cover
Contact Name
Rita Sari
Contact Email
j_tarbawi@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285296150610
Journal Mail Official
ritasari17@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Meurandeh Kampus Zawiyah Cot Kala Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
ISSN : 20869754     EISSN : 26566370     DOI : 10.32505
Core Subject : Education, Social,
Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan" : 7 Documents clear
Penggunaan metode pembelajaran control to free sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis teks report Fauziatul Halim
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dirasa mampu untukmeningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar,karena dengan pembelajaran secara kooperatif semaksimal mungkin partisipasi siswadalam memperoleh pengetahuan sangat diperlukan. Oleh karena itu, metodepembelajaran yang menjadi alternatif pilihan adalah metode control to free. Metodepembelajaran yang akan diterapkan harus memperhatikan sasaran atau subyek pelakutindakan. Subyek penellitian ini adalah siswa MTsN Langsa kelas IX-1 dengan jumlah34 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2siklus. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif denganmembandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dananalisis deskriptif kualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal nilai rata-rata hanya sebesar 53,67.Sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata mencapai 61,21 dan pada Siklus II rata-ratamencapai 85,23. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaanmetode pembelajaran control to free dapat meningkatkan kemampuan menulis siswakelas IX-1 pada materi teks report di MTsN Langsa.Keywords : Metode Control To Free, Kemampuan Menulis, Tek
Penggunaan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi biotik dan abiotik di kelas VII-1 MTs negeri langsa Zaimah .
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasipenting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya. Halini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya prestasibelajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Rendahnya perolehan prestasi belajarIPA di MTs Negeri Langsa menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnyakinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangberkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahamansiswa pada materi biotik dan abiotik dengan metode diskusi kelompok di kelas VII-1. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkanmasalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuanprofesional dan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok menjadi alternatifpembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. Pendekatan yang digunakanadalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalampenggunaan metode diskusi kelompok. Dalam pembelajaran IPA yang membantusiswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata daningin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode diskusi kelompoktersebut. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I dan II dapatdisimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs NegeriLangsa pada kondisi awal mencapai nilai 2,9 % termasuk kualifikasi rendah danpada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 29,41 % makaangka tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus II mencapai nilai 97,1 % maka angkatersebut kualifikasi tinggi. Berarti setelah siklus II semua subjek mengalamipeningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
Urgensitas Ilmu Menurut Konsep Islam Junaidi .
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya mempunyai ilmu adalah untuk membuktikan kekuasaan Allah SWT.Matlamat ini adalah untuk menguatkan kepercayaan dan keimanan manusia terhadapAllah SWT. Dengan adanya ilmu, manusia dapart membaca Al-Qur’an yang manaterkandung segala persoalan yang wujud di muka bumi ini. Ilmu juga membolehkanmanusia mengkaji alam semesta ciptaan Allah ini.Ilmu merupakan perkataan yang memiliki makna lebih dari satu arti. Oleh karenanyadiperlukan pemahaman dalam memaknai apa yang dimaksud. Menurut cakupannyapertama-tama ilmu adalah istilah umum untuk menyebut segenap pengetahuan ilmiahdalam satu kesatuan. Dalam arti kedua ilmu menunjuk pada masing-masing bidangpengetahuan ilmiah yang mempelajari pokok tertentu. Maksud dari pengertian iniadalah bahwa ilmu berarti suatu cabang ilmu khusus
Penggunaan metode latihan terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII-1 semester genap di MTs negeri langsa Lismawati .
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tuntasnya belajar siswa pada pokokbahasan gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII.1 MTS Negeri Langsa.Berdasarkan teori belajar, untuk memecahkan masalah tersebut maka penelitimencoba menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran.Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode latihanterbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 MTS NegeriLangsa pada materi Gerak pada tumbunhan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitianini dilaksanakan di MTS Negeri Langsa pada siswa kelas VIII.1 Tahun Ajaran2014/2015 yang terdiri dari 36 orang Siswa. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Dari masing-masing siklus diperolehdata berupa hasil observasi dan hasil evaluasi yang dianalisis secara kualitatif dankuantitatif. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yangdigunakan, apabila  85 % dari seluruh siswa telah memperoleh  75, makahipotesis diterima. Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentaseketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 61,1 %, pada Siklus II sebesar 97,2 %,.Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa dengan penggunaan metode latihan terbimbing dapatmeningkatkan Hasil belajar siswa kelas VIII.1 MTs Negeri Langsa pada materiGerak pada tumbuhan Tahun Ajaran 2014/2015.
Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode diskusi kelompok materi akhlak terpuji kelas II-B min paya bujok Rahmawati .
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Didalam proses belajar mengajar kadang kala guru masih kurang menggunakanmetode yang sangat tepat. Pelajaran yang diberikan oleh guru secara langsung,seharusnya dapat diamati, diteliti, di hayati dan dikerjakan sendiri oleh anak didik,sehingga dapat menimbulkan kesan yang lebih lama dan tidak mudah terlupakan.Oleh karena itu media pendidikan memegang peranan penting dalam menunjangkeberhasilan proses belajar mengajar. Metode diskusi kelompok adalah merupakansalah satu metode pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif danberpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini gurumemberikan pengarahan dan bimbingan sesuai dengan materi yang akan di ajarkankepada sisiwa, yang mana siswa disuruh berdiskusi langsung kepada teman dankelompoknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2siklus dan setiap satu siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswakelas II-b pada MIN Paya Bujok yang berjumlah 36 siswa. Analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisiawal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptifkualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I yaitu 8siswa atau 23,53. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang memuaskan karena29 siswa atau 85.29% berhasil mendapatkan nilai diatas KKM 70, selebihnya masihada 5 siswa atau 14.17% yang tidak tuntas. Maka dapat disimpulkan adanyapeningkatan hasil belajar siswa pada materi Akhlak Terpuji menggunakan metodediskusi pada siswa
Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah melalui strategi pembelajaran formulate share listen create (FSLC) pada materi teorema pythagoras di kelas VIII MTsN 1 langsa Sri Kurniati
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada materi Teorema Pythagoras dengan Strategi Pembelajaran Formulate share Listen Create (FSLC). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII-3 MTsN 1 Langsa dengan jumlah 34 siswa terdiri dari siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen data tentang kondisi awal siswa diambil dari nilai tes semester I. Tes yang diberikan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata nilai sebesar 59,70 dengan ketuntasan belajar klasikal 38,23%, rata-rata nilai siklus II sebesar 75,14 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dengan penerapan Strategi pemnelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) dalam proses pembelajaran pada materi Teorema Pythagoras dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-3 MTsN 1 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsS terpadu langsa Rahmi Hayati
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 2 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan menjadi bagian yang urgen dalam upaya meningkatkan kualitas generasi. Salah satu fasilitas yang diberikan negara dalam rangka mempersiapkan masyarakat yang unggul dan siap berkompetisi adalah pendidikan bermutu. Upaya memperbaiki mutu pendidikan terwujud dalam Kurikulum 2013. Scientific approach (pendekatan ilmiah) dianggap sebagai pendekatan yang paling tepat dalam implementasi Kurikulum 2013. Dalam Kurikulm 2013 ini lebih menekankan bahwa siswa harus membangun pengetahuannya sendiri, melaluikegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jaringan. Dengan demikian kurikulum 2013 membawa paradigma pembelajaran dari teacher centered menuju student centered. Peran guru harus berusaha secara optimal untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih mengedepankan siswa dalam pembelajaran. Guna memfasilitasi model pembelajaran yang efektif maka penerapan model pembelajaran CTL sangatlah tepat digunakan agar hasil belajar meningkat, karena dalam CTL semua pancaindra

Page 1 of 1 | Total Record : 7