.36 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v2i01.47

Abstract

Hasil ukur efektivitas bentuk suatu iklan di media cetak menjadi input penting bagi perusahaan. Khususnya di bidang perhotelan, hasil itu akan memberikan masukan terhadap peningkatan kreatifitas iklan yang disajikan. Model EPIC yang terdiri dari Empathy, Persuasion, Impact dan Communication merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur efektivitas suatu bentuk iklan. Dari hasil pengukuran efektivitas POP Hotel di Kelapa Gading Pada Majalah Venue No. 95 diperoleh hasil bahwa semua faktor pada model EPIC dinyatakan efektif. Saran bagi peneliti berikutnya adalah dapat membandingkan POP Hotel di daerah yang berbeda atau dengan menggunakan perbandingan hotel-hotel di satu area. Kata Kunci : empathy, persuasion, impact, communication, efektivitas, iklan
STRATEGI PEMASARAN DODOL BETAWI HB.TOHAHB. TOHA DI JAKARTA Dianka Wahyuningtias; Nurul Sukma Lestari; Farah Levyta
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.244 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v4i1.1332

Abstract

Dodol diolah dari tepung ketan, santan kelapa (dari kelapa yang sudah tua), dan gula jawa. Laki-Iaki bertugas mengupas kelapa dan mengaduk bubur tepung yang sudah mengental sampai masak dan berminyak.  Dodol Betawi Hb.Toha hanya tersedia pada saat-saat tertentu seperti lebaran idul fitri.  Karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti lebih jauh tentang “Dodol Betawi”.  Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengkaji strategi pemasaran yang selama ini telah diterapkan oleh pembuat Dodol Betawi Hb.Toha dalam memasarkan produk dodolnya. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi pemasaran pada pemasaran Dodol Betawi. (3) Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh pembuat Dodol Betawi Hb.Toha dalam memasarkan produk dodolnya. Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh pembuat Dodol Betawi Hb. Toha dalam memasarkan produk dodolnya.  Data yang didapatkan untuk penelitian ini didapatkan melalui kunjungan ke tempat pembuatan, hasil wawancara dengan pemilik(pembuat), karyawan, pembeli dan saluran distribusi.  Analisa yang dipergunakan adalah 4P, yaitu Place, Product, Price and Promotion.  Kata kunci :dodol betawi, strategi pemasaran, 4P
IMPLEMENTASI ACCESSIBLE TOURISM PADA BUS WISATA JAKARTA EXPLORER ‘MPOK SITI’ Nurul Sukma Lestari; Rachel Dyah Wiastuti; Maria Pia Adiati
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 3, No 01 (2017): Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.218 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v3i01.908

Abstract

Jakarta hadir dengan bus wisata tingkat yang disebut ‘Mpok Siti’, yangkeberadaannya menjadi salah satu fasilitas pendukung bagi wisata perkotaan.‘MpokSiti’ haruslah dapat diakses oleh semua orang tanpa terkecuali dan secara tidaklangsung yaitu dengan cara mengaplikasikan konsep accessible tourism dalam rangkamendukung sustainable tourism.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiimplementasi bus wisata Jakarta ‘Mpok Siti’ terhadap konsep accessible tourism.Metode penulisan yaitu kualitatif deskriptif dengan kajian pustaka dan dokumentasisebagi sumber data primer. Keterbatasan jurnal terkait menjadikan berita dan artikelsebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian mencakupdeskripsi setiap komponendari accessible tourism yaitu vertical movement, horizontal movement, information,signage, physical accessibility dan prices. Studi lebih lanjut dapat dilakukan padasemua jenis bus wisata yang bukan hanya di Jakarta namun juga di kota lain danmelibatkan pihak manajemen bus wisata maupun penumpang.Kata kunci: Bus wisata, Mpok Siti, Accessible tourism
MENGKAJI PENGEMBANGAN KURIKULUM TRAVEL AND TOURISM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Syafruddin Rais
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.378 KB) | DOI: 10.30813/jhp.v5i2.1840

Abstract

AbstractThe objective of this paper is to examine the development of a travel and tourism curriculum that is relevant to the state of educational institutions and the situation in the industry. In term the suitability of graduate results can be absorbed in the tourism industry. In addition to develop curriculum through the DACUM (Develop a Curriculum) travel and tourism are primarily studied in depth by involving other parties, as well as adjusting the relevance of the relevant institutions. Curriculum development based on DACUM through several stages consists of analysis, design, implementation development and evaluation. As for the preparation of a curriculum developed based on DACUM made on the travel and tourism curriculum consisting of curriculum content structure, learning implementation strategies, learning places, learning assessment and graduate competency results. Where the aim of curriculum development is to produce a relevant travel and tourism curriculum.Keywords: Curriculum, Vocational School, Travel and Tourism. AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kurikulum travel and tourism yang relevan dengan keadaan lembanga pendidikan dan keadaan lapangan yang ada di industri. Agar kesesuaian tenaga hasil lulusan dapat terserap di industri pariwisata. Selain itu untuk pengembangan kurikulum melalui DACUM (Develop A Curriculum) travel and tourism utamanya dikaji secara mendalam dengan melibatkan pihak-pihak lain, serta menyesuaiakan dengan relvansi lembaga terkait. Pengembangan kurikulum berdasarkan DACUM melalui beberapa tahapan terdiri dari analisis, desain, pengembangan implementasi dan evaluasi. Sedangkan untuk penyusunan kurikulum yang dikembangkan berlandaskan DACUM yang dibuat pada kurikulum travel and tourism teridiri dari struktur muatan kurikulum, strategi pelaksanaan pembelajaran, tempat pembelajaran, penilaian pembelajaran dan hasil kompetensi lulusan.  Dimana tujuan pengembangan kurikulum tersebut untuk menghasilkan kurikulum travel and tourism yang relevansi.Kata Kunci: Kurikulum, SMK, travel and tourism. 

Page 1 of 11 | Total Record : 101