cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
jurnalvisionary@gmail.com
Editorial Address
Prodi AP IKIP Mataram,
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Published by IKIP Mataram
ISSN : 25034669     EISSN : 26567563     DOI : 10.33394
The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PLASTISIN Huda, Khairul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.953 KB)

Abstract

Abstract: The aims of this research is to get information and data about the effort to increase children?s social skill in grade B kindergarten through playing of Plastisin, PAUD Merpati, Mataram. Research method used action research method. This method conduced in two cycles according to Kemmis and Taggart model which consist of 4 stages (plan, action, observation, and reflection). Data collecting techniques used field notes, interview, documentation, and observation. Sample was taken children of 5-6 years old. The result of the research shows that children?s skill through playing of plastisin could increase of grade B kindergarten. Analysis of data obtained from the comparison between pre-action, and cycles two score. The end result of overall analysis of data is the percentage increase of 49.3% which showed from pre-action the class average is 34.7 up to 84 at cycles two result. Keywords: social skill, playing of plastisin Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Merpati, Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui bermain plastisin sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial anak sebagai variable terikat. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan hasil pada keterampilan sosial anak melalui bermain plastisin. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 49.3%.Hasil dari nilai rata-rata pra-.intervensi 34.7% dan meningkat sampai dengan 84% pada siklus II. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Bermain Plastisin 
MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA UNGGULAN KOTA MATARAM Muslim, Ahmad; Suhardi, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Oktoberl 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.367 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentangbagaimana upaya peningkatan mutu dengan penerapan pendekatan manajemen mutu terpadu(MMT) dan permasalahan yang timbul dalam penerapan pendekatan MMT di SMA UnggulanKota Mataram NTB. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMA Unggulan Kota Mataramselama Semester Ganjil 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan diSMA Bertaraf Internasional ini dilakukan dengan menerapkan konsep-konsep MMT, yangditunjukkan dengan kesiapan sekolah membentuk tim-tim kerja seperti steeringcommittee/school board, project team dan kelengkapan manajemen (school management)profesional yang sebagian besar berasal dari luar negeri.Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Sekolah Unggul
STRATEGI PROMOSI DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA HIJAU BILEBANTE KECAMATAN PERINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH Aryani, Menik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.811 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melaluimetode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, obervasi dan studiliterature, dan dokumentasi. Adapun langkah analisis data meliputi reduksi data,penyajian data, dan verifikasi. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untukmengetahui strategi promosi Desa Wisata Hijau Bilebante, Kabupaten Lomboktengah yang dijalankan oleh Kelompok Penggerak Pariwisata Jari Sholah.Menjalankan promotion mix yang meliputi word of mouth, public relation, personalselling, event, eksebisi, publikasi dan internet. Dari keseluruhan bentuk promosi,prioritas utama promosi dilakukan melalui media social dan public relation. Dalampenelitian ini disimpulkan bahwa Kompepar Jari Sholah belum merumuskan strategipromosi secara komprehensif dan terintegrasi.Kata kunci : Strategi Promosi, Desa Wisata Hijau, Promotion Mix
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.333 KB)

Abstract

Pengambilan keputusan partisipatif yang dilakukan oleh kepala sekolah sangatmempengaruhi peningkatan kinerja guru khsusnya di SMP Negeri 2 Pringgabaya.Pengambilan keputusan pada tingakat sekolah dilakukan secara bertahap. Sebelummengambil keputusan, kepala sekolah membahas perencanaannya terlebih dahulu danmembahasnya dengan pihak-pihak lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakaninstrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian inimengungkap bahwa pengelolaan sekolah harus diiringi dengan pengambilan keputusanyang tepat, sehingga setiap kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah merupakankeputusan bersama karena pengembilan keputusan tersebut merupakan keputusanpartisipatif.Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Partisipatif, Kepala Sekolah
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA Sari, Rohana Komala; Endriani, Ani
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.707 KB)

Abstract

Bimbingan kelompok di sekolah merupakan salah satu jenis layanan yang dapatmengurangi perilaku agresif siswa. Melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa akanmendapatkan berbagai informasi melalui suatu dinamika kelompok, yang secara langsungmemberikan pengalaman di dalam dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada SiswaKelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga tujuan yang diperolehdalam penelitian ini adalah : ingin mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan KelompokTerhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen onegroup pre-test post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniberupa angket sebagai metode pokok sedangkan, wawancara, dokumentasi dan observasisebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Bedasarkan hasil analisisdata dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besardari nilai t-tabel (t-hitung 5,360 > t-tabel 2,045) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai thitungyang diperoleh adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif(Ha) yang berbunyi: Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresifpada siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 diterima.Berdasarkan analisis data yang disimpulkan diatas, dilihat dari pengujian hipotesis, maka AdaPengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XIIPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Agresif
POLARISASI MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.222 KB)

Abstract

Abstract: Educational administrators (principals, head of education) as of today's modern executive should be able to observe and respond to all the challenges posed by the external environment both near and far. The decision makers, including principals and education managers more often forced to beat the demands of activities educational institutions in order to serve a variety of purposes such as routine affairs, department, work must always be under the instructions or guidelines set by the bureaucracy without considering the needs of system implementation Full Day School with Extra hours are longer in school, ie at least eight (8) hours per day into something new so that the decision process is often not optimal in generating strategic decisions. As a result, actual problems faced by educational institutions can not be resolved to the fullest. The method used in this study is a qualitative research design phenomenon that already exists in a reasonable and natural, making it possible to carry out in-depth interviews with the study subjects. Therefore, it is very important to do a study that will reveal the need for better strategic management in order to generate the proper decision-making process for the development and advancement of educational institutions. The results showed that polarization in the implementation of FDS is very sharp, it is characterized by readiness Resources are not fully adequate in terms of Cost Source, Infrastructures, facilities, as well as Human Resources. Keywords: Strtegic Management, Fullday School Abstrak: Pengelola pendidikan (kepala sekolah, kepala dinas pendidikan) sebagai eksekutif modern saat ini harus mampu mengamati dan merespons segenap tantangan yang dimunculkan oleh lingkungan eksternal baik yang dekat maupun yang jauh. Para pengambil keputusan, termasuk kepala sekolah maupun pengelola pendidikan lainnya seringkali terpaksa mengalahkan tuntutan kegiatan lembaga pendidikan demi melayani bermacam kepentingan seperti urusan rutin, dinas, bekerja harus selalu di bawah petunjuk atau pedoman kerja yang ditetapkan oleh birokrasi tanpa mempertimbangkan kebutuhan Penerapan sistem Full Day School dengan penambahan jam yang lebih panjang di sekolah, yaitu minimal 8 (delapan) jam perhari menjadi hal baru sehingga proses pengambilan keputusan seringkali tidak maksimal dalam menghasilkan keputusan-keputusan strategis. Akibatnya persoalan aktual lembaga pendidikan yang dihadapi tidak dapat terselesaikan secara maksimal. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif dengan fenomena yang sudah ada secara wajar dan natural, sehingga memungkinkan untuk melakukan wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan sebuah penelitian yang akan mengungkap kebutuhan akan manajemen strategik yang baik guna menghasilkan proses pengambilan keputusan yang tepat untuk perkembangan dan kemajuan lembaga pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Polarisasi dalam pelaksanaan FDS sangatlah tajam, hal tersebut ditandai dengan kesiapan Sumber Daya yang belum sepenuhnya memadai dari segi Sumber Biaya, Sarana dan Prasarana, fasilitas, maupun Sumber Daya Manusianya. Kata kunci: Manajemen Strategik, Full Day School
HUBUNGAN KERJASAMA KEPALA SEKOLAH DENGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Kurniawati, Lia; Najwa, Lu`luin
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.3 KB)

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini adalah masih kurangnya disiplin danprofesional guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMPI DarussalamahNW Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui hubungan kerjasama kepala sekolah denganprofesionalitas guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMPI Darussalamah NWPraida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk memperoleh datatentang variabel tersebut, maka metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitudengan metode angket sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metodepelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumuskorelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai rhitung sebesar 0,472sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=28 diperoleh nilai rtabelproduct moment sebesar 0,374. Nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel productmoment atau 0,472 > 0,374. Dengan demikian hasil analisis data dalam penelitian inidinyatakan Signifikan. Hipotesis nihil (H0) Ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif(Ha) Diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ?Ada hubungan kerjasama kepalasekolah dengan profesionalitas guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMPIDarussalamah NW Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016?.Kata Kunci: Kerjasama Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, Kinerja Guru.
HUBUNGAN IMPLEMENTASI REINFORCEMENT GURU DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Kurdianto, Kurdianto; Ridlo, M Rasyid
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.839 KB)

Abstract

Reinforcement, motivasi belajar Siswa sangat menunjang sekali di dalamperoses belajar mengajar, dimana imflementasi reinforcement guru kalau di terapkanoleh soorang guru akan mampu menciptakan peroses belajar mengajar yang efektifdan efisien. Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah AdaHubungan imflementasi reinforcement guru dalam Peningkatan motivasi belajarsiswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan TujuanDalam Penelitian ini adalah ?Untuk mencari Hubungan Antara imflementasireinforcement guru dengan Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 PrayaTimur Tahun Pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini menggunakan metode angketsebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap, yangmenjadi subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelasVIII di SMPN 3 Praya Timur dengan jumlah guru 30 orang dan siswa menggunakanteknik sampling karena jumlah siswa lebih dari 100, dari hasil penelitian inimenunjukkan imflementasi reinforcement guru ada hungan dengan Peningkatanmotivasi belajar siswa. Karena r tabel pada tarap signipikan 5 % = 0,361. Sedangkanr hitung yaitu 0,474 yang menolak hipotesis nihil (Ho), berarti hipotesis kerja (Ha).Yang berbunyi ?Ada Hubungan imflementasi reinforcement guru denganPeningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran2013/2014?. Diterima karena (r hitung >r tabel ) yaitu 0,474>0,361. Sesuai dengananalisis diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan?Signifikan?dan hubungannya termasuk dalam katagori sedang.Kata Kunci: Reinforcement, Motivasi Belajar
HUBUNGAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DENGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Anam, M Choirul; Mariyati, Mariyati
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Oktoberl 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.224 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara manajemenmutu terpadu dengan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMPN 1 Praya BaratKabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitianempiris. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru SMPN 1 Praya Barat. Penelitian inimenggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi,observasi sebagai metode pelengkap, Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisisdata menggunakan teknik analisis analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkanbahwa manajemen terpadu berhubungan dengan keterampilan manajerial kepala sekolahdilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 0,471>0,279 . Hal ini berarti bahwa keterampilanmanajerial yang dimiliki kepala sekolah dalam memimpin sekolah memiliki ikatan pentingdengan berhasilnya manajemen mutu terpadu. Oleh karena itu, peningkatan mutu sekolahdapat diupayakan melalui peningkatan keterampilan kepala sekolah..Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.
DILEMA DUNIA PENDIDIKAN NASIONAL Zulfakar, Zulfakar
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Visionary Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.49 KB)

Abstract

The changes that have occurred have shifted the order of life and the views of thepeople. Materialism, capitalism, efficiency, and effectiveness, have become the purpose andspirit of life. Shifting people's views, has also changed the view of success and quality ofeducation, where education is measured by success in the absorption of graduates in the worldof work, therefore, education is analyzed from the characteristics of investment. Shifting themeaning and responsibility of education, encouraging the world of education to reform withalternatives: building renewal of reasoning of its citizens, towards independence and maturity,education is carried out comprehensively and collaboratively, with all parties in partnership,and build a vision of education comprehensively and simultaneously, with all parties.Keywords: Dilemma, World of National Education