cover
Contact Name
Dr. S. Bekti Istiyanto
Contact Email
bekti.istiyanto@unsoed.ac.id
Phone
+6285221626505
Journal Mail Official
bektiis@yahoo.com
Editorial Address
Jurusan Ilmu Komunikasi Jalan Kampus No 1 Grendeng Purwokerto Utara
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
ISSN : 02167239     EISSN : 26861968     DOI : -
Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel yang dapat diterima Jurnal Widya Komunika adalah kajian Komunikasi Kontemporer secara umum dan Komunikasi Pendidikan secara khusus. Dalam bidang Komunikasi Pendidikan tidak dibatasi dalam kajian konseptual teoretis saja namun juga kajian yang bersifat terapan/bersumber kasus di masyarakat secara langsung seperti Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Instruksional, Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemasaran Sosial, dan Perubahan Sosial.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA" : 8 Documents clear
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BPR SIWI SEDANA DALAM MENARIK NASABAH DI ERA PANDEMI COVID-19 Ayu Eunike Sukaning Dewi Komang
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.5644

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran pada BPR Siwi Sedana selama pandemic covid-19. Sebagai BPR yang sudah berkarya selama 30 (tiga puluh) tahun, BPR Siwi Sedana dapat menarik nasabah dan tetap eksis di era pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran BPR Siwi Sedana selama pandemi dengan menggunakan strategi komunikasi IMC (Integrated Marketing Communication). Dengan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa selama pandemi covid-19 BPR Siwi Sedana menggunakan empat strategi bauran pemasaran dari strategi IMC (Integrated Marketing Communication) yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, dan pemasaran interaktif dalam menarik nasabah. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran.
PERSEPSI REMAJA PADA TINDAKAN CATCALLING Lulua Amany Fathiyya; Wisnu Widjanarko; Agus Ganjar Runtiko
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.5884

Abstract

Catcalling merupakan sebuah contoh bentuk komunikasi yang melanggar ketidakpatutan sosial karena seringkali membuat tidak nyaman dan mengintimidasi korbannya. Tindakan catcalling ini masuk dalam salah satu bentuk pelecehan seksual dalam ranah kekerasan verbal dan kekerasan psikis. Namun terdapat ambiguitas makna di masyarakat dalam memandang tindakan ini. Terdapat orang yang menyadari mengenai catcalling sebagai bentuk pelecehan seksual, akan tetapi tidak sedikit pula yang menganggap bahwa catcalling hanyalah candaan dan hal yang wajar karena seringkali dibalut dengan pujian. Catcalling seringkali diidentikkan dengan tindakan yang terjadi di wilayah perkotaan, akan tetapi ternyata daerah perdesaan sendiri tidak luput dari maraknya aktivitas catcalling. Selain itu remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap perilaku catcalling baik sebagai pelaku maupun korban. Penelitian ini berusaha mencari tahu bagaimana persepsi remaja Desa Danareja pada tindakan catcalling yang terjadi di sekitarnya baik sebagai pelaku, korban maupun yang hanya melihat tindakan catcalling atau selanjutnya disebut dengan penonton. Penelitian dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif dengan informan remaja Desa Danareja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja Desa Danareja dengan peran pelaku, korban, dan penonton tindakan ini tidak menganggap catcalling sebagai pelecehan seksual, hal ini karena ketidaktahuan remaja mengenai catcalling sendiri dan adanya pengaruh pewajaran dari lingkungan sekitar mengenai tindakan catcalling.
RESEPSI MAHASISWA BROADCASTING UNIVERSITAS MERCU BUANA TERHADAP SINEMATOGRAFI FILM SI DOEL THE MOVIE Sophan Wahyudi; Rifki Faturahman; Suraya Mansur
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.5342

Abstract

Si Doel The Movie adalah film drama keluarga Indonesia yang merupakan kelanjutan dari kelanjutan sinetron fenomenal tahun 1990-an Si Doel Anak Sekolahan, yang merupakan sinetron Indonesia yang pertama kali ditayangkan oleh stasiun TV RCTI pada tahun 1994. Disutradarai dan dibintangi oleh Rano Karno sebagai Doel, sinetron ini berkisah tentang kehidupan Doel dan keluarganya, keluarga Betawi yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional meskipun hidup di tengah arus perkotaan dan modernisasi. Penelitian ini menggunakan teori pemaknaan khalayak yaitu analisis resepsi, proses encoding/decoding Stuart Hall, yang kemudian opini publik masuk ke dalam tiga tahapan kategorisasi yaitu dominan, negosiasi dan oposisi. Jenis penelitian ini adalah reception analysis yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengkaji masalah secara mendalam. Subyek penelitian ini adalah lima orang mahasiswa Universitas Broadcasting Universitas Mercu Buana angkatan 2016. Hasil penelitian ini memiliki berbagai macam resepsi yang berbeda dari masing-masing audiens. Berdasarkan fokus penelitian, terdapat dua puluh dua makna dominan, tujuh makna negosiasi, dan delapan makna oposisi. Mereka melihat sinematografi Si Doel The Movie dari ada tidaknya komposisi sinematografi yang digunakan dalam film Si Doel The Movie ini.
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS Jauza Alayya; Muhammad Ghiffari Irfansyah; Stefani Dewinatalia; Irwansyah -
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.5977

Abstract

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk keberhasilan pengajar dan peserta didik termasuk dalam kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis yang berusaha memeriksa efektivitas komunikasi dalam kegiatan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian dilaksanakan dengan menganalisis literatur-literatur yang telah diterbitkan dalam artikel jurnal ilmiah pada periode Januari tahun 2020 sampai dengan tahun September tahun 2021. Melalui proses ektraksi dengan ketentuan inklusi dan eksklusi, peneliti berhasil menentukan delapan literatur (5%) dari total 169 literatur yang relevan untuk membahas efektivitas komunikasi dalam kegiatan pembelajaran daring. Hasil tinjauan sistematis menunjukan bahwa, pengajar masih dianggap sebagai sosok yang menentukan efektifitas komunikasi pada kegiatan belajar-mengajar daring dan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas komunikasi adalah menyadari hambatan dalam proses komunikasi dan mengeliminasinya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teori efektivitas komunikasi juga masih belum mencakup variabel dan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur efektivitas komunikasi.
EFEKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PEMBENTUKAN CITRA ORGANISASI HIMAKOM UNIVERSITAS NASIONAL Nadya Tantri Utami; Shopyana Fatikhasari; Vida Azizah
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.7653

Abstract

Kajian ini berfokus pada efektivitas Cyber–Public Relations di media sosial yang diterapkan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Nasional. HIMAKOM merupakan organisasi internal Universitas Nasional. Berdiri pada 4 Desember 2004, HIMAKOM telah menjadi wadah ekspresi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Universitas Nasional. Humas Universitas Nasional HIMAKOM memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kinerjanya sekaligus meningkatkan citra Universitas Nasional HIMAKOM. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran strategi cyber public relations untuk menciptakan citra positif dan meningkatkan citra HIMAKOM Universitas Nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Jumlah sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 30 orang. Analisis statistik yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh angka signifikansi sebesar 0,366 yang berarti cyber public relations (X) berperan dalam meningkatkan citra HIMAKOM Universitas Nasional (Y). Artinya, strategi cyber public relations yang digunakan HIMAKOM Universitas Nasional melalui media sosial dinilai mampu meningkatkan citra HIMAKOM Universitas Nasional di mata publik
EXISTENSI KELOMPOK TANI PADA IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF UNTUK KEBERDAYAAN Muhammad Nur Jaya
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.5745

Abstract

Indonesia adalah negara agraris yang tentunya lebih mengutamakan pembangunan pertanian lebih khusus tanaman padi. Tanaman padi merupakan makanan pokok msyarakat Indonesia, sehingga bidang pertanian terus mengalami perkembangan dengan berdasarkan atas kemajuan teknologi. Teknologi di bidang pertanian terus berinovasi dengan berbagai temuan teknologi pertanian yang modern. Sejalan dengan hal tersebut para kelompok tani sebagai pelaku usaha tani dituntut untuk meningkatkan daya saing di era globalisasi ini, olehnya itu penting menggunakan komunikasi pembangunan pertanian yang partisipatif dengan mengedepankan masyarakat lokal dengan dimensi kulturalnya sebagai pemegang kekuasaan. Paradigma baru komunikasi pembangunan menempatkan kelompok tani sebagai subyek pembangunan yang sebelumnya selalu menjadi obyek pembangunan, fokus pembangunan pertanian diarahkan pada masyarakat lokal.Penelitian ini bertujuan : 1. Menganalisis aktivitas kelompok tani dalam implementasi komunikasi pembangunan partisipatif untuk keberdayaan; 2. Menganalisis pengaruh karakteristik kelompok tani terhadap implementasi komunikasi pembangunan partisipatif untuk keberdayaan. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan menggunakan metode survey. Penelitian kuatitatif dilaksanakan didua Kabupaten pada 8 kecamatan yang menjadi obyek penelitian atau unit analisis adalah kelompok tani dengan mengambil sampel 170 kelompok tani. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan eksplanatif. Hasil penelitian adalah : (a) Aktivitas kelompok tani di wilyah penelitian ini di lakukan oleh kelompok tani sesuai karakteristik yang ada yaitu : pendidikan, usia, luas lahan, pengalaman, status sosial, kosmopolitan, pendapatan, ukuran kelompok, kohesi dan kepemimpinan kelompok.; (b) Karakteristik kelompok tani memengaruhi implementasi komunikasi pembangunan partisipatif untuk keberdayaan. Kata Kunci : Kelompok tani, Komunikasi pembangunan partisipatif, Keberdayaan
ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK PADA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI Elisa Intania; Velly Flaviani Hyunanda; Jejen Zainal Muttaqin
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.5637

Abstract

This research is entitled “The Effects of the Use of TikTok Application on Young Children During Pandemic”. The purpose of this research is to increase knowledge of the importance of the role of parents, mental health of young children, and the awareness of the effects of using TikTok application. The research method used is through phenomenological research and qualitative research. The data collection techniques used for this research is by distributing questionnaires and online interviews. The interviews conducted involves several parents who uses TikTok application. Based on the results received, there has been an increase of social media usage, in particular the TikTok application. The TikTok application caused an adverse effect on young children. Furthermore, there has been some concerns from several parents during interviews over the mental health issues of young children. The presence of TikTok as a new media has caused rapid cultural shift and can be easily imitated by young children. The suggestions conveyed through this article is the importance of the role of parents in accompanying and supervising their young children in using TikTok, increase awareness of parents on the use of TikTok application, and the adverse effects on young children when using the TikTok application.
BUDAYA ORGANISASI BUDAYA ORGANISASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PADA SMK N 1 SAPURAN, WONOSOBO) Utera Fijar Adha; Wiwik Novianti; Dian Santi Rahayu
Widya Komunika Vol 12 No 2 (2022): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2022.12.2.6381

Abstract

Setiap sekolah tentunya memiliki budaya organisasi masing-masing. Fenomena pandemi Covid-19 tentunya merubah segala teknis kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu sekolah yang peneliti pilih pada penelitian ini yaitu SMK N 1 Sapuran, Wonosobo yang sudah melaksanakan simulasi hingga pembelajaran tatap muka sejak akhir tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk budaya organisasi pada pembinaan komunikasi, disiplin, dan motivasi guru dan kendala pengelolaan pembelajaran tatap muka. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pemilihan informan menggunakan purporsive sampling, kemudian untuk validasi data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti menemukan tiga bentuk budaya organisasi pada SMK N 1 Sapuran yaitu kerja sama, kekeluargaan, dan apresiasi. Peneliti juga menemukan kendala penerapan budaya organisasi pada pengelolaan pembelajaran tatap muka yaitu waktu yang terbatas ketika di kelas, ketakutan terbentuknya klaster baru, ketertinggalan materi pembelajaran yang cukup banyak, serta learning loss yang dialami siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8