cover
Contact Name
Muhammad Amran Shidik
Contact Email
amranshidik@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
bioedu@unimor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Timor
ISSN : -     EISSN : 25276999     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017" : 7 Documents clear
Studi Karakter Morfologis Serbuk Sari Kacang Kratok (Phaseolus lunatus L.) menggunakan Scanning Electron Microscope sebagai Media Belajar Biologi SMA Bria, Emilia Juliyanti
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keragaman genetik makhluk hidup dapat dicandra melalui kenampakan morfologis. Salah satu karakter yang yang berperan penting adalah karakter serbuk sari pada tumbuhan. Serbuk sari yang kecil dapat diamati menggunakan mikroskop. Scanning Electron Microscope (SEM) menghasilkan gambar yang lebih jelas dan akurat. Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji karakter mikromorfologis kacang kratok (Phaseolus lunatus L.) dan pemanfaatannya sebagai salah satu media belajar biologi SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan beberapa literatur. Obyek kajian penelitian ini meliputi unit serbuk sari, bentuk serbuk sari, ukuran serbuk sari, apertura dan ornamentasi eksin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kacang kratok dikategorikan sebagai tumbuhan dengan serbuk sari tipe monad, bentuk subspheroidal, ukuran medium, trikolporat, dan ornamentasi eksin retikulat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu media belajar Sekolah Menengah Atas
Evaluasi Pengelolaan Laboratorium IPA SMP dan SMA di Kabupaten Belu, TTU, TTS dan Malaka Manlea, Hermina
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laboratorium adalah ruangan atau tempat yang dilengkapi dengan alat-alat dan bahan-bahan yang sesuai untuk pengajaran sains atau pelaksanaan praktikum sains. Pengelolaan laboratorium dari segi struktur organisasi, aktivitas dan fasilitas perlu dievaluasi untuk meningkatkan kesadaran keefektifan pembelajaran sains dan peningkatan keamanan laboratorium ke level optimum. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui 1) prosedur manajemen pengelolaan laboratorium IPA sekolah, 2) kondisi aktivitas laboratorium IPA sekolah, 3) kondisi fasilitas laboratorium IPA sekolah di kabupaten Belu, TTU, TTS dan Malaka tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif. Teknik penelitian ini adalah observasi dan wawancara ke 27 sekolah yang tersebar di 4 kabupaten tersebut dengan menggunakan lembar survei yang diberikan ke setiap sekolah. Hasil yang diperoleh adalah manajemen laboratorium IPA sekolah belum dilaksanakan oleh semua sekolah secara baik. Sebagian besar sekolah memiliki struktur organisasi laboratorium IPA tetapi belum memiliki deskripsi tugas yang jelas dan komprehensif. Sebagian sekolah belum memiliki tata tertib penggunaan laboratorium IPA untuk umum, guru dan siswa. Hampir semua sekolah belum memiliki SOP untuk penggunaan dan pengeloolaan laboratorium IPA sekolah. Aktivitas laboratorium IPA sekolah belum bisa dikategorikan baik. Hal ini disebabkan oleh ketiadaan: kartu stok laboratorium, daftar alat dan bahan untuk setiap pelaksanaan praktikum, label, format permintaan alat dan bahan, program semester kegiatan laboratorium, jurnal kegiatan dan jadwal kegiatan laboratorium. Fasilitas laboratorium IPA di semua sekolah sangat memadai dan dalam kondisi yang baik. Hal ini merupakan faktor pendukung untuk pelaksanaan praktikum yang sesuai kurikulum
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMAN Miomaffo Tengah pada Materi Sistem Eksresi pada Manusia dengan Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran Sila, Vinsensia U.R.
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa kelas XI SMAN Miomaffo Tengah pada materi system ekskresi pada manusia dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2016 di SMAN Miomaffo Tengah, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI pada Semester Genap T.A 2015/ 2016 sebanyak 17 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa Lembar Kerja Siswa dan variabel terikat berupa aktivitas belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Hal ini dilihat dari peningkatan dari aktivitas belajar siswa setiap siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 2,40 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3,60 dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran pada materi system ekskresi pada manusia yang dilaksanakan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berhasil karena aktivitas siswa meningkat.
Isolasi Bakteri Asam Laktat Pada Perendaman Biji Gude (Cajanus cajan (L) Millsp.) Sine, Yuni; Fallo, Gergonius
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bakteri asam laktat merupakan mikroorganisme yang berperan sangat penting dalam proses fermentasi tempe, terutama pada proses perendaman substrat untuk fermentasi, dan bakteri asam laktat berperan dalam penurunan pH dan menjadi inhibitor bagi mikroorganisme yang menyebabkan kontaminan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri asam laktat yang terdapat dalam air rendaman biji gude (Cajanus cajan (L) Millsp.) yang digunakan sebagai substrat fermentasi tempe. Bakteri asam laktat diisolasi dengan metoda pengenceran secara pour plate, dan diinokulasikan ke dalam medium deMann Rogosa Sharpe Agar (MRSA). Kemudian karakter morfologi koloni dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan dua isolate bakteri yaitu bakteri dengan kode BAR1 dan BAR2, BAR1 yang diisolasi adalah berbentuk bulat, memiliki elevasi cembung, tepian licin, berwarna putih susu, bentuk sel basil pendek, gram positif, spora negatif, katalase negatif, non motil, menghasilkan gas, reduksi nitrat negatif, mirip dengan Lactobacillus sp. Sedangkan isolat BAR2 berbentuk bulat, memiliki elevasi cembung, tepian licin, berwarna putih susu, bentuk sel coccus, gram positif, spora negatif, katalase negatif, non motil, tidak menghasilkan gas, reduksi nitrat negatif, mirip dengan Pediococcus sp.
Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Proses Pembelajaran Di SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu Tahun Ajaran 2016/2017 Faot, Wendelinus; Oetpah, Fincensius
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Kota Baru dengan tujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran Biologi dengan penggunaan Media komunikasi dan intrenet dalam meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIIA SMPN Kota Baru.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang yang dibagi dalam dua rombongan belajar yaitu kelas VIIIA berjumlah 19 orang dan VIIIB berjumlah 23 orang. Sampel yang diambil menjadi kelas perlakuan/eksperimen adalah kelas VIIIA dengan pembelajaran menggunakan Media komputer dan internet dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yakni membandingkan dua kelompok yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet atau kelas eksperimen dan kelompok yang tidak menggunakan media komunikasi dan internet atau kelas kontrol. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen yaitu peneliti menggunakan kelas- kelas untuk eksperimen tanpa membentuk kelas baru. Berdasarkan perhitungan analisis data nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,05 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 75,04. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,86, selanjutnya diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,101. Kriteria pengujian adalah jika harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengujian terbukti bahwa thitung > ttabel yaitu 2,86 > 2,101. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media komunikasi dan internet lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIIA SMPN Kota Baru.
Pengaruh Mangan Sebagai Unsur Hara Mikro Esensial Terhadap Kesuburan Tanah dan Tanaman Seran, Regina
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanaman selain membutuhkan unsur hara makro juga membutuhkan unsur hara mikro. Salah satu unsur mikro adalah mangan (Mn) yang banyak terdapat di alam dalam bentuk feromagnesit. Sampai saat ini masih belum banyak penelitian yang diarahkan untuk hubungan Mn dan tanah tanaman sehingga review ini difokuskan untuk melihat hubungan antara unsur Mn dan tanah tanaman. Bagi tanaman Mn berperan penting sebagai pengaktif enzim, diantaranya enzim pentransfer fosfat dan enzim dalam siklus krebs. Unsur Mn juga penting dalam reaksi oksidasi-reduksi, metabolisme N, klorofil dan karbohidrat. Selain itu Mn merupakan bagian penting dari kloroplas dan turut dalam reaksi yang menghasilkan oksigen. Tanah biasanya mengandung Mn sebesar 20-3000 ppm, dengan rata-rata 600 ppm. Tanah akan mengalami defisiensi atau kekurangan Mn jika di bawah 20 ppm, dan akan mengalami keracunan jika lebih dari 3000 ppm. Konsentrasi normal Mn dalam jaringan tanaman pada umumnya terletak antara 50 ppm-200 ppm, dan pada konsentrasi 400 ppm, telah masuk ke dalam kategori kelebihan Mn yang dapat menimbulkan gejala-gejala keracunan.
Ekstrak Alelopati Organ Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L.) terhadap Pertumbuhan Sawi (Brassia chinensis L.) Kolo, Maria Magdalena
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 1 (2017): Jurnal BIO-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alelopati tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassia chinensis L.). Alelopati diperoleh dari ekstraksi beberapa organ tanaman tomat yaitu organ buah, daun, batang dan akar. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Timor, kelurahan sasi, kecamatan kota Kefamenanu, kabupaten Timor tengah utara, provinsi Nusa Tenggara Timur. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian yaitu rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan, ekstrak alelopati organ buah, daun, batang dan akar dengan masing-masing perlakuan diulang tiga kali. Adapun parameter pengamatan yang dilakukan yaitu daya berkecambah, potensi tumbuh maksimum, kecepatan tumbuh dan berat kering kecambah normal. Hasil penelitian berdasarkan analisis sidik ragam menggunakan rancangan acak lengkap pada taraf uji 0,05% dan 0,01% menunjukkan alelopati dari organ buah, daun, batang dan akar tanaman tomat tidak memberikan pengaruh yang nyata pada semua parameter yang diamati dalam penelitian ini yakni daya berkecambah, berat kering kecambah normal, potensi tumbuh maksimum dan kecepatan tumbuh kecambah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7