cover
Contact Name
Yeasy Agustina Sari
Contact Email
attractivejournal1@gmail.com
Phone
+6285378242510
Journal Mail Official
attractivejournal1@gmail.com
Editorial Address
https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/EditorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Attractive : Innovative Education Journal
Published by CV. Creative Tugu Pena
ISSN : 26856085     EISSN : 26856085     DOI : -
Core Subject : Education,
Attractive ; Innovative Education Journal invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Educational Technology, Education Management, and Learning Strategy as well as the examination of contemporary issues in the field Education.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Attractive : Innovative Education Journal" : 4 Documents clear
Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) di UPTD SD Negeri 6 Metro Utara Aminudin, Kodar
Attractive : Innovative Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Attractive : Innovative Education Journal
Publisher : CV. Creative Tugu Pena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi kondisi objektif implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan yang sudah dilaksanakan di SD Negeri 6 Metro Utara. Mengetahui peranan budaya sekolah yang dimiliki terhadap pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Negeri 6 Metro Utara. Mencari dan menciptakan model yang efektif untuk pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) melalui penguatan Budaya Sekolah di SD Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Negeri 6 Metro Utara sebagian besar telah memenuhi kriteria yang digariskan oleh 8 Standar Nasional Pendidikan, tetapi kemunculan berbagai kriteria tersebut tidak mutlak dan secara spesifik diprogramkan untuk SRA. Kemunculannya hanya faktor kebetulan yang memiliki keterkaitan dengan program sekolah lainnya. Kata Kunci: Program Sekolah Ramah Anak (SRA), Model pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA)
Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa di SMP Negeri 2 Banjit Sopingi, Imam
Attractive : Innovative Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Attractive : Innovative Education Journal
Publisher : CV. Creative Tugu Pena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar al-Qur’an adalah adanya kecenderungan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca al-Qur’an oleh karena tidak adanya pembimbing yang dapat menyimak dan mengoreksi bacaannya dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Metode Tutor Sebaya dalam upaya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siawa kelas IX F SMPN 2 Banjit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan strategi siklus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara observer dan guru sebagai pelaku peneliti tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IX F SMPN 2 Banjit yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa terdapat peningkatan kemampuan belajar al-Qur’an melalui penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Dilihat dari hasil tes secara individu menunjukan 88 % atau 15 siswa telah tuntas materi dengan rata-rata nilai 78,2 dengan nilai terendah 43 dan nilai tertinggi 100. (2) Aktivitas belajar siswa dalam kelompok, menunjukkan peningkatan dari 77.78 % atau 11 siswa menjadi 88 % atau 15 siswa. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Membaca Al Qur’an,
Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Student Centered Learning Mastufah, Mastufah
Attractive : Innovative Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Attractive : Innovative Education Journal
Publisher : CV. Creative Tugu Pena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the process of learning Economics (Accounting) required a certain strategy and strong motivation. Teachers play a very important role, especially in terms of designing learning scenarios. Teachers should be able to choose a learning model that can increase the motivation of learners, in accordance with the characteristics of subjects, and characteristics of learners so that learning can take place optimally. The aim of this classroom action research is to improve the learning of learners using the student centered learning model. This research was conducted in class XI IPS1, MAN 1 Cilegon semester 1, material Posting from Juku Kebuku Besar Journals, post to a subsidiary "using cycles, in this study the author tries to 2 cycles. The results show that in each cycle of understanding the accounting, cycle of a merchandising company on post material from a special journal to the ledger, posting to the auxiliary book, gained increased motivation and learning outcomes. In general it can be concluded that the use of student centered learning model can improve the motivation and learning outcomes of learners. Keywords: Student Centered Learning Model, Learn Economics Accounting
Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Imanuddin, Nikmat
Attractive : Innovative Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Attractive : Innovative Education Journal
Publisher : CV. Creative Tugu Pena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran abad saat ini menuntut pendidik dalam melakukan evalausi secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Kegiatan belajar mengajar sudah seharusnya dilaksanakan lebih mempertimbangkan kepentingan peserta didik dan berorientasi pada keberhasislan pembelajaran. Mata Pelajaran geografi merupakan rumpun pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada mata pelajaran ini banyak yang menganggap bahwa belajar IPS dalam hal ini termasuk geografi identik terhadap pembelajaran yang monoton terhadap hapalan, sehingga membosankan bagi siswa, apalagi dewasa ini siswa hanya menganggap bahwa mata pelajaran rumpun IPS kurang penting dibandingkan dengan rumpun lainya yang lebih cendrung menyenangkan. Dengan diterapkannya Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di sekolah, menuntut guru untuk bisa mengembangkan model pembelajaran yang bisa membuat siswa untuk berpikir kritis, aktif dan mampu mendorong siswa untuk menemukan dan mengkonstruksi pikiran mereka berdasarkan materi yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru untuk mencapai hal tersebut adalah dengan Model Pembelajaran Cooperative Script. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 4