cover
Contact Name
Al-Lughah
Contact Email
lughah@iainbengkulu.ac.id
Phone
+6285268243064
Journal Mail Official
lughah@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Al-Lughah: Jurnal Bahasa
ISSN : 26569116     EISSN : 23029986     DOI : 10.29300
Core Subject : Education,
English and Arabic linguistics (Applied Linguistics), English and Arabic literature, other literatures with a special emphasis on local culture and its aspect
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015): JUNE" : 5 Documents clear
فضائل اللغة العربية و خصائصها بني القدمي واحلديث Zulfikri Muhammad
AL LUGHAH Vol 4, No 1 (2015): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.251 KB) | DOI: 10.29300/lughah.v4i1.2413

Abstract

من املعلون أن اللغة العربية من أفضل اللغة يف العامل , بل قد ال يكون من قبيل املبالغة أن نقول إهنا هي أفضل اللغات ؛ فهي اللغة اليت نزل هبا القرآن الذي هو أفضل الكتب ، ولغة اإلسالم الذي هو خري األداين ، ولغة األمة اإلسالمية اليت هي خري األمم ، ولغة احلضارة اإلسالمية اليت هي أعرق احلضارات وأنفعها للبشرية ، وهي بعد ذلك لغة خالدة خلود التاريخ تولد لغات ومتوت ، وتبلى لغات وتنقرض أخرى ، وهي ابقية بقاء العصور إىل أن يرث هللا األرض ومن عليها وذلك ألهنا حمفوظة حبفظ هللا تعاىل القائل
الوظيفة التكنولوجيا التربية و الآثارعلى" المعلم اللّغة العربية Basinun Basinun
AL LUGHAH Vol 4, No 1 (2015): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.9 KB) | DOI: 10.29300/lughah.v4i1.1262

Abstract

Guru sebagai orang nomor satu di dalam kelas, bertanggungjawab atas terselenggaranya KBM yang berkualitas, untuk itu  seorang guru harus mampu menampilkan diri sebagai sosok  yang dapat membangkitkan  motivasi  belajar, dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Hal ini menuntut guru untuk memiliki dan menguasai serta mengembangkan ketrampilan tertentu  yang berhubungan dengan  kompetensi dan kapabilitas keilmuan ,termasuk didalamnya pengetahuan tentang tehnologi pendidikan. Pemahaman dan pengetahuan terhadap tehnologi pendidikan bagi guru bahasa Arab , akan sangat mendukung dalam upaya memujudkan  guru bahasa Arab yang professional dengan criteria diantaranya 1)Memiliki kepribadian  dan dapat menampilkan diri sebagai seorang guru bahasa Arab yang dapat diteladani. 2)Memiliki kompetensi dalam bahasa Arab. 3) Menguasai didaktik metodik dalam pembelajaran bahasa Arab. 4) Menguasai manajemen pembelajaran dalam bahasa Arab. Hal tersebut searah dengan  makna luas dari  teknologi pendidikan  yang difahami sebagai suatu proses yang kompleks dan terpadu yang didalamnya mencakup 1) aspek manusia , 2) prosedur, 3)ide, 4) alat, dan 5) organisasi untuk menganalisis masalah serta merancang dan melaksanakan , menilai dan mengelola usaha pemecahan masalah, yang berhubungan dengan segala aspek dari proses belajar mengajar
The Correlation Between Students Reading Comprehesion And Their Writing Ability Detti Lismayanti
AL LUGHAH Vol 4, No 1 (2015): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4229.34 KB) | DOI: 10.29300/lughah.v4i1.705

Abstract

Sastra fiksi dan nonfiksi kadang-kadang tergantung padapengetahuan sastra pembaca. Fokus utama dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah ada atau tidak adanya hubungan yangsignifikan antara minat siswa pada sastra fiksi dan nonfiksi dengankemampuan pemahaman membaca mereka, Populasi penelitian iniadalah seluruh mahasiswa semester empat TBI lAIN Bengkulu padatahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 147 siswa, Sample yangdigunakan dipilih secara acak dan hanya 30 siswa, Merekamenjawab kuesioner dan reading tes secara independent. Datadiperoleh darr hasil pengumpulan data yaitu skor kuesioner dan skorreading test. Kuesioner digunak.an untuk mengetahui minatmahasiswa pada sastra fiksi dan nonfiksi para mahasiswa danreading tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahamanmembaca mahasiswa, Dengan dernikian, Pearson Product MomentKorelasi SPSS 16 digunakan untuk menganalisis data padapenelitian ini.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minatmahasiswa pada sastra nonfiksi lebih besar dari sastra fiksi
QUANTUM GAMES UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI fatrica Sayfri
AL LUGHAH Vol 4, No 1 (2015): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.002 KB) | DOI: 10.29300/lughah.v4i1.1505

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pentingnya makna bermain bagi anak usia dini. Permainan anak yang berkualitas akan mengoptimalkan rangsangan dan stimulus yang akan diterima oleh anak usia dini. Sehingga dapat dipahami bahwa dengan bermain yang berkualitas dan diiringi musik yang sesuai, dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Dan, meningkatnya daya imajinasi ini akan berpengaruh besar terhadap pembentuk seluruh kecerdasan anak.
(Arabic) sesuai pdf Ernawatii -
AL LUGHAH Vol 4, No 1 (2015): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2359.213 KB) | DOI: 10.29300/lughah.v4i1.1045

Abstract

Komponen makna  - mengajarkan bahwa  setiap  kata  atau  unsur  leksikal terdiri dari satu atau beberapa unsur yang bersarna-sarna mernbentuk makna kata atau makna unsur leksikal tersebut, Setiap unsur leksikal memiliki  atau tidak memiliki suatu ciri yang membedakannya dengan unsur lain. Menu rut Palmer makna dari suatu kata, terdiri atas sejumlah elemen,  yang antara  elemen yang satu  dengan yang lain memiliki ciri yang berbeda-beda.  Bunyi-bunyi  bahasa dengan  menyebutkan ciri-ciri  pembeda di antara bunyi yang satu  dengan bunyi  yang lain. Bunyi-bunyi yang memiliki sesuatu ciri  diberi  tanda  plus  (+)  clan  yang  tidak  memiliki  ciri  itu  diberi  tanda  minus  (-). Konsep  analisis  dua-dua  ini  lazim  disebut  analisis  biner   oleh  para ahli  kemudian diterapkan juga untuk  membedakan  makna suatu kata dengan kata yang lain.Kata Kunci : Komponen, Makna, Bunyi, Pembeda

Page 1 of 1 | Total Record : 5