cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
jurnalvisionary@gmail.com
Editorial Address
Prodi AP IKIP Mataram,
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Published by IKIP Mataram
ISSN : 25034669     EISSN : 26567563     DOI : 10.33394
The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Nomor 1 April 2016" : 9 Documents clear
STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA Faqih, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.681 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasildalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnyakonstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar suksesberbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakanpendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipemoral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tiperegulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasikarakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderunganmasing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagikeberhasilan belajar anak.
PROGRAM PARENTING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Hariawan, Rudi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.196 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model penyelenggaraanprogram parenting pada pendidikan anak usia dini di kota Mataram. Mengingatprogram parenting ini penting dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatanpengasuhan dan pendidikan anak di kelompok bermain dengan di rumah. Penelitian iniakan dilaksanakan pada PAUD Mambaul Khair NW Bertais Kota Mataram denganmenggunakan metode pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa: data deskriptifyang diperoleh melalui wawancara, data dokumentasi, dan data observasi mengenaipenyelenggaraan program parenting. Hasil penelitian yang ingin dicapai berupa modelpenyelenggaraan parenting yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi seluruhlembaga PAUD di kota Mataram khususnya dan NTB pada umumnya.Kata Kunci: Program parenting, Pendidikan anak usia dini
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR Hardiansyah, Hardansyah; Aryani, Menik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.689 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah sebagaimotivator di SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara. Subjek penelitian ini meliputi kepalasekolah, guru, dan karyawan SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis datamenggunakan model interaktif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajiandata, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepalasekolah sebagai motivator di SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara yaitu dengan 1)membuat empat program, yaitu a) memfokuskan pada pengembangan kurikulum dankegiatan belajar mengajar di sekolah, b) mengembangkan kreativitas guru dalam mengajardengan membuat program tahunan, program semester, dan rencana program pembelajaran(yang mengikuti kurikulum terbaru, yakni kurikulum 2013), c) penyediaan sarana danprasarana, dan d) menegakkan disiplin di lingkungan sekolah dengan memberikan contohhadir tepat waktu pada jam kerja; 2) pelaksanaan program kerja berjalan cukup baik.Meskipun masih ada kendala, kepala sekolah bersikap tanggap terhadap permasalahanyang ada dan melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung; 3) kepalasekolah melakukan evaluasi kinerja guru dan karyawan mulai dari proses pelaksanaansampai dengan pembuatan laporan hasil kerja; dan 4) kepala sekolah memberikan rewardkepada guru dan karyawan yang berprestasi berupa ucapan terima kasih maupun berupabenda.Kata kunci: Peran, Kepala Sekolah, Motivasi
EVALUASI KINERJA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (SEBUAH STUDI PUSTAKA) Irawan, M. Ary
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.653 KB)

Abstract

Guru sebagai pendidik merupakan ujung tombak dan komponen yang palingmenentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapatperhatian sentral, pertama, dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadisorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkaitdengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru sangat menentukankeberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar.Muncul sebuah pertanyaan, mengapa peningkatan profesionalisme guru tidakdilakukan secara sungguh-sungguh? Padahal, guru professional akan menghasilkanproses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusiaIndonesia yang cerdas dan kompetitif, sebagai diamanatkan dalam Undang-undangSistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Salah satu upaya yang dilakukan sekolahdalam mendukung profesionalisme guru adalah evaluasi kinerja sehingga tercapainyasekolah yang efektif.Kata-kata kunci: evaluasi, kinerja, profesionalisme, guru.
ANALISIS KETERLIBATAN GURU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (KAJIAN TEORITIS ORGANISASI SEKOLAH) Rohiyatun, Baiq
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.593 KB)

Abstract

Membuat keputusan dan pemecahan masalah merupakan salah satu peranan yangharus dimainkan setiap leader dan manajer. Semua fungsi manajemen seperti perencanaan,pengarahan, dan pengawasan. Kepala sekolah adalah anggota dalam organisasi sekolah yangsecara formal memikul tanggung jawab administrator di sekolahnya. Dalam memikultanggung jawabnya, kepala sekolah dihadapkan kepada berbagai masalah yang muncul dalamrangkaian kegiatan administrasi atau managemen. Masalah itu di samping beragam jugasangat kompeks sehingga memerlukan pemahaman dan keterampilan untuk menemukan danmempertimbangkan sejumlah alternatif pemecahanya ini tidak lain terkait dengan prosespengambilan keputusan. Pengambilan keputusan yang efektif adalah apabila setiap prosesnyadilakukan secara cermat dan menghasilkan keputusan yang tepat dalam kaitannya dengantujuan organisasi. Dalam organisasi sekolah, untuk dapat menghasilkan keputusan yang tepat,kepala sekolah dapat melibatkan guru dalam proses penentuan keputusan. Keterlibatan gurudalam pengambilan keputusan sangat berpengaruh besar dalam peningkatan kualitas guru.Kualitas tidak hanya dimaknai bahwa guru tersebut semakin banyak menguasai materi dan tehnikmengajar, tetapi dari segi moral kerja dan motivasi melaksanakan tugas dan tanggung jawabjuga akan berdampak positif. Keterlibatan guru dalam kerjasama pengambilan keputusanmemiliki nilai yang sangat penting karena cenderung akan menghasilkan keputusanyang lebih berkualitas dari pada keputusan yang bersumber dari seorang individu saja.Kata Kunci: keterlibatan, pengambilan keputusan, organisasi sekolah
IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SPIRITUAL PESERTA DIDIK Hakim, Lukmanul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.255 KB)

Abstract

Dalam konteks membentuk manusia seutuhnya, perlu adanya suatu lembagapendidik yang memiliki ciri khas keagamaaan khususnya agama Islam yang disebutdengan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan madrasah didalamnya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitianstudi multi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metodewawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukanmelalui dua tahap yaitu analisis data kasus individu berupa reduksi data, penyajian dataserta penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data lintas kasus dilakukan denganmengkomparasikan temuan-temuan pada masing-masing kasus individu untukkemudian dilakukan proposisi temuan penelitian. Hasil penelitian disimpulkan sebagaiberikut: (1) karakteristik budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga terdiriatas nilai-nilai yang dijadikan pedoman berperilaku individu dan kelompok; (2) perandan fungsi budaya madrasah berbasis pesantren dalam melakukan proses transfer ilmuagama Islam, mencetak kader-kader ulama?, dan mempertahankan tardisi; (3) faktorfatoryang membentuk budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga, seperti:kepemimpinan Tuan Guru, kitab-kitab rujukan umum, dan sisitem nilai (value sistem)yang digunakan; (4) model pendidikan dalam budaya madrasah berbasis pesantren dikedua lembaga yaitu model pendidikan keterampilan hidup (life skill); (5) pendekatandan langkah-langkah dalam membentuk karakter spiritual peserta didik di kedualembaga dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan dengan melibatkan aspek?knowledge, feeling, loving, and action; (6) menciptakan budaya madrasah berbasispesantren melalui kepemimpinan Tuan Guru yang mempekerjakan danmempertahankan orang-orang yang berdedikasi tinggi dengan cara berpikir yang sesuaidengan nilai-nilai yang dianut, dimana Tuan Guru sendiri sebagai model peran; (7)mengembang-kan budaya pondok pesantren kedua lembaga melalui cerita, ritual,lambang kebendaan, dan bahasa; (8) mempertahankan budaya di kedua lembagamelalui seleksi, manajemen puncak, dan sosialisasi; (9) sosialisasi di kedua lembagadilaksanakan mulai dari prakedatangan, keterlibatannya, metamorfosis; dan (10)dampak budaya madrasah berbasis pesantren terhadap eksistensi kedua lembagasebagian besar ditentukan oleh konsistensi dan penekan pada pembentukan tata nilai.Kata kunci: budaya, pesantren, karakter spiritual
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH Muslim, Ahmad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.413 KB)

Abstract

Kepemimpinan taransformasional hadir menjawab tantangan zaman yang penuh denganperubahan. Zaman yang dihadapi saat ini bukan zaman ketika manusia menerima segala apa yangmenimpanya, tetapi zaman di mana manusia dapat mengkritik dan meminta layak dari apa yangdiberikannya secara kemanusiaan. Bahkan dalam terminologi Maslow, manusia di era ini adalah manusiayang memiliki keinginan mengaktualisasikan dirinya, yang berimplikasi pada bentuk pelayanan danpenghargaan terhadap manusia itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yangmerupakan penelitian yang temuannya diperoleh berdasarkan paradigma, strategi, dan implementasi modelsecara kualitatif.Kata Kunci: Kepemimpinan, Transformasional, Kepala Sekolah
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.333 KB)

Abstract

Pengambilan keputusan partisipatif yang dilakukan oleh kepala sekolah sangatmempengaruhi peningkatan kinerja guru khsusnya di SMP Negeri 2 Pringgabaya.Pengambilan keputusan pada tingakat sekolah dilakukan secara bertahap. Sebelummengambil keputusan, kepala sekolah membahas perencanaannya terlebih dahulu danmembahasnya dengan pihak-pihak lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakaninstrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian inimengungkap bahwa pengelolaan sekolah harus diiringi dengan pengambilan keputusanyang tepat, sehingga setiap kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah merupakankeputusan bersama karena pengembilan keputusan tersebut merupakan keputusanpartisipatif.Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Partisipatif, Kepala Sekolah
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA Endriani, Ani; Sari, Rohana Komala
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.707 KB)

Abstract

Bimbingan kelompok di sekolah merupakan salah satu jenis layanan yang dapatmengurangi perilaku agresif siswa. Melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa akanmendapatkan berbagai informasi melalui suatu dinamika kelompok, yang secara langsungmemberikan pengalaman di dalam dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada SiswaKelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga tujuan yang diperolehdalam penelitian ini adalah : ingin mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan KelompokTerhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen onegroup pre-test post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniberupa angket sebagai metode pokok sedangkan, wawancara, dokumentasi dan observasisebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Bedasarkan hasil analisisdata dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besardari nilai t-tabel (t-hitung 5,360 > t-tabel 2,045) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai thitungyang diperoleh adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif(Ha) yang berbunyi: Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresifpada siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 diterima.Berdasarkan analisis data yang disimpulkan diatas, dilihat dari pengujian hipotesis, maka AdaPengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XIIPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Agresif

Page 1 of 1 | Total Record : 9