cover
Contact Name
JUISI
Contact Email
juisi@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
juisi@ciputra.ac.id
Editorial Address
CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
ISSN : 24601306     EISSN : 24775452     DOI : https://doi.org/10.37715/juisi.v9i2.4214
Core Subject : Science,
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JUISI) terbit dua kali setahun (Februari dan Agustus), berisi tulisan hasil telaah konseptual dan hasil penelitian mengenai informatika dan sistem informasi. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JUISI) diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Publikasi Universitas Ciputra.
Articles 84 Documents
Rancang Bangun Sistem Pengelolahan Online Proposal pada Mata Kuliah Technopreneurship dengan Fitur Proses Coaching dan Mentoring Edwin Alexander
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.907 KB)

Abstract

IMT dan MIS merupakan beberapa program studi yang ada di Universitas Ciputra yang mewajibkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir dalam waktu 3 semester dengan tahapan Technopreneurship 1, Technopreneurship 2, dan Technopreneurship 3 dimulai dari semester 6 sampai semester 8. Pada Technopreneurship 1 merupakan tahapan untuk menyusun proposal untuk Technopreneurship yang akan dibuat. Dengan adanya technopreneurship 2 dan technopreneurship 3, yang diharapkan bisa sejalan dan sesuai dengan proposal yang telah disusun pada technopreneurship 1, maka proposal yang telah disusun pada technopreneurship 1 perlu disusun, diatur, dan disimpan dengan rapi dan teratur agar bisa dijadikan pegangan pada technopreneurship 2 dan technopreneurship 3. Selama ini pengumpulan, pemeriksaan, dan penyimpanan proposal masih menggunakan kertas yang merepotkan dosen dalam menyimpan berkas dan juga mahasiswa yang harus mencetak proposalnya. Hasil proposal yang telah diperiksa akan dikembalikan kepada mahasiswa dan kertas proposalnya akan menjadi sampah. Hasil pemeriksaan proposal kadangkala juga terlupakan oleh dosen yang memeriksa. Untuk mengurangi penggunaan kertas, digunakan media online untuk mengumpulkan proposal yang digunakan. Selain untuk menghemat penggunaan kertas, pembuatan system ini juga dapat memudahkan dosen untuk memeriksa proposal dan menyimpan data hasil pemeriksaan sehingga mudah diakses pada saat pengujian technopreneurship 3.
Hierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriori David Boy Tonara
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.253 KB)

Abstract

Market Basket Analysis adalah salah satu metode pada data mining yang menitik beratkan pada kecenderungan sifat yang sama pada sebuah kondisi. Pada implementasinya Market Basket Analysis sering digunakan untuk menganalisa kecenderungan pembelian seseorang pada saat yang sama. Salah satu kekurangan penggunaan Algoritma Apriori pada Market Basket Analysis adalah ketidakmampuannya untuk memperhatikan hirarki dalam membentuk model pengetahuan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan Algoritma Apriori hanya bekerja pada jajaran level yang sama. Artikel ini akan membahas mengenai modifikasi yang dapat dilakukan pada Algoritma Apriori sehingga dapat digunakan untuk menganalisa kecenderungan dengan memperhatikan hirarki. Modifikasi Algoritma Apriori ini diimplementasikan pada data dummy toko roti. Modifikasi algoritma Apriori menjadi memperhatikan hirarki atau pengkategorian menghasilkan rule-rule yang lebih inovatif dan tidak dapat dihasilkan dari algoritma Apriori biasa. Modifikasi algoritma Apriori ini tetap membutuhkan pengujian pada kondisi data dunia nyata, walaupun di atas kertas sudah terlihat kelebihannya dibandingkan algoritma Apriori standart.
Rancang Bangun Fitur Image Cropping Berbasis Web Stephanus Eko Wahyudi
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.212 KB)

Abstract

Sebuah situs web merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi yang dibutuhkan oleh organisasi dalam menyebarkan informasi. Salah satu kebutuhan utama dalam mengelola sebuah situs web adalah untuk menambah dan memperbaharui artikel dalam situs web, baik berupa tulisan maupun berupa gambar atau foto yang menyertainya. Dalam menambahkan sebuah foto dalam artikel web, seringkali ditemui permasalahan bahwa foto yang akan diupload harus terlebih dahulu diedit dengan menggunakan aplikasi editor gambar, setidaknya melakukan proses cropping untuk memperbaiki komposisi gambar. Terkait dengan hal ini dibutuhkan pengembangan sebuah aplikasi yang dapat dipergunakan untuk memotong area gambar (crop) seperti layaknya fitur standar yang ditemui pada aplikasi editor populer di pasaran. Fitur ini dikembangkan dalam bentuk aplikasi berbasis web yang dapat dimanfaatkan langsung pada halaman editor artikel, sehingga memudahkan administrator tanpa perlu membuka aplikasi lain yang juga belum tentu terinstal pada komputer yang dipergunakan untuk menambahkan artikel. Aplikasi dikembangkan pada sisi server maupun client, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan library PHPThumb pada sisi server, sedangkan pada sisi client dipergunakan HTML yang dilengkapi dengan JavaScript framework JQuery dengan plug-in JCrop. Hasil yang didapat adalah sebuah modul aplikasi yang dapat ditempatkan pada halaman administrator sebuah situs web, yang dapat dimanfaatkan dengan mudah. Aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah modul yang dapat diinstalasi dan dikonfigurasi dengan mudah agar dapat menyesuaikan dengan desain tampilan sebuah situs.
Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Mandarin Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android Yuliani Suhartono; Rinabi Tanamal
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.42 KB)

Abstract

Penggunaan Bahasa Mandarin sebagai bahasa internasional kedua menjadikan Bahasa Mandarin sebagai bahasa yang banyak dipelajari oleh orang. Orang tua yang mulai mengikutkan anaknya dalam lembaga kursus mandarin sejak dini dengan harapan anak menjadi terbiasa dan cakap dalam penggunaan Bahasa Mandarin. Tetapi pada anak sekolah dasar, sulitnya penyusunan kalimat dalam Bahasa Mandarin menjadi kendala utama anak dalam proses belajar Bahasa Mandarin. Pada penelitian ini, dibuatlah game edukasi berbasis Android yang diharapkan dapat membantu anak sekolah dasar dalam proses belajar Bahasa Mandarin. Pada game ini anak akan diajak untuk belajar menyusun kalimat dan mendengarkan pengucapan nada yang benar yang disertai gambar pendukung. Perancangan game ini dibuat berdasar hasil wawancara pengajar Bahasa Mandarin serta berdasar dari referensi beberapa lembaga kursus dan buku pelajaran Bahasa Mandarin. Kesimpulan penelitian ini adalah: aplikasi dapat digunakan pada anak sebagai media latihan dalam belajar membuat kalimat Bahasa Mandarin. Penambahan suara pada aplikasi membantu anak dalam menjawab pertanyaan, pada saat anak lupa akan bentuk kata yang dimaksud. Aplikasi hanya membantu anak yang telah atau sedang mempelajari Bahasa Mandarin, dan yang telah mampu membuat kalimat yang sederhana. Adanya error pada aplikasi dikarenakan adanya penggunaan kapasitas gambar yang cukup besar. Soal yang ditampilkan mampu mengakomodasi kesulitan yang bertingkat.
Rancang Bangun Photo Kiosk Berbasis Web Dengan Multiple Display Stephanus Eko Wahyudi
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.877 KB)

Abstract

Taking self portrait is one form of self-expression that is currently favored by people around the world. The development of Internet technologies as well as the technologies provided by gadgets allow the users to take a very good picture quality due to the high quality of the camera. The people need of self expression can be used to attract the crowd in a event organised in public places. Provision of Photo Kiosk facilities - a computer kiosk equipped with a camera, will be able to attract the visitors to try this activity. Results of the photo displayed on the screen in large measure around the location will also increase interest in using the application. This application was developed using web technology with three-tier system, using HTML, CSS, Jquery on the client side, and using PHP and MySQL on the server side. This applications tested in an event at the mall, where applications run well, although the image quality is closely related to the quality of the camera as well as the lighting conditions in the area of the exhibition site.
Rancang Bangun Sistem Informasi Inventori (Studi Kasus UD Sejahtera) Michael Christian Chandra; Trianggoro Wiradinata
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.052 KB)

Abstract

Inventory is known to be one of the most an important factor to ensure smooth sales process. Hence the company must ensure sufficient supplies so that the sales process is not hampered. A good inventory management is needed in order to ensure the sufficiency of inventory item. Common problems found in the inventory management are (1) delays, (2) limited stock, (3) and unfavorable stock items. Through seamless integration of inventory management systems, procurement, and sales processing, company can monitor the condition of the inventory, distribution of goods, monitoring the position of the goods with no difficulties. This study took U.D. Sejahtera as implementation object which previously had inventory management problem. After implementing the inventory management system, they managed to streamline their procurement, inventory and sales process effectively and efficiently. The impact of the implementation were owner and managers able to focus on business expansion rather than trapped in daily routine problems.
Rancang Bangun Aplikasi Business Intelligence Berbasiskan Arsitektur Aplikasi Akuntansi Accurate Philbert Lukito Setiawan; Adi Suryaputra Paramita
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.914 KB)

Abstract

Technological developments had an impact on all aspects including in business. There is a problem when technology can’t be regulated properly cause a negative impact, this called big data. The solution for this problem is business intelligence which providing additional value in the data. When BI implemented, businesses can perform an analysis of the business and can be used as a strategy formulation. On the other hand, the development of technology in the business world also began in Indonesia. One of the applications most used by user is accurate. Due to the target market of accurate application of general market, accurate doesn’t have some special features that are required by the company. The purpose of this research is expecte to create busineess accurate intelligence on an architecture that can provide additional value for the company. This research focuses on the design and manufacture of business intelligence applications query the data that converts data from the database accurate data is ready to be analyzed. Making an application using Visual Basic programming language and database firebird. The process of needs analysis was conducted by interview, application studies, comparative studies and database studies. Based on the analysis, accurate database is mapped into four major subjects, namely sales, purchase, inventory and the person who becomes the source of the data from business intelligence made. For the test, the research uses a database of real companies that have used accurate application. From the test results, can disumpulkan that the application has successfully made the analysis based on source data that has been created.
Visualisasi Hasil Pemeriksaan Laboratorium Pasien Studi Kasus: Parahita Diagnostic Center Yonathan Ardy C; Halim Budi S.
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.782 KB)

Abstract

Medical Check Up is the important part to control people’s health. By checking up the health in laboratory can help to know someone’s health level. But, sometimes it is too difficult to read the result because the patient does not know the meaning for every items in the result. It means that patient can not conclude the result whether it is good or bad. Another problem faced by patient is the progress for the health level. Sometimes, patients do not have access to the earlier check up result. Visualization is a step to give a illustration to the people about specific description or exposure. Medical and Laboratorium Data Visualization is one step ahead to give the description about patients health level and condition. Thus, the the result can be delivered well. In this research, visualization method will be implemented to the laboratory result, especially for the numeric result. This study make the system which can visualize the patient laboratory result. Patients are also able to know and search the earlier result. The laboratory result is presented in graphical presentation in order to give the patients some description about health level. The system are able to ease the patient know their health condition.
Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Bekas Menggunakan Algoritma C4.5 Wimmie Handiwidjojo1; Ferry Kristian Sukendro
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.17 KB)

Abstract

The motorcycle as transportation vehicles have a fairly high number compared to other transportation vehicles. A lot of motorcycles are manufactured with a variety of brands, types, color, etc. No wonder, the motorcycle shop owners tend to be confused determining the attributes of motorcycles such as brand, type, color and production year which meet the market demand. To solve the problem, we build a system that can calculate the value of the attributes of the most influential in the sale of used motorcycles based on the available data. In this research, the authors used C4.5 algorithms to be implemented into the system. This system will calculate the total value of the gain of each attribute on motorcycle sales data. This research resulted a system that can record sales and purchases transactions to be used in the calculation of the gain of each attribute of motorcycle using C4.5 algorithms. The output of this system will show the value of the gain of each attribute (brand, type, color and production year). The highest position of the attribute means the highest value of the gain that also means it meets the market demand.
Analysis of MapReduce Model on Big Data Processing within Cloud Computing Marcellinus Ferdinand Suciadi
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.49 KB)

Abstract

Nowadays cloud computing is becoming a trend on big data processing. Google created MapReduce model to simplify the complex computation of big data processing by configuring and splitting the data into key/values pair to be processed in parallel, usually within a network of computers, then merge the results. However, MapReduce model has its limitations. Researchers have been trying to improve the model resulting in some newer models, such as Mantri, Camdoop, Sudo, and Nectar model. Each model exploits the different characteristics of MapReduce model to create improvements in different way and cases. Challenges and improvements still remain within these enhanced models, which open new possibilities on area of research.