cover
Contact Name
Cahyo Tri Atmojo
Contact Email
cahyotriatmojo@gmail.com
Phone
+6285732872727
Journal Mail Official
jurnal.pekstkipjb@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi/about/editorialTeam
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : -     EISSN : 25810707     DOI : http://doi.org/10.32682/jpekbm
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan manajemen yang diperuntukkan bagi Dosen, Praktisi, Guru, Penelit, Mahasiswa.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)" : 7 Documents clear
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 1 JOMBANG Mahfudiyanto S.Pd.,M.M
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.881 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.484

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Menganalisis pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap kinerja guru di MAN 1 JombangPenelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode populasi sensus sehingga dalam penelitian ini melibatkan seluruh responden yang berjumlah 72 guru yang ada di MAN 1 Jombang, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner.Hasil dalam penelitian ini disimpulkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, , Pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap di MAN 1 Jombang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan kerja dan variabel pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.
PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION Yulia Effrisanti
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.253 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.501

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan mahasiswa bisa meningkat dengan penerapan model pembelajaran group investigation. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi 2014 B sebanyak 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah akuntansi keuangan pada semester gasal 2017/2018. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan mahasiswa sebesar 34,17%. Model pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga hanya beberapa mahasiswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkannya model pembelajaran group investigation, pada siklus pertama rata-rata keaktifan mahasiswa meningkat menjadi 62,08%. Pada siklus kedua, rata-rata keaktifan mahasiswa menjadi 83,75%. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation bisa digunakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa.
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Dies Nurhayati
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.145 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.473

Abstract

Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap pembangunan desa dalam upaya meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Alokasi dana desa sangat penting guna pembiayaan pengembangan wilayah tertinggal dalam suatu sistem wilayah pengembangan. Jumlah alokasi dana desa 2017 yang telah ditetapkan pemerintah dalam RAPBN 2017 yaitu sebesar Rp. 60 trilyun. Efektivitas pengelolaan alokasi dana desa menunjukan suatu ukuran tingkat kesesuaian antara hasil yang dicapai dengan hasil yang diharapkan sebagaimana telah terlebih dahulu ditetapkan melalui dokumen perencanaan pembangunan desa.
PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA YANG DIRASAKAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA PGRI NGIMBANG LAMONGAN Dr. Agus Prianto, M.Pd; Tuni Heni Putri
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.546 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.475

Abstract

Abstrak : Salah satu hal yang mendasar yang menyebabkan ketimpangan pendidikan di Indonesia adalah kurangnya fasilitas pendidikan yang ada sekolah. Fasilitas belajar adalah sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Fasilitas belajar yang memadai akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendukung siswa dalam mencapai prestasi belajar. Jika fasilitas belajar siswa yang tersedia di sekolah dan di rumah tidak lengkap maka akan membuat proses pembelajaran tidak maksimal, terhambat atau bahkan tidak terlaksana. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Ngimbang Lamongan yang salah satu sekolah swasta dengan fasilitas belajar yang terbatas namun dalam beberapa tahun terakhir mampu menunjukkan prestasi yang sangat baik. Penelitian ini hendak mengkaji pengaruh ketersediaan fasilitas belajar, dukungan orang tua yang dirasakan, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis jalur. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ketersediaan fasilitas belajar dan dukungan orang tua berpengaruh langsung dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ketersediaan fasilitas belajar berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Dengan kata lain, ketersediaan fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada pihak sekolah untuk memenuhi sarana belajar sesuai dengan standar permendiknas. Pihak sekolah diharapkan dapat lebih melibatkan para orang tua untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.
KONSEP PEMBELAJARAN BUDAYA KONSUMSI PADA ANAK: SEBUAH KAJIAN TERHADAP EKONOMI KELUARAGA Ashlihah S.E., M.M
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.358 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.655

Abstract

Penelitian ini didasari atas semakin memprihatinkannya budaya konsumsi pada masyarakat Indonesia, hingga mengakibatkan masyarakatnya kurang produktif dan hanya berlaku sebagai user saja. Metode penelitian yang dugunakan adalah research and development, dalam hal ini masih pada tahapan formulasi konsep pembelajaran. Dalam usaha mengkonsep pembelajaran ditemukan dua jalan diantaranya adalah wise chain(rantai bijak) dan entrephreneuship term (hal-hal yang berkenaan dengan kewirausahaan)
PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KAWASAN BATUR GLOBAL GEOPARK DI KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI Made Ika Prastyadewi; Putu Wenny Saitri
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.45 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.479

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap Keberadaan Batur Global Geopark. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke kawasan Batur Global Geopark. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, kuisioner dan wawancara. Instrumen penelitian adalah berupa kuisioner yang mencakup berbagai pertanyaan terkait variabel penelitian. Data yang terkumpul ditabulasi dan dilakukan perhitungan pada setiap item pertanyaan, untuk kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil analisi menunjukkan bahwa secara rata-rata, persepsi wisatawan terhadap kawasan Batur Global Geopark sebagai obyek wisata adalah baik, meskipun pada item pertanyaan kebersihan dan ketersediaan toilet dirasa masih kurang. Karenanya perlu kerjasama dan perhatian serta tindak lajut dari berbagai pihak berkepentingan untuk mengembangkan kawasan Batur Global Geoprak sebagai salah satu tujuan wisata di Provinsi Bali.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI Shanti Nugroho Sulistyowati
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.667 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.482

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Kesekretarisan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. Metode penelitian dalam penelitian ini  menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subyek penelitian sebanyak 46 mahasiswa ekonomi angkatan 2014B  hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Kesekretarisan dimana nilai pre tes sebesar 70,76 sedangkan nilai pos test sebesar 85,21

Page 1 of 1 | Total Record : 7