cover
Contact Name
Niswatun Hasanah
Contact Email
jipiiaiqgresik@gmail.com
Phone
+6285643629009
Journal Mail Official
jipiiaiqgresik@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Bungah No. 1 Telp/Fax. (031) 3949500 Bungah Gresik.
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
ISSN : 20883048     EISSN : 25809229     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
The focus of JIPI Elementary School Teacher Education includes all aspects of scientific discussions about education at madrasah or school, educational innovations, and educational ideas covering: 1) research article, 2) conceptual idea, 3) review of the literature, and 4) practical experience.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 1 (2017): June" : 6 Documents clear
Pendidikan Islam dan Multikultural Ainul Khalim
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 15 No 1 (2017): June
Publisher : LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.587 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna pendidikan Islam multicultural secara global sebagai tambahan khazanah keilmuan dan. Mengetahui konsep M Amin Abdullah tentang pendidikan Islam multikultural. Serta mengetahui relevansi pemikiran M. Amin Abdullah tentangpendidikan Islam Multikultural terhadap kondisi pendidikan masa kini. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik Content Analisis (Kajian Isi). Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Induktif. Metode analisis induktif digunakan untuk memperoleh gambaran yang utuh tentang Pendidikan Islam Multikultural dalam PerspektifProf. M. Amin Abdullah dari beberapa sumber buku yang ada. Secara umum konsep pendidikan islam multicultural di dasarkan pada gagasan keadilan sosial dan persamaan hak dalam pendidikan. Menurut perspektif Prof. M. Amin Abdullah bahwa pendidikan Islam multicultural merupakan paradigma yang berprinsip bahwa manusia mempunyai hak hidup yang sama, masing-masing mempunyai cara untuk mempertahankan tradisi dan identitasnya sendiri dengan berbagai cara yang bisa dilakukan. Dan bertujuan membina manusia agar mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba allah dan khalifahnya
Pengaruh Penggunaan IT terhadap Prestasi Belajar Siswa Aminatun Habibah
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 15 No 1 (2017): June
Publisher : LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.216 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan IT . 2) Untuk mengetahui prestasi belajar . 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan IT terhadap prestasi belajar. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner atau angket yang disebarkan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian Berdasarkan analisis data diatas, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi dari penggunaan IT terhadap prestasi belajar, dan hasil prosentase dari perhitungan penggunaan IT sudah dalam taraf cukup dan prosentase prestasi belajar sudah baik
Kepemimpinan Kepala Madrasah Alimin Alimin
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 15 No 1 (2017): June
Publisher : LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.35 KB)

Abstract

Berdasarkan analisis data diatas, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang sedang atau cukupan dari pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi mengajar guru, meskipun hasil prosentase dari perhitungan pengaruh gaya kepemimpinan masih dalam taraf kurang baik dan prosentase motivasi mengajar guru dalam taraf cukup baik. Oleh karena itu, harus ada kerja sama antara sekolah, dan kinerja maupun kepemimpinannya untuk membantu memaksimalkan gaya kepemimpinan kepala madrasah demi lancarnya motivasi mengaja, karena ternyata pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh yang sedang atau cukupan dalam penerapan motivasi mengajar guru
Analisis Pemikiran Antonio Gramsci tentang Hegemoni Menurut Konsep Pendidikan Islam Qomaruddin Qomaruddin
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 15 No 1 (2017): June
Publisher : LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.337 KB)

Abstract

Hegemoni adalah sebuah sebuah upaya pemahaman akan suatu kelompok atau masyarakat dengan tujuan untuk merubahnya. Hegemoni menunjuk pada kuatnya pengaruh kepemimpinan dalam bentuk moral maupun intelektual, yang membentuk sikap kelompok yang dipimpin. Hal ini terjadi dalam citra konsensual yang diciptakan melalui pengaruh terselubung lewat pengetahuan yang disebarkan melalui perangkat-perangkat kekuasaan ataupun dengan pemaksaan. Dengan kata lain, hegemoni adalah sebuah mata rantai strategi memperoleh kemenangan yang lebih banyak di dapat melalui mekanisme konsensus daripada melalui penindasan dan pemaksaan terhadap kelompok lainnya. Gagasan ini muncul berbarengan dengan upaya Antonio Gramsci untuk memajukan revolusi sosialis dalam rangka menghancurkan tatanan dan sistem kapitalisme. Namun Antonio Gramsci menggunakan istilah ini sebagai konsep yang netral, tidak bersifat baik atau buruk. Artinya, ia menggunakan konsep hegemoni dalam kerangka realitas perjuangan kelompok dalam suatu tatanan masyarakat. Hegemoni suatu kelompok menunjukkan bahwa suatu kelompok tersebut telah mampu mempengaruhi kelompok sosial lainnya untuk menerima nilai-nilai politik, budaya, moral, adat, ajaran agama, ataupun nilai-nilai lainnya yang dikehendaki. Proses perebutan pengaruh tersebut dapat dilakukakan melalui lembaga-lembaga sosial masyarakat, termasuk lembaga pendidikan
Sejarah dan Peradaban Islam di Asia Tenggara Ah. Mukhotib
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 15 No 1 (2017): June
Publisher : LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.958 KB)

Abstract

Sejarah dan peradaban islam di Asia Tenggara dapat kita lihat pada beberapa negara seperti Filipina, Thailand, Singapura dan Malaysia. Minoritas muslim di Filiphina dan di Thailand merupakan kedudukan yang tak menyenangkan karena berada pada palu Separatis yang penuh semangat yang didukung oleh gerilya dan landasan-landasan persatuan nasional. Lingkungan politik di Malaysia ini kelihatannya telah menandai kelangsungan kebangkitan Islam. Meskipun sangat diragukan bahwa kalangan radikal dan fundamentalis akan mampu mencapai tujuan mereka. Barangkali kita akan melihat kekerasan sporadis yang berlanjut karena aktivitas-aktivitas yang frustasi. Yang lebih penting, kebijakan-kebijakan di Malaysia telah membantu meningkatkan rasa identitas Islam dan ini akan menimbulkan pengaruh jangka panjang dalam sistem-sistem politik mereka
Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik Mochamad Chairudin
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol 15 No 1 (2017): June
Publisher : LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.688 KB)

Abstract

Pesantren dalam hubungannya dengan peningkatan strategi pengembangan merupakan isu aktual pada perbincangan kepesantrenan.Pengembangan pesantren merupakan sebuah keniscayaan, karena kelahiran pesantren sendiri merupakan hasil proses interaksi antar Muslim di Indonesia dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok mereka terhadap pendidikan Islam. Penelitian kualitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi pengembangan sebuah pondok pesantren dan menghasilkan bahwa strategi pengembangan Pondok Pesantren Qomaruddin terdiri dari : Pengembangan kelembagaan, Sumber daya (ketenagaan), Kurikulum, Santri ( siswa / mahasiswa) dan alumni, Lingkungan, Sarana dan Prasarana, serta aspek pengembangan sumber dana. Dengan kelemahan kekurangan sumber daya manusia

Page 1 of 1 | Total Record : 6