cover
Contact Name
rusmala dewi
Contact Email
pipianto76@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pintarharati@upr.ac.id
Editorial Address
Progran Studi PG. PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, JLn. H. Timang Komplek Kampus Tunjung Nyahoo Palangka Raya, Telp: (0536)3229107 E-mail pintarharati@fkip.upr.ac.id
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi
ISSN : 23015993     EISSN : 27155633     DOI : https://doi.org/10.36873/jph.v15i1.846
Core Subject : Education,
Jurnal Pintar Harati dengan ISSN 9-772301-599002, E-ISSN 2301-5993 terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember, Jurnal Pintar Harat adalah jurnal yang menyajikan jurnal hasil penelitian pendidikan dan Psikologi Dosen-dosen jurusan pendidikan anak usia dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas palangka Raya, serta dari instansi lainnya.
Articles 110 Documents
DOI: https://doi.org/10.36873/jp , Ida Kristiana1 & Dewi Rosaria Indah1: PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL POLA GAMBAR GEOMETRIS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK MAHARING DESA TANJUNG UNTUNG KECAMATAN TEWAHKABUPATEN GUNUNG MAS TAHUN AJARAN 2018/2019
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.21 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.846

Abstract

ABSTRAKMotorik halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompokotot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkankecermatan dan koordinasi mata dan tangan, keterampilan yangmencakup pemanfaatan menggunakan alat-alat untuk mengerjakansuatu objek.manfaat kegiatan menggunting untuk mengembangkanketerampilan, melatih koordinasi tangan dan mata, dan konsentrasiyang merupakan persiapan awal atau pengenalan kegiatanmenulis.Kegiatan menggunting sangat bermanfaat untukmengembangkan keterampilan anak dalam menggerakkan otot-otottangan dan jari-jari anak.Penelitian ini melibatkan 20 orang anak padakelompok B TK Maharing Desa Tanjung Untung Kecamatan TewahKabupaten Gunung Mas.Data dijaring menggunakan observasi dalambentuk penilaian, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknikstatistik uji-t. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruhkegiatan menggunting dan menempel pola gambar geometris terhadapkemampuan motorik halus. Hasil Penelitian diperoleh dari perhitunganuji-tdiperoleh nilai thitung sebesar 10,83dibandingkan dengan ttabel tarafsignifikansi 5% dengan dk = N-1 = 19, maka nilai ttabeladalah 2,093,yang berartithitung (10,83) >ttabel (2,093), maka Ha diterima. Artinyaterdapat pengaruh kegiatan menggunting dan menempel pola gambargeometris terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TKMaharing Desa Tanjung Untung Kecamatan Tewah KabupatenGunung Mas Tahun Ajaran 2018/2019.Kata kunci : Motorik Halus, Menggunting Pola Gambar Geometris
DOI: https://doi.org/10.36873/jp , Eka Widyowati1 & Rusmaladewi1: KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP LAYANAN PAUD DI TKIT AL QONITA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.238 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.847

Abstract

ABSTRAKKualitas layanan suatu lembaga PAUD merupakan salahsatu kunci yang paling menentukan keberlangsungan lembagatersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi suatu lembagaPAUD untuk dapat memperhatikan kualitas pendidikan darilembaganya, sehingga mampu menghasilkan anak-anak yangberkualitas pula dan pada akhirnya berdampak pada kepuasanpelanggan. Dalam hal ini para siswa dan orang tua siswa.Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor yang sangatpenting untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelangganterhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Sementaraorang tua siswa merupakan pelanggan dari suatu lembagapendidikan termasuk lembaga PAUD. Apabila orang tua siswamerasa puas dengan layanan pendidikan lembaga PAUD, makakepercayaan dan loyalitas orang tua siswa pada lembaga PAUDsemakin baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiapakah orang tua puas dengan pelayanan di TKIT Al-QonitaPalangka Raya. Penelitian ini menggunakan metodesurvey.mBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenaitingkat kepuasan orang tua terhadap layanan pendidikan lembagaPAUD di TKIT Al Qonita, maka dapat diambil kesimpulan sebagaiberikut, pada aspek kepuasan orang tua terhadap pendidik, orangtua/responden merasa puas dengan layanan pendidik di TKIT AlQonita, pada aspek kepuasan orang tua terhadap sarana,prasarana dan pengelolaan, orang tua/responden merasa tidakpuas terhadap sarana bermain karena fasilitas bermain anakterlalu sedikit & kondisi dinding kelas di TKIT Al Qonita dan padaaspek kepuasan orang tua terhadap standar isi, proses danpenilaian, orang tua/responden merasa puas dengan standar isi,proses, dan penilaian di TKIT Al Qonita.Kata Kunci : Kepuasan, Layanan, PAUD
DOI: https://doi.org/10.36873/jp , Irma Andreani¹, Rayne Praticia1 & Intan Kamala1: PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B2 TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.572 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.849

Abstract

ABSTRAKSalah satu konsep matematika yang paling penting dipelajarianak usia tiga, empat lima tahun ialah pengembangan kepekaan padabilangan. Penguasaan terhadap konsep bilangan pada anak usia dinimerupakan dasar untuk pembelajaran matematika di sekolah dasarnantinya. Mengingat dunia anak adalah bermain, maka sangat tepatkalau pembelajaran diberikan melalui permainan, dan dalampenelitian ini peneliti memilih permainan tradisional kegiatanbermain. Permainan dakon merupakan salah satu permainantradisional yang menggunakan biji dakon yang dimasukkan satupersatu pada lobang dakon, kemudian pada akhir permainan anakmenghitung jumlah biji dakon yang diperolehnya. Sehubungandengan hal-hal tersebut, maka materi tentang konsep bilangan inidapat diberikan melalui dakon.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainantradisional dakon terhadap kemampuan penguasaan konsep bilangananak kelompok B2 TK Harapan Bunda Palangka Raya Tahun Ajaran2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental denganone group pre-test dan post-test design, dan uji hipotesismenggunakan Uji T. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2TK Harapan Bunda Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 20 orang.Penguasaan konsep bilangan ini meliputi indikator-indikator :menunjukkan sekelompok benda sesuai dengan lambang bilangan,menunjukkan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda, danmengelompokan benda sesuai dengan bilangan.Hasil penelitian dihitung dengan Uji T diperolehsebesar 9,58 sedangkan dengan taraf signifikan 0,05% dan db(N-1=20-1=19) adalah sebesar 2,093. Dengan demikian(9,58) > (2,093). Jika lebih dari maka Ha diterimadan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh permainan tradisional dakon terhadap kemampuanpenguasaan konsep bilangan pada anak kelompok B2 TK HarapanBunda Palangka Raya.Pengaruh tersebut berupa peningkatan Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati Vol 15 No 1, Juni 2019 38kemampuan anak dalam penguasaan konsep bilangan, dan juga padaproses pembelajaran terlihat anak sangat senang dan penuhsemangat.Kata Kunci : Kemampuan Penguasaan Konsep Bilangan, PermainanTradisional Dakon
DOI: https://doi.org/10.36873/jp , Martha Liani1 & Cahaya Afriani Napitupulu1: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V BROKOLI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.221 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.850

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi keputusan orang tua dalam memilih lembagapendidikan di lingkungan Gugus V Brokoli Kota Palangka Raya.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Kuesioner(angket) digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Rumuspersentase digunakan untuk menganalisis data penelitian. Teknikpengambilan sampel menggunakan random sampling technique/teknik data acak kepada 80 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pengambilankeputusan orang tua dalam memilih lembaga pendidikan TamanKanak-Kanak Gugus V Brokoli kota Palangka Raya meliputi :faktor sekolah yang menumbuhkan, sebesar 48 %, faktor kebutuhananak sebesar 14%, faktor kesesuaian harapan orang tua sebesar14%, faktor jarak sekolah dengan rumah sebesar 12%, dan faktorpersyaratan dan biaya sebesar 12%. Dalam penelitian ini, faktoryang paling dominan mempengaruhi keputusan orang tua memilihlembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak di Gugus V Brokoli kotaPalangka Raya adalah faktor sekolah yang menumbuhkan.Kata Kunci: Faktor, Orang Tua, Pilihan, Lembaga Pendidikan
https://doi.org/10.36873/jph.v15 , Wahyu Handayani1 & Ignatia Imelda Fitriani1: PENGARUH FUN OUTBOUND TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.905 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.852

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh FunOutbound terhadap kerjasama anak kelompok B3 TK TunasRimba II Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan menggunakan metode eksperime dimana tesawal diberikan untuk mengetahui kemampuan anak sebelum diberiperlakuan. Subjek eksperimen penelitian ini adalah anakkalompok B3 TK Tunas Rimba II Palangka Raya tahun ajaran2018/2019 yang berjumlah 29 orang anak. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh thitung sebesar 13,28 sedangkan harga ttabeldengan taraf signifikan sebesar 5% dengan db (N – 1 = 29 – 1 =28) adalah sebesar 2,048. Dengan demikian dapat diketahui thitung(13,28) > ttabel (2,048) jika thitung lebih besar dari t tabel maka Haditerima, dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa adanya pengaruh Fun Outbound terhadap kerjasama anakkelompok B3 TK Tunas Rimba II Palangka Raya.Kata Kunci : Kemampuan kerjasama, Fun Outbound
DOI: https://doi.org/10.36873/jp Wahyuni Christiany M1 & Riana Anggraini1: STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU-1 PALANGKA RAYA Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.223 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.853

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasimengenai Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di TKMuslimat NU-1 Palangka Raya. Penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitianini adalah Kepala Sekolah TK dan guru di TK Muslimat NU-1Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasimenggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan di TKMuslimat NU-1 Palangka Raya, memiliki visi yang realistik,visioner, antisipatif, terukur, tidak terlihat singkat dan padat karenamenggunakan kalimat yang terlalu banyak untuk penulisan sebuahvisi, namun bisa disesuaikan lagi dengan rumusan misi dan tujuanyang ada. Memiliki misi yang relevan dan realistik karena berkaitandengan rumusan visi, konsisten dengan rumusan visi, misi, tujuandan terukur, tersosialisasikan melalui beberapa media sosial sepertifacebook dan brochure, memiliki Rencana Kerja Tahunan, RencanaKerja Lima Tahunan yang yang akan digunakan untukmerealisasikan rencana program yang sudah dibentuk. Memilikistruktur organisasi yang jelas dan lengkap dengan uraian kerja,proses pelaksanaannya memiliki buku panduan yang lengkap,melakukan pengawasan pada proses belajar mengajar dalam bentukraport dan buku penghubung dan melakukan penilaian berupakegiatan pembelajaran (catatan anekdot, hasil karya/unjuk kerja,lembar observasi, portofolio, percakapan, raport, ijazah), Layanankesehatan gizi, layanan pengasuhan dan layanan perlindungan,melakukan pendokumentasian dan menerima beberapapenghargaan.Kata Kunci : Standar Pengelolaan, Pendidikan Anak Usia Dini
STRATEGI PELAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN PADA PANTI SOSIAL KARYA WANITA RUHUI RAHAYU DI PALANGKA RAYA: Sumarnie1 Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 1 (2019): Journal Pintar Harati Volume 15, Nomor 1, Juni 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.792 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i1.1164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentangstrategi: 1) Perencanaan pelayanan bimbingan sosial dan keterampilanpada PSKW Ruhui Rahayu di Palangka Raya, 2) Pengorganisasian,pelayanan bimbingan sosial dan keterampilan pada PSKW Ruhui Rahayu diPalangka Raya. 3) Pelaksanaan pelayanan bimbingan sosial danketerampilan pada PSKW Ruhui di Palangka Raya, 4) dan EvaluasiPelaksanaan pelayanan bimbingan sosial dan keterampilan pada PSKWRuhui Rahayu di Palangka Raya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif denganrancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan tehnikwawancara,observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolahdianalisiskan dengan tahap reduksi data ,penyajian data, dan penarikankesimpulan. Untuk menjamin validitas data dilakukan dengan triangulasiyaitu melalui sumber data lain dari sumber data utama. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa : 1) perencanaan telah dilaksanakan dengan baik, halini terlihat dari perencanaan kegiatan yang berpedoman pada tahapankegiatan berdasarkan (a) assesmen kebutuhan dan desain pelayanan, (b)penentuan tujuan pelayanan, (c) penetapan materi panduan pelayanan, (d)penetapan instruktur, (e) penetapan metode dan media, (f) menentukanfasilitas, (g) penetapan anggaran dan (h) penetapan jadwal /waktupelayanan untuk mencapai hasil yang diharapkan berupa kehadiran wargabelajar. 2) Pengorganisasian telah dilaksanakan dengan baik hal initerlihat dengan adanya : (a). Penetapan struktur organisasi dan pembagiantugas, ((b) penetapan wewenang dan tanggung jawab, (c) pelaksanaanpelayanan bimbingan berjalan dengan lancar dan berhasil yangsepenuhnya mencerminkan karakteristik dan ciri-ciri pengelolaan yangefektif, (4) Evaluasi (pengawasan) secara prosedural sudah dilaksanakansecara efektip, hal ini terlihat dari evaluasi yang dilaksanakan yaituevaluasi tingkat reaksi, evaluasi tingkat belajar, evaluasi tingkat prilakudan evaluasi tingkat dampak. Dampak yang diperoleh warga belajarsetelah mengikuti latihan keterampilan bimbingan sosial keterampilan,terbukanya kesempatan kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja yangberdampak pada peningkatan pendapatan warga belajar untukmeningkatkan kesejahteraan hidupnya.Kata Kunci : Bimbingan Sosial dan Keterampilan, Panti Sosial
PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING GURU TAMAN KANAK KANAK PADA ANAK USIA DINI: Cahaya Afriani Napitupulu Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 2 (2019): Jurnal Pintar Harati Volume 15, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.712 KB)

Abstract

Anak Usia Dini berada pada tahap tumbuh kembang yang merupakan masa keemasan dimana stimulasi yang tepat di masa ini dapat membantu aspek-aspek perkembangan bertumbuh secara optimal. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan Pendidikan formal di luar keluarga sebagai peletak dasar, yang mampu memfasilitasi perkembangan anak. PAUD memerlukan bimbingan dan kosneling sebagai salah satu layanan di sekolah sebagai salah satu upaya pembentukan perilaku dalam proses penyesuaian anak yang berada dalam lingkungan sosial agar dapat berkembang sesuai minat, bakat dan potensinya. Penelitian ini bertujuan melihat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di PAUD TK Parentas II kota Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Parentas II Palangka Raya melakukan layanan bimbingan konseling dengan tahap perencanaan, pengelolaan dan pengawasan, pelayanan dan evaluasi.Kata Kunci: Bimbingan konseling, Anak Usia Dini, PAUD
STUDI TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI TK MUSLIMAT NU-1 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020: Ema Madahwati Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 2 (2019): Jurnal Pintar Harati Volume 15, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.159 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i2.1168

Abstract

Kompetensi secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan. Jadi kompetensi pendidik PAUD adalah sebagai kemampuan yang dimiliki oleh pendidik PAUD dalam melakukan pekerjaannya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, dan pengevaluasi anak usia dini baik PAUD jalur formal maupun nonformal. Kompetensi profesional adalah kemampuan seseorang dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik, memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. ) kompetensi profesional terkait dengan kemampuan pendidik PAUD dalam menguasai bidang pengembangan. Kompetensi profesional pendidik PAUD antara lain: (1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung bidang pengembangan yang diampu, (2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang pengembangan yang diampu, (3) Mengembangkan materi bidang pengembangan yang diampu secara kreatif, dan (4) Mengembangkan profesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam pelaksanaan pembelajaran di TK Muslimat NU-1 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas triangulasi teknik yaitu dengan sumber yang sama dan teknik yang berbeda. Data dalam penelitian ini berhubungan dengan kegiatan pembelajaran guru di kelas. Teknik dan instrumen pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru sudah maksimal karena telah memenuhi standar kompetensi profesional guru.Kata Kunci: Studi Tentang Kompetensi Profesional Guru
PEMAHAMAN ORANG TUA MENGENAI DAMPAK PLAYGROUP DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KOTA PALANGKA RAYA: Dewi Rosaria Indah1 & Rusmaladewi1 Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 15 No. 2 (2019): Jurnal Pintar Harati Volume 15, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.034 KB) | DOI: 10.36873/jph.v15i2.1169

Abstract

Playgroup adalah salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak usia tiga sampai enam tahun yang berfungsi untuk meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang di perlukan bagi anak usia dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya, sehingga siap memasuki pendidikan dasar (Direktorat Paud, Menu Pembelajaran Generik, 2002 : 3). Rentang usia anak yang bersekolah di Playgroup yakni usia 2-4 tahun. Dengan bermain, anak akan belajar mengenal aturan, disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian serta belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Di tahun 2019 ini yang terdata di Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya ada sekitar 218 lembaga PAUD (Negeri maupun Swasta). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pemahaman orang tua mengenai dampak Playgroup dalam perkembangan anak usia dini di Kota Palangka Raya. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk mengukur Pemahaman Orang Tua Mengenai Dampak Playgroup Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jenis pernyataan kuesioner yaitu pernyataan tertutup menggunakan skala likert yang nantinya akan memberikan respon yang tegas. Sebelum dilakukan uji validitas jumlah kuesioner 35 pernyataan dan setelah dilakukan uji validitas didapatkan 24 pernyataan yang dinyatakan valid dan 11 pernyataan yang dinyatakan tidak valid. Adapun sampel data dalam penelitian ini adalah orang tua murid yang berjumlah 50 orang. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan data hasil penelitian telah diperoleh skor keseluruhan dari angket yang telah dijawab oleh orang tua di beberapa lembaga KB Kota Palangka Raya adalah sebesar 3972 dari skor yang di harapkan 5.472, dimana dari skor tersebut memperoleh persentase sebesar 72,58%. Sehingga dapat di golongkan dalam kategori Baik.Kata kunci : Pemahaman orang tua, Playgroup, AUD

Page 1 of 11 | Total Record : 110