cover
Contact Name
Pramitha Dwi Larasati
Contact Email
jurnal.siskomkb@tau.ac.id
Phone
+628569874091
Journal Mail Official
jurnal.siskomkb@tau.ac.id
Editorial Address
Jl. Swadarma Raya No. 58, Ulujami Pesanggrahan, Jakarta Selatan12250
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Komputer & Kecerdasan Buatan
ISSN : 2613991X     EISSN : 26212927     DOI : -
Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan (SisKom-KB) adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tanri Abeng yang mencakup bidang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan beberapa bidang ilmu multidisipliner yang mengarah pada Sistem Komputer berbasis Kecerdasan Buatan. Jurnal ini diterbitkan berkala dengan dua volume setiap tahunnya. Jurnal Penelitian Ilmiah ini menerima hasil tulisan penelitian ilmiah dari luar civitas akademika Universitas Tanri Abeng
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020" : 6 Documents clear
Penerapan Metode Multiplicative Decomposition (Seasonal) Untuk Peramalan Persediaan Barang Pada PT. Agrinusa Jaya Santosa Dinar Ajeng Kristiyanti; Yodi Sumarno
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v3i2.145

Abstract

Abstract— Persediaan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan, terutama perusahaan perdagangan. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan persediaan produk adalah perkiraan persediaan. Perkiraan persediaan diperlukan oleh perusahaan perdagangan untuk menjalankan bisnisnya dengan baik. Di PT Agrinusa Jaya, peramalan Persediaan diperlukan untuk memprediksi Inventarisasi Produk Peralatan Peternakan. Saat ini, metode yang digunakan masih konvensional dan mengarah ke beberapa masalah optimasi seperti stok mati, kurangnya stok, keterlambatan pengiriman, dll. Penelitian ini mengusulkan Dekomposisi Multiplikasi (Musiman) untuk memperkirakan inventaris produk LE (Peralatan Peternakan) di PT. Agrinusa Jaya Santosa. Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode yang diimplementasikan berhasil memberikan peramalan yang memadai yang ditunjukkan oleh 18% dari MAPE (Mean Absolute Perscentage Error), 1.124,87 dari MAD (Mean Absolute Deviation) dan 1.995.484 MSE (Mean Square Error). Kesalahan perkiraan adalah adil. Metode Multiplicative Decomposition (Seasonal) secara efektif meningkatkan sistem persediaan di PT. Agrinusa Jaya Sentosa dan mengurangi potensi stok mati secara efektif.
Pengembangan Metode Sistem Terdistribusi (Peer to Peer and Client Server) Untuk Informasi Hasil Pertanian Menggunakan IOT Fredy Susanto; Diah Aryani; Ari Asmawati
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v3i2.146

Abstract

Abstract — Penggunaan teknologi TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) telah sangat menyentuh sendi kehidupan, baik kehidupan individu di kota dan di pedesaan. Penggunaan teknologi informasi telah menembus kehidupan pedesaan dan meningkatkan standar kehidupan untuk mensejahterakan desa. Karena lebih dari 50% kehidupan bangsa ini terletak di sisi negara. Informasi tentang hasil pertanian sangat penting bagi masyarakat pedesaan dan perkotaan, di mana tanaman pertanian merupakan indikator pengambilan keputusan dan kebijakan. Metode yang digunakan adalah metode sistem terdistribusi di mana informasi yang dihasilkan oleh petani mengenai panen mereka didistribusikan secara peer to peer melalui teknologi IoT (internet of things) yang menggunakan perangkat server web Arduino Uno. Menggunakan perangkat Arduino Uno berarti penggunaan perangkat minimalis atau sistem embed untuk menekankan sumber daya, dan ramah lingkungan.
Analisis dan Perancangan Simulasi Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) dengan Dynamic Routing EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) dan Algoritma DUAL (Diffusing Update Algorithm) Menggunakan Cisco Packet Tracer Nofita Rismawati; Muhamad Femy Mulya
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v3i2.147

Abstract

Abstract— Jaringan komputer perlu dikelola dengan benar sehingga lalu lintas data di jaringan menjadi lebih efisien. Satu tingkat manajemen jaringan komputer adalah perangkat router. Router dapat dikelola dengan mengimplementasikan protokol routing, salah satunya adalah EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol). EIGRP adalah protokol perutean yang hanya diadopsi oleh router Cisco atau sering disebut sebagai protokol milik Cisco, di mana EIGRP hanya dapat digunakan pada router Cisco saja. EIGRP sangat cocok untuk perusahaan menengah dan besar, karena banyaknya fasilitas yang disediakan dalam protokol ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, merancang topologi MAN (Metropolitan Area Network) dengan routing dinamis EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) dan algoritma DUAL (Diffusing Update Algorithm), sehingga jalur routing terbaik untuk topologi MAN akan diperoleh , sehingga topologi MAN akan dirancang. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) dan DUAL (Algoritma Pembaruan Pembaruan) simulasi menggunakan Cisco Packet Tracer. Dari hasil pengujian simulasi membuktikan bahwa jalur terbaik untuk dilalui oleh setiap router, yaitu jalur / rute yang memiliki perhitungan metrik EIGRP terkecil di antara rute tetangga, perhitungan ini diperoleh dari parameter bandwidth dan delay pada setiap router yang terhubung.
Analisis Kebutuhan Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan pada BPR Inti Dana Sentosa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Guna Yanti Kemala; Ika Arthalia Wulandari; Eka Ridhawati
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v3i2.148

Abstract

Abstract — BPR Inti Dana Sentosa diklaim sebagai BPR yang mempunyai pelayanan terbaik untuk nasabahnya. Dikarenakan jumlah karyawan yang cukup banyak, BPR Inti Dana Sentosa mengalami kesulitan dalam memantau prestasi dan potensi dari seluruh karyawan yang bekerja pada Bank tersebut. Permasalahan ini berdampak pada proses kenaikan jabatan karyawan yang salah satunya dilihat dari prestasi dan potensi selama masa kerja. Sesuai dengan proses kenaikan jabatan pada BPR Inti Dana, maka diperlukan kriteria untuk menentukan siapa yang akan dipilih untuk mengisi posisi yang telah ditentukan. Dalam proses penentuan posisi diperlukan suatu sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk Sistem pendukung keputusan adalah metode Analytic Hierarchy Process. Metode ini dipilih karena mampu menghitung nilai terbaik dari sejumlah karyawan yang ada, dalam hal ini kandidat berarti karyawan yang berhak menduduki jabatan yang tersedia berdasarkan kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari bobot nilai untuk setiap kriteria dan proses perhitungan alternatif kemudian melakukan alternatif global yang akan menentukan karyawan terbaik. Hasil dari perangkingan tersebut dapat digunakan sebagai rekomendasi pihak BPR Inti Dana Sentosa dalam penentuan kenaikan jabatan pegawai. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 kriteria terpenting yang diperoleh untuk proses perankingan, yaitu aspek kapasitas intelektual, aspek sikap kerja, dan aspek perilaku.
E-Lapdu Fasilitas Kampus Universitas Pamulang pada Platform Andoid Fajar Septian; Saipul Anwar
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v3i2.149

Abstract

Abstract — Universitas Pamulang adalah kampus dengan jumlah siswa terbanyak di LLDIKTI IV di Jawa Barat dan Banten pada tahun 2020 yang terbagi menjadi tiga lokasi bangunan. Dengan pembangunan gedung dan fasilitas kampus yang begitu cepat, hal itu juga akan meningkatkan perhatian pada perawatan dan pemeliharaan fasilitas yang ada di dalamnya. Ini tentu saja membuat penanganan kerusakan dan fasilitas perawatan perlu mendapatkan fokus perhatian dan respon yang cepat. Keluhan dari akademisi diperlukan untuk mengetahui fasilitas atau fasilitas publik yang perlu ditingkatkan dan menerima saran dari tugas yang telah dilakukan. Keluhan dari kalangan akademisi belum tersampaikan dengan baik sehingga membuat sivitas kebingungan harus menyampaikan keluhan kepada siapa. Dengan aplikasi Electronic Complaint Report (e-Lapdu) dibuat, fasilitas kampus pada platform akademik android dapat membuat keluhan tentang fasilitas kampus yang mengalami gangguan atau kerusakan online tanpa harus pergi ke atau mencari teknisi. Aplikasi ini dapat mengirim bukti keluhan yang terjadi seperti foto melalui smartphone dengan mengambil foto dari kamera atau galeri smartphone yang melaporkan. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah model prototipe. Hasil penelitian ini berupa aplikasi e-Lapdu dari fasilitas kampus yang berjalan di platform Android. Setelah melakukan pengujian dengan teknik pengujian black box pada aplikasi, secara fungsional aplikasi ini dapat berjalan seperti yang diinginkan oleh sivitas akademika Universitas Pamulang.
Analisis dan Perancangan Sistem E-Learning Classroom for Academic Menggunakan Dynamic System Development Method (DSDM) Studi Kasus : School of Engineering and Technology Tanri Abeng University Pramitha Dwi Larasati
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol. 3 No. 2 (2020): Volume III - Nomor 2 - Maret 2020
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47970/siskom-kb.v3i2.150

Abstract

Abstract—Revolusi industry 4.0 sering kita artikan sebagai sebuah perkembangan di era digital dalam segala bidang, terutama bidang pendidikan. Salah satu yang dimajukan adalah pembelajaran secara online. E-Learning merupakan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan secara online dan memungkinkan tenaga pengajar dan peserta didik untuk berinteraksi layaknya KBM pada umumnya tanpa tatap muka. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Dynamic System Development Method (DSDM) untuk proses pengembangan sistem dan Unified Modeling Language (UML) untuk perancangan desain sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah analisis sistem usulan dan desain rancangan sistem untuk dapat dikembangkan dan dimplementasikan menjadi sebuah sistem utuh.

Page 1 of 1 | Total Record : 6