cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
jurnalvisionary@gmail.com
Editorial Address
Prodi AP IKIP Mataram,
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Published by IKIP Mataram
ISSN : 25034669     EISSN : 26567563     DOI : 10.33394
The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
INOVASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU Muslim, Ahmad; Ningsih, Lilia
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.949 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada ?HubunganAntara Inovasi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMAN 7 Mataram TahunPelajaran 2014/2015??. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian iniadalah ingin mengetahui ?Hubungan Antara Inovasi Kepala Sekolah Dengan KinerjaGuru di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015?. Untuk mendapatkan datatentang penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angketsebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Selanjutnyametode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik dengan rumuskoefesien korelasi ?product moment?. Berdasarkan hasil analisis data dalampenelitian ini, diperoleh nilai rhitung 0,453 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikandengan rtabel product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N= 55 diperoleh nilaisebesar 0,266. Kenyataan tersebut menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabelatau 0,453?0,266, maka analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan.Kata Kunci : Inovasi Kepala Sekolah, Kinerja Guru
HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA Najwa, Lu`luin; Sismawati, Baiq Enti
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Visionary Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.906 KB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran disekolah, guru merupakan tenaga pendidik profesionalyang memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam mendidik, melatih danmengembangkan kemampuan akademik maupun non akademik peserta didik.Beberapakendala terkait dengan kompetensi profesional guru, antara lain: 1) belum optimalnya prosespembelajaran di kelas yang terlihat dari tingkat penguasaan materi atau bahan ajar, 2) kurangterampilnya guru dalam menggunakan teknik mengajar.Tujuan penelitian yang ingin dicapaiadalah ingin mengetahui Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Kreativitas BelajarSiswa di SMPN 4 Praya Timur Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untukmendapatkan data penelitian, penentuan subjek menggunakansimple random sampling karenajumlah subjek lebih dari 100.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakanmetode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metodepelengkap.Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistikdengan rumus korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian inidiperoleh nilai r hitung sebesar 0,421. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment pada taraf signifikan 5% dengan N = 30, maka diperoleh r tabel productmoment sebesar 0,361. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari rtabel product moment atau 0,421 > 0,361.Maka hasil analisis data dalam penelitian inidinyatakan Signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ?Ada hubunganKompetensi Profesional Guru Dengan KreativitasBelajar Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab.Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 dan hubungan tersebut berada dalam kategoriSedang.Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kreativitas Belajar Siswa
PENINGKATAN PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR Huda, Khairul; Purmadi, Ary; Iman, Nurul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Oktoberl 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.377 KB)

Abstract

The Increasing English Vocabulary Introduction Through Picture Card Games In ChildrenClass B PAUD Nurul Arafah Sembalia Sub-District East Lombok In The academic year2016/2017 can increase with little direction. The purpose of this research is to know theimprovement of vocabulary introduction in child's English through the picture card game inClass B of PAUD Nurul Arafah of Sembalia Sub-district, East Lombok In The academic year2016/2017. The results showed an increase in vocabulary in English through a picture cardgame in children in the class b PAUD nurul arafah sub district with a little direction. Theresearch method used is to use action research class (Action Research) with the subject ofresearch is Class B PAUD Nurul Arafah District Sembalia East Lombok district with thenumber of subjects 19 children. Technique of collecting data with menggiunakan observation,interview, observation and Sheet In English Through Picture Card Game Image Year2016/2017. assessment (field notes). the results of research in the first cycle is 53.49% and inthe second cycle increased by 77.27% it can be concluded that the increase of the I-II cycleincreased on average by 22.12%. %. From result of research that happened Increase ofIntroduction of SenseKeyword: Increasing English Vocabulary Introduction, Picture Card Games
KEBAHAGIAAN ANAK DENGAN ORANG TUA YANG BERCERAI Rayani, Dewi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.956 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif fenomenologisdengan 3 partisipan, yaitu terdiri dari 2 laki-laki dan 1 orang perempuan dari orangtua bercerai. Penelitian ini dilakukan berdasarkan keingintahuan terhadap maknakebahagiaan dilihat dari sudut pandang anak dengan orang tua yang bercerai.Kebahagiaan merupakan salah satu bentuk emosi positif yang didambakan olehsetiap manusia. beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa kebahagiaanmanusia dapat disebabkan oleh pernikahan. Akan tetapi, jika mengacu padafenomena yang ada, kususnya pada masyarakat lombok yang dapat dikatakan ?kawincerai adalah tradisi masyarakat ini, dengan fenomena yang terjadi dapat disimpulkanbahwa pernikahan tidak selalu dapat membawa kebahagiaan, bahkan dapat berujungpada perceraian. Selain itu, terdapat beberapa dampak negatif dari perceraianberdasakan beberapa hasil penelitian yaitu perceraian pada umumnya akanmelahirkan stres akibat perceraian yang akan berdampak pada pasangan dan padaanak. Namun, anak akan menggambarkan kebahagiaan denngan adanya kedekatandengan teman sebagai sumber kebahagiaan yang utama, kemudian relasi dengananggota keluarga dan adanya kebebasan setelah perceraian orang tua. Dalampenelitian ini dukungan materi tidak ditemukan sebagai sumberkebahagiaan anakdengan orang tua bercerai.Kata kunci: Kebahagiaan, Perceraian
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN ETOS KERJA GURU Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.347 KB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak lepas dari kepemimpinankepala sekolah yang membawahinya. Karena kepala sekolah sebagai pimpinan dilembaganya, maka dia harus mampu membawa lembaganya menjadi lembaga yangmampu berdaya saing dan memiliki kompetensi untuk kemajuan pendidikan, terutamadalam meningkatkan etos kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dammemperoleh data peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMPN I Rhee KabupatenSumbawa, untuk mengetahui etos kerja guru dan untuk mengetahui seberapa besarperan kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru SMPN I RheeKabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Kepala sekolah sebagai supervisoradalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan etoskerja guru di sekolah, berkembangnya etos kerja, kerjasama yang harmonis, sertasuasana kerja yang menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah kepalasekolah dan guru SMPN I Rhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015yang berjumlah 33 guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekuantitatip dengan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan merumuskan hipotesis nihil (ho), membuat tabel kerja, memasukkandata ke dalam rumus, menguji signifikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasilpenelitian yang di peroleh sebesar 0.296 dan nilai r-tabel pada taraf signifikan 5%dengan N=33 di peroleh 0.344 menunjukan bahwa r-hitung < r-tabel (0,296<0,344).Maka dapat di simpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapathubungan peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru di SMPN IRhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015, artinya hasil penelitian iniadalah ?Tidak Signifikan?.Kata kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Etos Kerja
STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN Rohiyatun, Baiq
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.072 KB)

Abstract

Abstrak: Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah merupakan faktor pendukung terlaksananya  program  sekolah,  khususnya  kegiatan  pembelajaran  yang  dilakukan guru. Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah harus dikelola dengan baik, dengan tujuan jika warga sekolah hendak memerlukan atau menggunakannya, maka sarana dan prasarana tersebut dalam keadaan siap pakai. Menurut perspektif pemerintah, kegiatan manajemen sarana dan prasarana pendidikan setidak-tidaknya memiliki delapan  (8)  mata  rantai  kegiatan.  Sementara  menurut  Peraturan  Menteri  No  24 Tahun 2007 bahwa Standar Nasional Pendidikan tentang Sarana dan Prasarana mencakup tujuh (7) kegiatan manajemen. Guna mengoptimalkan pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan pengahapusan sarana dan prasarana pendidikan, maka diperlukan perencanaan yang matang, sehingga sekolah dituntut  untuk  memiliki  kemandirian  untuk  mengatur  dan  mengurus  sekolah menurut kebutuhan berdasarkan aspirasi dan partisipasi warga sekolah dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku. Pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah itu memang harus di kelola secara baik dengan perencanaan yang baik pula. Sarana dan prasarana pendidikan sangatlah bermanfaat dan berperan penting untuk menunjang kelancaran proses pendidikan karena meskipun KBM (kegiatan Belajar Mengajar) sudah baik, namun tidak didukung dengan alat-alat atau sarana prasarana pendidikan maka hasil yang dicapai tidak akan sesempurna yang diharapkan. Untuk itu perhatian terhadap pengelolaan semua sarana dan prasarana atau perlengkapan  di sekolah memang harus di prioritaskan demi terealisasinya tujuan utama dari adanya perlengkapan ini mampu mendukung penyuksesan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Standar, Sarana Prasarana Pendidikan 
STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA Faqih, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.681 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasildalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnyakonstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar suksesberbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakanpendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipemoral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tiperegulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasikarakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderunganmasing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagikeberhasilan belajar anak.
IMPLIKASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PRAKARYA DENGAN PRESTASI BELAJAR Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Visionary Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.144 KB)

Abstract

A craft education was designed as a communication process of learning to change student behavior becomes fixed, quickly and precisely through craft activities and engineering technology, cultivation technology and management of technology. Students perform the interaction of the work of craft products and technologies dilingkunganya, to be creative to create various types of handicraft products and technology products in order to obtain the perceptual experience of appreciative experience and creativity of the environmental potential. The problem and the aim of this study isunderstanding the implementation of craft education in an effort to increase learning achievement in students. The population is all students of class X in SMAK Kesuma Mataram with the number of students 192 people, while the samples used in this study are some students who have been selected at random sample of 38 students were taken 20% of the total population, the techniques of sampling in this research is technique proportional random sampling. In this study, the data collection methods used method of questionnaire as the principal method while the documentation, observation and interview methods as complementary methods. To analyze the data using the formula t test. The results obtained by analysis of the value t count 13.672and t table value at significance level of 5% with N = 37 is greater than the value of t on the table (13.672 > 2.021) so it can be concluded that these results significantly.Keywords: craft Education, Achievement
PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KEBUTUHAN Zulfakar, Zulfakar
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Oktoberl 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.294 KB)

Abstract

Program peningkatan kualitas guru yang efektif harus didasarkan pada needassessment. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guruberdasarkan kebutuhan guru. Temuan penelitian menunjukkan ada dua program yangdibutuhkan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMP di Kecamatan Praya Timur. Gurumembutuhkan sebuah program untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka.Berdasarkan pada kebutuhan guru, program ini harus mempertimbangkan aspek-aspekberikut. Pertama, program harus menawarkan program sarjana (S1) dan program pascasarjana(S2) di bidang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru. Kedua,program harus mengambil lokasi di dekat tempat tinggal guru. Ketiga, program harusmemberikan dukungan bagi guru seperti pendanaan untuk belajar dan biaya operasional, danizin belajar atau dispensasi bagi guru untuk bebas dari atau untuk mengurangi jam mengajarmereka. Program lainnya adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Programyang harus dilakukan di lokasi atau di dekat lokasi di mana guru tinggal. Selain itu, guru perlubeberapa pendukung seperti biaya dan juga mengizinkan untuk bergabung dengan programpendidikan yang memajukan secara personil maupun secara kelembagaan.Kata Kunci: Kualitas Guru, Berbasis Kebutuhan
PELAKSANAAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Fahmi, Agus; Muslim, Ahmad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.212 KB)

Abstract

Keberhasilan suatu sekolah terletak pada manajemen kepemimpinankepala sekolah dalam mengoptimalkan peningkatan komunikasi di Sekolah yangbersangkutan. Karena besarnya hubungan manajemen kepemimpinan kepala sekolahdengan peningkatan komunikasi sekolah, maka kepala sekolah sebagai pemimpin disekolah harus memperhatikan cara atau gaya kepemimpinan yang dipergunakan agarprogram sekolah yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai. Fokus penelitianini adala pelaksanaan manajemen kepemimpinan kepala sekolah sedangkantujuannya adalah ingin mengetahui pelaksanaan manajemen kepemimpinan kepalasekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengandesain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara,observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwasalah satu upaya yang harus dilakukan oleh kepala sekolah sebagai administratordalam meningkatkan komunikasi sekolah adalah melaksanakan pembinaan secarateratur, sistematis dan berkesinambungan kepada semua personil sekolah termasukstaf tata usaha dan mengupayakan agar pegawai dapat meningkatkan komunikasi,selain itu kegiatan yang dilakukan kepala sekolah diantaranya seperti perencanaan,pengorganisasian, pengkoordinasiaan, pengarahan, pembiyaan, dan pemantauan,dan penilaian harus dilakukan secara kontinue.Kata Kunci : Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah