cover
Contact Name
Khairul Ihwan
Contact Email
p.teknikindustri@gmail.com
Phone
+6285363228542
Journal Mail Official
p.teknikindustri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Provinsi, Parit 1, Tembilahan Hulu, Riau
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
jurnal Teknik Industri - Unisi
ISSN : 26141299     EISSN : 26141302     DOI : https://doi.org/10.32520/juti.v3i2.840
Jurnal Teknik Industri - UNISI (JUTI-UNISI) merupakan wadah bagi seluruh civitas akademika dibidang keilmuan sistem dan manajemen Industri, Frekuensi terbit dua kali dalam satu tahun (Mei dan Desember), dikelola oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Islam Indragiri Tembilahan. Redaksi menerima tulisan yang relevan selama mengikuti petunjuk penulisan yang ditetapkan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI" : 6 Documents clear
PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WEB Afriansyah; Yogo Turnandes; Yogi Ersan Fadrial; Sutejo; Zulrahmadi
JUTI UNISI Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI
Publisher : Program Studi Teknik Industri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/juti.v7i1.2601

Abstract

Puskesmas BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Payung Sekaki adalah salah satu PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang ada di Kota Pekanbaru. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Payung Sekaki, ada kebutuhan untuk mengajukan pengaduan keluhan pelayanan yang telah mereka terima. Sistem informasi pengaduan di Puskesmas Payung Sekaki masih manual (belum terkomputerisasi) dalam menginput data pengaduan pasien. Dengan adanya sistem informasi pengaduan keluhan berbasis web ini dapat membantu pihak pasien melakukan pengaduan keluhan pelayanan kesehatan di Puskesmas Payung Sekaki kapan pun dan dimana pun. Perancangan sistem informasi pengaduan keluhan pelayanan kesehatan ini menggunakan UML (Unified Modeling Languange) meliputi use case diagram, class diagram, activity diagram, dan squence diagram. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem informasi pengaduan ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dan analisis data dalam menarik kesimpulan pada data yang diperoleh dari lapangan menggunakan Metode PIECES (Perfomance, Information, Economy, Control, Eficiency, Dan Service). Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi berbasis web diharapkan dapat membantu pasien dalam menyampaikan pengaduan keluhan pelayanan kesehatan yang sudah diterima dan memberikan kemudahan bagi Puskesmas dalam mengelola data pengaduan pasien.
PERILAKU SABOTASE PENGETAHUAN SEBUAH PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN AMORAL Fitri Juliani
JUTI UNISI Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI
Publisher : Program Studi Teknik Industri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/juti.v7i1.2609

Abstract

Pengetahuan saat ini menjadi prioritas strategis untuk organisasi kontemporer yang sukses. Praktik manajemen pengetahuan yang efisien, terutama berbagi pengetahuan antar karyawan, telah terbukti memiliki efek positif yang kuat pada daya saing, inovasi, dan kinerja organisasi (Serenko, 2019). Manajemen pengetahuan adalah proses menangkap dan memanfaatkan keahlian kolektif suatu organisasi dimanapun dalam suatu bisnis dalam bentuk tulisan, dokumen, database, yang disebut (explisit knowledge) atau dalam fikiran manusia disebut (tacit knowledge). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam perilaku sabotase pengetahuan sebuah perspektif kepemimpinan amoral. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus karena fokus penelitian ini menjawab pertanyaan “bagaimana” Perilaku Sabotase Pengetahuan Sebuah Perspektif Kepemimpinan Amoral dan ingin meliput kondisi kontekstual yang relevan dengan fenomenanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Amoral, Perceived Acceptability Of Norm Violation berpengaruh positif terhadap Perilaku Sabotase Pengetahuan
KEPEMIMPINAN ETIS DAN BERBAGI PENGETAHUAN KARYAWAN DENGAN PERAN MEDIASI IDENTITAS MORAL KARYAWAN Firmansyah
JUTI UNISI Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI
Publisher : Program Studi Teknik Industri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/juti.v7i1.2610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara ilmiah hubungan kepemimpinan etis terhadap berbagi pengetahuan.Lebih khusus, penelitian ini berupaya menjelaskan mekanisme mediasi dari identitas moral didalam hubungan tersebut.Dengan memanfaatkan sampel sebanyak 95 pegawai yang bekerja di salah satu instansi pendidikan pada salah satu kabupaten di salah satu provinsi di Indonesia, penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan etis berpengaruh positif terhadap berbagi pengetahuan karyawan.Secara khsusus, penelitian ini menemukan bahwa identitas moral memediasi hubungan antara kepemimpinan etis dan berbagi pengetahuan.
DETERMINAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) PADA HUBUNGAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP BERBAGI PENGETAHUAN Dina Fitriani
JUTI UNISI Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI
Publisher : Program Studi Teknik Industri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/juti.v7i1.2612

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu aset yang paling berharga yang dimiliki oleh suatu organisasi, karena manusia adalah satu-satunya sumber daya yang dapat menggerakkan sumber daya lainnya. Sumber Daya Manusia juga sebagai penentu bagi keefektifan berjalannya suatu perusahaan atau instansi. Selain pemenuhan sumber daya manusia yang baik, berbagi pengetahuan juga merupakan sumber penting bagi organisasi yang merupakan proses timbal balik dimana individu saling berbagi pengetahuan. Dalam situasi kerja keinginan untuk melakukan berbagi pengetahuan tergantung dari gaya kepemimpinan yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan servant leadership terhadap perilaku berbagi pengetahuan Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar di Universitas Lancang Kuning. Responden penelitian ini berjumlah 167 orang yang ditentukan secara proposional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan, OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahun, interaksi servant leadership dengan OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan.
PREDIKSI PENGIRIMAN TEH KEMUNING DI NGARGOYOSO MENGGUNAKAN ALGORITMA MONTE CARLO (STUDI KASUS PT. RUMPUN SARI KEMUNING ) Dedi Irawan; Erwin Apriliyanto; Dina Mardiati
JUTI UNISI Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI
Publisher : Program Studi Teknik Industri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/juti.v7i1.2652

Abstract

Teh kemuning merupakan produk yang sangat populer di Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Kawasan tersebut berada di dekat kota Surakarta dan merupakan salah satu tujuan wisata menarik di provinsi Jawa Tengah , PT. Rumpun Sari Kemuning mengalami kendala pengiriman teh kemuning yang tidak terstruktur sehingga menyebabkan kerugian di setiap cabangnya. Simulasi Monte Carlo adalah metode komputasi yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem yang kompleks dengan memperhitungkan ketidakpastian simulasi Monte Carlo merupakan teknik yang efektif untuk prediksi pengiriman teh kemuning dengan mempertimbangkan distribusi probabilitas yang telah ditentukan dan menerapkan kombinasi nilai acak pada setiap variabel.Dalam studi kasus ini, peneliti mengumpulkan data historis pengiriman teh kemuning dari tahun 2020 hingga 2022. Setelah melakukan uji coba pada data sebelumnya, nilai akurasinya ditemukan mencapai 88% ketika dibandingkan dengan prediksi pengiriman di masa depan. Hasil dari simulasi Monte Carlo ini dapat membantu PT. Rumpun Sari Kemuning dalam mengambil keputusan perencanaan pengiriman dengan lebih cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional serta kepuasan pelanggan.
REKOMENDASI ALTERNATIF SOLUSI BAGI INDUSTRI DALAM MEMFORMULASIKAN TANTANGAN PENGELOLAAN DAERAH RAWA-GAMBUT (STUDI KASUS: STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH INDUSTRI DENGAN SKEMA AGRO-FORESTRY DI DAERAH RAWA GAMBUT) Dwi Sushanty
JUTI UNISI Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Industri (JUTI) UNISI
Publisher : Program Studi Teknik Industri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/juti.v7i1.2753

Abstract

Indragiri Hilir merupakan salah satu daerah rawa, gambut terluas di Provinsi Riau dengan luas 998.610 Hektar. Industry berdasarkan Undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas memiliki tanggungjawab sosial untuk memberdayakan masyarakat sekitar dalam meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan rekomendasi atas tantangan-tantangan yang dihadapi industry dalam memberdayakan Masyarakat rawa gambut dalam skema agroforestry. Berdasarkan penelitian mendalam, strategi dalam mengatasi tantangan pengelolaan lahan rawa gambut untuk pemberdayaan Masyarakat oleh industri dapat dikelompokkan menjadi 4 pilar berdasarkan SDGs yaitu (1) Pilar Sosial dengan membangu kesadaran dan pengetahuan Masyarakat; (2) Pilar Ekonomi yaitu Penciptaan akses pasar, fasilitasi pengembangan hasil hutan bukan kayu, dan akses permodalan sehingga Masyarakat mudah dalam mengembangkan usaha dan terhindar dari ketergantungan kepada middleman; (3) Pilar lingkungan yaitu dengan membangun infrastruktur tanggul, saluran dan pintu klep sehingga tidak terjadi intrusi air asin dan muka air gambut tetap lembab untuk menghindari karhutla; (4) Pilar Hukum tata Kelola strategi terbaik yaitu Perhutanan Sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 6