cover
Contact Name
Nova Rini
Contact Email
nvrin207@yahoo.com
Phone
+628176094259
Journal Mail Official
nvrin207@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Minangkabau No 60, Manggarai, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
ISSN : 2088219X     EISSN : 27163830     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi bisnis dan manajemen dengan area penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Strategi. Manajemen Keuangan Manajemen Akuntansi Sistem Informasi Manajemen Bisnis Internasional Hukum Bisnis Kewirausahaan Ekonomi Moneter, Keuangan, dan Perbankan Ekonomi internasional Ekonomi Publik Pertumbuhan ekonomi Ekonomi Daerah Artikel yang dikirimkan asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain. Artikel yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen" : 9 Documents clear
PERAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA EKUITAS MEREK MENGGUNAKAN CITRA DAN KEPERCAYAAN MEREK Muhammad Daffa Ramdhani; Yolanda Masnita
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.701

Abstract

Pemasaran media sosial merupakan serangkaian proses perusahaan atau pelaku usaha untuk membuat, mengkomunikasikan, dan menyampaikan penawaran produk dan layanan yang tersedia secara online melalui media sosial guna membangun dan menjaga hubungan dengan para pemangku kepentingan. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek dengan menggunakan citra merek dan kepercayaan merek pada merek smartphone tertentu. Untuk penilaian hubungan antarfaktor tersebut, data dikumpulkan melalui kuesioner untuk diisi oleh para individu pengguna merek smartphone tertentu dan aktif menggunakan media sosial yang berada di daerah Jabodetabek. Alat statistik SPSS dan AMOS-SEM digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan kepercayaan merek, namun pemasaran media sosial tidak memberikan pengaruh terhadap ekuitas merek. Selanjutnya, kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, sedangkan citra merek tidak memberikan pengaruh terhadap ekuitas merek. Kontribusi akan hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang signifikan kepada pemasar perusahaan merek smartphone tentang bagaimana mengembangkan ekuitas merek yang kuat di pasar Indonesia dan menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan melalui perwujudan pemasaran media sosial, citra merek, serta kepercayaan merek yang kuat.Social media marketing is a process for companies or businessmen to create, communicate, and deliver an offer about online available products and services through social media to build and maintain the relationships with the stakeholders. This study has the main purpose to analyze the effect of social media marketing on brand equity by using brand image and brand trust in a particular smartphone brand. To assess the relationship between these factors, data was collected through a questionnaire to be filled out by individual users of certain smartphone brands and actively using social media in the Jabodetabek area. SPSS and AMOS-SEM statistical tools were used for data analysis. The results of the study show that social media marketing has a positive and significant effect on brand image and brand trust, but social media marketing has no effect on brand equity. Furthermore, brand trust has a positive and significant effect on brand equity, while brand image has no effect on brand equity. The contribution of this study is expected to be able to provide significant insight to marketers of smartphone brand companies on how to develop strong brand equity in the Indonesian market and create competitive advantages for companies through strong embodiment of social media marketing, brand image, and brand trust.
PERUMUSAN STRATEGI USAHA MENGGUNAKAN IFE, EFE, IE, SWOT, DAN QSPM Audia Nur Safitri; Siti Arbainah
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.673

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk merumuskan strategi usaha pada Coffee Shop di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM yang menunjukkan hasil skor tertimbang IFE sebesar 2,691 dan skor tertimbang EFE sebesar 2,870. Hasil analisis Matriks IE berada pada kuadran V yang menunjukkan posisi usaha “Ditahan dan Dijaga”, sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Terdapat 10 strategi yang didapatkan berdasarkan Matriks SWOT, kemudian melalui QSPM dihasilkan prioritas alternatif strategi yang sesuai untuk Coffee Shop di Kecamatan Tembalang, yaitu menjaga kualitas dan konsistensi rasa produk serta melakukan inovasi produk melalui kerja sama dengan pemasok agar produk tetap sesuai dengan minat pelanggan dengan TAS sebesar 6,382.
MELIHAT PRAKTEK PENJUALAN SENJATA API MELALUI DARKAWEB : A SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW Beida Almira Herlianti; Salahudin Salahudin; Syamsulrizal Syamsulrizal; Havidz Ageng Prakoso
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.702

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai praktik dan produk dari penjualan senjata api secara ilegal melalui darkweb yang bisa saja nantinya digunakan sebagai penegak hukum untuk menutup situs tersebut, serta memberikan wawasan mengenai perdagangan senjata ilegal di darkweb. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic literature system dengan menggunakan 178 artikel ilmiah yang bersumber dari database scopus dan menggunakan aplikasi Vosviewer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih belum banyak penelitian yang membahas mengenai penjualan senjata api melalui darkweb karena kurangnya penelitian terdahulu, cukup banyak toko-toko yang menjual berbagai barang-barang berupa senjata api, obat-obatan terlarang, dan macam-macam barang lainnya melalui situs darkweb. Penjual senjata melalui darkweb beberapa memberikan detail secara rinci dan jelas mengenai senjata yang dijual, bahkan juga memberi jaminan bahwa barang yang dipesan akan tiba tanpa adanya kecurigaan dari pihak Bea Cukai. Hasil penelitian ini berkontribusi perkembangan ilmu Hubungan Internasional dengan fokus terhadap penjualan senjata api melalui darkweb. Keterbatasan artikel ini adalah artikel yang digunakan hanya bersumber dari database scopus, sehingga temuan penelitian tidak dapat menggambarkan secara komprehensif tentang penjualan senjata api secara ilegal dan juga pendalaman mengenai darkweb. Penelitian berikutnya perlu menggunakan artikel-artikel ilmiah yang bersumber dari database bereputasi lainnya.
ANALISIS FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN METODE ALTMAN Z-SCORE DAN ZMIJEWSKI SUB SEKTOR TRANSPORTASI Paulina Yuritha Amtiran
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.685

Abstract

Kesulitan keuangan adalah suatu keadaan dimana perusahaan tidak mampu memenuhi kewajibannya dan berpotensi mengalami kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan keuangan yang dialami perusahaan pada sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu pada PT Garuda Indonesia Tbk dan PT AirAsia Indonesia Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan periode kuartal pertama sampai kuartal keempat tahun 2019-2020. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Altman Z-Score modifikasi dengan rumus Z = 6,56X1 + 3,26X2 + 6,72X3 + 1,05X4 dan metode Zmijewski dengan rumus X = -4,3 – 4,5X1 + 5,7X2 + 0,004X3. Hasil perhitungan Z-Score dan X-Score menunjukkan bahwa, baik PT Garuda Indonesia Tbk maupun PT AirAsia Indonesia Tbk pada kuartal pertama sampai kuartal keempat tahun 2019-2020, berada dalam kondisi kesulitan keuangan dan berpotensi mengalami kebangkrutan. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai sumber informasi yang menyajikan kesulitan keuangan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan bagaimana alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi kesulitan keuangan yang dihadapi perusahaan.
ANALISIS TINGKAT LITERASI DAN MINAT MASYARAKAT DESA LOGAS DALAM PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) Nobel Aqualdo; Cut Endang Kurniasih; Hilmah Zuryani
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.504

Abstract

Persentase literasi dan inklusi keuangan belum merata antar wilayah di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau. Tingkat pendidikan masyarakat pedesaan yang terbatas dan kegiatan ekonomi pedesaan identik tradisional mempengaruhi literasi dan minat mereka terhadap penggunaan teknologi finansial atau fintech. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi dan minat masyarakat Desa Logas terhadap penggunaan fintech. Penelitian dilakukan di Desa Logas, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 49 orang responden yang mewakili populasi di Desa Logas. Adapun model yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat mengenai fintech masih rendah. Minimnya pengetahuan tersebut menyebabkan jumlah pengguna sedikit hanya sebesar 24%. Selain itu, fintech diharapkan meningkat, karena minat terhadap fintech yang direkomendasikan secara baik oleh masyarakat untuk digunakan dalam urusan finansial di masa akan datang. Temuan utama penelitian ini adalah keberadaan fintech di Desa Logas masih belum optimal. Hal ini membutuhkan intervensi kebijakan yang lebih tegas untuk meningkatkan literasi masyarakat pedesaan terhadap keuangan digital khususnya financial technology (fintech). Kata Kunci: Fintech, Literasi Keuangan, Minat. ABSTRACT The percentage of financial literacy and inclusion is not evenly distributed between regions in Indonesia, including in Riau Province. The limited educational level of rural communities and identical traditional rural economic activities affect their literacy and interest in using financial technology or fintech. This study aims to analyze the level of literacy and interest of the people of Logas Village in using fintech. The research was conducted in Logas Village, Singingi District, Kuantan Singingi Regency, Riau Province. The number of samples used was 49 respondents representing the population in Logas Village. The model used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that low levels of financial literacy among community towards fintech. This lack of knowledge causes the number of users relatively small, only 24% users. Further, it is expected that the fintech usage will be more increase, since the high interest in fintech which is well recommended by the community for use in financial matters in the future. A key finding of the study is that the presence of fintech in Logas Village is still insufficient. This calls for more decisive policy interventions to enhance the rural community’s literacy for digital finance especially financial technology (fintech). Keywords: Fintech, Financial Literacy, Interest.
PRIORITAS MASALAH DAN SOLUSI PENGEMBANGAN WAKAF SAHAM DARI ASPEK NAZHIR Nova Rini; Nurul Huda; Muslich Anshori
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.699

Abstract

Nazhir yang profesional dan berkompetensi yang baik mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan wakaf saham. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui masalah, solusi, dan strategi yang mempengaruhi perkembangan wakaf saham dari aspek nazhir. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif dengan pendekatan Analytic Networking Process (ANP). Sumber data berupa hasil wawancara dan kuesioner yang diisi oleh informan expert sebanyak 12 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menyebabkan  kurang berkembangnya wakaf saham di Indonesia dari segi nazhir adalah sumber daya manusia, profesionalitas, dan pengetahuan. Sumber daya manusia nazhir masih dirasa rendah kualitasnya ketika diminta untuk mengelola wakaf saham. Adapun solusi untuk mengatasi rendahnya kualitas sumber daya manusia nazhir tersebut disarankan untuk dilakukan sertifikasi profesi untuk nazhir. Sertifikasi tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi nazhir dalam mengelola wakaf saham di Indonesia.  Profesionalitas nazhir dalam mengelola wakaf saham di Indonesia juga merupakan hal yang menyebabkan wakaf saham di Indonesia sulit untuk berkembang. Hal ini dikarenakan belum adanya standar profesional dalam pengelolaan wakaf saham. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengadakan sertifikasi profesi bagi nazhir. Pengetahuan nazhir mengenai wakaf saham di Indonesia juga merupakan hal yang menyebabkan wakaf saham di Indonesia sulit untuk berkembang. Hal ini dikarenakan masih minimnya sosialisasi wakaf saham terhadap nazhir dan kurangnya literasi nazhir terhadap wakaf saham. Adapun solusi untuk masalah tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi mengenai wakaf saham. Sehingga, dengan adanya sosialisasi bagi nazhir mengenai wakaf saham akan meningkatkan pengetahuan nazhir tentang wakaf saham.
EUROPEAN UNION AGREEMENT IN OIL SECTOR: A SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW Mohammad Aldo Alqalbi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.704

Abstract

This study aims to determine the European Union's policy on exports in the energy sector, especially the oil sector. The research method applied in this study was a systematic literature review using 579 scientific articles sourced from the Scopus database. Review articles using the Vosviewer application. The results of the study reveal that the European Union has several new policies for oil exports from several countries. The results of this study contribute to the development of a research roadmap on policies used by the European Union. A large number of palm oil industries in several countries have opened up many jobs for the surrounding community so this industry has played a major role in absorbing labor. The limitation of this research is that the articles used are only sourced from the Scopus database so the research findings cannot comprehensively describe the European Union's policy issues on oil exports. Subsequent research needs to use scientific articles sourced from other reputable international databases, such as Web of Science and Dimensions Scholars.
GENERATION Z INTEREST OF ENTREPRENEURSHIP IN PADANGSIDIMPUAN CITY Ricka Handayani; Agus Salim Lubis
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.486

Abstract

The purpose of this study was to measure the influence of self-actualization, family environment, social media, and the pandemic situation partially and simultaneously on the interest of Generation Z in entrepreneurship in the city of Padangsidimpuan. The research method used is quantitative research with a population of 555 people and a sample of 233 people obtained using the Taro Yamane formula.The results of this study are partially self-actualization variables have a positive and significant effect on the interest of Generation Z in entrepreneurship in Padangsidimpuan City with tcount 7.777 > ttable of 1.971 and a significant value of 0.000 <0.05. The family environment variable has a positive and significant effect on the interest of generation Z in entrepreneurship in Padangsidimpuan City with a tcount 2.077 > ttable of 1.971 and a significant value of 0.039 <0.05. Social media variables do not have a positive and significant effect on the interest of Generation Z in entrepreneurship in Padangsidimpuan City with a tcount -0.365 < ttable of 1.971 and a significant value of 0.716 > 0.05. The pandemic situation variable also has no significant effect on the interest of Generation Z in entrepreneurship in Padangsidimpuan City with a tcount 1.040 < ttable of 1.971 and a significant value of 0.299 > 0.05. Simultaneously, the variables of self-actualization, family environment, social media, and the pandemic situation affect the interest of Generation Z in entrepreneurship in Padangsidimpuan City, which can be seen from the results of fcount 44,436 > f table of 2.253 and a significance value of 0.000 < 0.05 significance level.
ANALISIS TERHADAP SOLUSI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA PERBANKAN Lis Sintha Oppusungu; Fery Tobing; Edison Siregar; Riwandari Juniasti
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v13i1.646

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah yang telah dilakukan bank untuk melakukan restrukturisasi dalam rangka menjaga stabilitas kredit macet (NPL)  dan memungkinkan masyarakat untuk kembali ke pembayaran pinjaman normal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data  dari buku, majalah dan situs informasi lainnya, serta menyusun dan menganalisisnya. Dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, kredit macet tidak hanya berdampak buruk pada debitur, tetapi juga berdampak pada kreditur dan pemberi pinjaman, bahkan dapat mempengaruhi perekonomian suatu negara. Faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet atau macet adalah kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, kemauan dan kredit pelanggan, dan keadaan darurat pemerintah. Untuk mengatasi kredit macet tersebut perlu dilakukan penyesuaian posisi keuangan perusahaan dengan melakukan restrukturisasi (penjadwalan ulang) hutang, restrukturisasi dan penyesuaian kembali  pinjaman nasabah agar kredit macet dapat diatasi. Pembayaran dengan menutup pinjaman dan atau  membayar kredit tepat waktu. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9