cover
Contact Name
Andry Fajar Zulkarnain
Contact Email
andry.zulkarnain@ulm.ac.id
Phone
+6281223932020
Journal Mail Official
andry.zulkarnain@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Komp. Kampus ULM Kayu Tangi Banjarmasin, Kalimantan Selatan Phone / Fax: 0511-3304405
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JTIULM (Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat)
ISSN : 25275399     EISSN : 25282514     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) is intended as a media for scientific studies on the results of research, thinking and analytical-critical studies regarding research in Systems Engineering, Informatics / Information Technology, Information Management and Information Systems. As part of the spirit of disseminating knowledge from the results of research and thought for service to the wider community and as a reference source for academics in the field of Technology and Information.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2020)" : 5 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT BERBASIS FLASH Syarif Yusirwan Syamsuddin; Candra Kusuma Negara; Abd Basid
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtiulm.v5i2.48

Abstract

Seperti museum pada umumnya, Museum Lambung Mangkurat yang terletak di kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan yang didalamnya banyak memiliki benda - benda bersejarah dan yang berhubungan dengan budaya asli Banjar serta wajah dari Provinsi Kalimantan Selatan, di dalamnya terdapat berbagai alat yang berhubungan dengan kegiatan sehari - hari beserta dengan potensi alam yang terdapat di Kalimantan Selatan. Pada Museum Lambung Mangkurat terdapat berbagai macam koleksi yang bernilai sejarah, kebudayaan maupun sejarah alam yang saat ini dikelola oleh Museum Lambung Mangkurat untuk dijaga dan dipublikasikan kepada masyarakat luas. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempublikasikan hal - hal bersejarah tersebut seperti melalui pameran, media cetak ataupun media elektronik, brosur dan juga buku. Seiring dengan semakin majunya teknologi saat ini, menyebabkan semakin berkurangnya minat generasi muda untuk berkunjung ke museum yang hanya menyajikan koleksi - koleksi peninggalan sejarah yang hanya dapat dilihat secara langsung atau melalui brosur atau buku. Aplikasi Adobe Flash diimplementasikan menjadi program komputer yang mampu memberikan informasi mengenai sejarah, musik daerah, foto, video serta koleksi - koleksi yang terdapat pada Museum Lambung Mangkurat secara interaktif dan menarik sehingga diharapkan akan meningkatkan minat generasi muda untuk mengenali sejarah dan budaya yang ada di Kalimantan Selatan.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI GAME INDONESIA UNTUK PERMAINAN FIRST PERSON SHOOTER (FPS) 3D MULTIPLAYER “CODE TO SHOOT” MENGGUNAKAN UNITY NETWORK (UNET) BERBASIS MOBILE Ibnu Ramadhan; Agung Purwanto; Nurahman
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtiulm.v5i2.50

Abstract

Bermain game adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan atau menghibur diri. Saat ini sudah banyak pula variasi game yang diproduksi oleh para developer. Salah satu game yang sedang banyak berkembang dan diminati saat ini adalah FPS multiplayer dengan basis mobile. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam hal ini adalah besarnya ketergantungan masyarakat sekarang terhadap smartphone (ponsel pintar). Namun kebanyakan game yang beredar hanya berisi hiburan semata. Atas dasar inilah penulis bermaksud untuk menyisipkan unsur budaya lokal yang akan diangkat ke dalam game tersebut yaitu budaya lokal suku Dayak Kalimantan Tengah yang penulis anggap cukup bagus untuk diangkat menjadi sebuah game multiplayer dengan menggunakan fitur Unity Network. Proses pembuatan game menggunakan bahasa pemrograman C# serta beberapa software pendukung yaitu Unity, Blender, Visual Studio serta Android Studio untuk pembu-atan game, object design dan user interface. Pada game ini juga dapat di manfaatkan sebagai penyampaian unsur budaya lokal suku Dayak Kalimantan Tengah.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MOBILE UNTUK SISTEM KASIR RUMAH MAKAN DI KOTA SAMPIT MENGGUNAKAN FIREBASE REALTIME DATABASE Kurniawati; Lukman Bachtiar
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtiulm.v5i2.51

Abstract

Trend masyarakat yang sedang berkembang sekarang yaitu mereka cenderung lebih tertarik terhadap teknologi yang dapat memberikan kemudahan, baik dalam penerapannya maupun penggunaannya. Salah satu contoh teknologi informasi yang diperlukan zaman sekarang adalah sistem kasir. Sistem kasir merupakan sebuah teknologi informasi yang dapat melakukan perhitungan total belanjaan secara cepat dan akurat serta bisa menampilkan laporan penjualan. Sistem ini biasanya diterapkan pada sebuah toko retail, rumah makan dan lainnya serta dapat diterapkan dalam basis desktop, web maupun mobile. Meskipun teknologi ini sudah lama ditemukan, namun faktanya masih banyak toko-toko atau rumah makan yang belum menerapkan teknologi ini dalam kegiatan bisnis mereka terutama di kota Sampit. Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java serta beberapa software pendukung yaitu Android Studio, BlueStack serta Firebase Console yang digunakan untuk pembuatan program, database dan user interface.
PURWARUPA PENYIRAMAN OTOMATIS DENGAN ARSITEKTUR MQTT DAN LOGIKA FUZZY SUGENO UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN MANAJEMEN PENYIRAMAN TANAMAN (STUDI KASUS : ITERA) Muhamad Arwin Wijaya; Raidah Hanifah; Martin Clinton Tosima Manullang
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtiulm.v5i2.55

Abstract

ITERA merupakan kampus dengan slogan smart, friendly and forest campus. Kampus hijau (forest campus) dapat diwujudkan dengan melakukan penyiraman secara rutin pada tanaman. Ketika penyiraman tanaman tersebut tidak mencukupi maka tanaman akan layu dan mati, namun air yang berlebihan juga menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh karena terjadi pembusukan pada akar tanaman. Sistem penyiraman otomatis yang dapat memantau kondisi lingkungan tanaman dengan menggunakan protokol MQTT dapat dirancang sebagai sistem yang dapat memantau kondisi lingkungan tanaman secara jarak jauh dan waktu nyata. Sistem ini dibuat menggunakan sensor DHT11 yang berfungsi untuk membaca suhu dan juga sensor YL-69 yang berfungsi untuk membaca kelembaban tanah. DHT11 membaca suhu dengan nilai antara 0 – 50 C dengan rata-rata nilai error 2.22 %. Semakin tinggi nilai output sensor suhu maka suhu akan semakin panas, apabila nilai output sensor suhu semakin rendah maka suhu akan semakin dingin. Untuk sensor YL-69 dapat membaca nilai dari kelembaban tanah yang memiliki rentang antara 0 – 1023 dengan rata-rata nilai error 11.09%. Semakin tinggi nilai output sensor kelem- bapan tanah maka kondisi tanah akan semakin kering, apabila nilai output sensor kelembaban tanah semakin rendah maka kondisi tanah semakin lembap. Sensor tersebut dikirim menuju server oleh mikrokontroler ESP32s. Pengiriman data menggunakan modul Wi-Fi ke server Node-RED. Data dari hasil pembacaan sensor diolah dengan metode fuzzy logic Sugeno untuk mendapatkan keluaran jenis penyiraman memiliki nilai rata-rata error 0.573728 %, semua data pada server ditampilkan pada web server dashboard Node-RED dalam bentuk teks, grafik dan juga kondisi waktu nyata.
PERANCANGAN MODEL SIMULASI SISTEM PENDETEKSI KEBOCORAN GAS DAN KEBAKARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) Rahmad Hidayat; Yudi Herdiana
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jtiulm.v5i2.58

Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah menghadirkan banyak percepatan terhadap perkembangan teknologi sehingga menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis. Salah satu penerapan teknologi tersebut salah satunya dibidang pendidikan, berupa perancangan model simulasi alat pendeteksi kebocoran gas dan kebakaran sebagai media pendukung pembelajaran menggunakan modul mikrokontroler serta mengintegrasikannya ke dalam saluran komunikasi data internet agar siswa dapat melakukan pengujian dan pemantauan secara real time melalui perangkat mobile. Perancangan model simulasi ini menggunakan modul ESP8266, sensor DHT-11, dan sensor MQ-135. Untuk layanan cloud computing menggunakan database serta aplikasi Thingspeak. Metode yang digunakan pada perancangan ini berupa metode eksperimental. Metode ini banyak digunakan dalam perancangan sebuah sistem karena dapat menguji secara benar hipotesis yang menyangkut hubungan kasual. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat berfungsi secara baik serta memberikan informasi mengenai nilai kondisi yang sedang diujikan. Siswa dapat memantau kondisi pengujian secara real time melalui aplikasi Thingspeak yang dipasangkan pada perangkat mobile.

Page 1 of 1 | Total Record : 5