cover
Contact Name
Nova Rini
Contact Email
nvrin207@yahoo.com
Phone
+628176094259
Journal Mail Official
nvrin207@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Minangkabau No 60, Manggarai, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
ISSN : 2088219X     EISSN : 27163830     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi bisnis dan manajemen dengan area penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Strategi. Manajemen Keuangan Manajemen Akuntansi Sistem Informasi Manajemen Bisnis Internasional Hukum Bisnis Kewirausahaan Ekonomi Moneter, Keuangan, dan Perbankan Ekonomi internasional Ekonomi Publik Pertumbuhan ekonomi Ekonomi Daerah Artikel yang dikirimkan asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain. Artikel yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen" : 14 Documents clear
PENGUKURAN PENDAPATAN PEMDA GREEN TRANSPORTASI DAN GREEN CITY DENGAN PENDEKATAN PERTUMBUHAN DAN INDEK, SIAPA YANG LEBIH BAIK? Abu Bakar
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.562

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk membandingkan  sumber pendapatan daerah  di dua kabupaten berbasis wisata dan berbasis industri  dalam waktu lima tahun dengan mengambil sampel Pemda Bandung dan Pemda Surabaya. Tujuan penelitian  ini adalah  mengetahui  dan menganalisis performa pendapatan daerah masing-masing, mengetahui dan meneliti  perbedaan  pendapatan daerah masing-masing dari sisis pertumbuhan dan mengetahui dan menganalisis perbandinggan pendpatan daerah dari sisi perkembangan  indek pendaptan  daerah. Penelitian ini mengunakan  teknik analisis  laporan keuangan. Hasil penelitian  ini menujukan   bahwa performa  pertumbuhan  pendapatan  secara nominal  Pemda Surabaya jauh lebih besar,  tetapi  secara  rasio pertumbuhan yang  lebih kecil dari dari pada Pemda  Bandung   sebesar 124,5% berbanding 117,3%.  Berdasarkan bobot dan penilaian menujukan sumber pendapatan  Pemda Bandung memiliki bobot penilaian  yang lebih baik dari pada Pemda Surabaya secara parsial tetapi secara  agregat Pemda Surabaya lebih baik dari pada Pemda  bandung dengan skor masing masing sebesar  10,5  dan 11,5.  Dan berdasarkan  indek   menunjukan pertumbuhan  Pemda Surabaya lebih baik   dari pada  Pemda Bandung  dengan  hasil indek menunjukan   13 dan 7.This study aims to compare the sources of regional income in two tourism-based and industry-based districts within five years by taking samples from the Bandung Regional Government and the Surabaya Regional Government. The purpose of this study is to find out and analyze the performance of each regional income, to find out and examine the differences in regional income from the perspective of the organization and to find out and analyze the comparison of regional income in terms of the development of the regional income index. This study uses financial statement analysis techniques. The results of this study indicate that the nominal revenue growth performance of the Surabaya Regional Government is much larger, but the growth ratio is smaller than that of the Bandung Regional Government of 124.5% compared to 117.3%. Based on the weights and assessments, the Bandung Regional Government has a better assessment weight than the Surabaya Regional Government as a party but in aggregate the Surabaya Regional Government is better than the Bandung Regional Government with scores of 10.5 and 11.5, respectively. And based on the index shows the growth of the Surabaya local government is better than the Bandung local government with the index results showing 13 and 7.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS DI ERA PANDEMI COVID-19 Yohanes Purwantoadi; Saino Saino
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.565

Abstract

Adanya virus covid-19 mengubah segala perilaku kehidupan masyarakat yang ada, serta adanya pesan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan dari rumah (Work From Home) membuat sebagian masyarakat memiliki hobi baru yaitu melakukan kegiatan budidaya tanaman hias untuk menambah kegiatan serta mengurangi stress. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias pada warga di Kota Mojokerto. Populasi dalam riset ini yakni warga Kota Mojokerto pecinta tanaman hias. Riset ini menggunakan teknik analisis faktor dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik penghimpunan data melalui penyebaran angket atau pertanyaan secara offline kepada pengunjung stand tanaman hias dengan total 100 responden. Selanjutnya dilakukan analisis dan melalui proses rotasi faktor dengan SPSS26.  Dari 14 variabel akhirnya terbentuk tiga faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias. Faktor pertama adalah Kemampuan Ekonomi, faktor Kepribadian, Faktor Harga. Dari 3 faktor tersebut faktor yang paling dominan ialah faktor Kemampuan Ekonomi dengan nilai of variance sebesar 42,614%. Jadi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan nantinya dapat berguna untuk marketing sehingga dapat mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam melakukan keputusan pembelian terhadap tanaman hias.The existence of the covid-19 virus has changed all the behavior of existing people's lives, as well as a message from the government to carry out activities from home (Work From Home) has made some people have a new hobby, namely cultivating ornamental plants to increase activities and reduce stress. The purpose of this study was to determine what factors influence the decision to purchase ornamental plants for residents in Mojokerto City. The population in this research are residents of Mojokerto City who love ornamental plants. This research uses factor analysis techniques with quantitative research methods. The technique of collecting data is through the distribution of offline questionnaires or questions to visitors to the ornamental plant stand with a total of 100 respondents. Further analysis and through the process of factor rotation with SPSS26. Of the 14 variables finally formed three new factors that influence the purchase decision of ornamental plants. The first factor is Economic Ability, Personality factor, Price Factor. Of these 3 factors, the most dominant factor is the Economic Ability factor with a value of variance of 42.614%. So based on the research that has been done later it can be useful for marketing so that it can find out what factors influence people in making purchasing decisions on ornamental plants.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Asri Winanti Madyoningrum; Rahmawati Azizah
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.614

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan kerja, lingkungan kerja, dan disiplin terhadap kinerja pegawai, dan mengetahui bagaimana yang berbeda. Penelitian ini menggunakan beberapa metode. Survei dilakukan terhadap seluruh pegawai kantor Bapelkes Provinsi Lampung, sebagai alat penelitian dengan menyebarkan kuesioner, pengumpulan atau pengumpulan data secara langsung, atau survei online menggunakan Google Forms. Untuk sampel menggunakan metode non-probabilitas dan sampel lengkap menggunakan seluruh penduduk kantor Bapelkes Provinsi Lampung. Uji layar dengan garis horizontal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan kerja tidak berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, dan disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Perubahan motivasi kerja, lingkungan kerja, dan disiplin kerja kolektif mempengaruhi kinerja pegawai.
PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PANCASAKTI (SIAP) DAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA Agnes dwita susilawati; Setyowati Subroto
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi penerapan aplikasi sistem informasi akademik pancasakti (SIAP) dan kualitas pelayanan di dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. Pendekatan menggunakan purposive sampling method dan rumus Yamane. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa. Dengan menggunakan analisis data regresi linear berganda, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi. Penelitian ini menemukan bahwa Sistem Informasi Akademik Pancasakti (SIAP) dan Kualitas Pelayanan Administrasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dan secara parsial sistem informasi akademik pancasakti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, Kualitas Pelayanan Administrasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian juga menkorfimasi atas penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.This study aims to identify the application of the Pancasakti Academic Information System (SIAP) application and service quality in increasing student satisfaction at the Faculty of Economics and Business, Pancasakti University, Tegal. This study uses a quantitative approach with the object of research is students of the Faculty of Economics and Business, Pancasakti University, Tegal. The approach uses a purposive sampling method and the Yamane formula. The sample in this study were 100 students. By using multiple linear regression data analysis, T test, F test and the coefficient of determination. This study found that the Pancasakti Academic Information System (SIAP) and the Quality of Administrative Services simultaneously had a significant effect on student satisfaction. And partia`lly Pancasakti academic information system has a significant effect on student satisfaction, Administrative Service Quality has a significant effect on student satisfaction. The results of the study also confirm the previous studies.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT ABSOLUTE CONNECTION Vera Ameilia; Peggy Ratna Marlianingrum
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.595

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh gaya kepemimpinan, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Tujuannya adalah untuk melihat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan secara individual dan bersamaan pada PT Absolute Connection. Desain penelitian ini bersifat kausal dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari angket. Sampel yang digunakan sebanyak 118 responden. Dalam menganalisis datanya dilakukan dengan angket dan pengolahannya berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan jika gaya kepemimpinan, stres kerja dan lingkungan kerja baik secara parsial dan simultan mempengaruhi kinerja karyawan. Hasil tersebut sesuai dengan penelitian yang dilaksanakan Slamet Rivai pada tahun 2014. Hal tersebut terbukti dari jumlah responden yang menjawab sangat setuju jika pemimpin memberikan solusi apabila ada pertanyaan dari bawahan mengenai permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan. Sedangkan untuk stres kerja, pekerjaan yang begitu banyak membuat karyawan harus mengerjakan pekerjaan sampai harus lembur, kemudian untuk lingkungan kerja yaitu terdapatnya petugas keamanan ataupun satpam di lingkungan kantor. Oleh karena itu, Perusahaan perlu meningkatkan respon terhadap keluhan yang terjadi agar dapat meningkatkan kinerja karyawan pada perusahaan.
MANAJEMEN DATA DIGITAL: ANALISIS EFEKTIFITAS DAN STRATEGI PENGGUNAAN DATABASE FOLLOWERS Wahyu Eko Prasetyo
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.600

Abstract

Berkembangnya teknologi yang berimplikasi pada berubahnya customer style dalam melakukan transaksi belanja harus di respon secara intens oleh para pelaku bisnis khususnya pebisnis yang menggunakan platform digital dalam proses pemasaran produknya. Saat ini belanja online sudah menjadi pola dan kebiasaan baru para konsumen pemakai suatu produk. Sehingga para pelaku bisnis harus bisa mengikuti trend sekaligus mengkomodasi strategi penjualan melalui platform digital. Tantangan utama yang harus dihadapi para pemilik bisnis adalah bagaimana bisa menarik perhatian calon konsumen untuk mengunjungi toko online yang mereka miliki. Salah satu cara yang trend saat ini banyak dilakukan adalah dengan memperbanyak followers agar probability value produk yang dijual semakin tinggi diterima oleh calon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa metode pengolahan data followers beserta efektivitasnya dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi laporan data marketplace pemilik bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setidaknya ada dua kategori jenis followers yaitu followers organik (aktif) dan unorganik (pasif). Perusahaan model sejenis jasa lebih tepat menggunakan metode pengelolahan database followers dengan membeli followers unorganik untuk meningkatkan nilai trust. Kemudian perusahaan bertipe produk musiman bisa menggunakan metode pengelolahan database organik melalui jalur giveaway, dan untuk perusahaan sejenis retail dengan budget pemasaran yang besar lebih tepat menggunakan metode pengelolahan database followers melalui jalur iklan dan promo mandiri. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi pelaku bisnis online ketika memutuskan untuk menggunakan strategi pengelolahan database followers sesuai dengan segmentasi produk yang menjadi lini bisnisnya.The development of technology that has implications for changing customer style in conducting shopping transactions must be responded intensely by business people, especially business people who use digital platforms in the process of marketing their products. Nowadays, online shopping has become a new pattern and habit for consumers who use a product. So that business people must be able to follow trends while accommodating sales strategies through digital platforms. The main challenge that business owners have to face is how to attract the attention of potential consumers to visit the online store they have. One way that the current trend is widely done is to increase followers so that the probability value of the products sold is higher and received by potential consumers.  The results of this study show that there are at least two categories of followers, namely organic (active) and unorganic (passive) followers. A service-like model company is more appropriate to use the follower database management method by buying unorganic followers to increase the value of trust.  Then companies with seasonal product types can use the method of managing organic databases through the giveaway channel, and for similar retail companies with large marketing budgets, it is more appropriate to use the follower database management method through independent advertising and promo channels. The results of this study are expected to be a recommendation for online business people when deciding to use a follower database management strategy in accordance with the product segmentation that is their business line.
PENERAPAN PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN Evila Yolanda Putri; Amelia Putri; Aldilla Rahma Rahma; Fakhri Mujahid Maolani
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.618

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah pengembangan SDM yang melaksanakan perencanaan, Penerapan, Perekrutan, Pelatihan, Pengembangan Karir Karyawan, pegawai serta melakukan inisiatif terhadap pengembangan organisasional di sebuah organisasi atau perusahaan. Bagian SDM bertanggung jawab untuk mengurus kebutuhan perusahaan yang  berhubungan dengan SDM. Tim MSDM bertugas untuk menjadi penghubung antara manajer maupun karyawan seperti Menengahi konflik, meyelesaikan perselisihan dan memberikan jawaban berdasarkan kebijakan prosedur. Dengan adanya  tim MSDM yang baik ini maka pekerjaan dalam sebuah perusahaan akan berjalan secara efisien dan efektif. Paper ini bertujuan untuk mengeksplor praktek Manajemen Sumber Daya Manusia pada perusahaan di Sektor Penyiaran Informasi dan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca terkait penerapan Praktek MSDM. Paper ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Wawancara dilakukan kepada 3 orang responden yang terdiri Kepala Human Resource Development (HRD), Staff Human Resource Development (HRD) dan Sekretaris Perusahaan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian descriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa MSDM yang dilaksanakaan oleh perusahaan tersebut terdiri dari perencanaan SDM analisis jabatan, rekrutmen dan seleksi, pengangkatan dan penempatan karyawan, orientasi training dan pengembangan kompensasi, penilaian kinerja, karir karyawan, dan pemutusan hubungan kerja.
PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI MASA PANDEMI COVID-19 Wirawan Adhie Pamungkas; Rita Yuni Mulyanti; Tiara Puspa
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris tentang hubungan antara iklim organisasi, disiplin kerja,  motivasi kerja, dan kinerja pegawai. Jenis penelitian ini adalah ekplanatori dengan pendekatan kuantitatif.  Responden penelitian ini adalah  pegawai Inspektorat Utama Kemenristek/BRIN yang berada di tingkat middle management. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 121 responden.  Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dan motivasi kerja sedangkan disiplin kerja berpengaruh signifikan hanya kepada motivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai namun tidak kepada kinerja pegawai. Pengaruh tidak langsung dapat terlihat bahwa iklim organisasi mampu dimediasi sebagian oleh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai dan disiplin kerja berhasil dimediasi secara penuh oleh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, kebijakan pimpinan pada Inspektorat Utama Kemenristek/BRIN agar bisa lebih menekankan disiplin kerja pegawai dengan melakukan inspeksi kedisiplinan secara periodik serta dapat memberikan apresiasi atas kinerja baik yang telah diraih oleh pegawai di Inspektorat Utama Kemenristek/BRIN sesuai dengan peraturan yang berlaku.This study aims to analyze and obtain empirical evidence about the relationship between organizational climate, work discipline, work motivation, and employee performance. This type of research is explanatory with a quantitative approach. Respondents of this study were employees of the Main Inspectorate of the Ministry of Research and Technology/BRIN who were at the middle management level. Data were collected using a questionnaire filled out by 121 respondents. Testing the research hypothesis using a Structural Equation Model (SEM) approach based on Partial Least Square (PLS). The findings of this study indicate that the organizational climate has a significant effect on employee performance and work motivation, while work discipline has a significant effect only on work motivation, work motivation has a significant effect on employee performance but not on employee performance. The indirect effect can be seen that the organizational climate can be mediated in part by work motivation on employee performance and work discipline is successfully mediated fully by work motivation on employee performance. Based on the findings in this study, the leadership policy at the Main Inspectorate of the Ministry of Research and Technology / BRIN is to emphasize employee work discipline by conducting periodic disciplinary inspections and being able to give appreciation for the good performance that has been achieved by employees at the Main Inspectorate of the Ministry of Research and Technology / BRIN in accordance with regulations.
INOVASI PRODUK, HARGA, WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA Supriyadi Muhammad Noor; Christiawan Hendratmoko
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.608

Abstract

Penelitian ini mengkaji hasil pemesanan Honda Beat Solo Raya dipengaruhi bagi inovasi produk, harga, word of mouth dan promosi. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif. konsumen Honda Beat di wilayah Solo Raya (Surakarta, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri) menjadi subjek penelitian ini, kriteria pemakaian minimal satu tahun, jumlah responden berisi penelitian ini 100, digunakan kuesioner yang 20 pernyataan dijawab memakai skala likert. Data dioleh menggunakan aplikasi SPSS dan menggunakan regresi linier untuk menganalisis faktor pengali. Hasil dari riset ini yaitu variabel inovasi produk dan promosi tidak berpengaruh signifikan kepada hasil pemesanan Honda Beat, sedangkan variabel harga dan word of mouth berpengaruh signifikan kepada hasil pemesanan honda beat.This study examines the results of ordering Honda Beat Solo Raya influenced for product innovation, price, word of mouth and promotion. The research method used is a quantitative method. Honda Beat consumers in the Solo Raya area (Surakarta, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri) became the subject of this study, the minimum usage criteria was one year, the number of respondents in this study was 100, a questionnaire was used which 20 statements were answered using a Likert scale. The data was collected using the SPSS application and used linear regression to analyze the multiplier. The results of this research are that product innovation and promotion variables have no significant effect on the results of ordering Honda Beats, while price and word of mouth variables have a significant effect on the results of ordering Honda Beats.
INTERNAL CONTROL SYSTEM IN ENHANCING THE CORPORATE GOVERNANCE IN LISTED INSURANCE COMPANIES IN NEPAL Ballav Niroula; Jitendra Pd. Upadhaya
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i2.596

Abstract

This study aims to show the role of internal control in enhancing the corporate governance of insurance companies in Nepal. To attain the study’s objectives, four independent variables risk assessment, monitoring and supervision, control environment, and internal audit have been considered as well three dependent variables independent directors, transparency, and responsibility are taken. A descriptive research design has been used in the study. Fifteen insurance companies in Nepal have been chosen using the convenience sampling technique. Primary data has been collected from the staff of insurance companies in Nepal. A total of 384 respondents’ information is used in the research. Descriptive and inferential statistics are used for data analysis using SPSS and Excel software. Based on the result of the analysis, it was found that risk assessment elements positively enhance the corporate governance elements of transparency and responsibility. Elements of monitoring and supervision have a positive role to enhance the independent directors and transparency but a negative role on responsibility. Likewise, a controlled environment enhances the independent directors in a positive direction. Internal audit positively enhances the independent directors but responsibility has been affected negatively. The success of corporate governance is affected by the internal control activities in insurance companies in Nepal.

Page 1 of 2 | Total Record : 14