cover
Contact Name
Durinda Puspitasari
Contact Email
jpap@unesa.ac.id
Phone
+6282318003366
Journal Mail Official
jpap@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya 60231 Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
ISSN : -     EISSN : 23389621     DOI : https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran Pendidikan Administrasi Perkantoran dan bidang studi Ilmu Administrasi Perkantoran yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan, lembaga pendidikan tinggi, dunia usaha dan industri terutama yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran manajemen kantor, manajemen arsip, sistem manajemen kualitas, komunikasi kantor, manajemen sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, dan perilaku organisasi pendidikan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019)" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PENGOPERASIAN TRANSAKSI ONLINE KELAS X MP 1 DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO BAGUS SETIA BUDI, ANANG
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk menyampaikan isi atau pesan yang lebih menarik sehingga akan menumbuhkan keinginan dan motivasi belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan evaluasi siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online Kelas X MP 1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan prosedur penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop) dan Penyebaran (disseminate). Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire dinyatakan melalui validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa dan evaluasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase dari validasi ahli materi sebesar 84,3%, validasi ahli media sebesar 88,6% dan validasi ahli bahasa sebesar 88,3% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil lembar evaluasi siswa memperoleh rata-rata persentase 91,6% dengan persentase sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Transaksi Online Abstract Media learning is everything used in the learning process that aims to deliver content or messages that are more interesting so that it will foster the desire and motivation of learning for students. This research aims to find out how development, feasibility, and evaluation of the students against the media-assistes interctive learning on Basic Competence Lectora Inspire Apply the Operation of Online Transactions Class X MP 1 at SMK 2 Buduran Sidoarjo. This type of research is a research and development research (R & D) with 4D research procedures consists of 4 stages namely Definition (define), Design (design), Development (develop) and Deployment (disseminate). The eligibility rate of assisted interactive learning media Lectora Inspire stated through expert validation materials, validation, validation media expert linguists and evaluation of students. Based on the results of the study, the average percentage of expert material validation of 84.3%, media expert validation of 88.6% and validation of linguists of 88.3% with a very worthy category. While the results of the evaluation sheet of the students gained an average of 91.6% percentages with percentage of very decent, so it can be concluded that interactive learning media assisted by Lectora Inspire is appropriate to be used in the learning process, especially in Basic Competencies in Implementing Online Transaction Operations. Keyword: Learning Media Development, Lectora Inspire, Online Transactions
EFEKTIVITAS APLIKASI WORKFLOW DALAM PENEMUAN KEMBALI ARSIP DI PDAM SURYA SEMBADA SURABAYA DWI ERDIANI, IRNANDA; SURATMAN, BAMBANG
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Segala aktivitas perkantoran membutuhkan perangkat komputer dengan berbagai software. Penerapan teknologi informasi sangat diperlukan untuk membantu melakukan pengelolaan terhadap surat-surat baik surat internal maupun eksternal. Salah satu aplikasi kearsipan elektronik yang dibuat oleh bagin TSI PDAM Surya Sembada Surabaya adalah aplikasi workflow. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan aplikasi workflow dalam penemuan kembali arsip, keefektivan penerapan aplikasi workflow dalam penemuan kembali arsip, menganalisis faktor pendukung dan penghambat pemakaian aplikasi workflow dalam penemuan kembali arsip dan menganalisis kelemahan dan kelebihan pemakaian aplikasi workflow dalam penemuan kembali arsip. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang informan bagian Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada Surabaya. Teknik analisis data dalam penelitian ini model Miles & Huberman dengan menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi workflow merupakan: 1) fleksibel dibuktikan dengan proses pengindeksan yang dapat dimodifikasi berdasarkan prosedur yang telah dikembangkan, 2) mudah diadaptasikanyakni dapat diterima dengan baik oleh organisasi dan lingkungan, 3) fungsional yakni berguna untuk input berkas masuk maupun keluar dan memonitoring surat-surat di PDAM Surya Sembada Surabaya 4) sistematis yakni proses pengarsipan dan penemuan kembali arsip menjadi lebih cepat dan sistematis. 5) sederhana, aplikasi workflow dalam penerapannya dilengkapi fitur pilihan pencarian arsip yang berdasarkan 3 (tiga) keyword yakni: Pengirim, No Eksternal dan No Internal yang dapat membantu para pengguna. 6) pemanfaatan sumber daya yang optimal ditujukan kepada semua pegawai bagian Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada Surabaya. Faktor pendukung dari penerapan aplikasi workflow yaitu menggunakan database oracle 10g dan mempunyai kelebihan yakni dapat melacak alur surat, fitur pengarsipan lengkap sehingga memudahkan user dalam penginputan arsip dan menghemat waktu dalam bekerja. Kata Kunci: Efektivitas, Workflow, Penemuan Kembali Arsip Abstract All office activities require computer devices with various software. The application of information technology is very necessary to help manage the letters both internal and external letters. One of the electronic filing applications made by TSI PDAM Surya Sembada Surabaya is a workflow application. The purpose of this study is to analyze the application of workflow applications in archival rediscovery, the effectiveness of applying workflow applications in the refinding of archives, analyzing supporting factors and inhibiting the use of workflow applications in refinding archives and analyzing weaknesses and excess use of workflow applications in the refinding of archives. The research approach used in this research is a qualitative research approach using the type of phenomenological qualitative research. The subjects in this study were 3 (three) informants, part of the Secretariat and Public Relations of PDAM Surya Sembada Surabaya. The data analysis technique in this study is the Miles & Huberman model using source triangulation. The results of the study show that the use of workflow applications is: 1) flexible proven by indexing processes that can be modified based on developed procedures, 2) easily adapted to acceptable organization and environment, 3) functional which is useful for inputting files in and out and monitoring the documents in PDAM Surya Sembada Surabaya 4) systematically, the process of filing and rediscovery of archives becomes faster and more systematic. 5) Simple, application workflow in its application is equipped with an archive search option feature based on 3 (three) keywords, namely: Sender, No External and No Internal that can help users. 6) optimal resource utilization is directed to all employees of the PDAM Surya Sembada Surabaya Secretariat and Public Relations. Supporting factors of the application of workflow applications are using Oracle 10g database and have the advantage of being able to track mail flow, complete archiving features so as to facilitate users in inputting files and saving time in work. Keywords: Effectiveness, Workflow, Archive Refinding.
PENGARUH SARANA PRASARANA DAN LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA PENGUNJUNG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SIDOARJO NAZILATUR ROHMAH, UMI
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perpustakaan sebagai tempat dihimpunnya berbagai bahan pustaka didirikan untuk memenuhi minat baca pengunjung. Minat baca disini dipengaruhi oleh kondisi sarana prasarana dan layanan perpustakaan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kondisi sarana prasarana, layanan perpustakaan, dan minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (2) Untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (3) Untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (4) Untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana dan layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang mengambil sampel sebanyak 72 pengunjung dari total populasi sebanyak 90 pengunjung. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan (1) Kondisi sarana prasarana dan layanan perpustakaan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo sudah baik dan memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota, sedangkan kondisi minat baca pengunjung berdasarkan hasil jawaban kuisioner didapat nilai skor rata-rata 4,1 dari rentang skor 0,00 ? 5,00 yang temasuk kategori setuju. Sehingga pengunjung merasa ketersediaan sarana prasarana dapat meningkatkan minat baca pengunjung, (2) Terdapat pengaruh secara parsial antara sarana prasarana terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (3) Terdapat pengaruh secara parsial antara layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (4) Terdapat pengaruh positif secara simultan antara sarana prasarana dan layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Kata Kunci: sarana prasarana, layanan perpustakaan, dan minat baca
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN UNTUK SISWA KELAS X OTKP 2 DI SMK PGRI 2 SIDOARJO JANNAH, MIFTAQUL
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul, kelayakan modul, respon siswa terhadap modul berbasis Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk siswa kelas X OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa kelas OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Objek penelitian adalah pengembangan modul berbasis Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Instrumen penelitian yaitu berupa lembar validasi modul ahli materi, bahasa, dan kegrafikan dan lembar angket respon siswa. Analisis data ini bertujuan untuk mengukur penilaian validasi ahli materi, bahasa, kegrafikan, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada proses pengembangan modul menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Kemudian hasil kelayakan modul diketahui melalui hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 83.75% yang memperoleh kategori sangat layak, hasil validasi bahasa dengan persentase sebesar 87.69% yang memperoleh kategori sangat layak, hasil validasi kegrafikan dengan persentase sebesar 88% yang memperoleh kategori sangat layak. Respon siswa didapatkan dari proses uji coba terbatas oleh 15 siswa kelas X OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo dengan mengisi lembar respon siswa dengan persentase sebesar 97.7% yang memperoleh kategori sangat baik. Sehingga dengan pengembangan modul Teknologi Perkantoran sangat layak digunakan untuk bahan ajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan Modul, kurikulum 2013, Teknologi Perkantoran. Abstract This study aims to determine the module development process, module feasibility, student responses to the 2013 Curriculum-based modules on Office Technology subjects for class X OTKP 2 at SMK PGRI 2 Sidoarjo. This type of research is research and development. The subjects of this study were 15 OTKP 2 students at SMK PGRI 2 Sidoarjo. The object of research is the development of a 2013 Curriculum-based module on Office Technology subjects. The research instruments were in the form of material expert module validation sheets, language, and graphics and student response questionnaire sheets. This data analysis aims to measure the assessment of material expert validation, language, graphics, and student response questionnaires. The results of the research on the module development process used a 4-D development model consisting of defining, designing, developing, distributing. Then the results of module feasibility are known through the results of material expert validation with a percentage of 83.75% which obtained a very feasible category, the results of language validation with a percentage of 87.69% which obtained a very feasible category, the results of graphical validation with a percentage of 88% who obtained a very feasible category. Student responses obtained from the trial process were limited by 15 students of class X OTKP 2 in SMK PGRI 2 Sidoarjo by filling the student response sheet with a percentage of 97.7% which received a very good category. So that the development of Office Technology modules is very feasible to be used for student teaching materials. Keywords: Module Development, 2013 curriculum, Office Technology.
PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BARANG DAERAH (SIMBADA) TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA PROVINSI JAWA TIMUR MAULIDYA, ELZA; SURATMAN, BAMBANG
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Keberhasilan sebuah instansi dapat dilihat dari apabila tujuan yang mereka rencanakan terlaksana, setiap perencanaan haruslah diikuti oleh aktivitas kantor yang baik. Aktivitas kantor tersebut tidak terlepas dari sistem informasi manajemen, karena sistem informasi manajemen merupakan aplikasi yang menunjang kinerja perusahaan dimana sangat diharapkan mampu berkontirbusi dalam memberikan keputusan, sebuah informasi, dan membantu proses operasional perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu sebanyak 23 pegawai dari total populasi sebanyak 30 pegawai. Teknik pengumpulan yang digunakan oleh peneliti adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis dari uji koefisien determinasi mengenai pengaruh Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (X) terhadap kinerja pegawai (Y) adalah sebesar 69,5% dan kontribusi pengaruh variabel lain sebesar 30,5%. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA), Regresi Linier Sederhana, Kinerja Pegawai. Abstract The success of an institution can be seen if the goals they plan are implemented, every plan must be followed by good office activities. Office activities are inseparable from management information systems, because management information systems are applications that support company performance where it is expected to be able to contribute in making decisions, information, and helping the companys operational processes. Therefore this research was conducted to find out whether there was the influence of the Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) on the Employee Prefomance Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. The data analysis technique used by researchers is a descriptive technique with a quantitative approach. The sample used by researchers is 23 employees from a total population of 30 employees. The collection techniques used by researchers were questionnaires, observations, and documentation. The results of the analysis of the test coefficient of determination regarding the influence of the Regional Goods Management Information System (X) on employee performance (Y) is 69.5% and the contribution of the influence of other variables is 30.5%. Keywords: Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA), Simple Linear Regression, Employee Performance.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SURAT NIAGA DI SMK 2 KRIAN DWIPA DARMA SENA, HANGGER
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing khususnya dalam dunia kerja mendatang. Pemerintah telah banyak melakukan inovasi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dari segi tenaga pengajar, fasilitas, kurikulum. Salah satu fasilitas penting yang dapat menunjang berhasilnya pendidikan yaitu teknologi, pada era berkembangnya teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran audio visual berbasis animasi memiliki daya tarik sehingga bukan hanya dapat menerangkan materi yang sulit tetapi media animasi juga dapat menarik perhatian untuk memberikan motivasi peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan) ,develop (Pengembangan), disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli materi,1 ahli media, dan 15 peserta didik kelas X APK SMK 2 Krian. Penelitian ini akan menunjukkan kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis animasi sehingga dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian pengembangan media audio visual untuk menambah variasi bahan ajar pendukung bagi peserta didik agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis animasi dari ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Dari ahli media memperoleh kriteria layak, serta hasil dari angket respon siswa memperoleh kriteria sangat layak. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis animasi pada mata pelajaran korespondensi kelas X APK SMK 2 Krian ?Sangat Layak? digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan menambah variasi bahan ajar pendukung bagi peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan Media, Audio Visual, Materi Korespondensi Abstract Education has an important role in improving the quality of human resources in order to compete especially in the world of work ahead. The government has made many innovations to improve the quality of education in Indonesia in terms of teaching staff, faciolities, curriculum. One important facility that can support the success of education is technology, in the era of development technology can be used as a means to support the learning process. Animation- based audio visual learning media has an appeal so that not only can it explain difficult material but animation media can also attract attention to motivate students to be involved in the learning process. The learning media development model used is the 4-D development model which consists of four main stages, namely Define, Design, Develop, Disseminate. The subjects of this study were 2 materials experts, 1 media expert, and 15 X grade students APK 2 Krian Vocational School. This study will address the feasibility of animation-based audio-visual learning media so that it can be used in learning activities. In the development of media audio visual is to increase the variety of supporting teaching materials for students so that learning activities be come effective and efisient. The result of the validation of the development of animation-based audio visual learning media from material experts obtained an very feasible criteria. From media expert obtain an eligible criteria, an the results of student questionnaire responses obtain an very decent criteria. It can be concluded that the development of audio visualbased animotion learning media in class X correspondence subjects APK of Krian 2 Vocational School?Very Worthy? is used in teaching and learning activities. Keyword: Media Development, Audio Visual, Correspondence Material
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SOOKO , YULIATININGSIH
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Peneliti melakukan penelitian mengenai pengembangkan media pembelajaran mobile learning mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran ini dengan sebab karena proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas masih menggunakan media PowerPoint yang berbantu LCD dan Proyektor saja, serta media tersebut sepenuhnya belum dapat menarik perhatian dan minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Terdapat beberapa tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui: (1) Perbedaan media pembelajaran sebelum dan sesudah dikembangkan, (2) Kelayakan media pembelajaran mobile learning, (3) Evaluasi siswa terhadap media pembelajaran mobile learning. Penelitian ini termasuk kelompok penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian dalam pengembangan media ini yaitu lembar validasi ahli materi dan media, serta evaluasi siswa. Lembar validasi ahli materi terdiri dari 1 dosen program studi pendidikan administrasi perkantoran unesa dan 1 guru pengantar administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Sooko, sedangkan validasi ahli media terdiri dari 1 dosen multimedia Unesa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X APK2 yang berjumlah 20 orang. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 81,46% dan sebesar 81,66% diperoleh berdasarkan penilaian validasi ahli media yang keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Evaluasi siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,08% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan evaluasi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media mobile learning sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pengantar administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Sooko.Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Mobile Learning.AbstractResearchers conducted research on the development of mobile learning learning media for introductory office administration subjects because the learning process carried out in the classroom still uses LCD media and projector-only PowerPoint media, and the media has not been able to attract attention and interest in students learning. learning process. There are several objectives of this study, namely to find out: (1) Differences in learning media before and after being developed, (2) Feasibility of mobile learning media learning, (3) Student evaluation of mobile learning learning media. This research included the R & D research group using a 4-D development model. The research instruments in the development of this media are material and media expert validation sheets, as well as student evaluations. The validation sheet of the material expert consists of 1 lecturer in an office administration administration study program and 1 introductory teacher of office administration at Sooko 1 State Vocational School, while the validation of media experts consists of 1 multimedia lecturer at Unesa. The subjects used in this study were students of class X APK2 which numbered 20 people. The results of the material expert validation obtained an average percentage of 81.46% and 81.66% were obtained based on the validation assessment of media experts who were both included in the very feasible category. Evaluation of students obtain an average percentage of 92.08% with a very decent category. Based on the results of the validation of material experts, media experts, and student evaluations, it can be concluded that mobile learning media is very feasible to be used as an introductory learning media for office administration in Sooko 1 State Vocational School. Keywords: Development media, Learning Media, Mobile Learning.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS DAN MEMBUAT SURAT DINAS PADA SISWA KELAS X APK DI SMK 2 KRIAN SIDOARJO ZUMROTUSH SHOLIHAH, AFIFAH; ELIZABETH R, MEYLIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Peran pendidikan dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia agar memiliki kepribadian dan daya saing sangatlah besar. Proses pembelajaran memerlukan perhatian khusus agar peserta didik dapat dikondisikan untuk belajar dengan baik. Pembelajaran efektif dapat berlaku jika guru mampu memanfaatkan sumber dan media pembelajaran sesuai tuntutan kurikulumnya. Media pembelajaran sangat menunjang keberlangsungan proses pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Model pengembangan yang digunakan dalam jenis penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan 4D yang dibagi menjadi 4 tahap utama yakni define, design, develop, and disseminate. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli bahasa, dan 20 siswa kelas X APK 2 SMK 2 Krian Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi pengembangan media berbasis adobe flash dari validator ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Dari validator ahli media memperoleh kriteria sangat layak. Dari validator ahli bahasa memperoleh kriteria sangat layak, serta hasil dari angket respon siswa memperoleh kriteria sangat layak. Dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash kompetensi dasar menganalisis dan membuat surat dinas mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X APK 2 SMK 2 Krian Sidarjo ?Sangat Layak? digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Pengembangan Media, Adobe flash, Mata Pelajaran Korespondensi Abstract The role of education in improving and developing human resources in order to have a personality and supportive competitiveness. The learning process requires special attention so that students can be conditioned to study well. Effective learning can apply if the teacher is able to make use of learning resources and media according to the demands of the curriculum. Learning media is very supportive of the continuity of the learning process to be more creative and innovative so students more easily understand the material. The development model used in this type of research and development is the 4D development model is divided into 4 main stages, namely define, design, develop, and disseminate. The subject of this study consisted of 2 material experts, 1 media expert, 1 linguist, and 20 X grade students APK 2 SMK 2 Krian Sidoarjo. This study aims to develop adobe flash-based learning media that are suitable for use in the learning process. The validation results of the development of adobe flash based media from material expert validators obtained with very worthy criteria. From the validator the media expert obtained with very worthy criteria. From the validator linguists obtained with very worthy criteria, and the results of the student questionnaire responses obtained with very worthy criteria. It can be concluded that the development of adobe flash based learning media basic competencies analyzes and makes official letters of correspondence subjects in class X APK 2 SMK 2 Krian Sidarjo "Very Worthy" of being used in teaching and learning activities. Keyword: Media Development, Adobe flash, Correspondence
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN METODE DRILL PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS DAN MEMBUAT SURAT DINAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO RAHAYU, LILIS; ROSY, BRILLIAN
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example dan metode Drill pada kompetensi dasar menganalisis dan membuat surat dinas siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah experiment research dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dan rancangan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X OTKP SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto yang berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian yang diambil menggunakan purposive sampling dengan mengambil hasil nilai UTS yang hampir memiliki rata-rata nilai sama dan didapat 2 kelas yaitu X OTKP 1 sebagai experiment class dan X OTKP 3 sebagai control class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada pretest dan posttest experiment class yaitu 55,5 dan 92,65; control class nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 55,5 dan 86,31, sedangkan gainscore experiment class 37,1 dan control class 30,93 Berdasarkan uji t posttest dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.0 melalui uji statistika Independent Sample Test menunjukkan bahwa perolehan perhitungan uji t yaitu taraf signifikansi sebesar 0,00<0,05 dan thitung (4,145)>ttabel (1.998). Uji t gainscore pada experiment class dan control class menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0,01<0,05 dan thitung>ttabel (2,566>1.998). Berdasarkan dari analisis uji t posttest dan gainscore diatas dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan metode Drill pada kompetensi dasar menganalisis dan membuat surat dinas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non Example, Metode Drill dan Hasil Belajar SiswaAbstract The purpose of this study was to determine the differences in student learning outcomes using Example Non Example learning models and drill methods on basic competencies analyzing and making official letters of X OTKP students at Sooko Mojokerto 1 State Vocational School. This type of research is experimental research using the Quasi Experimental Design research and the Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all class X OTKP of SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto which numbered 96 students. The research sample was taken using purposive sampling by taking the results of the UTS score which almost had the same average value and obtained 2 classes namely X OTKP 1 as the experimental class and X OTKP 3 as the control class. The results showed that the average values at the pretest and posttest experiment class were 55.5 and 92.65; control class the average value of pretest and posttest is 55.5 and 86.31, while the gainscore experiment class 37,1 and control class 30.93 Based on the posttest t test carried out using the SPSS 16.0 program through statistical tests the Independent Sample Test shows that the acquisition of test calculations t is the significance level of 0.00 <0.05 and tcount (4.145)>ttable (1.998). The gainscore t test on the experiment class and control class shows that the significance level is 0.01 <0.05 and tcount> ttable (2.566> 1.998). Based on the analysis of the posttest t test and the gainscore above, it can be concluded that Ha is accepted, namely there are differences in student learning outcomes using Example Non Example learning models with Drill methods on basic competencies analyzing and making official letters. Keywords: Example Non Example Learning Model, Drill Method, Learning Outcomes.
PENGEMBANGAN MODUL KOMPETENSI DASAR MEMBUAT SURAT NIAGA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS X APK 2 SMK ADHIKAWACANA SURABAYA ERI SUSANTI, PIKA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sangat penting diterapkan selama proses pembelajaran. Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah kurikulum 2013. Salah satu bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran adalah Modul Pembelajaran. Oleh karena itu Modul Pembelajaran yang dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan modul sebelum dikembangkan yang menggunakan kurikulum KTSP dan modul setelah dikembangkan yang sudah menggunakan kurikulum 2013; kelayakan modul Kompetensi Dasar membuat surat niaga pada mata pelajaran korespondensi berbasis pendekatan saintifik; dan evaluasi siswa kelas X APK 2 SMK Adhikawacana Surabaya terhadap modul Kompetensi Dasar membuat surat niaga pada mata pelajaran korespondensi berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D, yang meliputi empat tahapan pengembangan. Adapun empat tahapan tersebut, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penilaian kualitas hasil pengembangan modul pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian, yaitu lembar validasi, modul dan lembar angket evaluasi siswa. Teknik analisis data siswa secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) modul sebelum dikembangkan tidak layak digunakan sebagai bahan ajar karena berbeda dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah, sedangkan modul setelah dikembangkan lebih layak digunakan karena sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah, 2) kelayakan modul dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak, 3) evaluasi siswa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 93,5% dengan kategori sangat baikut. Kata Kunci: pengembangan, modul pembelajaran, pendekatan saintifik.

Page 1 of 2 | Total Record : 12