cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
muhammadghofur@unesa.ac.id
Phone
+6281252598415
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Gedung G1.02.07 Kampus Ketintang Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan
ISSN : -     EISSN : 25795716     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jpeka.v3n2
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Since 2017 published twice a year by Open Journal System to accommodate various research offers original articles on teaching economics. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Economic Education, Faculty of Economic, Universitas Negeri Surabaya and published by Universitas Negeri Surabaya in collaboration with Aspropendo (Asosiasi Pendidik Ekonomi Indonesia) leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for content and pedagogy in a variety of media. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan published in May and November.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2020)" : 7 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi ardina wulan
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p23-30

Abstract

Penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. Penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini total keseluruhan 81 mahasiswa dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah di uji asumsi klasik. Dilihat secara parsial, hasil uji regresi linier berganda untuk variabel lingkungan keluarga memberikan pengaruh sebesar 0,616 atau sebesar 52,55% dan untuk variabel motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 0,556 atau sebesar 47,45%. Dan secara simultan, nilai R Square sebesar 0,524   atau sebesar 52,4%, sisanya 48,6% dipengaruhi variabel lain diluar variabel penelitian ini. 
ANALISIS FAKTOR TINGKAT PENDIDIKAN, JENIS KELAMIN, DAN STATUS PERKAWINAN TERHADAP PENDAPATAN DI INDONESIA BERDASARKAN IFLS-5 Maharani Akbariandhini; Albrian Fiky Prakoso
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p13-22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, dan Status Perkawinan terhadap Tingkat Pendapatan masyarakat di Indonesia secara serentak maupun parsial. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif dengan pendekatan kuantitatif parametris. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 16.307 jiwa yang diambil dari Buku K, Indonesian Family Life Survey (IFLS) ke-5. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi STATA 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan status perkawinan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan. Sedangkan secara parsial diperoleh hasil bahwa masing-masing variabel independen juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan. Berdasarkan koefisien regresinya, individu yang berpendidikan tinggi memperoleh pendapatan Rp1.112.124,- lebih banyak dibanding yang berpendidikan rendah. Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki memperoleh pendapatan Rp2.257.931,- lebih banyak dibanding perempuan. Berdasarkan status perkawinan, individu yang menikah memperoleh pendapatan Rp623.364,- lebih banyak dibandingkan yang tidak menikah. Sehingga diharapkan masyarakat Indonesia dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi, permasalahan dalam kesetaraan gender segera diatasi, dan setiap individu yang tidak menikah disarankan untuk menikah agar pendapatannya meningkat.
KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA HOTEL SWISSBELL AMBON Victry Erlitha Picauly; Stevie Sahusilawane; Geradin Rehatta; Yuliati Anmama
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p1-12

Abstract

This study aims to determine the effect of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and attention to tourist satisfaction partially and simultaneously. The research method used in this research is explanatory research. Analysis of the data used is multiple regression processed using SPSS. The study population was all visitors who stayed at Swissbell Hotel in July 2017. The sample of this study was taken using a purposive sampling method to obtain a sample of 50 tourists. The results showed that in partial testing physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and attention had a positive effect on tourist satisfaction. Simultaneously physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and attention affect tourist satisfaction.
PENGARUH KEPRIBADIAN WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TATA BUSANA SMKN 6 PADANG Vina Oktaviani
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p45-54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepribadian wirausaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa Kelas XII Jurusan Tata Busana SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Tata Busana SMK Negeri 6 Padang yang berjumlah 122 orang. Sampel penelitian diambil secara proportional random sampling sehingga berjumlah 92 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa angket penelitian. Uji coba angket kepada 30 orang anggota populasi yang tidak termasuk sampel dalam penelitian. Teknik analisis angket penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel (10,901 > 2,000) sehingga  Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti kepribadian wirausaha berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa Tata Busana SMKN 6 Padang.Kata Kunci: Kepribadian Wirausaha, Minat Berwirausaha, Sekolah Menengah Kejuruan
Tingkat Literasi Ekonomi Syariah Mahasiswa Dalam Kegiatan Ekonomi Suminto Suminto; Moh Farih Fahmi; Binti Mutafarida
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p31-44

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai pengetahuan, pemahaman, penguasaan mahasiswa tentang ilmu ekonomi syariah, dan apakah sudah diterapkan dengan baik dan benar. Penulisan artikel ini menarik karena ada pembahasan mengenai kaitan pembelajaran ekonomi syariah dikelas dengan implementasi mahasiswa dalam sikap dan perilaku saat melakukan kegiatan ekonomi. Sehingga fokus penelitian ini adalah ada pada keinginan untuk menjawab persoalan yang pertama yaitu, Seberapa baik pemahaman dan pengetahuan ekonomi syariah oleh mahasiswa ekonomi syariah serta sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan keilmuan ekonomi syariah pada setiap aktivitas ekonominya. Penulisan artikel ini menggunakan metodologi jenis penilitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomonenologi. Data ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang berasal dari data primer dan skunder. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah kelas B semester tiga sudah menguasai materi ekonomi syariah dengan baik karena mendapatkan nilai diatas 3.50. kedua, Mahasiswa mampu menggunakan ilmunya dalam hal yang lebih teknis, dan  mampu diimplentasikan di kehidupan nyata berdasarkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswaKataKunci:Literasi Ekonomi, mahasiswa ekonomi syariah, kegiatan ekonomi
Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Nina Fitriya Yulaika; Harti Harti; Norida Canda Sakti
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p67-76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik dengan menggunakan flip book dan menggetahui  efektifitas  penggunaan bahan ajar eletronik terhadap capaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, dan development. Proses pembelajaran di kelas dilaksanakan  dengan desain one grup pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI Program Studi Peminatan Ilmu Sosial di MA Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Kota Malang. Hasil dari penelitian ini didapati hasil  bahwa penggunaan bahan ajar elektronik  berbasis flip book pada pembelajaran ekonomi memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dan peningkatan aktifitas peserta didik diantaranya visual, oral, mendengarkan, menulis dan emosional.
Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Keikutsertaan dalam Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Aisyah Dyah Ayu Arum Pratiwi; Novi Marlena
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v4n1.p55-66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan keikutsertaan dalam praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK. Subyek dalam penelitian ini adalah 67 siswa kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang yang telah mengikuti mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan dan keikutsertaan dalam praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Temuan pada penelitian ini yaitu dengan pemberian materi kewirausahaan dinilai cukup efektif dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa, dan selama kegiatan praktik kerja industri berlangsung siswa belajar bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7