cover
Contact Name
Riyana Rizki Yuliatin
Contact Email
riyanarizki.y@gami.com
Phone
+6281803736337
Journal Mail Official
riyanarizki.y@gami.com
Editorial Address
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : -     EISSN : 26217244     DOI : 10.29408/tmmt
Core Subject : Education, Art,
Jurnal TAMUMATRA (e-issn: 2621-7244) mempublikasikan hasil penelitian dan kajian analitis dalam bidang pendidikan seni dan seni pertunjukkan drama, tari, dan musik. TAMUMATRA terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021)" : 5 Documents clear
ESTETIKA PERTUNJUKAN DRAMA TRADISIONAL CUPAK GURANTANGDI SANGGAR DEWI ANJANI DUSUN KELOTOK DESA WAKAN KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR- Rahmani, Uhya Ruri Yuapi; Yuliatin, Riyana Rizki; Imtihan, Yuspianal
TAMUMATRA Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v3i2.3735

Abstract

This study aims to describe the aesthetics of the traditional drama performance of Cupak Gurantang in Kelotok Village, Wakan Sanggar Seni Dewi Anjani Village. The approach used in this study is a qualitative method. The aesthetic value in the traditional drama performance of Cupak Gurantang can be seen in terms of form, content and appearance. The form of the traditional drama drama Cupak Gurantang appears in aspects that support the performance which consists of forming elements such as, theme, setting / setting, plot, language, character and characterization, mandate, and supporting elements such as, stage layout, make up and fashion, lighting or lighting, and sound system. The component  form  of  the  performance  gives a  dynamic  impression  so  that  the message to be conveyed is received by the audience. The contents of the show can be  seen  from  the ideas or  ideas that  come  from the theme  of the  story,  the atmosphere that is displayed, and the message that contains human values that can be an example for social life. Appearances are seen from the talents and skills of the traditional drama drama Cupak Gurantang.
Penyelenggaraan Sala Hatedu 2021 Secara Virtual Wujud Mempertahankan Eksistensi Event Budaya Di Era Pandemi Azizah, Syifa Fiqri
TAMUMATRA Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v3i2.3666

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk 1. Mendiskripsikan dampak pandemi covid-19 pada event Sala Hatedu, 2. Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh seluruh pihak yang berkaitan dengan event Sala Hatedu, 3. Mendiskripsikan eksistensi event Sala Hatedu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode yang melibatkan transkrip wawancara secara langsung dengan penyelenggara event Sala Hatedu yaitu Turah Hartanto, serta hasil-hasil observasi yang telah dilakukan secara langsung dengan menyaksikan event Sala Hatedu di Taman Budaya Jawa Tengah saat event berlangsung, serta menyaksikan secara virtual melalui live streaming youtube event. Hasil dari wawancara yaitu, mengetahui bahwa event Sala Hatedu 2020 harus dibatalkan meskipun persiapan dari peserta dan penyelenggara sudah matang. Dampak yang dirasakan oleh kedua belah pihak yaitu pada segi tenaga, waktu, biaya, dan lain-lainnya. Selanjutnya, tantangan harus dihadapi oleh penyelenggara dan peserta event Sala Hatedu 2021 pada saat persiapan event, serta saat event sedang berlangsung. Semua tantangan berhasil dihadapi oleh penyelenggara dan peserta event Sala Hatedu dengan berbagai cara sehingga event dapat berjalan sesuai dengan rencana. Dengan dapat berlangsungnya event Sala Hatedu tahun 2021, hal ini dapat dikatakan bahwa penyelenggara berhasil mempertahankan eksistensi event Sala Hatedu yang sempat tidak terlaksana pada tahun 2020.
KESELARASAN GERAK, IRINGAN, DAN BUSANA PADA TARI DEWI SARASWATI Fatmasari, Intan; Murcahyanto, Hary
TAMUMATRA Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v3i2.3741

Abstract

This study aims to describe the harmony of motion, fashion, and accompaniment to the dance of Dewi Saraswati. The approach used in this study is qualitative method of descriptor. By using the theory of harmony of harmony is conformity, harmony, harmony, and harmony. Data collection techniques using observation techniques, interviews and data collection with documentation. Data analysis used consists of three stages, namely data reduction, display data, and verification. Harmony of motion, fashion, and accompaniment in the dance Dewi Saraswati can be seen in terms of movement using basic motion (variety of motion) Balinese dance has a happy atmosphere with a sweet face nose cerungu (sweet smile), kekuwub (Authority). The accompaniment sound that also has a happy atmosphere, happy with a slow tempo, while because a dancer becomes a figure of Goddess, fashion in addition to being a supporting element of fashion in the dance Dewi Saraswati is in accordance with the history of the Dance Dewi Saraswati. The results of this study describe that harmony in the dance of Dewi Saraswati can be seen from the motion, fashion, and accompaniment in accordance with the history of Dewi Saraswati dance.
REPRESENTASI PESAN MORAL PEMENTASAN TEATER BERJUDUL TUA KARYA PUTU WIJAYA rizky, shahal; Lubis, Fardiah Oktariani; Kusumaningrum, Rastri
TAMUMATRA Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v3i2.3694

Abstract

Teater merupakan salah satu seni pertunjukan kebudayaan yang memiliki konteks komunikasi stuktur dan realitas sosial dari satu orang ke orang lainnya. Dalam teater, kita bisa mengungkapkan segala hal pesan yang sangat bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung dalam pementasan tua karya Putu Wijaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan cara mengumpulkan dokumen dalam bentuk audio, video, kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan tatanan signifikansi yang terdiri dari konotasi, denotasi, dan mitos. Dalam Penelitian ini, nanti kita bisa menyimpulan 1) Bagaimana kita mengetahui analisis makna denotasi pada pementasan tua karya Putu Wijaya yang dipentaskan oleh Teater Lima Wajah Bandung, 2) Untuk mengetahui analisis makna konotasi pada pementasan Tua Karya Putu Wijaya, dan 3) Untuk mengetahui makna mitos yang terdapat dalam pementasan Tua karya Putu Wijaya.
MENILIK MAKNA SEMIOTIKA GERAK TARI BAT KOKO DALAM MUSIK CIMOL Muttaqin, Zainul; Hardianti, Wiwin; Yuliatin, Riyana Rizki
TAMUMATRA Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/tmmt.v3i2.3381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotika gerak tari Bat Koko pada musik Cimol di Sanggar Cupu Mas, Dusun Ramban Biak, Desa Lenek, Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan yaitu simak catat dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi. Penggunakan teori gerak tari dan teori Semiotika Charles Shander Pierce untuk mengulas makna gerak pada Tari Bat Koko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna yang ditimukan dalam gerak Tari  Bat Koko secara qualisign terdapat dalam gerak rembaq ures, teleq gendang, tarian gendang dan surut udang. Makna secara sinsign terdapat dalam gerak rembaq ures, teleq gendang, tarian gendang dan surut udang, sedangkan makna secara legisign terdapat dalam gerak tarian gendang dan surut udang.Kata Kunci: Gerak Tari; Makna Semiotika; Tari Bat Koko

Page 1 of 1 | Total Record : 5