cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
jurnalvisionary@gmail.com
Editorial Address
Prodi AP IKIP Mataram,
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Published by IKIP Mataram
ISSN : 25034669     EISSN : 26567563     DOI : 10.33394
The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019)" : 9 Documents clear
STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN Rohiyatun, Baiq
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.072 KB)

Abstract

Abstrak: Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah merupakan faktor pendukung terlaksananya  program  sekolah,  khususnya  kegiatan  pembelajaran  yang  dilakukan guru. Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah harus dikelola dengan baik, dengan tujuan jika warga sekolah hendak memerlukan atau menggunakannya, maka sarana dan prasarana tersebut dalam keadaan siap pakai. Menurut perspektif pemerintah, kegiatan manajemen sarana dan prasarana pendidikan setidak-tidaknya memiliki delapan  (8)  mata  rantai  kegiatan.  Sementara  menurut  Peraturan  Menteri  No  24 Tahun 2007 bahwa Standar Nasional Pendidikan tentang Sarana dan Prasarana mencakup tujuh (7) kegiatan manajemen. Guna mengoptimalkan pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan pengahapusan sarana dan prasarana pendidikan, maka diperlukan perencanaan yang matang, sehingga sekolah dituntut  untuk  memiliki  kemandirian  untuk  mengatur  dan  mengurus  sekolah menurut kebutuhan berdasarkan aspirasi dan partisipasi warga sekolah dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku. Pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah itu memang harus di kelola secara baik dengan perencanaan yang baik pula. Sarana dan prasarana pendidikan sangatlah bermanfaat dan berperan penting untuk menunjang kelancaran proses pendidikan karena meskipun KBM (kegiatan Belajar Mengajar) sudah baik, namun tidak didukung dengan alat-alat atau sarana prasarana pendidikan maka hasil yang dicapai tidak akan sesempurna yang diharapkan. Untuk itu perhatian terhadap pengelolaan semua sarana dan prasarana atau perlengkapan  di sekolah memang harus di prioritaskan demi terealisasinya tujuan utama dari adanya perlengkapan ini mampu mendukung penyuksesan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Standar, Sarana Prasarana Pendidikan 
PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Aryani, Menik; Najwa, Lu`luin
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.3 KB)

Abstract

Abstrak : Era revolusi industri 4.0 yang populer saat ini di  masyarakat merupakan sejarah baru peradaban. Era ini ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi dan batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya yang semakin cepat melalui teknologi informasi dan komunikasi.Dunia pendidikan Indonesia juga tidak luput dari perubahan ini, pemerintah mempersiapkan diri dengan merubah penerapan metode pembelajaran di sekolah. Metode pembelajaran di sekolah dapat merubah sifat dan pola pikir anak didik, mampu mengembangkan bakat anak, dan lembaga pendidikan harus mampu mengubah model belajar sesuai kebutuhan jaman.Tuntutan jaman bagi peserta didik di era yang sangat kompetitif ini adalah dibutuhkannya kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, mampu dan terampil berkomunikasi, bekerja sama dan percaya diri.Perkembangan revolusi industri berdampak pula pada pengembangan karakter anak.Anak harus mampu menyaring informasi yang positif, kemudian diaktualisasikan dalam perilaku yang positif.Dalam kaitannya dengan pembentukan karakter dan perkembangan revolusi industri, upaya yang perlu dilakukan pemerintah dalam bidang pendidikanadalah perlunya orientasi kepada peningkatan kreatifitas salah satunya melalui pendidikan kewirausahaan.Nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan kewirausahaan dapat bersinergi dengan pengembangan karakter bangsa yang diharapkan di era revolusi industri saat ini. Persaingan dalam segala bidang perlu didukung oleh sikap dan perilaku yang positif agar para peserta didik mampu bertahan dan bersaing. Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Pembentukan Karakter.
EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME Rayani, Dewi; Utami, Wiwiek Zainar Sri
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Autisme merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan kegagalan dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun  materi yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group , pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime. Kata Kunci: Media Game Dobe Flash, Autisme
KONSELING INDIVIDU DENGAN SIKAP KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND PADA SISWA Mustamiin, Muhammad Zainal
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.875 KB)

Abstract

 Abstrak: Masalah penelitian ini adalah sikap kecanduan game online yang tinggi, untuk mencegah dan mengurangi kecanduang game online mobile legend, maka siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Mataram perlu diberikan arahan melalui konseling individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Konseling Individu Terhadap Sikap Kecanduan Game Online Mobile Legend Di SMP Negeri 10 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Individu Terhadap Kecanduan Game Online Mobile Legend Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok dan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Mataram yang berjumlah 93 orang dengan sample berjumlah 7 siswa dari hasil angket yang telah disebarkan dan dihitung dari populasi. Dari hasil penelitian diperoleh Chi Kuadrat sebesar 0,0165 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 yaitu 5% pada df (7-1) x (2-1) = 6 sebesar 1,943. Ini artinya Chi Kuadrat lebih kecil dari t-tabel (0,0165>1,943). Yaitu Hipotesis Ho yang diuji diterima dan Hipotesis Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: Tidak  Ada Pengaruh  Konseling  Individu  Terhadap Sikap   Kecanduan   Game   Online  Pada  Siswa  Kelas  VIII  Di  SMP  Negeri 10  Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Artinya hasil penelitian ini ?Tidak signifikan?. Kata Kunci : Konseling Individu, Kecanduan Game Online  Abstract: he problem is that this research is an attitude of high online game addiction, to prevent and reduce the disadventages of online mobile legend games, so grade VIII students at Mataram State Middle School  need to be given direction through individual counseling. The formulation of the problem in this study is: Is There and Effect of Individual Counseling on the Attitude of Addiction to Mobile Legend Online Game in Mataram State Middle School 10 2018/2019. Data collection techniques in this study used the questionnaire method as the main methods. The population in this people with a sample of 7 students from questionaires that had been distributed and calculated from the population. From the result of the study obtained Chi Squared of 0.0165 with a significance level of ? = 0.05 which is 5% in df (7-1) x (2-1) = 6 of 1.943.This means that Chi Square is Greater that t-table (0.0165> 1.943) Namely the hypothesis that was tested was accepted and the Hypothesis Ha was rejected. Thus it can be concluded that: There is no Effect of Individual Counseling on the Attitude of Online Game Addiction to Class VIII Students in Mataram State Junior High School 10 in Academic Year 2018/2019, Meaning that the results of this study are ?Not Significant?. Keyswords: Individual Coundeling, Online Game Addiction   
MUTU DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Zulfakar, Zulfakar
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.372 KB)

Abstract

Abstract: Management is a theory that is used as a foundation to carry out all organizational activities which have been jointly determined, in order to achieve togetherness of vision and mission in institutions, of educational institutions in particular, both in the domain of national and institutional objectives. Improving the quality of education becomes a very urgent problem, related to customers, from direct education users "learners" of society in general, to continue to improve develop all potential which is institutionally, will be facilitated by educational institutions, in the concept of decentralization of education in the management, implementation, development, and policy determinants in a structured manner, starting from the central government, provincial government, regional / city government, educational institutions to the class or teacher who directly become the main executor in the process of educational journey series. Keywords: Quality, Islamic Education Institution 
PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI Hardiansyah, Hardiansyah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.86 KB)

Abstract

Abstract: The statement of the problem in this research is there any correlation between school management information system and work effectiveness of staff at MA. Ad-Dinul Qayyim, Gunung Sari West Lombok in 2014/2015. The purpose of this research was to determine the correlation between school management information system and work effectiveness of staff at MA. Ad-Dinul Qayyim, Gunung Sari West Lombok in 2014/2015. The method of data gathering used questionnaire and interview. The data were analyzed statically by using correlation product moment. The results indicated that, r-table equals to 0,311, r-test at the significance level of 5% with N=48 It was obtained 0,248 this shows that r- test is bigger than r-table or 0,311>0,248, thus the result of this research is significant. This means H0 is rejected and Ha is accepted. Hence, it can be concluded that there is a correlation between school management information systems and work effectiveness of staff at MA. Ad-Dinul Qayyim, Gunung Sari West Lombok in 2014/2015.Keywords: Information system, work effectivenessAbstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada korelasi antara pengelolaan sistem informasi sekolah dengan efektivitas kerja pegawai di MA.      Ad-Dinul Qayyim, Gunung Sari Lombok Barat tahun 2014/2015. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Ingin mengetahui korelasi antara pengelolaan sistem informasi sekolah dengan efektivitas kerja pegawai di MA. Ad-Dinul Qayyim, Gunung Sari, Lombok Barat tahun 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode angket sebagai metode pokok dan metode wawancara sebagai metode pelengkap. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dalam dalam penelitian ini, diperoleh nilai rhitungsebesar 0,311, selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel product momen pada taraf signifikansi 5% dengan N= 48 diperoleh nilai sebesar 0.284. Kenyataan tersebut menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,311 > 0.284, maka hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterimaKesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Ada korelasi antara pengelolaan sistem informasi sekolah dengan efektivitas kerja pegawai di MA.      Ad-Dinul Qayyum, Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Sistem Informasi dan Efektivitas Kerja 
PENGARUH LATIHAN DELORME TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT QUADRICEPS PADA PEMAIN SEPAK BOLA Susilawati, Indri; Primayanti, Intan
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.305 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul ?Pengaruh Latihan Delorme Terhadap Peningkatan Kekuatan  Otot pada Pemain Sepak Bola. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling memperlihatkan tehnik bermain yang baik, masing-masing tim terdiri dari sebelas orang, kedua tim akan berusaha memasukkan bola kedalam gawang lawan sebanyak mungkin sehingga tim yang memasukkan bola paling banyak akan memenangkan permainan. Untuk mencapai prestasi yang optimal diperlukan kekuatan dalam berlari dan menendang bola pada pemain sepak bola. Kekuatan berlari dan menendang bola di lakukan oleh otot quadriceps pada pemain sepak bola yang dapat ditingkatkan dengan latihan yang memerlukan adanya tahanan yang optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan otot adalah pemberian latihan Delorme. Delorme dikenal dengan Progressive Resistance Exercise (PRE) dengan menggunakan pendekatan latihan strengthening. Prosedur nya menentukan 10RM memberikan beban yang paling berat dan dapat digerakkan samai 10 kali repitisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor ? faktor overload dan daya tahan otot yang mempengaruhi latihan delorme terhadap peningkatan kekuatan otot quadriceps pemain sepak bola. Metode  penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test with control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subyek penelitian berjumlah 22 orang pemain yang terbagi menjadi 2 kelompok (kelompok kontrol dan kelompok eksperimen). Tehnik analisis data, dalam penelitian mengunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan pengolahan data mengunakan progam komputer SPPS for Windows versi 17 dengan taraf signifikan 5 % (? = 0,05). Luaran wajib dalam penelitian ini adalah (1) Publikasi ilmiah pada jurnal nasional tidak terakreditasi ber ISSN. Luaran Tambahan (1) Accepted Artikel ilmiah dimuat di prosiding.               Kata Kunci: Delorme, kekuatan otot quadriceps. Abstract: This study entitled "Effect of Exercise Delorme on Increasing Quadriceps Muscle Strength in Football Players?. Football is one of the sports played by two teams showing each other good playing techniques, each team consists of eleven people, both teams will try to put the ball into the opponent's goal as much as possible so that the team that puts the most balls will win the game. To achieve optimal performance required strength in running and kicking the ball in football players. The power of running and kicking the ball is done by the quadriceps muscle on the football player which can be increased by training that requires optimal resistance. One way to increase muscle strength is giving Delorme exercise. Delorme is known as the Progressive Resistance Exercise (PRE) by using a strengthening training approach. The procedure determines that 10RM gives the heaviest load and can be moved up to 10 repetitions. The purpose of this study was to determine the factors overload and muscular endurance that affect the delorme exercise to increase the strength of the quadriceps muscle in football players. Experimental research method with research design pre test and post test with control design. The sampling technique uses purposive sampling. The research subjects were 22 players who were divided into 2 groups (the control group and the experimental group). Technical analysis of the data in this study using descriptive and inferential statistics with data processing using the computer program SPSS for Windows version 17 with significant level of 5% (? = 0.05). Mandatory outcomes in this study are (1) scientific publications on non-accredited ISSN national journals. Additional outcomes (1) Accepted scientific articles published in proceedings. Keywords: Delorme, strength of quadriceps muscle
POLARISASI MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.222 KB)

Abstract

Abstract: Educational administrators (principals, head of education) as of today's modern executive should be able to observe and respond to all the challenges posed by the external environment both near and far. The decision makers, including principals and education managers more often forced to beat the demands of activities educational institutions in order to serve a variety of purposes such as routine affairs, department, work must always be under the instructions or guidelines set by the bureaucracy without considering the needs of system implementation Full Day School with Extra hours are longer in school, ie at least eight (8) hours per day into something new so that the decision process is often not optimal in generating strategic decisions. As a result, actual problems faced by educational institutions can not be resolved to the fullest. The method used in this study is a qualitative research design phenomenon that already exists in a reasonable and natural, making it possible to carry out in-depth interviews with the study subjects. Therefore, it is very important to do a study that will reveal the need for better strategic management in order to generate the proper decision-making process for the development and advancement of educational institutions. The results showed that polarization in the implementation of FDS is very sharp, it is characterized by readiness Resources are not fully adequate in terms of Cost Source, Infrastructures, facilities, as well as Human Resources. Keywords: Strtegic Management, Fullday School Abstrak: Pengelola pendidikan (kepala sekolah, kepala dinas pendidikan) sebagai eksekutif modern saat ini harus mampu mengamati dan merespons segenap tantangan yang dimunculkan oleh lingkungan eksternal baik yang dekat maupun yang jauh. Para pengambil keputusan, termasuk kepala sekolah maupun pengelola pendidikan lainnya seringkali terpaksa mengalahkan tuntutan kegiatan lembaga pendidikan demi melayani bermacam kepentingan seperti urusan rutin, dinas, bekerja harus selalu di bawah petunjuk atau pedoman kerja yang ditetapkan oleh birokrasi tanpa mempertimbangkan kebutuhan Penerapan sistem Full Day School dengan penambahan jam yang lebih panjang di sekolah, yaitu minimal 8 (delapan) jam perhari menjadi hal baru sehingga proses pengambilan keputusan seringkali tidak maksimal dalam menghasilkan keputusan-keputusan strategis. Akibatnya persoalan aktual lembaga pendidikan yang dihadapi tidak dapat terselesaikan secara maksimal. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif dengan fenomena yang sudah ada secara wajar dan natural, sehingga memungkinkan untuk melakukan wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan sebuah penelitian yang akan mengungkap kebutuhan akan manajemen strategik yang baik guna menghasilkan proses pengambilan keputusan yang tepat untuk perkembangan dan kemajuan lembaga pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Polarisasi dalam pelaksanaan FDS sangatlah tajam, hal tersebut ditandai dengan kesiapan Sumber Daya yang belum sepenuhnya memadai dari segi Sumber Biaya, Sarana dan Prasarana, fasilitas, maupun Sumber Daya Manusianya. Kata kunci: Manajemen Strategik, Full Day School
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PLASTISIN Huda, Khairul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.953 KB)

Abstract

Abstract: The aims of this research is to get information and data about the effort to increase children?s social skill in grade B kindergarten through playing of Plastisin, PAUD Merpati, Mataram. Research method used action research method. This method conduced in two cycles according to Kemmis and Taggart model which consist of 4 stages (plan, action, observation, and reflection). Data collecting techniques used field notes, interview, documentation, and observation. Sample was taken children of 5-6 years old. The result of the research shows that children?s skill through playing of plastisin could increase of grade B kindergarten. Analysis of data obtained from the comparison between pre-action, and cycles two score. The end result of overall analysis of data is the percentage increase of 49.3% which showed from pre-action the class average is 34.7 up to 84 at cycles two result. Keywords: social skill, playing of plastisin Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Merpati, Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui bermain plastisin sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial anak sebagai variable terikat. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan hasil pada keterampilan sosial anak melalui bermain plastisin. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 49.3%.Hasil dari nilai rata-rata pra-.intervensi 34.7% dan meningkat sampai dengan 84% pada siklus II. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Bermain Plastisin 

Page 1 of 1 | Total Record : 9